Apr 26, 2019

3 Opsi Transportasi ke Bandara Soekarno Hatta dari Bandung

Fly! Fly! Fly!
Terbang menggunakan pesawat terbang sudah bukan menjadi hal yang aneh bagi masyarakat zaman sekarang karena tiket pesawat terbang sekarang yang sudah murah dan terjangkau oleh berbagai kalangan masyarakat. Ditambah dengan gaya hidup traveling yang mulai menjamur bagi orang-orang Indonesia sehingga bandara di setiap kota sekarang selalu ramai. Selain itu, karena pariwisata di Indonesia ini sedang melaju dan bertumbuh, sehingga setiap destinasi wisata ramai dikunjungi oleh para wisatawan sehingga jalur transportasi udara lah yang paling diminati, karena selain mudah dijangkau, untuk mencapai suatu lokasi pun bisa dihitung sangat cepat dan tidak terganggu dengan traffic jalanan seperti transportasi darat seperti mobil atau bus.


Namun, apabila kita terbang melalui Bandara Soekarno-Hatta dan kita berdomisili di Bandung, kita harus memperhatikan juga bagaimana transportasinya menuju kesana karena bisa dibilang lokasinya sangat jauh dan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Tetapi balik lagi ke budget dan preferensi masing-masing untuk menentukan transportasi menuju ke Bandara, dengan melihat waktu perjalanan dan juga jumlah uang yang dikeluarkan.

Disini saya akan menjabarkan beberapa opsi transportasi dari Bandung menuju Bandara Soekarno-Hatta atau sebaliknya:

1.     Menggunakan Mobil Pribadi


Opsi pertama ini opsi paling mudah apabila kita sendiri mempunyai kendaraan pribadi dan ada teman atau keluarga yang bersedia untuk mengantar. Namun, dirasa kurang efektif karena nantinya pengantar harus kembali lagi ke Bandung dan membutuhkan bensin dan biaya tol yang cukup lumayan. Sebagai bayangan, dari Bandung kita bisa langsung masuk tol menuju arah Jakarta melewati Tol Cipularang – Cikampek, lalu setelah masuk jalan tol dalam kota kita bisa masuk ke jalur ke arah Tol Bandara.

Total perjalanan dari Bandung sampai Bandara Soekarno-Hatta menggunakan opsi ini sekitar 3 jam perjalanan kalau lancar atau 5-6 jam perjalanan kalau perjalanan sedikit terhambat karena macet. Total biaya yang dikeluarkan Rp 300.000 untuk bensin dan Rp 150.000 untuk biaya tol.

2.     Menggunakan Kereta Api


Opsi kedua kita bisa menggunakan kereta api dari Bandung menuju ke Jakarta terlebih dahulu. Banyak jadwal kereta dari jam 4 pagi hingga tengah malam dengan berbagai kelas dari ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Perjalanan kereta dari Bandung menuju Jakarta sekitar 3 jam. Sesampainya di Stasiun Gambir atau Pasar Senen, kita bisa mengambil transportasi DAMRI ke Bandara Soekarno Hatta yang lokasi terminalnya ada di stasiun Gambir itu sendiri, jadi tidak perlu repot untuk keluar stasiun dan ambil transportasi lainnya. Namun, menggunakan DAMRI, agak riskan kalau jam terbang sudah mepet karena perjalanan tidak akan terprediksi, bisa saja macet di perjalanan palagi kalau memasuki jam pulang kerja kantor. Opsi lainnya yaitu setelah sampai di Stasiun Gambir kita bisa naik Gojek menuju Stasiun Sudirman untuk naik kereta Bandara, jadwal menuju Bandara tersedia setiap jam dan pasti cepat karena hanya 30 menit perjalanan sudah sampai di Bandara Soekarno- Hatta.

Total biaya menggunakan opsi ini apabila naik DAMRI, Rp 100.000 untuk kereta Rp 40.000 untuk DAMRI. Apabila naik kereta Bandara, Rp 100.000 untuk kereta Rp 70.000 untuk kereta Bandaranya.


3.     Menggunakan Travel


Opsi terakhir ini menurutku paling murah dan efisien, karena selain lebih murah opsi ini juga paling efektif karena tidak perlu transit lagi, dan langsung sampai ke Bandara Soekarno-Hatta dengan estimasi 3-5 jam perjalanan dari Bandung. Selain itu banyak juga pilihan opsi travel dari Bandung menuju Bandara Soekarno-Hatta, salahsatunya Jackal Holidays!

Mereka memiliki jadwal hampir setiap jam untuk transportasi dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandung atau sebaliknya. Untuk yang mau berangkat dari Bandung bisa langsung menuju ke shuttlenya atau yang baru saja tiba di Bandara Soekarno-Hatta bisa langsung juga menu shuttlenya yang tersedia di setiap terminal.

Selain itu mereka juga memiliki unit yang nyaman dan affordable untuk perjalanan yang cukup menguras tenaga dan waktu.


Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search