Mar 24, 2019

Tips & Trick Liburan ke Bromo

Gunung Bromo


Siapa yang gatau Gunung Bromo ye kannnn, gunung ini merupakan gunung yang sangat terkenal di Indonesia baik bagi kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Setiap tahunnya wisatawan ke Bromo ini selalu meningkat, karena memang pesona dari Gunung Bromo ini sendiri sungguh sangat luar biasa. Teman-teman saya yang dari luar negeri pun pasti tau kalo di Indonesia ini terdapat gunung yang bernama Gunung Bromo. Ditambah  karena adanya sosial media dan berbagai influencer sosial media yang memamerkan keindahan Bromo ini, sehingga semakin meningkatkan peminat wisatawan untuk berkunjung kesini.

Namun, ada kendala perihal transportasi dan juga akses menuju Bromo itu sendiri. Sedikitnya angkutan yang "proper" menuju  kawasan Bromo menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan, terutama seperti saya yang hobinya ngeteng. Bagi wisatawan seperti saya, kebanyakan backpacker, mereka pasti akan kesulitan mencari info tentang transportasi menuju kawasan Bromo, itupun ada beberapa opsi. Berikut 2 opsi yang dapat dilakukan oleh para backpacker:

Opsi 1 – Lewat Probolinggo

Opsi ke -1 yaitu melalui Kota Probolinggo. Kota Probolinggo ini sendiri dapat dicapai melalui berbagai kota. Dari Jakarta atau Bandung, kita dapat naik kereta atau bus atau pesawat menuju Surabaya. Dari Surabaya kita bisa naik kereta jurusan Probolinggo atau  lebih mudah menggunakan bis jurusan Banyuwangi  dan turun di Probolinggo, karena kita akan turun di terminal Probolinggo dan langsung bisa naik elf jurusan Cemoro Lawang (kawasan penginapan dan pusat keramaian di Taman Nasional Bromo. Disini terdapat banyak sekali jeep yang berjejeran sepanjang jalan, jadi kita dapat mencari dan langsung menawar dengan pemilik jeepnya langsung. Kisaran sewa jeep dari Cemoro Lawang ini untuk seharian dari kisaran Rp 600.000 sampai dengan Rp 1.000.000 tergantung dengan skill bernegosiasi, tergantung musimnya juga sih, kalo lagi high season pasti harga akan tinggi juga.

Opsi 2 – Lewat Malang

Opsi ke-2 yaitu melalui Kota Malang. Terdapapat banyak transportasi melalui darat dan udara menuju Kota Malang dari berbagai kota. Tapi saran saya lebih enak menggunakan kereta menuju Kota Malang, karena di sekitar stasiun terdapat banyak jeep yang bisa langsung kita sewa untuk keesokan harinya atau langsung menuju Cemoro Lawang (apabila kalian ingin menginap dulu di Cemoro Lawang. Apabila tidak, kita bisa minta kontak dan janjian dengan pemilik jeep untuk jemput kita di hotel dan langsung menuju Bromo, pulang pergi. Tapi untuk kisaran sewa jeep dari Malang ini saya kurang tahu karena belum pernah coba juga dengan opsi dari Malang ini, yang pasti, harga sewanya lebih tinggi, karena logikanya jaraknya lebih jauh.

Dari kedua opsi tersebut, saya sebenarnya lebih menyarankan opsi pertama karena biayanya lebih murah dan lebih mudah. Dan juga saya pernah dengar kalau jalur menuju Bromo dari Malang jalananya lumayan rusak, jadi lumayan juga bisa kleyengan di jalan. Selain itu di opsi-1 saat perjalanan dari Probolinggo menuju Cemoro Lawang juga pemandangannya indah sekali, dijamin gabakal merem deh sepanjang perjalanan karena akan tertakjub-takjub. Bisa juga lihat cerita pengalaman saya ke Bromo tahun 2018 lalu di sini:


Lalu, bagaimana caranya kalau kita gak mau ribet dan buang-buang waktu? Sebenarnya mudah sekali kita tinggal cari aja Tour Gunung Bromo yang sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi jangan sampai salah pilih paket wisatanya, pilih yang paling sesuai dengan waktu, budget dan juga keinginan kalian. Dengan begitu, liburan kalian akan lebih terasa menyenangkan dan juga tidak ribet, tinggal duduk diam dan mengikuti jadwal kegiatan yang sudah disipakan oleh tour yang kalian pilih. Jangan sampai ketika sedang trip, ada masalah dan miss dengan tournya, sehingga liburan kalian jadi terganggu dan perasaan menjadi kesal.

Balik lagi ke pilihan masing-masing, opsi manapun yang dipakai tergantung pilihan dari kalian itu sendiri dan semua opsi adan kekurangan dan juga kelebihannya. Semoga informasi ini berguna dan membantu kalian yang mau liburan ke Bromo ya, selamat mengekplor keindahan Bromo gaes!

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search