Dec 12, 2018

6 Tempat Wisata Favorit di Kota Garut

Kamojang Ecopark, salah satu destinasi favorit di Garut
Kamojang Ecopark, salah satu destinasi favorit di Garut
Pariwisata di Jawa Barat memang masih berkembang hingga sekarang, selain Kota dan Kabupaten Bandung, daerah sekitarnya pun memiliki potensi wisata yang baik seperti salah satunya adalah Kabupaten Garut. Garut ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa karena terdapat pantai, air terjun dan gunung di berbagai daerahnya, termasuk sangat lengkap karena tidak semua daerah di Jawa Barat memiliki potensi wisata alam seperti itu. Ditambah dengan kekayaan budayanya yang masih sangat kental dan dilestarikan disini sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Garut.

Tidak perlu jauh-jauh keliling seluruh Garut yang memang cukup luas dan tidak cukup dikelilingi hanya beberapa hari, kita tetap bisa mengunjungi wisata-wisata yang ada di sekitaran Kota Garut yang jaraknya tidak jauh dari Kota Bandung dan banyak wisata yang menarik dan wajib dikunjungi. Berikut 6 tempat wisata favorit di sekitaran Kota Garut:

1. Kampung Sampireun


Kampung Sampireun
Kampung Sampireun
Kampung Sampireun ini merupakan salah satu destinasi di Kota Garut yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini merupakan resort yang mempunyai desain villa yang di set di atas danau, sehingga para pengunjung harus menggunakan perahu untuk menyebrang ke villa. Untuk pengunjung yang tidak menginap pun bisa masuk ke area resort dan tetap dapat merasakan pengalaman keliling danau menggunakan perahu kayu dengan cuaca yang sejuk serta dapat merasakan makanan dan jajanan-jajanan khas Garut dan Sunda di restaurantnya.

Lokasi Kampung Sampireun ini tidak terlalu jauh dari pusat Kota Garut, karena hanya sekitar 13 km atau sekitar setengah jam perjalanan. Untuk menuju ke lokasi pun sudah banyak petunjuk jalan di setiap belokan untuk menuju ke lokasi. Atau untuk masa kini mudahnya bisa arahkan Google Maps langsung menuju lokasi yang letaknya berada di Jalan Raya Kamojang.

2. Kamojang Ecopark


Kamojang Ecopark
Kamojang Ecopark
Tak jauh dari Kampung Sampireun sekitar 7 km lagi melanjutkan perjalanan dari Kota Garut, kalian bisa mengunjungi salah satu lokasi wisata baru di Kota Garut, namanya Kamojang Ecopark. Lokasi ini mirip-mirip seperti wisata Farm House, The Lodge dan Dusun Bambu di Bandung yang mengutamakan wisata selfie. Dengan harga tiket masuk Rp 10.000 per orang kita dapat menikmati alam sekitar dengan beberapa spot foto dengan background yang keren! Selain itu juga terdapat wahana wahana outbond seperti fyingfox dan paint ball disana.

Cuaca yang sejuk dan suasana yang menenangkan, lokasi ini pas untuk mengisi waktu liburan kita selama di Garut, apalagi bagi orang kota seperti Bandung dan Jakarta pasti akan suka dengan lokasi wisata yang satu ini. Tidak jauh dari Kamojang Ecopark juga terdapat wisata alam lainnya yaitu Kawah Kamojang. Kawah ini selalu aktif dan menguarkan uap yang cukup besar sehingga menjadi daya tarik wisatawan.

3. Darajat Pass


Darajat Pass
Darajat Pass
Kota Garut dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan maka dari itu Garut juga dikenal dengan julukan Swiss Van Java. Tak jauh dari Kota Garut, terdapat kawasan pegunungan yang paling disukai oleh wisatawan untuk dikunjungi yaitu adalah Darajat Pass. Untuk mencapai lokasi ini kita perlu menempuh perjalanan sekitar 25 km atau sekitar 45 menit perjalanan dengan kondisi jalan yang memang agak sempit namun suasana dan view di perjalanan akan membuat kalian sangat menikmati perjalanan. Selama perjalanan ke Darajat Pass kita melalui ladang-ladang warga dan melewati persawahan yang masih luas dan alamnya yang masih alami.

Terdapat banyak perkebunan sayuran dan buah-buahan yang kita lewati, terkadang banyak juga wisatawan yang langsung membeli borongan kepada petani tersebut untuk dijadikan bekal atau oleh-oleh. Sesampainya di puncak Darajat Pass, terdapat beberapa pemandian air panas yang bisa dijadikan tempat istirahat sambil relaksasi mandi air panas di cuaca yang sejuk menjurus dingin itu. Tapi pemandian air panas yang paling direkomendasikan yaitu Puncak Darajat Resort karena mereka memiliki fasilitas kolam yang bersih dan banyak wahana permainan disana.

4. Candi Cangkuang


Candi Cangkuang
Candi Cangkuang
Dari arah Bandung menuju Kota Garut kita akan melewati daerah bernama Leles. Dengan melewati lokasi tersebut kita tinggal 12 km lagi akan sampai di Kota Garut. Kalau ada kesempatan dan waktu, kalian bisa mampir ke lokasi wisata yang bernama Candi Cangkuang. Candi ini terletak di tengah situ (danau). Jadi menariknya, wisatawan akan menyebrang dulu menggunakan rakit untuk menyebrang ke pulau tersebut dan melihat Candi Cangkuang ini.

Banyak fotografer atau videographer dari berbagai kota datang kesini untuk hunting foto, terutama saat sunrise tiba, karena suasana di sekitar sini saat sunrise memang benar-benar memanjakan mata. Saat kabut turun, udara yang dingin menusuk tulang, dan sedikit sinar matahari yang sedikit muncuk menembus kabut, sungguh pemandangan yang magical.

5. Pasar Ceplak dan Sentra Kulit Sukaregang


Pasar Ceplak
Pasar Ceplak
Saat malam hari tiba, kita tetap bisa explore Kota Garut dengan mengunjungi pusat kotanya! Dimana sih yang menarik? Salah satunya adalah Pasar Ceplak, semua makanan dan jajanan khas Sunda ada disini, selain harganya murah rasanya pun enak-enak. Pasti bingung untuk memilih mau makan di tenda mana karena sepanjang jalan, tenda dengan berbagai makanan berjejeran.

Tidak jauh dari Pasar Ceplak kita bisa jalan kaki menuju Sentra Kulit Sukaregang. Di Pasar Ceplak ini kalian akan menemukan banyak toko yang menjual berbagai jenis produk olahan kulit seperti tas, jaket, sepatu dan masih banyak lagi. Ada yang menjual dengan harga toko, ada juga yang menjual dengan harga grosiran tinggal kita pintar memilih dan menawar pasti kalian juga akan puas sekali belanja disini. Oh iya, untuk kualitas kulit di Garut gak perlu ditanya lagi karena sentra kulit ini merupakan yang terbaik di Indonesia!

6. Kawasan Wisata Cipanas


Kawasan Wisata Cipanas
Kawasan Wisata Cipanas
Yang terakhir adalah Kawasan Wisata Cipanas, lokasi ini juga merupakan lokasi favorit wisatawan yang datang ke Garut, terutama untuk menginap karena disini banyak terdapat hotel dan vila dengan berbagai fasilitas dan pemandangan yang disuguhi. Kawasan Cipanas ini berada persis di bawah kaki Gunung Guntur, sehingga dari sudut manapun Gunung Guntur ini akan selalu terlihat disini. Wisata utama disini yaitu kolam renang air panas dan terdapat satu waterboom terkenal bernama Sabda Alam. Apabila musim liburan atau weekend, kawasan ini sangat ramai dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Dari masa kuliah saya sudah beberapa kali ke kawasan ini hanya sekedar untuk berendam, refreshing dan jalan-jalan bersama teman-teman, tapi belum pernah merasakan overnight atau menginap disini karena kesibukan dan kegiatan di perkuliahan. Nah, beberapa saat lalu, Oktober 2018, saya berkesempatan lagi mengunjungi Kota Garut dan explore ke beberapa wisata yang baru seperti Kamojang Ecopark. Karena ingin explore lebih lama, saya dan istri saat itu memilih untuk menginap di daerah kawasan Cipanas ini.

Setelah melihat beberapa rekomendasi dan berbagai pilihan, kami memilih untuk menginap di HOTEL SANTIKA GARUT. Kenapa? So many reason! Here is why we chose this hotel in Garut City!

1. Kamar-kamar dengan view cantik


View dari gazebo kamar saya
View dari gazebo kamar saya
Hotel Santika Garut ini memiliki 102 kamar dengan berbagai tipe kamar. Ada tipe kamar superior, deluxe (ada mountain dan pool view), suite dan yang terakhir Santika Suite. Selama di Santika saya menginap di tipe kamar Deluxe Mountain View. And how was my experience? It was so great! Dengan fasilitas kamar yang lengkap dan nyaman ditambah dengan pemandangan sesawahan dan pegunungan di depannya, made me so comfy! Rasanya malas keluar dari kamar inginnya gelendotan di kasur aja sambil liat keluar kaca karena pemandangannya oke banget! Bayangin sambil ngeteh pagi-pagi sambil nikmatin pemandangan seperti ini…

Di kamar yang kami tempati selain pemandangannya cantik, fasilitasnya juga lengkap. Ada work desk, dimana hal itu sangat membantu bagi orang seperti saya yang merupakan Travel Blogger yang diharuskan bekerja dimana saja, lalu ada TV dengan channel International (saya setiap malam kalau di hotel itu pasti nonton film-film di HBO atau program lainnya), lalu ada toiletries dan juga teh, kopi serta pemanas air.

Saya juga sempat melihat-lihat ke room dengan tipe kamar lain dan hampir semuanya saya sukaakk! Berbagai kelas kamar didesain sesuai kebutuhannya masing-masing seperti tipe kamar yang saya tempati memang khusus orang yang ingin relax, lalu ada juga tipe kamar yang lokasinya persis di depan kolam renang (Deluxe Pool Access) dan juga ada kamar yang sangat mewah yang biasanya dipakai oleh tamu VVIP (Santika Suite). 

2. Dekorasi interior yang mewah dan elegan


Interior di lobby Santika Garut
Interior di lobby Santika Garut

Hotel Santika Garut ini merupakan hotel berbintang tiga, tapi tidak seperti hotel berbintang tiga lainnya, hotel ini sekelas dengan hotel berbintang empat. Kenapa? Karena saya lihat dari interiornya yang elegan dan mewah serta desain tata letak hotelnya yang mirip-mirip seperti villa-villa tidak seperti bentuk gedung hotel yang flat. Kalau kalian pernah lihat dan menginap di The Anvaya Beach Resort, mungkin konsepnya sama dengan resort tersebut.

Suasananya tidak membosankan karena selain disuguhkan interior yang elegan, pengunjung juga disuguhi oleh pemandangan dan suasana terbuka yang membuat pengunjung nyaman dan rileks saat berada di kawasan hotel. Pengunjung bisa merasakan udara adem dan sejuk di Garut sehingga memang pihak hotel sengaja set desain hotel dengan konsep yang open air. I love it!

3. Restaurant dengan sajian yang menggugah selera


Oxtail Dabu Dabu
Oxtail Dabu Dabu
Kalau kalian yang sudah pernah menginap di Hotel Santika manapun pasti tau kalau makanannya enak-enak dan never failed! Sama pun dengan makanan-makanan yang ada di Hotel Santika Garut. Dengan menu makanan yang lokal banget, makanan khas Sunda dan cemilan-cemilannya, rasanya pun tetap enak dan menggugah selera. Apalagi saya sendiri orang Sunda, jadi merasa cocok sekali dengan semua makanan yang ada di hotel ini.

Di restaurant ini juga memiliki menu internasional, salah satunya Oxtail Dabu-Dabu dan ini memang menu terfavorit disini. Saat saya staycation disana, saya mencoba untuk memasak dan membuat menu tersebut dengan Chefnya langsung dan mencoba menunya saat itu juga. Dan rasanya boom! Luar biasa tastynya dan masih sesuai dengan lidah ndesoku hehe.

Restaurant yang ada di hotel ini juga memiliki konsep open air sehingga saat pagi hari, tamu hotel bisa merasakan suasana segar khas pedesaan sambil menyantap sarapan. Saat menginap di Hotel Santika Garut pun saya dan istri dibantu pihak hotel untuk menyantap makan malam di restaurant tersebut ala-ala romantic dinner ceunah (katanya).. hehe..

4. Spa with the view!


Spanya langsung menghadap ke sawah dan pegunungan!
Spanya langsung menghadap ke sawah dan pegunungan!
Hotel ini juga memiliki fasilitas lain yaitu ruangan khusus spa, dan ini merupakan salah satu fasilitas favorit saya dari hotel ini. Karena ruangan spanya sungguh nyaman dan memiliki pemandangan yang luar biasa. Jadi kita bisa menikmati spa sambil disuguhi pemandangan persawahan dan pegunungan di depannya. So cool! Siapa sih yang tidak mau?

Selain pemandangannya juga, di spa yang dinamakan Maranta Spa ini juga memiliki jenis-jenis spa dan massage. Ada full body, Thai, Swedish dan masih banyak lagi jenis massagenya. Tergantung kebutuhan dan kemauan kita ingin jenis yang mana. Service ini juga dapat dilakukan di ruangan khusus spa atau kalau mager juga bisa dipanggil ke room yang kita tempati.

5. Dapat harga murah dengan booking hotel di santika.com


Booking lewat websitenya lebih murah!
Booking lewat websitenya lebih murah!
Rata-rata untuk memesan hotel selain go show langsung di tempat saya biasanya memesan hotel di OTA (online travel agent), tapi ternyata setelah cek harga di santika.com harganya lebih murah dibanding pesan di OTA, jadi saya saat itu memesan langsung lewat santika.com karena selain lebih murah juga banyak keuntungan lainnya yang saya dapatkan yaitu:
·         Berbagai pilihan metode pembayaran. Bisa memakai kartu kredit, kartu debit, bank transfer atau cash langsung di hotel pun bisa
·         Selalu memberikan harga yang terbaik dibanding platform manapun, termasuk di OTA (online travel agent)
·         Harga sudah all include termasuk pajak dan tidak ada lagi biaya yang ditutup-tutupi
·         Lebih banyak manfaat seperti free Wi-Fi, free breakfast dan masih banyak lagi
·         Bisa melihat review atau ulasan dari pengunjung sebelumnya yang pernah menginap di hotel-hotel Santika termasuk Hotel Santika Garut.

Overall, dengan lokasi yang strategis dan pemandangan yang cantik, saya senang bisa berkesempatan staycation di Hotel Santika Garut ini, karena dengan lokasi yang strategis itu kami juga bisa mampir-mampir ke lokasi-lokasi wisata di atas yang tidak jauh dari hotel.

Enam lokasi wisata di atas merupakan lokasi-lokasi favorit yang sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Barat dan sekitarnya. Akan sangat senang sekali bisa explore kekayaan alam dan budaya yang ada di Kota Garut ini karena selain bisa rehat dari rutinitas sehari-hari kita pun bisa merasakan suasana pedesaan yang mana kita bisa relaksasi dari kehidupan perkotaan yang semakin lama semakin membuat stress. Dengan julukan Swiss Van Java ini, Garut akan terus berkembang dan selalu menjadi wisata alternative di Jawa Barat.

Ayooo, sekarang giliran kalian untuk coba liburan dan explore Kota Garut dan sekitarnya!

4 comments:

  1. Sudah lama banget gak ke Garut. Baca pos ini jadi kangen deh. Mudah-mudahan nanti bisa balik ke Garut lagi..

    ReplyDelete
  2. Kok cantik banget sih Garut. Naik perahu ke Candi Cangkuang itu berapa kak?

    ReplyDelete
  3. buat saya, garut adalah pantai.
    garut selatan!

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search