Nov 22, 2018

Melihat Koala Pertama Kalinya di Adelaide

My first hug with Koala!
My first hug with Koala!
Dari semenjak pertama kali menginjakan kaki di Australia dan sudah hampir satu tahun disana rasanya penasaran ingin ketemu dan melihat secara langsung binatang yang memang hanya ada di Australia ini. Wajar sihhh, selama setahun memang agak fokus bekerja terus kaaan bukan Working Holiday Visa tapi sedikit Working Hard Visa :)) gapapa lah ya buat masa depan lebih baik hehehe

Tapi bukan tanpa bermain lohhh saya sering jalan-jalan juga di daerah sekitar atau explore beberapa tempat dan roadtrip selama pindah kerjaan yang mengharuskan pindah daerah juga. Hampir setengah Australia saya kelilingi tapi belum pernah ketemu yang namanya Koala. Karena memang Koala ini sulit ditemui, gak pernah keluar seperti Kangguru yang ada dimana-mana bahkan sering kutabrak di perjalanan.


Setelah 1 tahun keliling Australia, akhirnya kesempatan itu datang saat saya benar-benar mau pulang ke Indonesia dan saat itu tiba di Kota Adelaide, ibu kota South Australia yang jaraknya sekitar 200 km dari desa terakhir yang kutinggali. Saat itu saya dan Lylis menghabiskan waktu selama 1 minggu di Adelaide untuk liburan dulu sebelum meninggalkan Australia sampai entah berapa lama lagi bisa kembali kesini.

Berawal dari iseng karena sedang mencari tempat-tempat wisata di sekitar Adelaide yang bukan di kota, karena udah bosen kalo kota begitu-begitu aja, akhirnya kami menemukan tempat bernama Gorge Wildlife Park. Lokasinya ada sekitar 50 kilometer dari Adelaide, daerahnya bernama Cudle Creek.

Adelaide!
Let's explore Adelaide!
Untuk menuju ke Gorge Wildlife Park ini ada beberapa cara yaitu bisa ikut tur yang sering tersedia di kota atau hotel-hotel tempat kita menginap atau kesana dengan cara ngeteng. Nah waktu itu kami sih ngeteng pakai bus karena lebih suka seperti itu dibanding ikut tur-tur dan LEBIH MURAH :D

Caranya yaitu waktu itu naik bis nomor M44 dari Grenfell Street, lalu turun di Tea Tree Plaza Interchange, saat itu perjalanan sekitar 25 menit. Memang jauh karena Tea Tree ini berlokasi agak di luar kota Adelaide, Suburbnya lahhhh. Nah dari Tea Tree ini kita harus agak fokus mencari bus menuju lokasi Cuddle Creek karena busnya hanya ada 1 dan itu pun beroperasi 3 kali sehari, untuk jadwalnya saya lupa coba di cek aja di websitenya. 

Pemandangan di perjalanan menuju Cuddle Creek
Pemandangan di perjalanan menuju Cuddle Creek
Berbeda dengan bus yang ada di kota, bus yang menuju Cuddle Creek ini hanya berkapasitas 10 orang mirip-mirip travel lah kalo di Indonesia mah. Dan supirnya sangat ramah, selama perjalanan dia cerita-cerita tentang Cuddle Creeak karena kebetulan dia asli sana. Selain itu juga pemandangan di perjalanan saya suka bangettt, selalu suka sama countryside di Australia, mirip di film-film gitu, indah pokoknya!

Setelah 30 menit ada di perjalanan akhirnya kami sampai juga di Cudle Creek ayeee! Sampai disana, boro-boro ada orang, haltenya aja cuman tiang!

Halte di Cudle Creek
Halte di Cudle Creek
Karena bingung harus kemana, kami akhirnya menanyakan ke warlok dan ketemulah jalan menuju Gorge Wildlife Park tersebut. Agak sulit karena ternyata letaknya ada di jalan kecil bukan di jalan utama. Selama dari halte menuju ke gerbang masuk kita akan melewati rumah-rumah warga, bakal terasa banget deh countrysidenya, sukakkk!


Alamat lengkap Gorge Wildlife Park: 30 Redden Drive, Cuddle Creek 5232
Opening Hours: Setiap hari dari jam 9 pagi sampai 5 sore
Biaya masuk: Adults (AU$17), Children (AU$10), Student (AU$14).
Sebenarnya tidak hanya koala aja di park ini melainkan binatang liat lainnya yang ada di Australia seperti Kangguru, Tasmanian Devil dan masih banyak lagi. Selama 1 jam lebih keliling park juga lumayan capek karena parknya ternyata luas bingits dan lumayan juga muterinnya.

Selfie with Kangguru!
Selfie with Kangguru!
Malah binatang yang paling banyak di park ini adalah kangguru. Iyalahhh secara diluar park aja lebih banyak kangguru kayanya dibanding manusianya LOL, ini bener apalagi di countryside kaya Cuddle Creek ini orangnya sedikit banget, dan hampir semua orang saling kenal. 

Lalu bukan binatang dari Australia saja yang ada disini, ada juga beberapa binatang khas dari luar negeri terutama Indonesia. Anehnya bisa ada burung cendrawasih disini, gimana caranya?! tapi yasudahlahhh. Kami pun berkeliling parknya sampai 1 jam lebihan karena sambil menunggu jadwal show Koalanya. FYI, jadwal untuk liat koala ini hanya 3 kali sehari lohhh jadi jangan sampai ketinggalan dan terlewat kalo gak yaaa gak liat koalanya dan bisa meluk koalanya untuk foto.

Jadwal Koala Holding yaitu pada jam 11.30 am, 1.30 pm, dan 3.30
Pada saat sesi Koala Holding akan dimulai semua pengunjung akan memadati area tersebut karena Koala ini adalah binatang yang ditunggu-tunggu oleh semua pengunjung. Make sure kita antri terlebih dahulu karena lumayan panjang antriannya. Seperti kami waktu itu santai banget kesananya alhasil kebagian paling terakhir dan ada nunggu hampir satu jam! Tapi gak apa apa demi ketemu koala dan foto dengannya!

Akhirnya bisa meluk koala!
Akhirnya bisa meluk koala!

Ternyata koala ini adalah binatang paling pemalas tapi kalau dia sudah gak nyaman mereka bisa bunuh manusia sekalipun, jadi perang ranger yang ada disana kita harus memperhatikannya dan terus ikuti perintahnya kalo gak ya wassalam :) Bulunya lembut banget, badannya seperti bayi unyu unyu gemulai gituuu. 1 sesi hanya diperbolehkan 5 menit maksimal, setelah itu kalo mau foto lagi harus ulang di sesi berikutnya lagi. So take a lot of picture yaaa!

Tak lama setelah selesai sesi Koala Holding tersebut, kami akhirnya kembali lagi menuju Adelaide dengan bis dan supir yang sama. Kembali ke Adelaide dan besoknya kembali ke Indonesia, setelah 1 tahun lama tak pulang bagai bang toyib akhirnya abang kembali lagi ke Indonesia aahhh!

Sebelum pulang memang kami mempersiapkan segala halnya karena penerbangan ini menjadi akan sangat melelahkan apalagi kami harus siap-siapnya banyak untuk bawa bawaan selama 1 tahun di Australia. Hal pertama yang kami lakukan yaitu pesan tiket pesawat. Saat ini kami mendapatkan harga termurah dengan memesan tiket pesawatnya di pegipegi.com, enaknya disini kita bisa melihat harga yang termurah dan maskapainya apa dan jadwalnya jam berapa sehingga membantu kita untuk arrange.

Kalo kalian mengunjungi Adelaide, kalian harus mencoba untuk menuju Gorge Wildlife Park ini yaaa! Sungguh bakal menjadu memori yang tak terlupakan deh, dan jangan lupa titip salam sama mang supirnya yaaa dariku ya *iya kalo masih inget :))

Enjoy Adelaide!

⏩ Follow Instagram @irhamfaridh to explore #akangbolangjourney! ⏪

4 comments:

  1. Koalanya gemes bangeetttt 😍😍😍 Kapan bisa kesampaian meluk koala beneran yaa hehehe

    ReplyDelete
  2. Duuh koalanya cuamaatt. Ngga gigit kan digendong gitu?

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata koala hewan galak yaa

    ReplyDelete
  4. Itu koalanya anteng banget ya digendong-gendong gitu
    Itu koalanya tidur apa gimana?

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search