Aug 27, 2018

Orchid Forest Cikole, Wisata Alam Kekinian di Bandung

Amphitheater yang ada di Orchid Forest Cikole
Amphitheater yang ada di Orchid Forest Cikole
Apa yang kalian pikirkan tentang Bandung? Peuyeum? Peyempuan? Atau Gedung Sate? Bandung mempunyai banyak banget destinasi yang bisa dikunjungi. Gak heran sih kalau setiap weekend selalu penuh sama orang luar kota yang berwisata di Bandung! Sampe sampe saya sendiri yang orang Bandung gak pernah keluar rumah kalau weekend. Menghindari kemacetan hehehe jadi ya keluarnya weekday aja hehehe

Daerah wisata yang paling favorit di Bandung yaitu di daerah Lembang. Selain banyak wisata-wisata kuliner seperti Floating Market, Kampung Daun dan lain-lain, Lembang juga disukai wisatawan karena udaranya yang dingin dan alamnya yang keren. Wisata andalannya sih Gunung Tangkuban Perahu, kalo ke Bandung tapi belum kesana sih namanya belum ke Bandung atuh coy!

Naaaah 1 tahun kebelakang ternyata ada tempat wisata lagi di dekat Gunung Tangkuban Perahu dan hits banget di kalangan anak muda. Selain karena nuansa alamnya yang bagus, tempat ini juga instagramable banget, jadi bisa foto-foto sambil menikmati alam. Tempat ini namanya Orchid Forest Cikole.

Orchid Forest Cikole
Orchid Forest Cikole
Nah tanggal 23-24 Agustus 2018 kemarin, saya dan blogger lainnya termasuk juga anak-anak GENPI (Generasi Pesona Indonesia) Jawa Barat diundang oleh Kementrian Pariwisata Indonesia untuk hadir di Orchid Forest Cikole ini untuk mengexplore semua fasilitas yang ada disini. Kita diberikan waktu semalam untuk berkeliling dan merasakan camping di kawasan ini. Sueerrr deh dingin parah disini! Ada sekitar 16 derajat celsius waktu malem-malem nenda disini. 

Jadi tempat ini tuh banyak banget fasilitasnya mulai dari lokasi-lokasi foto instagramable (yang memang mereka fokusnya disini), taman anggrek yang ada lebih dari 150 jenis anggrek, dan juga wista outbond lainnya seperti flying fox dan lain-lain. Tiketnya juga termasuk murah, hanya Rp 35.000 untuk tiket masuk dan parkirnya! Worth it banget sihhhh.

Luas kawasan ini memiliki total 35 hektar (luas banget yakaaann), padahal baru 15 hektar yang digarap. Dan semua kawan disini tidak memotong pohon sama sekali saat pembangunannya, ramah lingkungan banget. Ditambah pengelolaannya juga profesional dan kawasannya terawat. Wisata yang seperti ini sih yang seharusnya dicontoh wisata lainnya di Indonesia, yang penting terawat dan kepengurusannya jelas. 

Aspasia Coffee di kawasan Orchid Forest
Aspasia Coffee di kawasan Orchid Forest
Dari kawasan parkir kita sudah mulai dibuat takjub oleh berbagai bentuk arsitektur dari Orchid Forest ini. Pintu masuknya aja gagah banget, kelas internasional! Tak jauh dari pintu masuk, buat yang lelah atau ngantuk bisa ngopi ngopi dulu di Aspasia Coffee. Tempatnya enak dan kece banget, dan gak lupa juga sungguh intagramable, mulai dari ayunan dan suasana alam sekitarnya.

Menunya ada bermacam-macam menu kopi dan beberapa cemilan khas Bandung seperti cireng, gorengan dan masih banyak lagi. Bayangin coba bisa ngopi cantik sambil nyemil dengan suasana alam kaya gini. Keren bangettt!

Amphitheater di Orchid Forest Cikole
Amphitheater di Orchid Forest Cikole
Kawasan ini juga memiliki amphitheater yang super kece! Ruangannya terbuka dan bersatu dengan alam dan pepohonan tinggi sebagai background dari panggungnya. Tahun kemarin ada event internasional yang membuat nama Orchid Forest ini naik daun di Bandung yaitu Lalala Fest, yang salah satu bintang tamunya adalah Kodaline, band kelas internasional. Bayangkan dengerin musik sendu lalu ditemani suasana syahdu kaya begini? ahhhh gabakal bisa move on deh dijamin!

Apalagi kalo konser musiknya sampai malam disaat kabut sudah turun dan berkombinasi dengan lightning panggung, dijamin syahdunya makin terasa! Tempat duduknya juga kece banget, terbuat dari kayu dan dibuat mengelilingi panggung.

Wood Bridge di Orchid Forest Cikole
Wood Bridge di Orchid Forest Cikole
Untuk masalah foto, jangan diragukan lagi karena kawasan ini memiliki banyak sekali spot-spot instagramable, seperti jembatan satu ini yang dinamakan Wood Bridge. Sebenarnya sih simpel banget, cuman jembatan aja, tapi kombinasi jembatannya dengan pohon-pohon di sekitar buat lokasi ini bagus banget di foto dari sisi manapun. Gak percaya? Cobain sendiri kesini dehhhh...

Wisata outbond di Orchid Forest Bandung
Wisata outbond di Orchid Forest Bandung
Tidak jauh dari Wood Bridge, terdapat lokasi outbond, jadi bagi yang mau merasakan wahana-wahananya bisa melewati Wood Bridge tadi dan langsung menuju sebrang dengan jembatan gantung seperti di atas. Buat yang takut ketinggian, agak lumayan tinggi sih ini, tapi tenang aja semuanya aman kok karena udah ada safety standardnya juga pasti.

Setelah sampai di ujung, bisa kembali lagi ke tempat semula menggunakan flying fox. Kalo mau jalan kaki bisa memutar-mutar lewat salah satu taman gitu yang kalau sudah agak sore nyala-nyala gitu. Cute pokoknya.

Waktu itu kami bersantai-santai disini sampai waktu agak malam dan di daerah sini tuuu banyak banget lampu-lampu yang bikin suasana jadi hangat dan instagramable banget. Jadi kalau mau kesini, cobain sampai agak sorean dan tunggu semua lampu menyala. Keren parah sih.

Ada Pak Menpar Arief Yahya juga hadir di Orchid Forest Cikole
Ada Pak Menpar Arief Yahya juga hadir di Orchid Forest Cikole
Lokasi ini sebenernya baru dibuka tahun lalu tahun 2017, hanya setelah lokasi ini menjadi lokasi penyelenggaraan event internasional Lalala Fest itu, tempat ini langsung banyak didatangi oleh anak-anak muda dari Bandung sendiri dan juga luar kota. Target awal manajemen hanya sekitar 200 orang per hari, tapi melunjak menjadi 1000 orang per hari. Hingga kini bahkan Orchid Forest Cikole sudah dapat mandiri mengelola kawasan ini serta pengembangannya juga.

Oleh karena itu, saat kami disana pun Bapak Menteri Pariwisata Indonesia, Bapak Arief Yahya pun hadir di lokasi untuk meresmikan tempat ini menjadi co-branding dari Wonderful Indonesia dan menjadikan lokasi ini menjadi #DestinasiDigital, dimana lokasi ini di setting se-instagramable mungkin agar menarik minat kaum millenials.

Kedepannya ada 3 konsep yang akan diusung oleh Orchid Forest Cikole yaitu yang pertama Edutourism, konsep ini diusung agar semua elemen mulai dari manajemen, kontraktor dan pengunjung sama sama mengerti tentang bagaimana manajemen lingkungan terutama manajemen sampah yang sekarang ini menjadi problem utama di setiap daerah.

Yang kedua adalah Sport Tourism. Selain lokasi outbond yang sudah digarap dari tahun pertama, nantinya kawasan ini akan dibangun trek downhill untuk sepeda dan moto cross, sehingga dapat dinikmati juga oleh para pecinta outdoor di sekitar Kota Bandung maupun luar Kota Bandung.

Yang terakhir adalah Art Tourism. Nantinya bakal ada beberapa spot yang memperkenalkan kebudayaan dan kesenian dari daerah sekitar yaitu Sunda. Mulai dari budayanya seperti bertani, cocok tanam dan lain-lain, kerajinan seperti batik dan juga kesenian seperti tari-tarian. Sehingga pengunjung dari luar kota dapat diperkenalkan dengan kebudayaan sekitar dan sebaliknya dari Kota Bandung juga pun dapat lebih mengenalnya lagi lebih dalam.

Kedepannya semoga lokasi ini juga terawat, dan terus berkembang agar bisa menjadi wisata andalan baru di Kota Bandung yang sudah semakin ramai wisatawan.

⏩ Follow Instagram @irhamfaridh to explore #AkangBolang journey! ⏪

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search