Apr 17, 2018

Pengalaman Nyepi Pertama di Segara Village Hotel

Segara Village Hotel
Salah satu sudut di Segara Village Hotel
Sudah sering banget ke Bali, mengeksplor tempat sana-sini, coba hotel sana-sini, tapi ada satu hal yang belum saya lakukan di Bali, yaitu merasakan atmosfer di Bali saat Hari Raya Nyepi. Dan kebetulan ternyata pada bulan Maret kemarin, saya berencana kembali ke Labuan Bajo untuk urusan bisnis dan akan transit di Bali 2 hari sebelum Hari Raya Nyepi bersama istri dan kami mengambil keputusan untuk coba stay di Bali selama perayaan Hari Raya Nyepi ini, for the first time!

Selama di Bali ini kami juga pertama kali stay di daerah Sanur, dan hotelnya persis di pinggir pantai! Namanya Segara Hotel Village. Hotel ini merupakan hotel tertua di daerah Sanur dan merupakan hotel yang ownernya adalah orang Indonesia, so proud! Walaupun hotel tertua, untuk desain eksterior dan interiornya modern banget! Bahkan bisa dikatakan paling mewah dibanding hotel-hotel lain di sekitarnya. Beruntung banget bisa staycation di hotel ini dan akan merasakan Hari Nyepi di Bali untuk yang pertama kalinya, katanya sih bakal seru pas arak-arakan Ogoh-Ogoh dan atmosfer saat hari H nya benar-benar tenang. Let's see!

 Segara Village Hotel
Suasana rindang di Segara Village Hotel
Saat masuk ke area hotel ini, rasanya segar sekali karena melihat pohon dimana-mana dan pohonnya besar-besar sehingga area hotel menjadi rindang dan tidak panas. Suasananya jauh dari keramaian sehingga pengunjung bisa tenang dan rileks menikmati suasana di hotel yang memang tenang banget! Bahkan suara mobil atau suara apapun dari luar hotel tidak terdengar sama sekali, dan yang terdengar hanya kicauan burung atau binatang-binatang di sekitar. Sempat juga lihat tupai yang turun dari pohon, oh My God cuteeeee!

Segara Village Hotel
Kamar kami di Segara Village Hotel
Hanya ada 2 tipe room di hotel ini yaitu yang standard room (2 orang) dan tipe cottage (4-7 orang). Karena kami hanya 2 orang (sebelum ada dede bayi, bahkan mau bikin dede), kami mendapatkan kamar yang tipe standard but the room is very cute! Mulai dari dekorasi di depan halamannya sampai kamar mandinya! Walaupun ruangannya tidak terlalu luas, tapi interior dan perabotan di dalam kamarnya mewah dan lucu-lucu. Satu spot favorit saya disini adalah kamar mandinya, selain karena ada bath tub buat bikin dede, interiornya juga kece!

Kamar mandi yang ada bath-tubnya buat bikin dede
Kamar yang nyaman di Segara Village Hotel
Selain ruangannya yang terlihat modern, rapih dan elegan, kamarnya pun terasa nyaman karena kasurnya yang luas dan banyak space untuk menyimpan barang di sekitar ruangan. Bahkan bisa tiduran sampai 4 orang sih kayanya masih muat, sayang belum ada dede hehehe. Lampunya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari kalo sudah malam dan mau tidur bisa dinyalakan beberapa lampu atau dimatikan semuanya. Tapi saat Nyepi kemarin pas malam di Hari Nyepi semua lampu luar dimatikan dan di luar itu gelap banget. Tapi bintangnya jadi jelas banget lohhhh!

Sayangnya disaat mau foto milky way, diganggu entah sama siapa akakaka jadi lagi coba foto milky way, dan tetiba ada suara "uhuk" dengan nada yang berat dan bulu kuduku berdiri, langsung balik lagi deh ke kamarrrr! :D

Jacuzzi! Segara Village Hotel
Jacuzzi!
Mulai keluar dari ruangan, kita lihat fasilitas yang ada di Segara Village Hotel ini yuk! Yang pertama yang spesial disini yaitu Jacuzzi Barnya! Jadi setiap pengunjung yang check in, akan mendapatkan welcome drink dan dapat menukarnya di jacuzzi bar ini atau di restaurant. Kemarin saya coba untuk menukar welcome drink nya di jacuzzi ini di tengah-tengah cuaca Bali yang sangat panas! Betapa ademnya minum jus jeruk sambil duduk cantik di kolam yang dikelilingi pepohonan hijau yang rindang, aaahhh juara!

lapangan tennis Segara Village Hotel
Mau olahraga? Ada lapangan Tennis!
Buat yang suka olahraga pasti penting banget deh sarana penunjang buat olahraga kalau sedang liburan. Olahraga juga diperlukan banget untuk menjaga kebugaran tubuh, apalagi kalo lagi honeymoon, tubuh harus fit terus dong! Hehe. Di Segara Village Hotel ini ada lapangan tennisnya loh guys! Lokasinya gak jauh dari Jacuzzi bar tadi, buat cewe-cewek juga bisa minum cantik sambil ngeliatin cowo-cowo main tennis di sebelahnya, tapi jangan kakek-kakek juga yang diliat :)) Oiya, katanya kalo mau pakai fasilitas ini harus confirm dulu ke resepsionis agar dapat diatur jadwal dengan tamu yang lain.

Area kolam renang di Segara Village Hotel
Area kolam renang di Segara Village Hotel
Area ini menjadi area paling ramai di saat Hari Nyepi kemarin. Karena semua tau hotel tidak boleh keluar area hotel, semua pengunjung yang rata-rata adalah bule, mengisi kegiatannya diluar kamar dan kebanyakan berenang sambil menikmati hidangan yang di sajikan di restaurant yang letaknya persis di sebelahnya. Karena pada hari itu juga panas, saya pun akhirnya nyebur dan it was very fresh bisa berenang di tengah hari yang panas dan nyebur dengan view pantai dan laut yang bisa terlihat dari kolam renang itu sendiri.

Pawai Ogoh-Ogoh!


Pawai Ogoh-Ogoh
Pawai Ogoh-Ogoh
Semua orang penasaran untuk melihat pawai ogoh-ogoh
Jadi 1 hari sebelum Hari Raya Nyepi, umat Hindu biasanya melakukan pawai yang dinamakan Ogoh-Ogoh. Khususnya di Bali hampir semua kecamatan bahkan RT membuat patung-patung yang nantinya di iring keliling daerahnya. Karena merupakan hal yang unik semua wisatawan di Bali yang menginap saat Nyepi keluar dan semua orang berkumpul di jalanan. Hampir sulit banget cari space untuk yang enak karena saking padatnya dan saking ramainya. Pawai ini biasanya dimulai jam 6-7 dan jalanan di Bali seketika lumpuh karena semua orang berdiri di jalanan bahkan duduk-duduk. Pawai ini seru juga untuk dilihat karena kita bisa melihat berbagai karya masyarakat Bali dalam kreatifitasnya masing-masing dalam membuat patung untuk pawai.

Kembali ke luar hotel setelah Nyepi
Kembali ke luar hotel setelah Nyepi
Setelah seharian penuh di hotel, bahkan ke pantai yang lokasinya ada di depan hotel pun gak boleh. Alahasil setelah Hari Raya Nyepi beres, semua wisatawan langsung memenuhi pantai, dimanapun itu. Bahkan warga lokal Balinya pun. Katanya memang setelah Nyepi ada kebiasaan warga Bali untuk berwisata ke pantai bersama keluarga. Banyak juga bule yang berjemur dan menikmati pantai, ada juga yang langsung pulang dan berwisaa ke daerah lain.

Byrdhouse Beach Club
Byrdhouse Beach Club
Kalo kami sendiri kami langsung mencoba beberapa menu yang ada di Byrdhouse Beachclub yang masih satu area dengan Segara Village Hotel. Lokasinya ada persis di pinggir pantai Sanur, jadi kita bisa menikmati hidangan sambil menikmati pantai sekitar dan lautan lepas. Yang keren darisini adalah view Gunung Agung yang terlihat jelas ada di sebrang lokasi Byrdhouse ini. Untuk menunya ada berbagai macam makanan dari Indonesia dan Western dan juga minuman non-alkolol dan juga minuman yang beralkohol.

Di hari terakhir kami, kami sangat susah untuk move on dari hotel ini karena hotel ini sungguh lovely dari berbagai sisi. Mulai dari sisi service, roomnya yang cantik, fasilitas yang lengkap dan tidak ketinggalan lokasinya yang dekat dengan pantai dan juga area hotel yang sangat sangat luas!

Dan satu lagi yang patut kita banggakan adalah hotel ini merupakan Indonesian Owner, yang mana pemiliknya adalah orang Indonesia dan asli Bali sendiri yang sangat mencintai Indonesia dan ingin pariwisata Indonesia naik dan membuat hotel ini merupakan salah satu langkahnya untuk Indonesia. So proud!

Yang mau coba kepo atau kontak hotel ini, detail nya akan saya kasih di bawah, and happy holiday and staycation ya guys!

SEGARA VILLAGE HOTEL
www.segaravillage.com
Jalan Segara Ayu, Sanur, Denpasar, Bali 80030
Phone: (0361) - 288407



⏩ Follow Instagram @irhamfaridh to explore #AkangBolang journey! ⏪

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search