Feb 14, 2018

Jalan Jalan Sambil Berbagi Kebahagiaan Dengan Anak Penderita Kanker

Rombongan Cheerful Trip
Rombongan Cheerful Trip
Sudah menjalani hobby traveling selama 7 tahun lebih, saya rata-rata bermain ke wisata alam, bisa pantai, gunung, sungai apapun itu. Tapi tak menutup kemungkinan juga saya bepergian keliling kota seperti Hongkong dan Macau. Tapi ada yang spesial kali ini, karena saya akan jalan-jalan sambil berbagi kebahagiaan bersama anak-anak pengidap kanker.

Jadi, saya diundang oleh salah satu Aplikasi Marketplace Wisata bernama Open Trip, yang memang bekerjasama juga dengan trip organizer yang saya kelola. Dikit saja tentang Open Trip, jadi Open Trip ini mengumpulkan trip orgaizer dan trip leader di seluruh Indonesia dan mengumpulkan data-datanya agar dijual langsung ke konsumen, dan nantinya konsumen tersebut dapat booking trip salah satu trip lewat aplikasi. Banyak banget destinasi yang dijual di aplikasi tersebut, mulai dari Aceh sampai Papua pun ada. Jadi kalo punya paket open trip dan mau join di Open Trip langsung aja masukke websitenya. Ditambah suka ada voucher-voucher yang dapat menarik minat konsumenmu juga.

Balik lagi ke Cheerful Trip, saya diundang oleh Kang Yuska dari Open Trip untuk mengikuti acara ini. Saya tidak sendiri, ada teman satu lagi bernama Kang Rizal, dia ini travel influencer yang udah hits di Instagram dengan IGnya @mrizag. Jadi trip ini, kami semua akan bermain bersama anak-anak pengidap kanker dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia atau disingkat YKAKI Cabang Bandung ke Floating Market yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat.

Keberangkatan Cheerful Trip
Keberangkatan Cheerful Trip
Pagi sekitar jam 7 pagi semua peserta Cheerful Trip berkumpul di kantor YKAKI Bandung yang berlokasi di Jalan Taman Currie No. 23 Bandung. Peserta terdiri dari peserta dari Open Trip, Komunitas Aleut, anak-anak dari komunitas My Trip My Adventure Bandung dan juga 12 anak-anak serta ibu pendampingnya dari YKAKI Bandung. Sebelum keberangkatan semua peserta diharapkan untuk tidak terlalu memforsir anak-anak karena apabila mereka terlalu kecapaian, mereka akan lemas dan muntah. Ditambah kami tidak boleh menanyakan mereka sedang sakit apa, karena rata-rata semua anak disini tidak tahu kalau mereka mengidap kanker.

Dilihat dari fisiknya ada beberapa anak yang terlihat secara jelas kalau mereka sedang mengidap kanker, kasihan liatnya gak tega. Padahal mereka itu lucu-lucu menggemaskan selayaknya anak-anak lain. Tapi mereka juga kuat banget yaaaa, mereka harus kontrol dan melakukan pengobatan medis setiap minggunya, bahkan setiap harinya. Jadi trip ini menurut saya berguna banget buat mereka yang butuh kesenangan dan semangat di kala mereka sedang berjuang untuk melawan kanker tersebut.

OTW Floating Market
OTW Floating Market yeay!
Pada awal perjalanan, semua anak-anak masih terdiam karena mungkin entah masih ngantuk atau belum tersemangat. Tapi karena ada beberapa kakak-kakak dari Komunitas Aleut yang bercerita sepanjang perjalanan, anak-anak terlihat mulai antusias mendengarkan dan menikmati perjalanan. Jadi, sepanjang perjalanan, semua peserta di bis ditemani oleh cerita dari anak-anak Komunitas Aleut yang bercerita tentang sejarah-sejarah yang terjadi di Kota Bandung kita yang tercinta ini.

Selain bercerita juga, semua peserta bernyanyi berbagai lagu, bahkan anak-anak YKAKI pun ikut bernyanyi di depan bis, sampai nyanyi lagu-lagunya Via Vallen. Tpi adek-adeknya protes karena gak tau lagunya, dan mereka itu taunya lagu-lagu Marshmello, Alan Walker, gileeeeeeeee. Udah pernah ke DWP juga kayanya si adek-adek ini :))

Karena selama perjalanan tidak menemui kendala sepeeti macet dan semua peserta menikmati perjalanan dengan bersuka cita, tidak terasa kami sudah sampai di Floating Market. Sesampainya di Floating Market, kami langsung berfoto bersama di gerbang dan juga antri untuk mendapatkan tiket masuknya. Yang saya fikir, kami akan bermain di zona makanan Floatong arket yang banyak perahunya tu, ternyata di Floating Market ini juga terdapat wahana bermain macam-macam Kidzania gituuu. Wahhh adek-adek pasti seneng nih!

Keceriaan selama Cherrful Trip
Keceriaan selama Cherrful Trip
Sebelum memasuki wahana bermain, semua peserta dibagi kedalam beberapa tim, jadi masing-masing tim terdapat 1 orang pendamping dan 1 orang anak yang bermain. Disini saya dijadikan pendamping juga untuk menjaga salah satu anak dari YKAKI, itung-itung belajar jadi ayah :D Awalnya semua dedek dari YKAKI belum terlalu bersemangat, tetapi pas masuk ke wahana bermain, wow mereka semua pada berhamburang kesana-kemari dan terlihat sangat senang sekali.

Memang selain bermain juga, semua peserta mengikuti game Treasure Hunt yang diharuskan mencari potongan sticker bertulisan "Open Trip" di beberapa wahananya. Tapi karena anak-anak terlalu asik bermain, jadi saya bebaskan aja agar dia bahagia dan menikmati waktunya selama di Floating market ini. Oiya, nama wahan bermain ini namanya Kota Mini Floating Market. Banyak wahana seperti kantor polisi, rumah sakit, pemadam kebakaran dan masih banyak lagi. Jadi anak-anak bisa berlaga seperti apa yang mereka bayangkan, menjadi pemadam kebakaran mereka memakai baju pemadam kebakaran dan menyemprotkan air ke beberapa titik api, layaknya pemadam kebakaran beneran.

YKAKI Bandung
Mereka terlihat senang banget dengan wahana ini
Aplikasi Open Trip
Lagi jadi polisi nihhhh
Selain wahana bermain menjadi profesi banyak juga wahana permainan seperti mandi bola, trampolin, mancing dan masih banyak lagi. Dari yang pada diem di bus, dede dede dari YKAKI Bandung ini berubah menjadi ganas. Berlarian kesana kemari, loncat-loncat, layaknya anak-anak lainnya. Kalo mereka terlihat ceria kaya gini terlihat mereka itu tanpa beban dan tanpa kanker yang mereke punya. Apalagi di wahana trampolin... semua anak masuk ke dalam dan berloncat-loncat dengan ramainya. Momen ini sunguh membuat hatiku tersentuh, kasian mereka, padahal lucu-lucu dan menggemaskan, tapi mereka punya kanker yang mereka harus lawan dengan waktu yang tidak sebentar. Ada yang bisa 5-10 tahun.

Karena jam 11 semua peserta harus sudah selesai, kami semua kembali ke ruang meeting untuk makan siang dan ada beberapa games lagi. Untuk makan siang semua dipersiapkan dari YKAKI sendiri, termasuk kami juga yang dari luar makan dengan menu yang sama. Nahhh di menu makanan yang ini, semua peserta makan dengan makanan yang tanpa MICIN. Di bayangan sih bakal hambar, tapi bahkan rasanya lebih segar dan lebih enak ternyata.. Hebat nih mamah-mamah di YKAKI Bandung!

Cheerful Trip
Momen saya mengasuh anak-anak kecil. Udah cocok belum? :D
Sebelum kembali pulang, ada beberapa games lagi seperti lomba mewarnai, dan pembagian hadiah untuk games mewarnai. Anak-anak yang kecil mah gatau apa-apa yang penting seneng-seneng, jadi mewarnai juga boro-boro ngerjain, malah pendampingnya yang ngerjain :( but it was very fun!

Sungguh pengalaman yang luar biasa bisa main bareng anak-anak dari YKAKI Bandung beserta peserta lainnya dari Open Trip yang semuanya luar biasa. Menjadikan Cheerful Trip ini benar-benar mengesankan dan seru bagi anak-anak dan juga peserta lainnya yang menjadi pendamping. Disini saya jadi berfikir untuk terus berbagi, karena memang dengan berbagi ini hati kita menjadi relax dan juga lebih bahagia. Benar kata orang-orang, travel is not only the destination, sometimes we have the peoples, the stories dan beberapa hal lainnya lagi.

Terima kasih juga buat semuanya yang sudah mendukung acara ini, terutama untuk Divisi Digital Service Telkom Indonesia yang telah mendanai semua kegiatan ini. Semoga acara ini berguna untuk semua pihak dan semoga lebih banyak lagi kegiatan seperti ini karena dapat membantu setidaknya moral terhadap anak-anak atau orang yang membutuhkannya.

See you in another trip!


⏩ Follow Instagram @irhamfaridh to explore #AkangBolang journey! ⏪

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search