Nov 28, 2017

Happy Yummy Journey, Dari Korea Selatan ke Indonesia Lewat Durian!

happy yummy journey
Buku Happy Yummy Journey
Beberapa minggu yang lalu, akang diundang bersama para blogger dari Bandung untuk datang ke acara peluncuran buku "Happy Yummy Journey" yang dibuat oleh Prof. Eje Kim di Trans Hotel Bandung. Sebelumnya akang mau cerita dulu nih, Prof Eje Kim ini adalah seorang wanita yang berasal dari Korea Selatan. Beliau ini 10 tahun terakhir selalu mengelilingi Asia Tenggara mulai dari Thailand, Malaysia sampai ke Indonesia.

Pada awalnya, beliau ini tidak terlalu suka dengan negara-negara yang ada di Asia Tenggara karena mengalami banyak kejadian yang tidak mengenakan, mulai dari kehilangan barang, lalu lintas dan masih banyak lagi. Namun, setelah 7 tahun sering bulak balik ke Asia Tenggara, beliau menemukan suatu keunikan yang menurutnya luar biasa. Yaitu buah yang bernama durian, khususnya di Indonesia karena durian di Indonesia ini memiliki bermacam-macam jenis dari berbagai daerah.

Buku Happy Yummy Journey
Awalnya, ketertarikan Prof Eje Kim kepada durian dan Asia Tenggara dimulai pada saat beliau melakukan studi kajian di Asia Tenggara pada tahun 1996. Waktu itu beliau sempat menyesal memilih Asia Tenggara karena Asia Tenggara hanya sebuah wilayah yang dikenal sebagai tempat liburan murah meriah bagi kebanyakan orang Korea Selatan. Tapi penyesalan tersebut menghilang pada tahun ke-7 pada saat beliau mencicipi durian untuk pertama kalinya dan membuat beliau sangat jatuh cinta sekali kepada Asia Tenggara dan duriannya, terutama Indonesia.

Durian ini merupakan tanaman hijau abadi yang buahnya akan baru muncul setelah 5-6 tahun setelah ditanam. Durian ini bagi beliau memiliki fungsi dan kekuatan yang luar biasa bagi orang dan lingkungan sekitarnya. Bagi tanah yang ditanaminya, tanah tersebut menjadi subur dan dapat berguna bagi tanaman lainnya. Bagi manusia pun, beliau pernah melihat bahwa orang-orang yang makan durian pasti dengan keadaan yang berbahagia, apalagi memakan buah durian tersebut dengan kerabat, keluarga atau orang-orang terdekat.


Beliau memulai perjalanannya di Asia Tenggara dari Vietnam dan Singapura, disana beliau mengkaji mengenai kehidupan wanita Asia Tenggara dan menemukan jalur kebahagiannya dengan menyusuri negara lain seperti Singapura, Filipina, dan tentunya Indonesia untuk mencari fakta lainnya mengenai wanita Asia Tenggara dan “sang raja buah” di tiap berbagai daerah.

Beliau menyebutnya dengan kata healing road untuk mencari raja buah khas Asia Tenggara yang merupakan symbol kemakmuran, kebahagiaan, cinta dan harapan. Ada fakta yang memperlihatkan bahwa daerah-daerah penghasil durian menghasilkan banyak perempuan hebat dan anak-anak yang bahagia. Daerah-daerah tersebut adalah Penang (Malaysia), Chantaburi (Thailand), Davao (Filipina), dan Sumatera (Indonesia).

Beliau juga bercerita tentang bagaimana beliau sangat cinta dengan Indonesia dan duriannya. Beliau menyebut bahwa Indonesia memiliki keberagaman yang luar biasa, bahkan duriannya pun berbeda-beda di setiap daerah, hal itu yang membuat Prof Eje Kim sangat terkesima dan suka banget dengan Indonesia. Beliau memperlihatkan juga bagaimana bahagianya orang Indonesia dibandingkan negaranya sendiri di Korea Selatan yang menurut beliau orang-orangnya tidak santai dan tidak sebahagia orang-orang di Asia Tenggara.


Beliau bercerita bahwa beliau banyak bertemu dengan orang-orang hebat di Indoensia dan beliau sangat takjub dengan orang-orang hebat tersebut. Salah satunya adalah Bapak Ridwan Kamil, yang menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Prof Eje Kim ini sempat bertemu dengan Kang Emil beserta istrinya dan dititipi pesan untuk membuat buku tentang Bandung, beliau pun sangat suka dengan Bandung karena udaranya yang sejuk, makanan enak-enak, orangnya ramah-ramah dan bahagia. Dari hasil pembicaraan dengan beliau, katanya buku tentang Bandung ini akan launching pada bulan Desember 2017, mari kita nantikan J

Beliau sangat terkesan dengan budaya dan makanan yang ada di Indonesia, beliau sangat memperhatikan budaya Minangkabau yang memperlihatkan budaya bahwa banyak wanita tangguh di dalamnya. Selain itu juga beliau sangat suka dengan makanan padang yang merupakan salah satu makanan terlezat di dunia yang merupakan hasil resep peninggalan kuliner dari nenek moyangnya zaman dahulu kala.


Di Trans Hotel, tempat acara peluncuran buku “Happy Yummy Journey” ini semua blogger berkumpul dan mendengarkan cerita mendetail yang dialami dan yang dituangkan ke dalam buku yang ditulisnya ini. Ada alasan kenapa beliau sangat suka dengan lokasinya, karena beliau sangat suka dengan kupu-kupu yang merupakan bagian dari interior dari Trans Hotel ini.

Prof Eje Kim bercerita tentang bagaimana kehidupan beliau, cerita bagaimana beliau bisa jatuh cinta dengan durian lalu cerit bagaimana beliau bisa sangat takjub dengan budaya dan Kota Bandung yang sudah beberapa kali beliau selalu datangi kembali sampai beliau akan membuat buku khusus untuk Kota Bandung nantinya.

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search