Oct 2, 2017

Wisata Anti-mainstream di Jogja, Main ke Pantai Ngrenehan, Ngobaran, dan Nguyahan

pantai ngrenehan
Salah satu sudut Pantai Ngrenehan yang cantik!
Memang wisata di Yogyakarta ini tidak ada habisnya. Hampir setiap tahun selalu ada wisata baru di Yogyakarta ini, selain karena memang banyak spot cantik yang bisa dijadikan tempat wisata, Yogyakarta juga selalu kental akan budayanya dan segala harganya yang murah. Gak aneh memang kalo Yogyakarta ini selalu diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, akang juga udah hampir 10 kali bulak balik ke Yogyakarta, karena memang gapernah bikin bosen, apalagi suasananya yang bener-bener terasa berbeda dibanding dengan kota-kota lain di Indonesia.

Yogyakarta ini dikelilingi oleh berbagai daerah yang memiliki potensi pariwisata yang berbeda-beda, mulai dari Kulon Progo, Magelang, Sleman hingga yang sampai sekarang eksis dan terus berkembang yaitu Gunung Kidul. Gunung Kidul ini tren pariwisatanya terus naik dari tahun ke tahun, karena memang potensi alam dan wisatanya besar sekali. Ada Gua Pindul yang sekarang setiap weekend pasti penuh, lalu Pantai Indrayanti, ada juga Air Terjun Sri Gethuk, dan masih banyak lagi wisata-wisata lainnya di Gunung Kidul yang berpotensi akan nge-hits pada waktunya.

Di daerah selatan Gunung Kidul terdapat banyak sekali pantai-pantai yang lokasinya berjejeran. Jadi kalo mau beach hoping di Jogja, yaaa telusurin pantai-pantai yang ada di Jogja ajaaa, dijamin seharian disana juga semua pantai gabakal ke eksplor! saking banyaknya. Nah, karena akang udah beberapa kali ke Yogyakarta dan eksplor beberapa pantai di Gunung Kidul, kali ini akang coba eksplor ke pantai yang sebenernya belum nge-hits, biar anti-main stream gitu!


Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran
Jadi akang coba eksplor 3 pantai di Gunung Kidul yang lokasinya berdampingan, bernama Pantai Ngrenehan, Ngobaran dan Nguyuhan #duhlidahkukelipet. Sebenernya untuk menuju ke pantai ini tidak sulit karena papan petunjuk juga udah banyak. Dari Yogyakarta rute yang diambil adalah rute menuju Gunung Kidul melewati Patuk tapi jangan bablas sampai Wonosari karena di pertigaan yang ada tugunya nanti belok kanan (ada tulisan menuju Sri Gethuk juga), nanti setelah belok kanan bakal ada papan petunjuk menuju Pantau Nguyahan. Tapi karena memang agak kesasar dan melewati jalan bebatuan, entah kenapa akang malah sampai di Pantai Ngrenehan. Tapi setelah tanya ke warga sekitar, memang dari Pantai Ngrenehan ini tinggal ikuti jalan untuk menyusuri kedua pantai lainnya yaitu Ngobaran dan Nguyuhan. Untuk masuk ke wilayah 3 pantai ini, kita hanya membayar sebesar Rp 3.000/orang untuk mengelilingi 3 pantai tersebut loh, murah meriah yaaa!

Pemandangan di Pantai Ngrenehan
Pemandangan di Pantai Ngrenehan
Sampai di Pantai Ngrenehan, hampir semua pantai tertutupi oleh perahu nelayan, karena heran akang pun bertanya ke warga sekitar dan ternyata memang pantai ini adalah pantai yang memang digunakan oleh nelayan-nelayan di sekitar Gunung Kidul untuk menepi (oadahal ombaknya bisa dibilang agak besar juga disini). Semua kapal dari berbagai kecamatan dan daerah berkumpul di pantai ini ibarat tempat parkirnya perahu nelayan. 

Tapi walaupun ada perahu di Pantai Ngrenehan ini, view di sekitar pantai tetap bagus dan airnya terlihat sangat biru! Aktifitas lain yang bisa dilakukan disini yaitu makan seafood karena terdapat beberapa warung makan yang menjual menu seafood untuk disantap sambil makan siang, karena pada saat kami sampai disanapun pas dengan jam makan siang. Nikmat mana yang kau dustakan lagi, bisa makan enak dengan view pemandangan laut dan pantai yang kece seperti itu!

Pesona Pantai Ngobaran
Pesona Pantai Ngobaran
Beres makan siang di Pantai Ngrenehan, kami berangkat menggunakan mobil sekitar 5 menit dan sudah sampai lagi di pantai berikutnya, yaitu Pantai Nglambor. Sekilas dari parkiran, pantai ini memang tidak ada yang istimewa, karena kita hanya melihat dari atas tebing saja, tapi karena akang orangnya penasaran akhirnya coba menuruni tebing dan menemukan pantai dengan pasir putihnya!

Pantai disini hanya selebar 30 meteran sisanya karang-karang, bahkan kita maju sedikit aja memang ada karang dan pas liat bulu babinya agak banyak, hiiiiiyyyy (akang trauma smaa bulu babi karena pernah tertusuk di Gunung Kidul juga tepatnya di Pantai Wedi Ombo). Walaupun hanya sedikit garis pantainya, pantai ini cocok sekali untuk escape karena suasananya yang tenang dan syahdu sambil ditemani deburan ombak #halah.


Masjid di Pantai Ngobaran
Masjid di Pantai Ngobaran

Candi di Pantai Ngobaran
Candi di Pantai Ngobaran
Ada yang unik dari Pantai Ngobaran ini loh! Semua bangunan untuk beribadah beberapa agama terdapat di wilayah pantai ini, mulai dari masjid untuk Muslim, lalu ada Pura dan juga Candi yang letaknya sangat berdekatan. Hayoloohh, masih malu gak kalo saling bertengkar antar umat beragama, disini aja yang lokasinya jauh dari perkotaan adem ayem kooook #ea

Tapi pas coba mendekati masjidnya, kok lantainya malah berpasir yaaa? gimana cara solatnya coba? karena penasaran, akang coba tanya warga sekitar dan katanyaaa... bangunan ini dipakai oleh petani untuk melakukan ritual sebelum masa panen tiba, tapi didepannya ada tulisan arabic lohhh #heran. Tapi memang Jogja ini, atau Gunung Kidul lebih tepatnya, masih menganut kepercayaan-kepercayaan dari nenek moyangnya sehingga bisa dikatakan ya itu memang budaya daerah tersebut, unik bukaaaannn.

Pantai Nguyahan
Pantai Nguyahan
Setelah puas mengeksplor Pantai Ngobaran dan mendapatkan beberapa cerita mengenai kehidupan dan mitos-mitos mengenai Pantai Ngobaran, kami berjalan kaki menuju Pantai Nguyahan yang lokasinya hanya sekitar 250 meter dari Pantai Ngobaran. Pantai Ngrenehan ini merupakan pantai terakhir yang dikunjungi dan memang sudah tidak ada jalan lagi seteah pantai ini.

Pantai ini terletak dibalik bukit yang hampir mirip dengan Pantai Pandawa di Bali. Bedanya, di pantai ini banyak karang di sekitar pantainya, jadi kita pun tidak bisa berenang secara bebas di pantai ini. Walaupun gak bisa renang, kita bisa berjemur atau hanya menikmati suasana pantainya disana. Terutama ketika saat sore hari, cahaya dari arah barat muncuk ke sekitar pantai ini dari balik bukit sehingga timbul pemandangan yang luar biasa disana. Sayang akang bukan fotografer pro jadi gak tau cara foto-foto kaya begituan.

Tapi percaya gak percaya, akang pernah lagi foto-foto di pantai ini dan ada satu orang yang sengaja foto akang dari jauh dengan efek cahaya yang ada dibelakang akang saat itu. Lalu, dia menawarkan akang untuk liat hasil fotonya itu, wah baik banget ya.

(Percakapan antara Akang dan Mas Foto)

Mas foto, "mas, mau lihat hasil fotonya gak?

Akang, "iya dong mas mau, coba liat.."

Mas foto, "hmmmm, nih, keren kan!"

Akang, "keren banget! minta dong mas filenya! mas asli mana?" (kukira sesama traveler gitu biar akrab kannn)

Mas foto, "aku asli orang sini mas, kalo mau filenya bayar hehe"

Akang, "hmmm, berapa emang?" (muka yang asalnya sumringah, berubah jadi agak bete gitu)

Mas foto, "150 ribu mas"

Akang (menangis).

squad
The squad :)) orang-orang asli Gunung Kidul yang pertama kali ke 3 pantai ini.
Ketiga pantai ini memiliki pemandangan dan ciri khas tersendiri sehingga pas banget buat kalian yang mau liburan ke Jogja buat ekslor ketiga pantai ini, karena untuk mengeksplor ketiga pantai ini mungkin membutuhkan waktu hampir seharian karena bakal betah di setiap pantai yang dikunjungi. Next time, akang bakalan eksplor Gunung Kidul lagi ke tempat yang unik-unik lainnya lagi ya! See you!

Baca juga: Hari Raya Waisak di Candi Borobudur


⏩ Follow Instagram @irhamfaridh to explore #AkangBolang journey! ⏪

32 comments:

  1. Yang anti mainstream tapi di dalam kota, ada ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jarang eksplor ke kote mba lebih ke alamnya :D

      Delete
  2. Wah,,dulu pas explore pantai-pantai di Gunungkidul, saya cuma dapet Pantai Baron, Drini, sama Ngandong. Waktunya ga cukup buat ke Ngrenehan, Ngobaran, dan Nguyahan. Semoga bisa main ke sini kalo ke Jogja lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe semoga next dapet pantai-pantai ini kak. Kece abis!

      Delete
  3. Ahh pantai favoritku..ada yg tersembunyi di dkt ngrenehan mas. Tanjung biting sama pantai toroudan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah belum pernah coba kesana, coba nanti kesana deh hehehe

      Delete
  4. Nama pantai pantainya beneran bikin lidah kelipet. Susah disebut ya Kang. Tapi aku terkesima sama foto fotonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa ini aja sambil baca google buat nulis namanya hehehe

      Delete
  5. Foto pura di Pantai Ngobaran kok g ada bang..? hehe

    ReplyDelete
  6. Menurut saya Yogyakarta ini mirip Bali. Setiap jengkal tanahnya dan setiap bentuk budayanya punya nilai untuk diceritakan. Begitupun dengan pantai-pantainya sungguh bikin kangen laut. Airnya yang biru dan pasir putihnya mengundang untuk didatangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mba evi, Yogya ini selalu bikin kangen dan wisatanya gak ada habisnya :)

      Delete
  7. nemu aja tempat kece..emang tempat yang jarang terpublish itu gak kalah kece yaaa...soal pantai dan candi dekat mushallah..aduh adem banged lihatnya... sama ademnya lihat biru langit dan suasana cerah di sana... thanks for sharing akang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa harusnya diaplikasikan sama kehidupan sosial dan politik biar negara ini adem juga :)

      Delete
  8. waaah jogja banyak banget destinasi yg belum aku kunjungi ternyata. Bisa jadi rekomen ni destinasi selanjutnya, cakep thanks for share yaa

    ReplyDelete
  9. aku masi blm kesampaian nih buat sampai ke pantai2 tersembunyi di Gn Kidul, padahal baca ulasan temen2 bbrp kali, arghh. Cakep2 yaa pantainya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa kak mantap mantap nih pantainya keceee :D

      Delete
  10. Wah2 kalau ke Jogya bisa jadi list nih, Kang.

    ReplyDelete
  11. Wah, makasih banget mas infonya, kebetulan awal yahun rencana mau liburan lagi ke Jogja, gak ada bosennya sih, apalagi kalau ada yang baru, rasanya wajib aja didatengin. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya bener, Yogya itu gak ada habis-habisnya :D

      Delete
  12. Gk sempat ke pelalangan ikannya ya mas pas di ngerenehan?

    Emang banyak banget fotografer2 di ngobaran dan ngunyahan yg nawarin jasanya. Tapi harganya itu lho, gk kuatttt. Ditambah lagi aku gk bisa bahasa jawa, gk bisa nawar deh 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mas, soalnya emg agak skip gitu biar sempet sampe semua pantai :D

      asli deh itu bagus banget hasilnya padahal tapi muahaalnya itu loh :')

      Delete
  13. Weeewwww...
    Nice info..
    Enak tu bs ngecamp d sana..

    ReplyDelete
  14. Pantai Gunung Kidul keren2 ya kak? Kayanya harus kesana lagi utk explore lebih jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaak bener. Ayok koh harus kesini!

      Delete
  15. Secara umum, orang Jogja masih menganut kepercayaan seperti itu, Ham. Coba yang Ngrenehan difoto wide, pasti lebih cakep sampai jajaran perahunya keliatan hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa bang bener, kebetulan pacarku juga orang Gunung Kidul asli jadi udah gak aneh :D

      Delete
  16. Aduh iya ribet nyebut nama pantainya.. haha :D Murah bener itu 3 ribu aja ya masuknya.. Aku sama suami ada rencana kalo ke Jogja lagi bareng anak2 pingin explore pantai-pantai di Gunung Kidul, bisa nih jadi rekomendasi.. Masih rada sepi lagi ya tempatnya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa murah meriah banget kak hehehe semoga bisa secapatnya kesini kak hehe

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search