Oct 10, 2017

Bosen ke Green Canyon? Coba Bodyrafting di Citumang Pangandaran (+Beauty of Curug Bojong)

tim hau citumang
Yuk bodyrafting di Citumang
Bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya mungkin sudah sering mendengar tempat wisata di Pangandaran yang bernama Green Canyon. Tempat itu merupakan lokasi paling populer di kalangan pelancong yang sedang berlibur di daerah Pangandaran. Namun, baru-baru ini muncul lokasi wisata baru di daerah Citumang karena terdapat sungai yang sangat jernih disana. Sungai Citumang ini digunakan untuk aktifitas body rafting yang dimulai dari mulut gua hingga garis finis di dekat lokasi parkiran.

Pada bulan September 2017 kemarin, akang diajak oleh HAU Citumang bersama travel blogger lainnya, untuk berlibur dan body rafting di Sungai Citumang selama 3 hari. Untuk mencapai Citumang ini sebenarnya sangat mudah sekali ges! Tinggal menuju gapura Pangandaran yang ada bunderannya, lalu belok kanan ke arah Green Canyon, tapi nanti di tengah perjalanan kalian akan menemukan plang arah ke Citumang di sebelah kanan.


body rfting citumang
Kami siap-siap nyebur dan body rafting di Citumang yeay!
Sebenarnya akang dulu pernah mengunjungi Citumang ini saat masih sepi, waktu itu juga udah ada body rafting disini tapi belum seramai sekarang. Ditambah dulu akang masih jadi mahasiswa kere alhasil gak bisa body rafting karena uangnya gak cukup #sad. Tapi jodoh gak akan kemana kan yaaaa, akhirnya akang bisa nyobain bodyrafting, gratis, dibayar pula #eh.

Bagi yang mau bodyrafting di Citumang bisa langsung menuju lokasi parkiran karena disana terdapat banyak operator yang menjual jasa body rafting ini. Harganya sekitar Rp 85.000 - Rp 100.000/orang tergantung bagaimana skill tawar menawar. Dari lokasi parkiran ini nanti kita langsung diajak treking menuju garis start Sungai Citumang yang berjarak kurang lebih 1-2 km dari lokasi parkiran.

bodyrafting citumang
Lokasi pertama bodyrafting Citumang
Saat sampai di garis start, sembari menunggu rombongan yang lain lewat kita bisa langsung menuju kolam ikan untuk refleksi, di kolam ini terdapat ikan-ikan yang bisa mengambil kulit-kulit mati di sekitar kaki kita saat mencemplungkan ke kolam. Kalo akang agak parnoan sama geli-geli jadi gak berani nyemplungin ke kolam tersebut. Dan you know what? Ikan kaya gitu, ternyata banyak terdapat di sungainya dan gede-gede! omaygaddddddd. Tapi ternyata asalkan kita gerak terus ikan itu gak bakalan gigit-gigit, paling ya kerasa sedikit di gigit-gigit manja yang rasanya hampir sama kaya digigit pacar #eh.

Setelah berpuas-puas di kolam ikan, kami langsung menuju ke mulut goa yang menjadi garis start body rafting kali ini. Disini terdapat spot untuk loncat dari ketinggian 12 meter loh, hayooo siapa yang berani? :D akang sih gak berani karena udah pernah nyoba sebelumnya dari ketinggian 6 meter dan itu rasanya duahsyat wkwkwkwk #gimanasihkatanyabolangtapipenakut :))

bodyrafting citumang
Kereta-keretaan di Citumang
Selama 1 jam perjalanan dari start sampai finish terdapat banyak spot loncat-loncatannya, asik banget. Ada spot yang loncat dari air terjun, ada yang loncat dari ayunan tali, dan ada juga spot dimana airnya terlihat sangat biru! Sayangnya saat kesana gak bawa kamera, cuman bawa action cam yang ternyata pas dilihat hasilnya agak buram -_-

Selama perjalanan kami semua berteriak, seru-seruan bersama, karena memang lokasi ini cocok banget buat liburan bersama keluarga atau dengan teman-teman, coba bayangin kalo solo traveling kesini terus teriak-teriak sendiri? Nanti si ibu nyamperin deh! #pengabdisetan.

bodyrafting citumang
Jalur yang dilewati saat bodyrafting di Citumang
bodyrafting citumang
Bikin formasi bintang!
Saat bodyrafting di Citumang juga kita akan melewati view-view yang keren seperti air yang biru tadi, lalu lewat gorong-gorong bendungan, dan bisa bikin formasi-formasi cantik untuk foto ala-ala. Buat yang gak bawa action cam juga gak usah khawatir karena guidenya ada beberapa jadi bisa dititpkan ke salah satu guide untuk memfoto kegiatan body rafting kita dari awal sampai selesai! Jadi masih tetep bisa update di medsos kok tenang aja!

Selesai bodyrafting, terdapat banyak warung-warung di sekitar lokasi parkiran, ada yang jual mie rebus, es kelapa sampai es doger, ummm yummy! Karena akang menginap di HAU Citumang, jadi akang dan teman-teman lainnya langsung bilas dan beristirahat di HAU Citumang. Lokasi HAU Citumang ini cocok bagi kalian yang ingin bodyrafting dan mencoba beristirahat yang dekat dengan alam, ditambah lokasinya yang berdekatan sehingga beres bodyrafting bisa langsung istirahat dengan tenang tanpa perjalanan pulang menuju hotel yang jauh lokasinya.


SECRET PLACE: Curug Bojong, Citumang, Pangandaran


curug bojong, citumang
The Beauty of Curug Bojong!
Selama stay di HAU Citumang akang sering liat bule-bule berkeliaran di daerah ini tapi jarang liat bule tersebut nyemplung dan bodyrafting di sungai, agak penasaran juga mereka itu kemana. Ternyata pas hari terakhir stay disana, akang dan travel blogger lain diajak menyusuri ke tengah hutan yang ada di Citumang dan menuju curug/air terjun disana yang katanya jalur ini hanya untuk bule (loh kok?) Mungkin karena orang lokal males untuk menyusuri sungai dan hanya liat air terjun aja, justru akang mungkin lebih suka hal-hal seperti ini, suka banget!

Dari lokasi parkiran, trek menuju Curug ini bisa menghabiskan waktu sekitar 45 menit melewati hutan dan pepohonan yang rindang, jadi jangan takut kepanasan. Selama perjalanan kalian akan melewati beberapa rute yang membingungkan jadi disarankan kalo mau kesini menggunakan guide lokal agar tidak tersesat.

Rute menuju Curug Bojong
Rute menuju Curug Bojong
Setelah 45 menit menyusuri hutan, kami mendengar suara gemericik air dari kejauhan, ahh senangnya! Sebelumnya akang gak terlalu ekspetasi lebih loh ke lokasi ini karena memang lokasinya gak terlalu terkenal dan belum pernah denger sama sekali. Tapi pas ketika sampai di lokasi, aaaaaahhhh i'm in love with Curug Bojong! Lokasinya yang benar-benar jauh dari keramaian membuat curug ini sangat natural, ditambah air terjunnya yang deras, cantik banget pokoknya!

Curug Bojong!
Curug Bojong!
Aliran Sungai Citumang di Curug Bojong
Aliran Sungai Citumang di Curug Bojong
Gak panjang pikir akang langsung nyebur ke air, dan airnya sangat sangat sangat segar dan dingin. Puas banget berenang di curug ini karena selain merasakan naturalnya curug ini, kita juga bisa loncat-loncat dari air terjun dan menikmati alam sekitarnya yang tumbuhannya masih sanat lebat, kadang ada juga suara burung-burung berkicau yang membuat badan menjadi sangat rileks!

Sayang banget kalo udah kesini tapi gak berenang, makannya sebelum kesini siapin beberapa alat bekal untuk berenang dan menyimpan alat-alat lain seperti handphone dan kamera. I told you, this place really worth it! Nanti kedepannya mungkin akang bakal balik lagi dengan teman-teman atau siapapun, yuk siapa yang mau join akang langsung aja DM aja hihi.

Tapi ada satu titipan dari akang, karena kekuatan media sosial itu kadang jahat, please lokasi ini jangan dieksploitasi dan jaga lingkungan sekitar agar tidak rusak ya!



⏩ Follow Instagram @irhamfaridh to explore #AkangBolang journey! ⏪

32 comments:

  1. Aaahhh curugnya kece binggo. Padahal bln kmrn kesana yah kok gak coklat sih airnya. Biasanya kan kalo musim ujan gini pasti airnya jd kecoklatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia gatau kenapa, disini airnya selalu sama seperti ini. Hayuk main ke curug!

      Delete
  2. Masya Allah airnya biru banget seperti air laut. Bening banget lagi. Semoga tidak pernah tercemar walaupun yang body rafting semakin banyak di sini.

    Kelihatannya bodyrafting ini seru banget ya apalagi memang kalau dilakukan bersama teman-teman. Seperti main kereta apian gitu... Dan untungnya juga ada gaet yang mau fotoin kalau nggak kan sayang event nya berlalu begitu saja. View dari atas keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba evi ini sungai favorit di Pangandaran karena alamnya masih alami, semoga gak kaya gua pindul yang di ekploitasiiii :)

      Delete
  3. Body raftingnya seruuuu, Curug Bojongnya mengundang bangeeet. Mau dong ikutan ke sana, Kang, hehe

    ReplyDelete
  4. aku mau maen kereta-keretaan
    ih seru ih
    airnya bening banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo ayoo keretaan disini asik banget heehehe

      Delete
  5. Whaaa airnya bening bangeeet! Saya pernah rafting & river tubing. Pengen juga ah bodyrafting ini, nampak menarik. Ditambah pemandangan alamnya juga aduduh bagusnyaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bodyrafting beda sama rafting karena kita berenang aja di air hehehe airnya jernih sih yang bikin seger hehe

      Delete
  6. Berapa panjang rute Body Raftingnya kang?


    Wah, warna air curugnya itu lho, menggoda banget.
    semoga tetep terjaga ya kedua objek wisata ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 1-2 km an nih kak.

      iyaaa semoga gak terlalu di eksploitasi nih hehehe

      Delete
  7. Tiap liat foto2 di sana bawaannya pengin nyemplung lagi ya. Hahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya beneeer, terus makan dan bobok lagi. ah nikmat :))

      Delete
  8. Akaaang, Curug bojongnya alus pisaan laah. Sebagai pecinta curug, jatuh Cinta lah. Ngan takut nyasar yah. Hahahaha. Abis ini mau liat website hau citumang aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa asli masih alami banget kang. Hayu atuh piknik bareng kesana ehehe

      Delete
  9. Curug Bojongnya cantik banget. Itu yang jalur panjang gorong2 ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda lagi koh, ini yang ke arah hutan dan trekkingnya agak jauh hehe

      Delete
  10. Banyak pungli ga menuju Citumang ini, Kang? *anaknyaparnosamapungli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha engga ada kok, tapi hati kamu yang akang pungli ya :))

      Delete
  11. Bening banget airnya,ya. Yang ga bisa renang pun bakal tergoda. Next, kalau ke sana Irham kudu mau digigit ikan bahahhaha kalau ga mau, nanti dibilangin ibu,lho #ehgimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya teh bening banget. Gamau ah takut banget sama yang bikin geli-geli hehehe

      Delete
  12. Wih ada aliran air yang sempit dan kolam! Yang kayak gitu nggak ada di Green Canyon sih. Aku juga suka body rafting, tapi nggak pernah berani loncat hahaha. Lu masih mending lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya gak ada di Green Canyon, tapi itu tuh kali sebenernya hahahahaha

      Delete
  13. wah seru juga ya bodyrafting, jadi pengen nyobain bodyrafting jg apalagi gratisss hehe

    ReplyDelete
  14. Sampe pada kalimat, "terdapat banyak warung-warung di sekitar lokasi parkiran, ada yang jual mie rebus, es kelapa" langsung glek. 😌

    Ngebayangin enaknya mi goreng rebus pake telor ceplok ditambah irisan cabe..... Trus minumnya es kelapa. Ya Allah surga dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kebanyakan kaya gitu sih, makannya aku berharap gak terlalu banyak eksploitasi biarkan kaya gini aja air terjunnya.

      Delete
  15. Kereen mas tempatnya... Sya suka hal2 sperti ini.. :) Salam kenal sya didit, travel blogger jg : diditpharm.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. Hahahhaaa...ngakak dulu bacanya, ternyata ya omaygod ada yg atut sama ikan2 lucu, padahal gigit2 manja iih.

    Btw seru banget body rafting kemaren ya Kang, jadi pengen balik lagi nengok ikan2 cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa bukan takut sama ikannya, tapi takut sama geli nya teeehhhh :D iya semoga cepet balik lagi kita hehehe

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search