Sep 20, 2017

Tips Mengatur Sendiri Liburan ke Pulau Tidung

Pulau Tidung
Pulau Tidung
Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang berada di Kepulauan Seribu, Jakarta dan juga merupakan salah satu pulau yang paling ramai dikunjungi disana. Ditambah dibawah pimpinan Bapak Presiden Jokowi, Kepulauan Seribu ini diproyeksikan menjadi 10 Bali barunya di Indonesia, pastinya akan semakin ramai dan semakin seru fasilitas yang ada disana.

Beberapa tahun lalu, akang juga pernah berkunjung ke Pulau Tidung dari Bandung dengan cara backpacker, artinya tidak pake tour ataupun guide, pokoknya semua diatur sendiri. Ada beberapa tips nih yang semoga berguna bagi kalian yang mau traveling ke Pulau Tidung ini:

1. Jadwalkan!


Hal yang pertama yang mesti dilakukan adalah ajak teman-temanmu, yakin deh Pulau Tidung ini cocoknya traveling bareng temen kalo sendiri kayanya bakal kikuk banget. Selain ajak teman-teman, kita juga harus menjadwalkan tripnya mau kapan dan disesuaikan juga dengan jadwal teman agar semuanya bisa join.

2. Bikin Itinerary (Jadwal Perjalanan)


Yang kedua adalah membuat rincian perjalanan selama liburan ke Pulau Tidung dari asal kotamu sampai kembali lagi kerumah. Itinerary ini berguna agar semua waktu yang terbuang tidak sia-sia, jangan sampai udah sampai disana, cuman bisa internetan aja di homestay kan gak lucu :D

Selain bikin rincian perjalanan juga, kalian harus survey cara menuju Pulau Tidung mulai dari kota kalian tinggal sampai ke Pulau Tidung. Seperti tiket pesawat misalnya atau bis dan kapal yang jadwalnya kita harus tahu persis.

Seperti Kapal Kayu dari Pelabuhan Muara Angke yang berangkat maksimal pukul 8 dan juga kapak pemerintah dari Kali Adem yang harus sebelum jam 6 sudah di dermaga untuk pendaftaran.

3. Survey Penginapan


Setelah survey mengenai jadwal perjalanan dan rencana perjalanan, hal yang selanjutnya wajib disurvey adalah penginapan selama di Pulau Tidung. Di Pulau Tidung ini ada banyak sekali homestay dengan berbagai fasilitas dan harga, sampe bingung harus milih yang mana :D Di Pulau Tidung ini ada beberapa area untuk homestay, yaitu area dekat dermaga dan juga area dekat Jembatan Cinta, bedanya hanya di jarak. 

4. Booking Semua Kebutuhan Sebelum Berangkat


Langkah terakhir adalah booking semua kebutuhan perjalanan sebelum berangkat. Booking tiket bus atau pesawat bisa di website atau langsung menuju ke terminal, lalu booking juga penginapan jauh-jauh hari lewat SMS atau WA ke pemilik homestay, atau juga booking di internet. Terserah kalian enaknya gimana, atur atur :D 

Tapi, akang fikir kalo booking terpisah itu lama dan buang waktu banget loh harus booking dulu tiket pesawat lalu penginapan secara terpisah, belum harus masukin detail pembayaran dan detail data diri dua kali. Tapi, ternyata di Traveloka ada sistem booking pesawat + hotel secara bersamaan loh yang tadi itu bisa memotong waktu untuk booking keduanya menggunakan paket tiket hotel Traveloka!

Tampilan paket tiket pesawat + hotel di Traveloka
Tampilan paket tiket pesawat + hotel di Traveloka
Di dalam satu tampilan ini kalian bisa langsung booking tiket pesawat dan hotel sekaligus. Contoh: Asal keberangkatan Bandung dan pastinya menuju Jakarta karena kalian akan ke Pulau Tidung. Lalu di kolom hotelnya kalian tinggal masukan tujuannya, dalam hal ini Tidung Island.

Hasil pencarian paket tiket pesawat + hotel di Traveloka
Dan setelah masukan data, kalian bakal langsung dapet detailnya yang lengkap seperti detail jam keberangkatan pesawat serta nama-nama homestay yang bisa dipilih. Disana bisa kita lihat ada diskon sebesar 16% loh! Lumayan banget budget segitu buat jajan-jajan cantik atau buat main water sport di Pulau Tidung.

Keliatan banget kan bedanya booking satu-satu sama booking pake paket gabungan Traveloka ini? Selain bisa hemat waktu, dari segi harganya pun lebih murah sehingga dana selisih itu bisa digunakan untuk alokasi dana lainnya. 

Happy Traveling!

⏩ Follow Instagram @irhamfaridh to explore #AkangBolang journey! ⏪

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search