Sep 20, 2017

Berbaur Dengan Alam di HAU Citumang

HAU Citumang
HAU Citumang
Buat orang Bandung dan Jawa Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan daerah yang bernama Pangandaran, karena mungkin hampir setiap orang berlibur ke pantai pasti ke Pangandaran ini, termasuk beberapa orang juga dari Jawa Tengah dan Jakarta juga. Akang aja selama hidup di Bandung udah 10 kali lebih bulak balik Pangandaran :))

Tapi beberapa tahun belakangan ada daerah wisata baru di Pangandaran yaitu, Citumang. Disana terdapat sungai/muara yang dipakai untuk body rafting dan airnya sangat jernih dan sangat jelas terlihat warna birunya. Akang selama ini baru pertama kali kesana dan itu pun gak body rafting karena dulu masih kere (re:mahasiswa) dan gak mampu bayar (sedih bet yak LOL)

Dulu, waktu akang ke Citumang lokasinya masih sepi, loket operator body rafting dulu masih cuman ada 1, yang datang ke Citumang juga masih sepi. Tapi, pertengahan September 2017 lalu, akang berkesempatan balik lagi ke Citumang bareng travel blogger lainnya dan liat perubahan Citumang yang sekarang berubah drastis. Tour operator jadi banyak, pengunjung membeludak sekali, dan ada 1 lagi penginapan unik yang berlokasi di pinggi Sungai Citumang persis bernama HAU Eco Lodges Citumang. Yang mana akang dan blogger lainnya akan tinggal disini selama 3 hari, yipi!

hau citumang
#AkangBolang di HAU Citumang
HAU Citumang ini berlokasi sangat berdekatan dengan lokasi parkir Citumang, dan berada di pinggir sungai persis. Yang unik dari HAU Citumang ini adalah konsep kamarnya yang berbentuk kontainer. Kenapa kontainer? karena HAU Citumang ini mengambil konsep glamping, yaitu camping namun dengan fasilitas hotel, sehingga kontainer ini diibaratkan sebagai sebuah tenda.

Di dalam kontainer ini, fasilitas di dalamnya sangat lengkap sekali layaknya hotel bintang 3-2 loh! Ada fasilitas AC yang memang sangat dibutuhkan mengingat kawasan Citumang ini ada di daerah pesisir, lalu ada TV dengan channel Internasional, dan juga kamar mandi yang bersih serta showernya yang airnya sangat deras. Shower ini menjadi perhatian utama manajemen HAU Citumang loh, karena shower ini bisa menandakan kelas akomodasi itu seperti apa, bahkan hotel bintang 3 pun showernya tidak sederas di HAU Citumang atau bahkan hanya menetes aja. Cool!

Kamar mandi di HAU Citumang
Kamar mandi di HAU Citumang
Suasana kamar di HAU Citumang
Suasana kamar di HAU Citumang
Di dalam kamar yang berbentuk kontainer itu terdapat kaca yang sengaja dibuat agar pengunjung di dalam kamar bisa sambil melihat pemandangan di luar yang sangat alami, banyak pepohonan dan bahkan ada beberapa kamar yang viewnya langsung menghadap ke sungai! Di sekitar kamar memang banyak pohon-pohon besar yang sengaja oleh pihak HAU Citumang tidak ditebang karena agar tidak merusak alam dan membuat area sekitar menjadi lebih alami.

Untuk masalah pembuangan air dan limbah juga HAU Citumang mengolah dulu menggunakan bio agar nantinya hasil akhir menjadi air biasa, sehingga saat dibuang ke sungai tidak mencemari sungai itu sama sekali. Good job!

Lokasi santai di HAU Citumang
Lokasi santai di HAU Citumang
Selain bisa menikmati fasilitas yang ada di kamar, di HAU Citumang juga terdapat area yang bisa dipakai untuk leyeh-leyehan. Disini terdapat beberapa bean bag yang bisa dipakai untuk tiduran sambil baca buku, dengerin musik atau kegiatan lainnya sambil menikmati alam terbuka di sekitar area. Akang dan blogger lain juga sempet ketiduran beberapa kali di bean bag ini, karena memang suasananya nyaman dan sejuk banget. Tapi, kalo udah agak sedikit malem sih nyamuk yang jadi pengganggu, sehingga kurang nyaman kalo malem-malem di luar.

Restoran di HAU Citumang
Restoran di HAU Citumang
Untuk urusan konsumsi, walaupun lokasi HAU Citumang agak jauh dari keramaian tapi tidak terlalu sulit untuk mencari makanan atau jajanan kok. Selain banyak jajanan dan warung di sekitar HAU Citumang, juga terdapat restoran yang sengaja diletakan di pinggir sungai, sehingga pengunjung bisa menikmati santapan sambil menikmati suasana sungai yang menyejukan. Untuk urusan menu makanan, di HAU Citumang ini memiliki beberapa menu yang mengangkat cita rasa lokal seperti nasi cikur, ayam goreng kampung dan masih banyak lagi yang bisa langsung dipesan di restoran tersebut. Rasanya juga enak dan sangat tasty, gak kalah sama makanan di kota!

Ayunan di selfie spot HAU Citumang
Ayunan di selfie spot HAU Citumang
Selfie spot HAU Citumang
Selfie spot HAU Citumang
Fasilitas lain yang keren di HAU Citumang adalah selfie spotnya! Dimana HAU Citumang ini memiliki area yang sengaja dibuat untuk lokasi foto atau selfie bagi para pengunjungnya. Seperti terlihat dari foto di atas, terdapat ayunan yang digantungkan di pohon, lalu ada jembatan berwarna-warni, ada view point dari atas yang berbentuk perahu, dan juga ada lokasi foto di sekitar bendungan yang disediakan floating-floating dengan berbagai bentuk, ada bentuk bebek, perahu, dan juga donat-donatan yang bisa dijadikan foto ala- ala. Tapi, lokasi selfie spot ini hanya boleh dikunjungi oleh tamu HAU Citumang, artinya pengunjung dari luar tidak diperbolehkan masuk, kecuali membayar tiket masuk. 

HAU Citumang
HAU Citumang
Pengambilan nama HAU Citumang ini memiliki berbagai arti. Dalam Bahasa Sunda, "HAU" ini artinya kayu bakar, filosofinya sama seperti kayu bakar yang selalu bisa menghangatkan orang-orang di sekitarnya, sama seperti visi HAU Citumang yang ingin mempunyai andil dalam mensejahterakan masyarakat sekitar. Lalu dalam Bahasa Chinese juga, "HAU" artinya adalah baik, yang artinya HAU Citumang ingin memberikan yang terbaik bagi warga sekitar dan juga pengunjungnya. Lalu yang terakhir adalah HAU ini adalah singkatan dari "How Are U?" dalam Bahasa Inggris yang artinya apa kabar, HAU Citumang ingin selalu memberikan pelayanan dan membawa kultur budaya Indonesia yang terkenal dengan keramah tamahannya.

HAU ini proyeksi kedepannya akan buka lagi di lokasi lainnya dengan membawa konsep "How Are U" ini, dan tetap dengan visinya yaitu mensejahterakan warga sekitar dan juga alam sekitarnya. HAU Citumang ini merupakan bagian dari Lishan Group yang memiliki properti juga di Ciwidey yaitu Ciwidey Valley Resort dan Tune Hotel di Bandung dan Yogyakarta dan masih banyak lagi usaha-usaha lainnya.

How To Get There


Untuk mencapai HAU Citumang, kalian bisa menuju arah Pangandaran. Dari Pangandaran ambil jalan ke arah Green Canyon atau Batu Karas. Setelah jalan 19-20 km nanti ada plang HAU Citumang di sebelah kanan, dengan patokan warung minimarket yang berwarna biru.

Dari Bandung/Jakarta, menuju Pangandaran bisa menggunakan rute Jakarta-Bandung-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Pangandaran dengan lama perjalanan selama 6 jam dari Bandung dan 9 jam dari Jakarta. Dari arah Jawa Tengah atau timur bisa menuju arah Cilacap dan saat sampai pertigaan sebelum Banjar, bisa ambil arah ke arah kiri menuju Pangandaran.

Dari Bandung/Jakarta juga bisa naik kereta api turun di Stasiun Banjar. Sama juga dengan dari arah timur bisa turun di Stasiun Banjar. Lalu, dari berbagai kota juga ada bis dengan jurusan Banjar, nanti setelah turun di Terminal Banjar bisa lanjut menggunakan elf ke Pangandaran.

Room Rate dan How to Booking


Untuk harga kamar di HAU Citumang ini harganya Rp 750.000 untuk weekday dan Rp 1.000.000 untuk weekend. Dengan harga tersebut, pengunjung sudah mendapatkan sarapan untuk 3 orang, kasur untuk 3 orang, free masuk ke kawasan selfie spot dan juga mendapatkan kebahagiaan selama stay di HAU Citumang. Untuk pemesanan, bisa langsung menghubungi nomor 082116602374 (Pak Erry) atau coba booking di Traveloka karena sudah tersedia disana. Yuk cobain stay ala-ala di HAU Citumang!


⏩ Follow Instagram @irhamfaridh to explore #AkangBolang journey! ⏪

24 comments:

  1. Nyaman banget ya disini bisa puas maen air. Aku masih pengen nyebur lagii pasti segerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa enak banget, seger banget. semoga bisa kesini bareng lagi mba hehehe

      Delete
  2. Waduhh.. Mau ke Pangandaran aja belum kesampean.. hehe

    ReplyDelete
  3. Kayaknya belum bisa moveon nih ama kecantikan panorama Citumang,kapan ya bisa main kesana lagi?😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyanihhh bagus ya mba. SIapa tau dipanggil lagi kesini hehehehe

      Delete
  4. Kok kayak asyik ya tempatnya. Temenin dong ke sana. Must visit and stay banget nih. Apa aku nunggu HAU-HAU cabang lain di daerah lain aja kali ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. "temenin"? waaaooooww ayok! wkwkwk nunggu cabang lain lama kak, ini aja baru muncul hehe

      Delete
  5. Wah bisa untuk alternatif liburan di pangandaran nih, komsep kontainernya juga keren pisan uyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa keren banget, alamnya juga masih natural banget. Senduuuuu

      Delete
  6. Duh Akang.. hihi seru lah nginep di sini, pingin lagi dan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget kak, pengin kesini lagii...

      Delete
  7. he asyik banget
    bakal betah
    ajak aku ke sana mas, heuheu

    ReplyDelete
  8. Hai Akang bolang, jadi kapan kitah balik lagi ke Citumang, yuuk pengen Mager di sana lagi deh,
    Aku tuh suka moment ngobrol2 cantiknya di alam terbuka, no inet, sinyal, wifi dan sebangsanya asli me time.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa yuk kesana lagi! Asik banget bercengrama tanpa sinyal ya ternyata hehehe

      Delete
  9. Tiap liat foto2 di sini bawaannya pengin nyemplung sungai lg, abis itu mandi, trs leyeh2 di bantal pojokan itu sampe ketiduran. wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha bener itu bantalnya bikin mager maksimal :))

      Delete
  10. Kudu balik ke HAU CITUMANG lagi deh ini.
    Kangen photoshoot ala ala ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaa yuk yuk kita staycation bareng

      Photoshoot ala ala IGers ngehits...

      Delete
  11. Wah, gemaaaaasss banget ini HAU Citumang. Pankapan pengen nyobain, ah...

    ReplyDelete
  12. Ayoooo kak, lumayan buat refreshing hehehehe

    ReplyDelete
  13. satu baian yang paling aku kangenin disini cuma spot leyeh leyeh.
    pengen banget Bean Bag nya aku bawa Pulang haha

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search