Tips Liburan Bersama Keluarga di Bali

Liburan bersama keluarga yeay!
Bagiku keluarga tetaplah menjadi nomor satu, mau sesibuk apapun pekerjaan kita, mau sejauh mana kita jalan-jalan keliling dunia, mau seberapa banyak uang kita, waktu untuk keluarga tetap harus selalu ada. Apalagi saya tumbuh di keluarga yang sifat kekeluargaannya tinggi, dari kecil sosok ayah dan ibu juga mempunyai posisi sebagai teman bagi sa adan adik-adik, sampai percakapan di rumah juga menggunakan Bahasa Sunda kasar yang sebenernya hanya layak untuk teman sebaya. Maka dari itu, momen berharga seperti liburan menjadi momen yang paling dinantikan karena kami sekeluarga sudah mempunyai kesibukan masing-masing di setiap harinya.

Bagi kelurga lain di luar sana pun pasti tidak mau melewatkan momen berharga ini, momen bersenang-senang bersama orang-orang yang kita cintai. Tapi untuk berlibur bersama keluarga itu lebih susah dan lebih ribet dibanding liburan sendiri atau dengan teman, karena kita harus memikirkan berbagai aspek mulai dari tempat wisata, hotel dan masih banyak lagi.

Kali ini saya akan mengulas beberapa tips untuk berlibur bersama keluarga di Pulau Dewata, Bali berhubung bulan Juli 2017 kemarin saya dan keluarga berlibur di Bali selama 5 hari. Berikut beberapa tips untuk liburan bersaa keluarga di Bali!

1. Cari Tanggal yang Tepat

Babeh sama emak lagi sercing rute saat liburan
Pertama-tama tantangan dan hal yang harus dilakukan adalah pilih tanggal yang pas, karena pasti ayah dan ibu butuh tanggal yang pasti untuk mengajukan cuti ke kantornya, selain itu juga anak-anaknya termasuk kita pun perlu disesuaikan siapa tau tanggal tersebut sedang ujian atau ada agenda lain dari sekolah atau kuliahan. Selain itu agenda seperti Hari Nyepi dan Hari Libur Nasional juga perlu diperhatikan, karena jangan sampai saat kita liburan disana lagi Nyepi dan gak bisa kemana-mana, atau semua hotel penuh atau jalanan macet yang jadinya liburan kita malah jadi tidak nyaman. Kalo keluargaku biasanya ambil liburan disaat orang lain tidak liburan, jadi saat liburan pasti tenang dan gak terlalu crowded :D

2. Tentukan Lokasi Wisata yang Pas untuk Keluarga

Toya Devasya
Keluarga saat sebelum berendam di Toya Devasya
Hal yang kedua yang harus difikirkan yaitu lokasi wisata. Gamungkin dong bawa ayah atau ibu ke La Favela atau ke Sky Garden buat dugstak? :D jadi kita juga harus mencari tempat-tempat wisata yang seru untuk keluarga dan cocok untuk membawa keluarga. Banyak sekali tepat wisata keluarga di Bali ini, mulai dari alam, sejarah, taman bermain, pantai dan masih banyak lagi. Beberapa lokasi yang sering dipakai untuk berlibur bersama keluarga yaitu sebagai berikut:

Bali Selatan
  • Pantai Pandawa
  • Pantai Gunung Payung (Baru)
  • Pura Uluwatu (pas untuk menikmati sunset sambil liat tari kecak)
  • Pantai Jimbaran (tempat untuk dinner bersama keluarga di pinggir pantai)
  • Garuda Wisnu Kencana
  • Tanjung Benoa (tempat bermain watersport)
Bali Utara
  • Pantai Lovina (melihat lumba-lumba)
  • Kintamani (melihat pemandangan danau batur)
  • Toya Devasya (berendam di pinggir Danau Batur)
  • Pura Ulun Danu
  • Tampak Siring
  • Ubud (monkey forest)
Bali Timur
  • Pantai Amed (snorkling)
  • Bali Marine and Safari Park
Bali Barat
  • Tanah Lot (liat sunset)
Denpasar dan sekitarnya
  • Pantai Kuta (pantai paling hits se Bali)
  • Pantai Seminyak
  • Pantai Sanur
  • Nusa Dua
  • Bali Zoo
dan masih banyak lagi!

3. Cari Hotel dan Penginapan

Hotel Vila Lumbung
Hotel Vila Lumbung
Selama liburan di Bali bersama keluarga satu hal lain yang perlu diperhatikan yaitu Hotel selama berlibur disana. Karena Bali merupakan destinasi wisata yang sudah terkenal sampai seluruh dunia, maka untuk urusan hotel ini sangat banyak sekali jenisnya! Mulai dari homestay seharga 150-300 ribuan, hotel bintang 3-4, hotel bintang 5 sampai villa-villa cantik pun tersedia dan tersebar diseluruh wilayah Bali dengan harga yang bermacam-macam. Untuk mencari info tentang hotel biasanya saya menggunakan aplikasi Booking.com karena fiturnya ada yang tidak mewajibkan menggunakan credit card dan free cancel serta lebih mudah digunakan.

Selama di Bali saya sudah mereview beberapa hotel dan penginapan keren ini nih!

4. Rental Kendaraan (Mobil)

sewa mobil di Bali
Sewa mobil di Bali
Ada satu hal penting yang sangat harus diperhatikan saat liburan bareng keluarga di Bali, yaitu mobil jangan sampai ketinggalan! Karena mobil ini sangat berfungsi untuk transportasi selama di Bali. Banyak sekali penyewaan mobil di Bali ataupun online dengan berbagai merk mobil. Setiap tempat rental memiliki aturan yang berbeda, ada yang mau lepas kunci ada yang harus menggunakan driver disana. Kalo saya karena memang sudah sering ke Bali, jadi lebih memilih mobil yang lepas kunci karena kesannya lebih private dan bebas dan tentunya lebih murah! Tapi kalo misalkan kalian belum pernah ke Bali sebaiknya menggunakan jasa driver aja yang bisa sekalian menjadi guide kalian dan keluarga selama liburan di Bali. Kisaran sewa mobil lepas kunci Rp 200-300 ribu/hari dan sewa dengan driver sekitar Rp 500-600 ribu/hari.

5. Beli Tiket Pesawat and go!!!

Adik kesayangan, namanya Abib si banyak gaya!
Kalo semua hal sudah bisa dikantongi infonya, saatnya mencari tiket pesawat untuk berangkat ke Bali guys! Banyak sekali penerbangan dari kota-kota besar yang langsung direct menuju Bali. Harga kisaran  tiket pesawat dari Bandung/Jakarta one way sekitar Rp 500.000. Tapi biasanya saat periode tertentu maskapai lowcost seperti Air Asia melakukan promosi dengan menjual tiket harga promo yang harganya bisa 50% lebih murah dari biasanya, coba sering cek-cek aja websitenya ya! Selain itu untuk melihat harga secara periode misalkan dalam 1 bulan, tanggal mana yang murah bisa menggunakan fitur Skyscanner, tinggal download aja di Appstore atau Playstore.

Itulah 5 tips dasar yang harus diperhatikan untuk liburan di Bali bersama keluarga agar keluarga kita nyaman dan have fun menikmati liburannya di Bali! Untuk tips-tips lainnya bisa ikuti IG saya @irhamfaridh dan langsung tanya saya disana, atau tunggu post-post saya selanjutnya yaaaa!

Enjoy reading!

⏩ Follow Instagram @irhamfaridh untuk ikuti petualangan #AkangBolang! ⏪

No comments:

Post a Comment