Nostalgia ke Ciwidey (Ranca Upas, Kawah Putih, Situ Patenggang)

Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih di Ciwidey
Buat orang Bandung dan sekitarnya, tempat wisata di Bandung Selatan bernama Ciwidey merupakan tempat yang bukan asing lagi. Dari zaman ayah saya masih bujangan pun Ciwidey sudah terkenal sebagai tempat wisata. Namun dari tahun ke tahun, Ciwidey ini berkembang dan setiap lokasi memperbaiki fasilitasnya sehingga jadilah Ciwidey yang sekarang, Ciwidey yang bersih, nyaman dan tentunya Instagramable dong!

Penangkaran Rusa Ranca Upas 

Ranca Upas
Salah satu aktifitas di Ranca Upas ini adalah memberi makan rusa
Dulu penangkaran rusa Ranca Upas ini belum terlalu terurus, kalo mau menuju lokasinya aja jalannya masih jelek dan tumbuhan di sekitarnya tinggi-tinggi sekali. Sekarang saat saya dan teman-teman kesana, semua sudah rapih dan terawat. Jalanan agak lumayan dibanding dulu, banyak permainan lain selain penangkaran rusa yaitu ada kolam renang, ada juga outbond. Lokasi ini sekarang layak menjadi lokasi wisata untuk keluarga.

Untuk menuju kesini, kalian bisa ikuti jalan menuju arah Ciwidey. Setelah gerbang Kawah Putih sekitar 500m lagi ke depan kalian akan menemukan Gerbang Kampung Cai Rancaupas. Nanti di pintu gerbang masuk, kalian akan diminta untuk membayar karcis yang kalau gak salah sekitar Rp 25.000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk motor.

Ranca Upas
Jembatan di penangkaran rusa
Dulu juga saat kecil kesini belum ada jembatan di penangkaran rusa. Dulu, kita hanya bisa melihat dari luar pagar, dan memanggil sang rusa dengan makanan yang kita bawa. Tapi sekarang, kita bisa masuk ke dalam kandang dan langsung memberi makannya up close dengan rusanya loh! Disini juga disediakan pakannya yang dijual Rp 10.000/bungkus. Tapi harus agak hati-hati, karena tekstur tanahnya agak becek dan kalo jatoh bisa-bisa baju kita kotor. Selain rusa yang jadi ketertarikan disini, pemandangan sekitar pun cakep banget, bisa juga buat foto-foto disini nih, nature banget!

Lokasi Kampung Cai Rancaupas



Kawah Putih

Kawah Putih
Kawah Putih
Tempat ini merupakan tempat yang romantis menurut saya di Cwidey, karena pemandangannya yang keren serta sendu yang menyelimuti dinginnya Ciwidey #halah, pokoknya pas banget buat bawa pacar kalian kesini dan pas banget buat foto-foto.

Untuk menuju Kawah Putih ini mudah banget, karena kalian tinggal ikuti aja jalan menuju arah Ciwidey nanti ada plang yang besar (banget) dengan bertuliskan Kawah Putih. Untuk tiket masuknya memang sekarang agak mahal. Untuk 1 orang dikenakan biaya Rp 35.000 dan mobil Rp 50.000/mobil. Gak apa-apa sih asal benar-benar wisata ini dirawat dan jangan sampai dirusak dan dipakai untuk membuat fasilitas yang lebih nyaman lagi.

Kawah Putih
Foto yang gapernah gagal di Kawah Putih
Di setiap weekend pasti selalu ada pasangan yang melakukan foto prawed disini, jadi pengen cepet-cepet nikah #eh. Bukan karena tanpa alasan, memang semua foto yang diambil di Kawah Putih ini selalu bagus seakan ada kekuatan magis di tempat ini, buktikan sendiri dehhhh. Diambil disemua sudut, di semua tempat selalu bagus! apalagi pas matahari lagi terik, makin ciamik deh!

Lokasi Kawah Putih:


Situ Patenggang (Glamping Lakeside)

Situ Patenggang
Pemandangan Situ Patenggang dari Glamping Lakeside
Salah satu aktifitas yang wajib dilakukan di Ciwidey adalah mengunjungi danau romantis bernama Situ Patenggang. Danau ini dulu dipakai menjadi lokasi shooting film My Heart yang terkenal pada zamannya dulu. Satu kegiatan yang bisa dilakukan disini adalah memutar danau menggunakan kapal yang ada disana.

Kalau diperhatikan, setiap berkunjung ke Situ Patenggang ini pasti selalu mendung dan sendu, mungkin itulah khas dari danau ini, romantis! Di danau ini terdapat pulau ditengahnya yang tidak dapat didatangi oleh pengunjung karena fasilitasnya belum menunjang, tapi pulau tersebut bisa dijadikan latar belakang foto yang bagus loh!

Makan cantik di Glamping Lakeside
Makan cantik di Glamping Lakeside
Selain danau itu sendiri, ada tempat baru yang berlokasi tidak jauh dari Situ Patenggang, yaotu Glamping Lakeside! Tempat ini menawarkan fasilitas glamping untuk berkemah mewah dan juga restoran Phinisi. Ya phinisi, restorannya berlokasi di atas bukit dan bangunannya berbentuk kapal phinisi.

Selain bentuk bangunannya yang unik, pemandangannya pun keren banget! Bayangin menikmati santapan dengan background Situ Patenggang yang romantis itu! Tapi sayang harganya termasuk mahal untuk ukuran makanan biasa yang sering ada di warung makan. Menunya tidak terlalu varian, tapi dengan view seperti ini sih woth it aja yaaa!

Untuk mencapai Glamping Lakeside ini juga mudah banget. Ikuti aja jalan besar yang sama dengan Kampung Cai Ranca Upas dan Kawah Putih, nanti di sebelah kanan kalian akan menemukan jalan yang sangat besar dengan plang "Glamping Lakeside" :)

Lokasi Glamping Lakeside:



Gimana? Keren kan wisata di Ciwidey! Yuk yang mau ke Ciwidey aku anter *khusus cewek yah :P Semoga wisata di Ciwidey ini selalu terjaga, karena wisata ini bisa selalu menjadi lokasi short escape bagi warga Bandung dan Jakarta yang sudah lelah dengan kehidupan di kota. Jadi selayaknya wisata ini selalu dilestarikan dan dijaga kealamiannya.

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
#AkangBolang dari Bandung, seorang backpacker yang seneng kelayapan, bercita-cita untuk punya usaha sendiri dan keliling dunia! 

⏩ Follow Instagram @irhamfaridh untuk ikuti petualangan #AkangBolang! ⏪

3 comments:

  1. Wah keren-keren wisata di Ciwidey ini, terutama danau Situ Patenggang nya, cantik banget pemandangannya.

    ReplyDelete
  2. Wis keren sekali ya diwisata ciwidey nya. Jadi pingin nyoba kesana. Baca juga ya Puisi Cinta Romantis Perjuangan Cinta Terbaru

    ReplyDelete
  3. Wis keren sekali ya diwisata ciwidey nya. Jadi pingin nyoba kesana. Baca juga ya Puisi Cinta Romantis Perjuangan Cinta Terbaru

    ReplyDelete