Jul 1, 2017

10 Tempat Wisata di Sekitar Labuan Bajo, Flores

Labuan Bajo
Labuan Bajo
Ada sebuah kota kecil nan jauh di timur Indonesia sana bernama Labuan Bajo. Sebuah kota kecil yang berlokasi di ujung barat Pulau Flores, NTT, yang juga merupakan salah satu pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo. Sepengalaman saya, Labuan Bajo ini merupakan salah satu kota yang paling indah di dunia! (literaly di Indonesia). Labuan Bajo mempunyai alam sekitar yang luar biasa dan juga sunset yang menurut saya terbaik selama saya traveling ke semua tempat di dunia. Even Australia saat WHV 1 tahun di Australia.

*Baca juga pengalaman saya saat traveling ke Labuan Bajo:


Labuan Bajo ini memang sedang menjadi trending di Indonesia maupun Dunia karena memang Pemerintah Indonesia sendiri pun sedang gencar-gencarnya promosi wisata di Labuan Bajo ini terutama Taman Nasional Komodo yang memiliki spesias langka, Komodo yang menjadi New Seven Wonder di dunia. Walaupun Labuan Bajo hanya menjadi tempat transit bagi wisatawan yang handak ke Taman Nasional Komodo, namun Labuan Bajo sendiri ini pun menawarkan wisata-wisata yang tak kalah bagusnya dan juga lokasinya yang tidak terlalu berjauhan dari Kota Labuan Bajo itu sendiri. Berikut 10 tempat wisata di Labuan Bajo dan sekitarnya:

1. Dermaga Putih


Dermaga Putih
Dermaga Putih
Dermaga Putih ini memang merupakan properti pribadi karena ini merupakan jembatan untuk restaurant. Tapi restaurant tersebut buka pada malam hari jadi pada siang hari kita bisa minta ijin ke petugas yang di depan untuk berfoto di jembatan putih ini. Senja merupakan waktu yang pas untuk menikmati sunset disini, siang hari juga bagus karena kita bisa melihat air yang jernih dan biru di sekitarnya. Lokasi Dermaga Putih ini ada di dekat Kampung Ujung, di sudut sebelah kanannya. Atau tanya penduduk setempat pasti nanti mereka tau dan bisa diarahkan juga kesana memang sampai saat ini belum ada plangnya.

2. Amelia Sea View


Amelia Sea View
Amelia Sea View
Amelia Sea View merupakan tempat berbukit yang berlokasi tidak jauh dari pusat kota Labuan Bajo. Amelia Sea View ini sekarang memang tidak seluas saat zaman saya kesana terakhir, sekarang hanya beberapa bukit yang bisa dinaiki. Untuk menuju Amelia Sea View ini, ikuti saja jalan ke Utara yang ke arah Waecicu Beach. Nanti di pertigaan akan menemukan keramaian di sebelah kanan, nanti naik ke atas bukit akan mendapatkan view yang keren kaya gini nih!

3. Waecicu Beach


Waecicu Beach
Waecicu Beach
Tidak jauh dari Amelia Sea View, terdapat Waecicu Beach yang berlokasi berada di ujung utara sektaran Labuan Bajo. Disini memang sudah dikomersialisasi oleh salah satu resort, namun kita bisa menuju Waecicu Beach ini saat pertigaan dari Amelia Sea View. Belok kiri dari pertigaan, nanti tidak jauh dari sana terdapat gerbang menuju Waecicu Beach. Waktu yang tepat disini adalah saat sunset karena view sunset dari sini juga cuamik loh guys!

4. Bukit Cinta


Bukit Cinta
Bukit Cinta
Di perbukitan sebelah utara Labuan Bajo terdapat tempat yang bernama Bukit Cinta. Konon katanya tempat ini dinamakan Bukit Cinta karena pernah kepergok ada sepasang remaja yang sedang berhubungan di bawah pohon yang rindang ini. Memang sih, suasananya romantis banget! Di bawah pohon rindang sambil liat view di depan, fix 100% bikin baper. Untuk mencapai lokasi ini, ambil arah jalan ke Waecicu Beach namun nanti di perjalanan perhatikan ada belokan jalan kecil ke sebelah kanan, nanti tinggal ikuti jalan. Nanti ada area yang sedang di keruk tanahnya, masuk saja dan langsung ambil ke ujung. Nanti ada tanjakan yang lumayan curam sebelum menuju ke atas viewpoint ini.

5. Goa Batu Cermin


Goa Batu Cermin
Goa Batu Cermin
Goa Batu Cermin ini berlokasi tidak jauh dari Bukit Cinta. Yang unik dari Goa Batu Cermin ini, kata peneliti goa ini merupakan karang-karang bawah laut terlihat dari banyaknya fosil ikan dan karang-karang di dalamnya. Coba bayangin guys, dulu Labuan Bajo itu berarti masih dibawah laut jaman dahulu kala tuhhhh. Selain itu ada spot di goa ini yaitu spot dimana di jam tertentu cahaya akan masuk dan menyinari semua isi goa, maka dari itu kenapa dinamakan Batu Cermin. Biaya masuk hanya Rp 10.000 dan jasa guide Rp 15.000 untuk 15 menit perjalanan ke dalam goa.

6. Pantai Pede


Pantai Pede
Pantai Pede
Pantai Pede ini merupakan pantai umum satu-satunya di Labuan Bajo. Pantai Pede ini seperti ancolnya Labuan Bajo, pada akhir pekan banyak sekali warga-warga lokal yang menikmati akhir pekannya bersama keluarga di pantai ini. Banyak juga jajanan-jajanan ala Indonesia di pantai ini dan tidak ada retribusi untuk masuk pantai ini, gratis! Banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini pada saat sunset karena view dari sini sangat pas dan eksotik karena background sunsetnya ada bukit-bukit dari kepulauan yang ada di sebrang Labuan Bajo. Lokasinya berada di sebelah Hotel La Prima Labuan Bajo.

7. Wisata Kuliner Kampung Ujung


Wisata Kuliner Kampung Ujung
Wisata Kuliner Kampung Ujung
Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat di Labuan Bajo adalah ke Kampung Ujung! Jadi saat malam hari, banyak warung-warung tenda disini yang menjual berbagai macam makanan mulai dari ayam, makanan sea food dan nasi goreng. Harganya relatif murah mulai dari Rp 15.000 - Rp 30.000 emang agak mahal dibanding di Pulau Jawa tapi worth lah untuk makan di Labuan Bajo yang jauh dari Pulau Jawa. Lokasinya ada di dekat dermaga Tilong atau Pelabuhan Pelni.

8. Ciao Hostel Bar


Ciao Hostel Bar
Ciao Hostel Bar
Terdapat hostel baru di Labuan Bajo bernama Ciao Hostel. Lokasinya yang berada di atas bukit menjadikan hostel ini menjadi primadona baru di Labuan Bajo karena memiliki view yang sangat cantik. Apalagi dari roof-top barnya yang berada di paling atas gedung ini, viewnya luar biasa! salah satu spot yang paling saya sukai selama traveling ada disini! Cek foto-foto saya di Instagram @irhamfaridh ;)

9. Cunca Rami 


Cunca Rami
Cunca Rami
Cunca Rami ini terletak sekitar 30 km dari Labuan Bajo. Untuk menuju kesini kita bisa menggunakan motor atau menggunakan jasa pengantar. Setelah sampai disana terdapat penduduk yang menawarkan jasa guide mulai dari Rp 50.000 namun untuk masuk ke Cunca Rami ini tidak ada tiket masuk. Air Terjunnya cantik dan masih alami, disana bisa berenang untuk merasakan segarnya air tawar setelah trip di pantai berhari-hari.

10. Cunca Wulang


Cunca Wulang
Cunca Wulang
Cunca Wulang ini bisa dibilang merupakan "green canyon" nya Flores karena tekstur batu-batuannya yang sama seperti green canyon, sama seperti green canyon yang berada di Pangandaran, Jawa Barat. Namun harga tiket masuknya cukup mahal, sekitar Rp 100.000 termasuk dengan guide masyarakat sekitar. Jarak Cunca Wulang ini sekitar 30 km dari Labuan Bajo yang bisa dicapai selama 30 menit.

Itulah 10 tempat wisata di Labuan Bajo dan sekitarnya. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di sekitarnya namun jaraknya sudah lebih dari 50km yang sudah bisa dibilang bukan "sekitar" lagi hehe, masih ada Desa Waerebo, Danau Kelimutu dan masih banyak lagi wisata keren di Pulau Flores ini.

#CATATAN
Buat yang belum punya tour di Labuan Bajo buat ke Komodo, saya ada rekomendasi paket wisata kesana, ini hasil kerjasama dengan warga lokal di sana, ada kapal opendeck sama kapal AC juga, bisa private trip buat yang bareng-bareng sama temen atau bisa ikut open trip buat yang sendiri atau cuman beberapa orang.

Kita berangkat setiap hari lohhh dengan harga yg murah! Ada paket wisata daytrip (1 hari), 2 hari 1 malam sampai 3 hari 2 malam, tinggal pilih aja trip yang cocok di hati dan di kantong :D

Langsung aja cek websitenya atau chat miminnya buat pemesanan atau info lebih lanjut ya :)

Website: www.kamanaislandtrip.com
WhatsApp: 0813 - 2428 - 5911
Instagram : @kamanaislandtrip


⏩ Follow Instagram @irhamfaridh to explore #AkangBolang journey! ⏪

18 comments:

  1. Mantap, kapan-kapan ajak ya keluarga bahim kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaapppp bro, nanti tunggu kapal jadi dulu yesss (y)

      Delete
  2. hahaha... lucu juga ya asal mula nama bukit cinta.. hehhe...

    ReplyDelete
  3. wuihhhh pemandangannya keren bangettt ntarr kesana ikut repiu jugaakkkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereeen dong, ayo secepatnya.

      ambil paketnya di www.kamanaislandtrip.com aja :D

      Delete
  4. aku pengen banget ke amelia sea itu, kereen

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa dan gampang di akses kok lokasinya hehe good luck

      Delete
  5. cunca wulang keren tuh kayanya ya..

    mampir juga ke blog ane ya : Dongengtravel

    ReplyDelete
  6. wiiiih pemandangannya kece.. jadi pingin manggil doraemaon buat antar kesana...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak tanpa doraemon pun bisa kok kak hehehehe

      Delete
  7. Dermaga putih ini tempat favoritku hunting sunset Bro. Memang syahdu Flores! Tanah yang subur!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget lokasinya, dan viewnya juga cakep. Flores, pulau yang paling indah menurutku di Indonesia!

      Delete
  8. Semoga ada kesempatan dan izin kantor buat backpacker ke Labuan bajo dan sekitarnya--- Sangat suka pada Indonesia bagian timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awawawaw di comment kak indra yg cetar itu.... Aminnnn semoga nanti ada kesempatan kesana ya kak! :D

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search