Sep 25, 2016

Semua Bahagia Berqurban Lewat Global Qurban ACT

Pembagian daging qurban oleg Global Qurban (Sumber)
Mempunyai hobi traveling membuat saya sering mengunjungi ke berbagai tempat dengan keunikannya masing-masing. Mulai dari mengunjungi ke kota-kota besar dalam maupun luar negeri sampai ke pelosok desa di pedalaman yang masyarakatnya hidup seadanya. Dengan traveling, kita jadi tahu bagaimana perbedaan antara hidup di kota dan di desa, merasakan bagaimana perbedaan dari cara hidup, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari. 

Tahun 2014 lalu, saya pernah berkunjung ke Lombok dalam rangka Backpacker ke Bali dan Lombok. Di Lombok saya tinggal beberapa hari dan mengunjungi beberapa tempat eksotis dan terkenal di Lombok mulai dari hingar bingar Gili Trawangan, kecantikan Pantai Senggigi, dan pantai-pantai cantik di Lombok Selatan dan Timur. Pernah, saat itu saya sedang menuju Pantai Cemara. Dengan gaya traveling ala backpacker saya lebih berinteraksi dengan warga lokal karena saya selalu menggunakan transportasi umum, sering berbicara dengan warga lokal dan juga bertanya-tanya mengenai kehidupan lokal disana seperti apa. Saat saya sampai di Pantai Cemara, saya takjub karena keindahan pantai dan lautnya yang luar biasa cantiknya.

Pantai Cemara, Lombok
Pantai Cemara, Lombok
Namun, baru sadar saya melihat di daerah pantai tersebut tidak ada bangunan-bangunan seperti hotel ataupun tempat makan seperti pantai-pantai lainnya. Disitu saya hanya melihat 3 buah gubuk dan 3 orang bapak yang sedang mengurus kerbau-kerbaunya, padahal pantai ini termasuk pantai yang lumayan terkenal di Lombok tetapi ekonomi masyarakat sekitarnya masih tertinggal. Bahkan sangat tertinggal karena untuk kebutuhan sandangpun terlihat masih sulit apalagi untuk kebutuhan pangannya. Pas sekali dengan momen Idul Adha, mungkin inilah fungsi dan manfaat yang diberikan dari momen Idul Adha, dengan adanya momen tersebut orang lain yang kondisinya seperti bapak ini bisa terbantu dengan diberikannya daging qurban. Tapi, masalahnya memang ada yang memberikan daging qurban sampai pelosok seperti ini?

Kabar baiknya, ada! Salah satu foundation bernama ACT (Aksi Cepat Tanggap) membuat sebuah program bernama Global Qurban. Global Qurban ini sudah berjalan sekitar 5 tahun sampai tulisan ini dibuat dan sudah mendistribusikan daging qurban ke 27 negara dan mendistribusikannya ke lokasi-lokasi bencana, lokasi rawan pangan dan lokasi yang rawan konflik kemanusiaan. Salah satunya tahun 2016 ini Global Qurban mendistribusikannya ke daerah pelosok Indonesia sebelah timur antara lain Sumbawa-NTB, Buru-Maluku dan NTT. Harapannya semoga kedepannya ACT bisa memperluas pendistribusiannya ke banyak pelosok di Indonesia salah satunya lokasi si bapak di Pantai Cemara dan lokasi lainnya agar dapat membantu warga lain di pelosok sana yang membutuhkan.

Global Qurban (Sumber)
Slogan yang dimiliki Global Qurban adalah "Semua Bahagia Berqurban". Kenapa semua bahagia? karena program ini memberikan manfaat dan kebahagiaan untuk semuanya, mulai dari orang yang berqurban, peternak hewan qurban, penerima daging qurban serta korporat-korporat lainnya yang terhubung dengan program ini. Ditambah lagi, hewan-hewan qurban yang diambil yaitu dari peternak-peternak yang dibina oleh Global Qurban sendiri. Ada beberapa LTM (Lumbung Ternak Masyarakat) di beberapa daerah di Indonesia seperti Blora, Yogyakarta, Bojonegoro, Tasikmalaya dan Nusa Tenggara Barat yang artinya program ini pun membantu peternak dalam mengembangkan bisnisnya dan berkontribusi memperbaiki sistem bisnis peternakan di Indonesia.

Salah satu peternak LTM Global Qurban (Sumber)
Dengan adanya Global Qurban ini juga, kita sebagai orang Muslim yang sangat dianjurkan untuk berqurban akan sangat dimudahkan. Karena untuk beribadah kita tidak harus survey dan mencari hewan qurban secara mandiri seperti apa yang sering kita lakukan setiap tahunnya dan itu memerlukan effort yang banyak serta waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Dengan adanya Global Qurban, kita bisa membayarkan biaya untuk qurban secara online di www.globalqurban.com atau bisa membayarnya di gerai-gerai dan supermarket seperti Transmart, Hero. Giant, Superindo, Alfamidi dan lainnya. Untuk kepercayaan kualitas hewan qurban tidak perlu kuatir karena semua hewan qurban sudah diurus secara profesional oleh peternak.

Selain memudahkan juga Global Qurban memiliki harga yang murah dan tidak fluktuatif mengikuti harga pasar. Dengan manajemen stok yang profesinal, harga hewan qurban di Global Qurban tidak akan fluktuatif dan bisa lebih hemat apabila pemesanan qurban diawal waktu melalui program Qurban Progresif. Berikut daftar harga yang dipasang Global Qurban untuk tahun 2016 ini:

Harga Hewan Qurban 2016 (Sumber)
Sinergi program qurban online, qurban progresif, dan lumbung ternak masyarakat memberikan nilai ibadah dan benefit lebih bagi pequrban. Selain ibadah qurbannya lebih terencana, pequrban juga turut memberdayakan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya masyarakat peternak yang membutuhkan. Untuk tahun depan jangan lewatkan berqurban melalui Global Qurban ini agar ibadah qurban lebih hemat dan mudah dan memberikan kebahagiaan untuk semua.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Global Qurban, bisa hubungi:
Website  : www.globalqurban.com
Twitter   : @GlobalQurban
SMS       : 0853 3000 6000

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

1 comment:

  1. Mereka memudahkan kita yang ingin berqurban, subhanallah. Semoga dilancarakan selalu.

    Salam,
    Gabrilla.

    ReplyDelete