Sep 26, 2016

Pengalaman Bekerja dan Berlibur di Australia Selama 1 Tahun (WHV)

perjalanan road trip
Foto di perjalanan roadtrip Darwin-Cairns!
Perjalanan panjang selama setahun di negeri kangguru, Australia merupakan pengalaman paling berharga sepanjang hidupku. Selain bekerja di berbagai bidang, tempat dan pekerjaan saya pun sering berkeliling dan travel ke beberapa tempat di Australia, bahkan saya sudah 3 kali melakukan roadtrip! wuhuuuu! Bagi yang belum tau apa itu WHV (Work and Holiday Visa) Australia, visa ini adalah visa yang memperbolehkan kita berlibur dan bekerja di Australia selama setahun! Untuk penjelasan lebih lanjut seperti persyaratan umum dan cara mendapatkan visanya bisa di cek artikel di bawah ini:


Setiap orang yang mengambil visa ini tujuannya berbeda-beda, ada yang memang cuman sekedar liburan dan cari pengalaman, ada yang mau belajar bahasa inggris, ada juga yang terus-terusan kerja sampe itu dompet susah dilipet :p Kalo untuk saya sendiri, karena memang baru lulus kuliah saya mengambil visa ini untuk cari pengalaman dan bekerja untuk cari modal bisnis sepulang ke tanah air nantinya. Selain itu juga saya bisa menjalankan hobi saya yaitu traveling dan punya cerita untuk diisi di blog ini. Oiya, saya tidak pergi sendiri, kebetulan saya pergi bersama kekasih hati, Lylis yang setia menemaniku dan masakin makanan setiap harinya :p

air terjun Florence di Litchfield
Work hard? Sometimes :P
Singkat cerita, kami memulai perjalanan di Australia di Brisbane, Queensland. Bukan karena disana banyak kerjaan, tapi penasaran kenapa gak banyak anak WHV yang kesana hahaha tapi karena memang sulit cari kerjaan disana jadi kami pindah ke Darwin, Northern Territory dan memulai karir sebagai petani disana. Dari kerjaan sebagai petani ini, saya mengetahui yang namanya Harvest Trail Australia dimana kita bisa keliling Australia dan bekerja di sektor farm sesuai musimnya. Dari situlah perjalanan kami keliling Australia dimulai.

mango farm australia
Dare to be a farmer?!
Kami mulai menjadi farmer di Darwin sebagai mango picker selama hampir 2 bulan. Pernah kerja di kota Darwin selama 2 minggu tapi gak betah dan gak dapet kerja-kerja akhirnya kami mendapat panggilan kerja sebagai mango packer di salah satu packing shed di Kota Katherine, 300 km dari Darwin. Kerja selama 3 minggu disana, musimnya beres kami mendapat info dari Harvest Trail kalo sehabis musim di Katherine ada musim mango juga di North Queensland. Disitulah first experience kami roadtrip sejauh 2000 km lebih dari Katehine, NT menuju Cairns (Mareeba), Queensland! 

Kerja 2 bulan di Mareeba, kami pindah menuju Corindi Beach, New South Wales dan roadtrip kedua kalinya sejauh 1500 km melewati Townsville, Brisbane, Gold Coasr, dan Byron Bay! Di Corindi Beach kami tinggal selama 2,5 bulan kerja sebagai raspberry picker, kerjaannya mudah dan gak cape tapi salarynya agak kurang tapi kehidupan disana rasanya yang paling saya suka di Australia. Habis season raspberry di Corindi, kami pindah menuju Renmark, South Australia dan road trip untuk ke tiga kalinya sejauh 2200 km! melewati Sydney, Melbourne, Canberra! Renmark ini menjadi destinasi terakhir kami di Australia sebelum pulang ke Indonesia, tinggal selama hampir 4 bulan dengan kerjaan sebagai citrus packer di salah satu packing shed terbesar di Australia. Untuk cerita lengkapnya, saya simpan artikel-artikel cerita saya di Australia selama setahun mulai dari start sampai pulang, berikut artikelnya:

G'day Australia - Cerita persiapan dan keberangkatan menuju Australia

Perjalanan Singkat di Brisbane Australia - Cerita pengalaman pertama menginjakan kaki di Brisbane, Australia dan sightseeing keliling Kota Brisbane

Darwin, Northern Territory -  Cerita pengalaman bekerja di Darwin dan sekitarnya serta info wisata yang dikunjungi di Darwin dan sekitarnya

When Adventure in Australia Started! - Cerita bagaimana dimulainya petualangan keliling Australia dan decide pindah ke Katherine dari Darwin

Katherine, Kota Sederhana Alam Luar Biasa! - Cerita pengalaman bekerja sebagai mango packer di packing shed Katherine dan info wisata alam di sekitar Katherine dan sekitarnya

Roadtrip Katherine (NT) - Mareeba (QLD) Australia - Cerita pengalaman roadtrip pertama di Australia dari Katherine, NT menuju Mareeba, Qld sejauh 2000 km selama 5 hari melewati berbagai tempat eksotis.

North Queensland, Feels Like Home! - Cerita pengalaman bekerja di Mareeba, Queensland dekat dengan kota wisata Cairns yang terkenal dengan Great Barrier Reefnya! 

Roadtrip North Queensland ke New South Wales (Corindi Beach) - Cerita pengalaman roadtrip yang kedua, dari Mareeba, Qld menuju Corindi, NSW sejauh kurang lebih 1500 km melewati kota-kota seperti Bundaberg, Brisbane, Gold Coast, dan Byron Bay!

Coffs Coast, Sleep Eat Work Beach Repeat! -  Pengalaman tinggal di pesisir pantai Corindi Beach dan bekerja sebagai raspberry picker selama 2,5 bulan

Roadtrip Sydney-Canberra-Melbourne- Renmark (SA)! - Pengalaman roadtrip yang ke tiga kalinya melewati kota-kota besar seperti Sydney, Canberra dan Melbourne menuju Renmark, South Australia untuk pekerjaan selanjutnya.

Thank You Renmark, Good Bye Australia! Bhay! - Pengalaman terakhir bekerja di Australia sebagai citrus packer dan cerita meninggalkan Australia ke Indonesia

Berikut artikel-artikel perjalanan kami selama di Australia, ada beberapa artikel terkait didalam artikel tersebut seperti artikel-artikel traveling kami menuju ke beberapa tempat di daerah sekitar tempat kami tinggal yang bisa dijadikan referensi untuk kamu yang senang traveling juga :)

Info Pekerjaan Selama di Australia

Workmate di Mareeba, Queensland!
Untuk menginspirasi teman-teman dan mengajak teman-teman biar cari kerjaan gak hanya harus di kota, saya kasih gambaran pekerjaan saya selama di Australia sebagai farmer. Selain pekerjaan yang berbeda-beda setiap harinya, saya banyak banget ketemu orang dari berbagai negara mulai dari Taiwan, Hongkong, Thailand, Jerman, Argentina, Francis dan masih banyak lagi. Mereka pun mengambil WHV untuk cari pengalaman ada yang dulunya dokter, ada yang dulunya udah jadi manajer, kerjaannya sama kaya saya di kebun hehehe selain kerja di kebun saya juga pernah kerja di kota selama beberapa minggu berikut penjelasannya:

Mango Picker
Mango Picker/Packer - Rata-rata kerjaannya ada di bulan Agustus - November di Northern Territory dan di bulan November - Februari di Northern Queensland. Kerjaannya rata-rata 8-12 jam per harinya dan gak ada hari libur! Rate gaji mango picker kalo cash in hand $16-18 dan kalo menggunakan tax $20-24 per jamnya. Tantangannya cuaca karena seharian bekerja harus bekerja outdoor dan kepanasan selama 10 jam setiap harinya dan berdiri. Hari pertama pasti rasanya kaya neraka tapi kesananya pasti terbiasa, ceweku aja bisa kok bertahan masa kalian gak bisa hehe Kalo kalian gak kuat kepanasan, kalian bisa apply ke packing shednya, kerjaannya cuman packing dan angkat-angkat box dan gak kepanasan tapi biasanya sulit untuk cari kerjaan packing karena packing shed yang ada terbatas gak seperti farm yang selalu membutuhkan orang,

Housekeeping
Housekeeping - Pernah bekerja sebegai housekeeping di Darwin selama 2 minggu. Kerjaannya cuman 2 kali seminggu. Rate gajinya $20/jam dan jam kerjanya 5-7 jam dalam sehari. Sebenarnya kalo mau lebih diseriusin lagi bisa dapet jam panjang dengan cari kerjaan lain. Tapi saya mah orangnya pemales, cari kerjaannya banyak banyak hehe

Raspberry Picker
Raspberry Picker - Kerja sebagai Raspberry Picker di Corindi Beach, New South Wales. Kerjaannya gak terlalu cape, karena cuma kerja 5-7 jam kerja. Gajinya kontrak, jadi semakin banyak buah yang didapat semakin besar gaji kita. Rata-rata orang Indonesai yang bekerja di Raspeberry bisa mendapatkan $120-175/ harinya dan tidak ada day off kecuali kita yang ambil day off sendiri! Untuk tips jadi picker raspbery mah ini ada masternya di cek aja blognya marlinoz.com dia picker tercepat di grup kami dulu dan dari orang Indonesia juga lohhhh.

Citrus Packer
Citrus Packer - Pekerjaan yang terakhir kami kerjakan yaitu citrus packer. Kerjaannya indoor dan gak terlalu cape. Yang bikin cape yaitu cuacanya yang sangat dingin karena lagi winter dan berdiri 10 jam dan kerjanya malem! Setiap minggunya at least bisa dapet 40-50 jam kerja. Rate gajinya kalo siang dapet $21,61/jam kalo malem dapet rate overtime $24.85/jam. 

Seperti itulah gambaran kerjaan-kerjaan yang kami jalani di Australia. Sebenarnya kalo di farm masih banyak lagi kerjaan seperti Cotton di Queensland, sayuran di Western Australia dan Tasmania dan masih banyak lagi untuk info lengkapnya bisa di cek di Harvest Trail Autralia.

Oiya, selama setahun kerja kan kita dipotong pajak, tapi semua pajak yang dipotong itu bisa dikembalikan lagi lohhh lumayan itung-itung THR. Artikelnya bisa dibaca disini:


Sebuah pengalaman yang sangat luar biasa bisa tinggal di Australia, negara yang maju dan gaji tertinggi di dunia. Tapi apakah selanjutnya saya mau tinggal di Australia? Sepertinya lebih cenderung ke tidak hehe karena.... saya lebih enjoy tinggal di kampung halaman dan berkarya untuk bangsa cielaaahhhh. Tapi gak menutup kemungkinan saya bakal traveling ke Australia lagi dan bawa keluargaku kesana karena masih juga banyak tempat yang belum dikunjungi, terutama Tasmania! See you again Australia!

See you again Australia! (Perry Sandhill Wentworth)

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

26 comments:

  1. Luar biasa banget pengalamannya.

    Sayang aku ga sempat menikmati WHV karena batasan umur huahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahiwww dikunjungin bang Timo :#

      Hahaha liburan aja kesananya bang hehe

      Delete
  2. Kadang berharap dulu mata dan telinga sudah terbuka di umur-umur masih memungkinkan untuk ambil WHV, karena sekarang cuma bisa baca-baca pengalaman teman-teman yang nulis soal keseruan menjalani itu semua :-)

    Seru banget ceritamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe thanks Mas :) mumpung masih muda ini juga makannya berangkat aja hehehe

      Delete
  3. setiap dengar kata WHV saya selalu sedih..
    Sedih kenapa baru tau soal WHV setelah umur 30..
    sedih kenapa gak pas kuliah awal tahun 2000an aja sih saya tahu soal WHV??
    *Nangis di pojokan kantor*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha padahal dulu udah ada loh mba cuman belum terlalu dipublikasikan #pukpukpuk liburannya aja mba kesana hehehe

      Delete
  4. Gede yaaa gajinya sampai $20/jam gitu kaya banget disana hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya dong mascummm. ini aja dompet sampe tumpeh tumpeh :))

      Delete
    2. Aku dong di traktir makan2 mevvah gitu

      Delete
  5. Awalnya setelah baru sampai di Aussie tinggalnya hanya di hostel begitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyeeees :) beberpaa minggu kedepannya baru cari share room (kosan)

      Delete
    2. Salam kenal Mas Faridh,

      Saya ingin bertanya soal Working in Aussie, coz plan next month kesana...bisa berbagi contact mas Faridh (W.A or any messenger)? kalo bisa ke email saya : tmag265@gmail.com

      Thank you very much

      Tommy

      Delete
  6. ngeliat temen2 yg pada WHV kayanya enak banget ya. selain gajinya gde. lumayan buat dibawa pulang k indo terus bikin usaha. wkwkw

    salam kenal mas e. monggo mampir rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya sambil menyelam minum air mas hehehe

      Delete
    2. Assalamualaikum..mantap banger pengalamanya..dulu nyari kerja NY..lgsg datang ke farm or masukin lamaran..nuhun

      Delete
  7. Salam kenal Mas Faridh,

    Saya ingin bertanya soal Working in Aussie, coz plan next month kesana...bisa berbagi contact mas Faridh (W.A or any messenger)? kalo bisa ke email saya : tmag265@gmail.com

    Thank you very much

    Tommy

    ReplyDelete
  8. seru banget nih pengalamannya, keep writing, bro!

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    www.whateverbackpacker.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankss buddy! Ditunggu juga ceritanya ke Eropa! pengen ikut euy tapi pengen buka usaha dulu hehe goodluck bro!

      Delete
    2. Adis ke eropa dalam rangka mencari cinta hahaha

      Delete
  9. wah seru ya bisa bekerja sekaligus berlibur di Australia sangat menginspirasi maz

    Regards
    Budy | Travelling Addict
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  10. keren mas ilham, pasti asik nih kerja sambil traveling di negeri orang..btw gak ada foto sama kanguru :)

    ReplyDelete
  11. bang waktu di kampung inggris pare, ngambil paket yang apa?, rencana mau kesana juga bang

    ReplyDelete
  12. Waw gajinya lumayan banget tuh mas.. jadi pengen nih..
    enak ya kerja bisa sambil cekrek2.. wkwk

    ReplyDelete
  13. keren bang inspiratif banget! jadi pengen ikut WHV juga setelah lulus kuliah :))


    jika berkenan silahkan mampir di blog saya simple-wanderer.blogspot.com
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete