Jul 17, 2016

Cara Lodge Tax Return Australia Lewat My-Tax

Tax Return Australia Season! (Sumber)
Dulu, sebelum berangkat ke Australia untuk menjalani program WHV selama setahun, tentunya saya sudah banyak survey tentang seluk beluk Australia, termasuk dengan perpajakannya. Awalnya saya super-shock, kenapa? karena pemerintah Australia tarik pajak yang lumayan besar dari penghasilan kita, kalo gak salah sekitar 30%!  Tetapi, baru setelah di Australia saya tahu kalo tax tersebut bisa dikembalikan semuanya! #gakjadicemberut sebenarnya sih gak semuanya, asal penghasilan kotor kita (gross income) tidak lebih dari $18.500. Kalo lebih dari itu, nilai lebihnya akan dikenai pajak. Kalo lebih lengkapnya lagi mah saya ndak tau ya, bukan agent :p

Dari hasil obrolan sama orang Aussie maupun backpackers lain, dari taun-taun kemarin kebanyakan orang menggunakan agent atau menggunakan e-tax (perpajakan online), namun untuk tahun ini e-tax sudah tidak ada, adanya my-tax yang bisa di link dari akun my.gov.au. Memang sih pake agent lebih mudah dan gak ribet tinggal bayar, tapi ada yang gratis dan tidak ribet juga kenapa tidak dimanfaatkan? :D Berikut langkah-langkah cara lodge tax return via My Tax.

Tampilan home my.gov.au
Pertama-tama, untuk lodge tax return kita butuh untuk membuat akun MyGov yang bisa diakses di my.gov.au, disana kita hanya akan diminta nama, e-mail, dan nomor ponsel. Setelah membuat akun MyGov, buka link services, disana akan ada list beberapa link, salah satunya yaitu ke Australian Taxtation Office (ATO). Namun, untuk mendapatkan service dari ATO, kita membutuhkan linking code sebelumnya. Untuk mendapatkan linking code tersebut, kita harus menelpon ATO dengan nomor 13 28 61. Ada beberapa dokumen yang harus tersedia saat menelepon ATO yaitu sebagai berikut:

  1. Tax File Number (TFN)
  2. Paspor
  3. Alamat saat lodge TFN (untuk verifikasi)
Tampilan "services"
Setelah menerima linking code tampilan services ke ATO akan berubah menjadi "linked" yang artinya akun MyGov sudah terhubung dengan ATO dan sudah siap untuk lodge tax return!

Sebelum lodge tax return, pastikan sudah mempersiapkan dokumen yang paling penting, yaitu PAYG summary. PAYG ini biasanya dikasih sama employer pertengahan Juli, isinya jumlah tax-withheld yang bisa kita ambil lagi dan income gross yaitu jumlah penghasilan kotor kita selama bekerja bersama employer. Disitu juga terdapat nama employer dan ABNnya yang dibutuhkan ketika lodge tax return nanti. 

Contoh PAYG Summary
Ketika PAYG Summary sudah ditangan, kita bisa lodge tax return dengan langkah pertama yaitu masuk ke ATO via MyGov tadi, dan di homepagenya sudah tersedia link untuk lodge, just click lodge!

Homepage ATO
Berikut 4 langkah yang bakal dilewati
Langkah Pertama


Di langkah pertama, kita hanya make sure kalo data-data tersebut sudah benar atau tidak. Kalo tidak benar, kita bisa edit dan mengantinya dengan yang benar. Data-data tersebut adalah Nomor Mobile Phone, E-mail, dan Alamat Residential dan Alamat Pos.

Langkah Kedua



Di langkah kedua, kita akan diminta mengisi data-data account bank kita, seperti Nama Akun, BSB (Nomor cabang bank), dan Account Number.

Langkah Ketiga



Di langkah ketiga, kita akan diminta status residency kita di Australia. Karena saya menggunakan visa Work and Holiday Visa dan tinggal lebih dari 6 bulan, jadi saya tick "yes" untuk Resident for Tax Purpose.

Untuk poin kedua, tinggal tick no kalo gak punya spouse di Australia dan yes untuk sebaliknya.

Untuk poin ketiga, tinggal tick yang pertama saja, kecuali punya bisnis atau pendapatan lain di Australia.

Langkah Keempat



Langkah keempat, disini kita akan memasukan data-data dari PAYG Summary tersebut seperti Nama Employer, ABN Employer, Tax Withheld, Gross Payment dan Allowances. Kalo kerja lebih dari 1 perusahaan, ada tombol add untuk menambahkan data perusahaan lainnya.

Beresss! tinggal tunggu THRnya :p
Setelah melewati ke 4 langkah tersebut, nanti kita akan diberi receipt number dati ATO. Dari website ato.gov.au mengatakan kalo proses pengembalian yaitu selama 10 hari, tapi kenyataannya ada yang lebih lama bahkan lebih cepat. Menurut saya cara ini mudah sekali dan tidak perlu beranjak juga dari kasur dan mendapatkan tax kita kembali. Happy return your tax, guys!

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world!  Keep dreaming and travel the world! :)
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

4 comments:

  1. sebenernya ketika pertama kali menginjakkan kaki di ostrali, persiapan atau dokumen apa aja yg mesti dipersiapkan?
    mungkin bisa dibikin tulisan tersendiri...

    trims

    ReplyDelete
  2. Dear Pak Irham,
    Saya rencana mau lodge tax return period 2015 - 2016.
    Untuk langkah ke 2 tentang financial detail apakah itu account bank kita di australia atau account bank di indonesia?
    FYI saya hanya temporary work di Oz dengan visa subclass 457.
    Sedangkan salary saya langsung masuk ke account bank di Indonesia.
    Apakah saya harus meminta account bank saya di Oz kepada employer?

    Highly appreciate if you'd like to response..

    Best regards,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya untuk visa sublacc itu berbeda dehhhh

      Delete