Jun 9, 2016

Yuk, Kenalan dengan Sang Merapi Ramah! Gunung Galunggung Tasikmalaya

Sebagian orang telah banyak mendengar tentang salah satu gunung merapi aktif tetapi masih saja ada yang berani mengunjungi nya sebagai ikonik tempat tersebut, misalnya saja Yogjakarta. Bukan berarti Jawa Barat tidak punya primadona merapi loh! Mungkin baru beberapa orang saja yang mengetahui keberadaan gunung merapi cantik ini. Yap, Gunung Galunggung dari Tasikmalaya.
Gunung Galunggung terletak di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya atau sekitar 17 km dari pusat kota. Gunung ini memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut. Dan seperti namanya gunung ini adalah gunung merapi yang masih aktif dan menjadi sorotan wisatawan dari luar ataupun di daerah Tasikmalaya itu sendiri.    
Berdasarkan rentetan sejarah yang ada tentang gunung ini, tahun 1822 gunung ini pernah meletus begitu dahsyat hingga menewaskan lebih dari 4 ribu orang. Kemudian letusan kedua terjadi pada tahun 1894 yang kembali memakan korban hingga mencapai 1 ribu jiwa. Terakhir gunung ini kembali meletus pada tahun 1982. Gunung Galunggung hanya memuntahkan lahar dan abu hingga mencapai 20 kilometer keudara menyebabkan abu menebal mencapai 3 centimeter.
Mungkin anda sekarang mengetahui betapa dahsyatnya Gunung Galunggung saat meletus. Namun kamu tidak perlu khawatir, tempat wisata ini di pantau sendiri oleh pemerintahan karenanya hingga saat ini tidak ada kondisi yang mengancam. Biasanya akan ada peringatan pemerintah untuk tidak mengunjungi tempat ini dari tingkat waspada hingga awas.  
Obyek Wisata yang dapat di tawarkan pada lokasi ini yaitu wisata kawah Galunggung dan juga pemandian air panasnya. Dibawah ini beberapa ulasan tentang obyek wisata Gunung Galunggung.
Kawah dan Pemandian Air Panas
Saat menuju kawah, kamu akan di sambut terlebih dahulu dengan loket tiket masuk gunung Galunggung. Cukup membayar seharga Rp.6.500,00/orang hanya untuk menikmati keindahan Gunung Galunggung saja. Jika memilih untuk pergi ke kawah tambahan biaya masuk sebesar Rp2.000,00/orang. Biaya parkir kendaraan bermotor di kenakan Rp.3.000,00.
Terdapat dua jalur yang bisa kamu tempuh di tempat ini. Karenannya, bukan berarti kamu bisa bersantai sejenak dan menempuh puncak gunung ini dengan mudah karena kamu akan dihadapi dengan 620 anak tangga. Hanya untuk menuju sebuah kawah dan pemandian air panas di puncak gunung itu. Saat melihat ke sekeliling, mata kita akan di remajakan dengan ke eksotisan alam hijaunya seperti pemandangan dari Hutan Ericaceous dan Hutan Montane.
Biasanya jalur yang di lalui wisatawan terdapat banyak warung-warung penjaja makanan di kaki anak tangga. Ada juga mushola dan toilet umum. Bagi wisatawan yang hendak beristirahat dan berfoto sejenak sebelum menaiki anak tangga.
Jalur anak tangga itu paling banyak diminati oleh wisatawan, apalagi wisatawan muda-mudi yang tengah berlibur. Biasanya akan langsung menjadikan wisata ini menjadi ajang foto-foto. Jalur pilihan kedua selain menaiki undakan anak tangga, yakni jalur terowongan pembuangan air. Dari arah loket tiket masuk, pilihlah jalur sebelah kiri. Di sana anda akan melihat sebuah prasasti pembuangan air. Tentu saja pemandangannya jauh lebih indah dan tidak memakan energi yang banyak di bandingkan harus menaiki tangga.
Keistimewaan kawah di puncak Gunung Galunggung ini selain kita akan dapat menyaksikan pemandangan eksotis dari kawah cantik ini yang berlatarkan pepohonan hijau yang rimbun dan permukaan danau jernih bewarna kehijauan, angin sepoy-sepoy yang begitu sejuk, dan ikan-ikan cantik yang sesekali terlihat muncul dari balik permukaan danau.
Bagi yang menyukai memancing, kamu bisa memancing juga di tempat ini karena obyek wisata ini menyiapkan fasilitas untuk memancing. Khusus bagi yang tertarik. Dan kita juga dapat mendirikan tenda di samping kawah ini untuk yang menyukai suasana alam liar di malam hari tentunya. Ada larangan ketika berada di kawah ini untuk tidak berendam atau berenang di sana karena berdasarkan kepercayaan warga setempat danau yang terdapat di kawah itu di tinggali istana bangsa jin.     
Saat sudah mencapai puncak dan hendak menuruni anak tangga. Di harapkan untuk selalu berhati-hati karena permukaan anak tangganya sedikit curam dan terdapat banyak pasir. Waspadakanlah diri anda dan orang-orang terdekat anda saat menuruni anak tangga ini ya!
Selain bisa melihat kawah cantik, wisata lainnya di Gunung Galunggung adalah adanya fasilitas kolam berendam dan air panas. Ada juga fasilitas bermain anak dan saung untuk istirahat.
Bagi yang tertarik untuk memasuki kolam renang buatan dan pemandian air panas alami yang bersumber dari sungai Gunung Galunggung maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,00/orang. Ada juga fasilitas air terjun yang dapat ditemukan di tempat ini dan kita kembali lagi harus meronggoh kocek sebesar Rp.10.000,00/orang. Wisata ini buka setiap hari dari Senin-Minggu. Dan paling banyak di kunjungi saat hari liburan panjang atau hari pada hari besar.
Terdapat tempat bermalam di Tasikmalaya, bagi kamu yang merencanakan liburan panjang di tempat ini maka tidak perlu risau memikirkan solusi menginapmu. Karena fasilitas di hotel tersebut dari kelas melati hingga berbintang. Enjoy your Trip to Tasikmalaya!
Kawah Galunggung (Sumber)
Tangga menuju Kawah Galunggung (Sumber)
Pemandian Air Panas (Sumber)

3 comments:

  1. Thanks infonya kak, baru tau informasi wisata ini :D

    ReplyDelete
  2. dari sekian travel bloger saya baru melihat hanya disini yang menceritakan tentang gunung galunggung, kerennn..

    ReplyDelete