Jun 13, 2016

5 Alasan Kenapa Harus ke Banjarmasin!

Kota Banjarmasin (Sumber)
Pulau Jawa sudah hampir semua dijelajahi, Bali juga, Sulawesi hampir semua. Ada 1 pulau lagi yang ingin saya datangi, yaitu Kalimantan, lebih spesifik lagi yaitu ke Kota Banjarmasin. Why Banjarmasin? Karena menurut saya Banjarmasin memiliki keunikan yang berbeda dari kota-kota lainnya di Indonesia. Banjarmasin ini dikenal juga dengan kota seribu sungiai, karena banyak sungai-sungai di sekitar Kota Banjarmasin. Hal itu membuat sungai menjadi alat sebagai moda kehidupan sehari-hari warga Banjarmasin, termasuk juga di bidang pariwisata. Ada beberapa tempat wisata di Banjarmasin yang ingin saya datangi dan menjadi alasan saya ingin mengunjungi Banjarmasin, berikut listnya guys!

1. Pasar Terapung Kuin

Pasar Terapung Kuin (Sumber)
Yang pertama yaitu mengunjungi Pasar Terapung Kuin. Pasar terapung ini menjadi daya tarik wsatawan karena hanya ada di Kota Banjarmasin ini, selain itu juga pernah menjadi maskot iklan salah satu stasiun televisi besar di Indonesia. Di Pasar Terapung ini saya bisa melihat bagaimana kehidupan warga dalam bertransaksi di atas sungai! cool!

2.  Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura

Salah satu kios tepian Sungai Martapura (Sumber)
Sungai Martapura merupakan salah satu sungai terbesar di Banjarmasin, salah satu daya tariknya banyak wisata yang mengandalkan sungai ini. Salah satunya adalah pusat kuliner Banjarmasin yang terletak di Jalan Pos ini, terdapat puluhan kios yang menjual berbagai makanan khas Banjarmasin seperti Soto Banjar, Lupis dan Nasi Kuning dan makanan khas Nasional lainnya seperti Nasi Goreng dan lain-lain. Selain harganya terjangkau, lokasinya pun menjadi daya tarik karena bisa menikmati sungai sambil makan, knikmat bukan?! Oh iya, selain itu untuk mencari Hotel di Banjarmasin, lokasi Sungai Martapura ini juga lokasi yang pas, selain dekat dengan tempat wisata, lokasi ini juga terdapat banyak hotel-hotel dari yang murah hingga berbintang.

3. Taman Siring

Taman Siring (Sumber)
Selain pusat kuliner, di sekitaran Sungai Martapura ini juga terdapat taman yaitu Taman Siring. Di Taman Siring ini kita bisa melihat beberapa perahu khas Banjarmasin melewati Sungai Martapura dan menikmati pemandangan sekitar. Selain itu juga, jika hobi memancing, bisa juga memancing di Taman Siring ini, chakep!

4. Pasar Intan Martapura

Berbagai Intan yang dijual di Pasar Intan Martapura (Sumber)
Yang menarik lagi di Sungai Martapura yaitu adanya Pasar Intan, berbagai toko disana menjual perhiasan dari Intan. Selain warga Banjarmasin, disini pun banyak wisatawan dalam negeri dan luar negeri yang mencari perhiasan Intan disana. Salah satu alasan saya ingin ke Pasar Intan ini karena Si Cinta yang doyan mengoleksi perhiasan, pasti kalo diajak kesini doi seneng banget, sayanya mah beli jus aja diluar :3

5. Jembatan Barito

Jembatan Barito (Sumber)
Yang terakhir adalah Jembatan Barito. Kalo di Palembang ada Jembatan Ampera, Banjarmasin punya Jembatan Barito. Dari gambar diatas, foto Jembatan Barito ini begitu megah dan cantik difoto saat sunset. Mungkin suatu saat kalo saya berkungjung ke Banjarmasin, bakal nyempetin hunting foto lama-lama disini deh :D

Sekian beberapa alasan saya mengapa ingin ke Kota Banjarmasin, Kota Seribu Sungai. Untuk perkiraan pergi mungkin kondisional lah ya, tergantung tiket promonya kapan atau siapa tau ada yang mau sponsori #eh. Untuk akomodasi tentunya banyak Hotel di Banjarmasin, dari yang murah hingga berbintang. Untuk mencarinya pun zaman sekarang gak perlu repot karena ada Traveloka dimana kita bisa mencari hotel yang sesuai dengan selera dan kantong kita, jadi liburan pun lebih mudah ahiw!

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world!  Keep dreaming and travel the world! :)
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

1 comment:

  1. jembatannya keren dan di banjarmasin juga ada pasar terapungnya semakin menambah keunikan dan keinginan kita untuk pergi kesana..

    ReplyDelete