Apr 6, 2016

North Queensland, Feels Like Home!

Hot Baloon in Mareeba, North Queensland (Sumber)
Setelah perjalanan yang cukup jauh dari Katherine, 5 hari perjalanan Roadtrip dari Katherine menuju Mareeba, akhirnya kami sampai juga di titik perjalanan terakhir yaitu Mareeba! Sebuah town yang terletak 60 km di barat Kota Cairns yang terkenal dengan pantai dan Great Barrier Reef nya! Saat perjalanan menuju Mareeba, di perbatasan antara Northern Territory dengan Queensland, sangat terlihat sekali perbedaannya terutama di alam. NT yang terkenal dengan "Burn Country" dan Queensland dengan julukan "Tropical Lands" perbedaannya sangat mencolok dimana saat perjalanan yang asalnya sebelah kanan kiri jalan hanya ada pohon kecil kering dan bebatuan menjadi pohon-pohon tinggi berwarna hijau dan udara yang lebih segar!

alam NT
Alam NT
alam queensland
Alam Queensland
Menghembuskan nafas pertama di Queensland sungguh nikmatnya luar biasa, mengingatkan saya dengan kampung halaman, Indonesia yang alamnya memiliki kesamaan dengan wilayah North Queensland ini. North Queensland ini sama dengan Indonesia yang mayoritas alamnya terdiri dari pegunungan hijau, sungai, pantai dan lautan biru. Karena kami tinggal di Mareeba yang letaknya di pegunungan, udaranya jauh lebih segar dari Cairns yang memang letaknya dekat dengan pantai.

Well, setelah sampai di Mareeba ini kami leyeh-leyeh dulu selama 1 hari sebelum mencari pekerjaan selanjutnya untuk menyambung hidup ~halah. Luckily, di malam harinya saya bertemu dengan orang Tonga yang tinggal di rumah yang sama, kami berbincang-bincang lama dan dia menawarkan pekerjaan karena dia bekerja dengan salah satu kontraktor di Mareeba juga, kebetulan dari warga negara yang sama. Mungkin ini yang dinamakan rezeki, keesokan harinya kami sudah bekerja di Cherry Farm dengan gaji $20/hour, cukup besar untuk ukuran pekerjaan lewat kontraktor yang dibayar cash in hand alias gak pake pajak, ih kan ilegal? bae weh kumaha aing! (biarin aja suka suka saya) :))

Isi Kaho, my best friend!
Tapi karena sadar, saya tidak akan lama bekerja di Mareeba, dan kedepannya akan sulit kalau bekerja lewat kontraktor, kami mencari pekerjaan lain lagi sambil bekerja di Cherry Farm tersebut. Alhasil, setelah berputar-putar keliling Mareeba dan sekitarnya, kami mendapatkan pekerjaan di Golden Drop Winery yang produknya terkenal seantero North Queensland. Karena start sekitar 1 minggu lagi, kami memutuskan bekerja di Cherry Farm hanya 2 minggu sebelum pindah ke Golden Drop Winery. Tapi, 2 hari sebelum pekerjaan dimulai, pihak Golden Drop belum juga memberikan kabar bagaimana nasib kami selanjutnya, beruntungnya lagi, Marlin, orang Indonesia yang kami temui di Katherine memberi kabar kami kalo ada pekerjaan di Mareeba di Mango Farm, dan pekerjaan ini dari Agrilabour, salah satu agency farm terbesar di Australia, karena bantuan Marlin ini lah kami bisa mendapatkan job dari Agrolabour ini. Selain mendapatkan pekerjaan juga, peluang pekerjaan kedepannya lebih mudah karena biasanya Agrilabour ini memberikan next job setelah job satu selesai.

Yang mau tahu apa itu Agrilabour bisa cek websitenya Agrilabour.com.au, terdapat pekerjaan-pekerjaan farm di seluruh Australia.

Agrilabour
Di Mareeba ini akhirnya kami bekerja di salah satu farm terbesar di Dimbulah 40 km jaraknya dari tempat kami tinggal. Kami bekerja disana selama hampir 2 bulan. Pekerjaannya memang sangat berat, karena kita harus petik mangga langsung dengan tangan dan langsung dicuci saat itu juga di mesin, jadi kebayang berapa kilometer kami bekerja selama 1 hari yang rata-rata sekitar 8-12 jam, temen ada yang iseng hitung katanya sekitar 40 km satu hari :)) Di farm ini juga akhirnya kami bertemu kembali dengan Mado (teman Indonesia di mango farm Darwin) dan teman kuliah kami Freddy yang ikut bekerja di farm ini juga.

mango farm dimbulah
Pemandangan kebun Mangga saat break, ngadem dulu....
Karena judulnya Work and Holiday, kami pun tak hanya bekerja disini, ini waktunya untuk meng-eksplor alam Queensland Utara! Yuhuu! Berikut adalah tempat-tempat yang kami dikunjungi di Mareeba dan sekitarnya yang biasa disebut dengan Tropical Tableland:

1. Cairns (Esplanade & Bagus Cafe)

cairns esplanade
Cairns Esplanade
Kota besar terdekat dengan Mareeba yaitu Cairns. Cairns ini terletak di pinggir pantai, hampir mirip dengan Bali atau Phuket. Banyak hal yang bisa dilakukan di Cairns, mulai dari belanja, leyeh-leyeh di pinggir pantai, diving atau skydiving. Karena memang lagi nabung jadi saya mah yang gak mahal-mahal aja, bisa sih diving atau skydiving tapi harganya agak mahal sekitar $150 ke atas hiks. Kami sering banget main ke Cairns sekedar ngenjoy di pantai, belanja, dan makan-makan. Must visit di Cairns ini yaitu Esplanade, Esplanade ini merupakan nama tempat di pinggir pantai yang isinya banyak restoran-restoran pinggir pantai dan kolam renang yang persis di pinggir pantai! dan satunya lagi adalah Bagus Cafe, cafe makanan Indonesia yang dimiliki wong Jowo, dan letaknya persis di depan pantai juga, dan masakannya uenak, Indo bangets!

bagus cafe cairns
We're in Bagus Cafe

2. Crystal Cascades

crystal cascades cairns
Crystal Cascades
Selain pantai, Cairns juga memiliki wisata alam di sungai, namanya Crystal Cascades yang jaraknya 10km dari Cairns dan terletak di pegunungan. Awalnya kami kira Crystal Cascades ini bakalan sepi, tapi ternyata ramainya luar biasa, padahal itu hari rabu loh! Ternyata Crystal Cascades ini sungai favorit wagra Cairns dan sekitarnya untuk mandi atau berenang, karena selain gratis, airnya seger banget dan alamnya pun masih terawat, pokoknya enjoy. Karena banyak spot yang sudah penuh, akhirnya kami mencari spot yang sepi, biar enak untuk ngenjhoy~

3. Lake Tinaroo

Sehari libur, kami manfaatkan waktunya untuk jalan-jalan ke daerah selatan Mareeba. Awalnya kami ke Atherton tapi ternyata tidak ada apa-apa disana, akhirnya kami mencari lokasi lain yang tidak jauh dari Atherton yaitu Lake Tinaroo. Lake Tinaroo ini ternyata adalah sebuah bendungan yang dibuat untuk mengairi semua kawasan Tropical Tableland. Perjalanan menuju Lake Tinaroo ini Australia Country banget, rumput-rumput hijau yang luas, sapi yang jumlahnya banyak. Must visit in Tropical Tableland!

Lake Tinaroo
Lake Tinaroo
Lake Tinaroo
Pemandangan menuju Lake Tinaroo

4. Milaa Milaa

Destinasi akhir di Mareeba sebelum kami berpindah tempat lagi yaitu Milaa Milaa. Town yang terletak sekitar 80 km dari Mareeba ini letaknya ada di pegunungan. Townya ala ala country banget, selain banyak padang-padang hujau cantik, Milaa Milaa pun punya air terjun yang bagus, Milaa Milaa Falls. Spot terbaik di Milaa Milaa ini yaitu Milaa Milaa Lookout, darisini kita bisa melihat pemandangan cantik Milaa Milaa dan sekitarnya, cocok buat ngegalau! dan mencari indpirasi :)

Milaa Milaa Lookuout
Milaa Milaa Lookuout
Milaa Milaa Falls
Karena waktu libur memang tidak terlalu banyak, jadi tidak banyak destinasi yang kami datangi di North Queensland ini. Tapi overall, puas dengan alamnya yang jauh lebih segar dibanding NT, seperti rumah sendiri :) dan puas juga dengan gajinya #eh yang rata-rata lebih besar dibanding pekerjaan di NT. So next setelah pekerjaan di Mareeba ini berakhir kemana lagi kami melangkah?

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world!  Keep dreaming and travel the world! :)
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

11 comments:

  1. Buset perjalanan 5 hari, seru banget sih.
    Pada dasarnya iri lihat orang-orang yang WHVan ini, apalah daya umur tak bisa diulang lagi kan. Pulang-pulang dari sana bawa duit banyak dan cerita pengalaman yg menarik. Syukur2 bisa bikin buku kyk yg udah2 hahaha.. Sukses disana mas. Dijagain itu ayangnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe seru banget kak!
      Doain bukunya cepet kelar #ehhhh. Aminn thanks ya kak, itu mah dikekepin terus :))

      Delete
  2. Alam yang luas dan segerrrr gitu ya, Mas :)

    ReplyDelete
  3. Itu jalanan sepi gersang macam di film2 yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakkk! mirip banget sama di pilem. Ngeri sih tapi sepi kok, gak kepikiran kunti lewat hahaha

      Delete
  4. wah ini lagi. kalo Mareeba ini lebih ijo2 yak kayanya.. good good, butuh yang bikin seger gini. hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak Indo lahhh, dan cuacanya lebih bersahabat dibanding Darwin yang super hot hahahaha

      Delete
  5. Padang tundra nya bener2 keren banget :o

    ReplyDelete
  6. Wooww seru banget ya WHV nya banyak di farm, luarr biasa
    Mau tanya dong mas Irham :D
    1. Kalo kerja di farm gitu ga cari2 info mana yang ada lowongan ya, sampe ke kotanya baru cari kerja? gapake kirim2 CV dan langsung kaya walk in interview?
    2. Kalo boleh tahu pas kerja via Agrilabor di Dimbulah rate/hour nya brp ya, nett or gross?
    3. Hari kerjanya senin-jumat atau gmn? Sehari pasti kerja minimal 8 jam atau belum tentu?

    Makasih banyak kalau berkenan jawab, sukses terus ^^

    ReplyDelete