Mar 17, 2016

Katherine, Kota Sederhana Alam Luar Biasa!

Katherine Gorge
Setelah 2 bulan lamanya tinggal luntang-lantung di Darwin dan sekitarnya, kami decide untuk pindah haluan ke kota kecil bernama Katherine. Kota ini terletak 300km sebelah selatan Darwin, untuk menuju Katherine ini kita memerlukan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Memang keputusan mengambil kerjaan di Katherine ini termasuk tergesa-gesa, karena bagaimana tidak, jam 10 pagi kami dtelfon oleh agency bernama JobShop dan doi bilang kita harus sudah bisa kerja keesokan harinya, cukup waktu 1 jam untuk packing dan lunch, kamipun langsung berangkat menuju Katherine bareng si Cammo tentunya! ;) Disinilah, When Our Adventure Started!


Di Katherine ini kami bekerja di salah satu Packing Shed terbesar di Katherine bernama Seven Fields, jam kerjanya pun cukup baik untuk kantong kami, cukup untuk biaya hidup sehari-hari, menabung dan jalan-jalan. Kami tinggal di Tourist Park dekat tempat kerja yang tempatnya nice banget! Dekat dengan hot spring (sungai) dan tinggal di kabin gitu, serasa outbacknya :p  Selama 2 minggu bekerja di Katherine, kami tidak serta merta cuman bekerja loh, kami pun sering travel keliling-keliling wisata-wisata sekitar, yang ternyata keren-keren dan luar biasa!

Selfie pake baju kerja dulu
Seven Fields Packing Shed
2 minggu masa kerja di Katherine, di setiap hari minggu kita pergi ke satu tempat, ada 2 tempat yang luar biasa keren di sekitaran Katherine ini yaitu Katherine Gorge dan Edith Falls. Keduanya terletak di taman nasional yang sama, yatu Nitmiluk National Park namun jaraknya sangat berjauhan, perbedaan jarak antara kedua tempat ini yaitu sekitar 100km lebih, jadi kita berangkat ke kedua tempat itu dengan waktu yang berbeda,

Katherine Gorge Lookout
Tempat pertama yang kita datangi yaitu Katherine Gorge. Tempat ini merupakan tempat paling ngehits di Katherine! Belum kesini berarti belum ke Katherine.  Letak Katherine Gorge ini tidak terlalu jauh dari Kota Katherine, hanya sekitar 25 km sajaaah. Tapi, tapi... setelah sampai di parkiran, kami harus melanjutkan trekking selama 1 jam return untuk mencapai lookout yang ada di gambar di atas, cukup melelahkan tapi setelah sampai di atas cocok bangets! Selain trekking, kegiatan yang bisa dilakukan di Katherine Gorge ini yaitu scenic flight menggunakan heli seharga $90 terlalu mahal untuk si kami mah :( terus bisa naik kapal juga mengelilingi Katherine Gorge seharga $20 per tour, tapi kami tidak naik kapalnya karena mending dipake jajan kebab dibanding naik kapal doang :p

Setelah trekking pastikan ambil foto di skywalk ini

Sisi lain Katherine Gorge dari Look Out Point

Di minggu berikutnya kami menuju sisi lain dari Nitmiluk National Park, yaitu Edith Falls, waterfall paling ngehits sejagad Katherine. Jaraknya sekitar 50 km dari kota Katherine, berlawanan arah dengan arah menuju Katherine Gorge. Perjalanan menuju Edith Falls lebih menabjubkan dibanding menuju Katherine Gorge, sepanjang perjalanan kami melewati tebing-tebing tinggi yang menjulang tinggi, sayang tak sempat difoto karena saking takjubnya! Setelah sampai di car park, ternyata ada Edith Falls ini punya 2 spot yaitu lower pool dan upper pool. Tapi, menurut teman kerja kami, upper poolnya lebih cantik dan tidak banyak orang juga, tapi... kami harus trekking sekitar 30 menit menuju spot tersebut. Treknya lumayan berat, cukup menguras tenaga, tapi setelah sampai di air terjun, alamak cantiknya! ini air terjun kedua favorit saya setelah Florence Falls di Litchfield National Park. Airnya subhanallah jernih dan air terjunnya begitu cantiknya, ditambah tidak ada orang sama sekali, bagaikan kolam pribadi :)

Edith Falls :)
Makan siang di Edith Falls setelah nyemplung :)
2 hari setelah mengunjungi Edith Falls ternyata jam kerja di Packing Shed ini drastis menurun karena musim mangga yang hampir selesai di Katherine, akhirnya kami memutuskan untuk keluar dari pekerjaan tersebut dan mengikuti jejak teman kami dari Indonesia yang sudah PR di Australia, Marlin pindah menuju Mareeba, Queensland. Tau jaraknya berapa? 2500 km lebih! Ini bakal menjadi road trip pertama saya di Australia, bakal banyak mengunjungi kota-kota dan tempat-tempat keren selama perjalanan menuju Mareeba, let see then!

Next Story: Road Trip Katherine, NT - Mareeba, Queensland Australia

Simak kelanjutan cerita kami berpetualang dalam #WHVAustralia :)

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world!  Keep dreaming and travel the world! :)
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

16 comments:

  1. Tempatnya keren - keren mas,,, Jadi sebelum - sebelumnya petualangan belum dimulai ya mas? hehehe,,, Dari katherine inilah petualangan dimulai,,,, sekarang malah mau pindah lagi ke Mareeba yang jaraknya sangat jauh. Bakal menjadi perjalanan yang panjang ini :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum dongggg, belum lagi ntar ada perjalanan ke NSW lebih jauh lagi :))

      Delete
  2. mantep mas :D masih nyimak postingan2 yg lain nih, one day i'll be there :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapppp ditunggu aja yaah, aminnnn :)

      Delete
  3. Sekilas sungai nya mirip2 di Amazon yaaa hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, cuman disini buaya, disana piranha hahahaha

      Delete
  4. aku lebih terkesan dengan Edith Falls, selain airnya jernih tempatnya juga bagus ya..

    ReplyDelete