Sep 5, 2015

Taman-Taman Tematik di Kota Bandung Sulapan Ridwan Kamil (Lengkap)


Sejak jaman dahulu, Bandung terkenal dengan kota yang memiliki banyak taman yang berisi pohon-pohon rindang dan bunga-bunga bermekaran. Namun, dengan berkembangnya pembangunan di Kota Bandung ini, banyak taman yang sudah mulai tidak terawat. Apalagi ditambah banyak lahan-lahan terbuka yang dialih gunakan menjadi mall dan bangunan-bangunan lainnya. 

Dan sekarang, di masa kepemimpinan Wali Kota Bandung yang baru yaitu Ridwan Kamil, yang sering disebut Kang Emil taman-taman yang sudah tidak terawat, diperbaiki dan mulai dirawat lagi sehingga taman tersebut bisa menjadi tempat publik bagi warga Bandung. Bukan hanya itu, Kang Emil menyulap taman-taman tersebut dan lokasi-lokasi lainnya menjadi taman yang bertema atau disebut juga dengan taman tematik. Jadi selain untuk ruang publik, taman tematik ini pun bisa dijadikan lokasi wisata bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Yuk disimak beberapa taman tematik hasil sulapan Kang Emil :)

Taman Jomblo

Taman Jomblo (Sumber)
Taman Jomblo ini terletak di bawah Jembatan Pasupati, lebih tepatnya di sebelah Balubur Town Square. Di taman ini terdapat banyak single seat yang dilengkapi juga dengan free wi-fi. Cocok untuk para jomblo setanah air yang gabisa malam mingguan, nongkrong di Taman Jomblo dan siapa tau ketemu jomblo lainnya :') 

Taman Skate

Taman Skate (Sumber)

Taman Skate ini letaknya berada di sebelah Taman Jomblo. Taman ini digunakan untuk kegiatan skateboarding. Hampir semua skateboarder di Kota Bandung berkumpul disini dan menyalurkan hobinya secara bergantian dari siang hingga malam. Di taman ini terdapat track yang bisa dipakai untuk melakukan style dalam skateboarding, dan taman ini pun tentunya gratis alias tidak dipungut biaya.

Taman Film

Taman Film (Sumber)
Taman Film ini pun dekat dengan Taman Jomblo dan Taman Skate. Di taman ini terdapat layar besar yang bisa dipakai untuk nonton bareng dan juga sering dimaikan film-film random yang bisa ditonton oleh pengunjung. Banyak warga Bandung yang menghabiskan waktunya di taman ini sambil menonton film dan "ngagoler" atau tiduran disini karena permukaannya yang dilapisi oleh rumput sintetis sehingga pengunjung bebas untuk melakuka kegiatan apapun asal alas kakinya dicopot.

Taman Lansia

Taman Lansia (Sumber)
Taman ini terletak di sebelah Gedung Sate. Taman ini dulunya biasa dinamai Taman Cilaku atu Taman Cisangkuy. Aktivitas yang bisa dilakukan disini yaitu berolahraga karena terdapat trek untuk berlari seputaran taman ini. Di Taman Lansia ini juga terdapat  2 buah danau buatan yang dibuat untuk mengurangi resiko banjir di sekitar daerah tersebut.

Baca Juga:

5 Tempat Wisata Alam yang Anti Mainstream di Sekitar Bandung

Taman Pustaka Bunga

Taman Pustaka Bunga (Sumber)
Taman Pustaka Bunga terletak di Taman Cilaku atau Taman Lansia. Taman Pustaka Bunga memiliki banyak jenis bunga yang menarik. Beberapa jenis bunga yang ada di taman ini adalah mawar, puring, bakung, kastuba, bunga kertas, krisan, lidah mertua dan berbagai jenis anggerk. Beberapa anggrek langka ditemukan di tempat ini. Anggrek-anggrek ini ditempelkan di pohon-pohon besar yang ada di taman ini.

Taman Binatang Peliharaan (Pet Park) 

Pet Park (Sumber)
Taman ini terletak di Jalan Cilaki, dekat dengan Taman Pustaka Bunga. Taman ini dibuat oleh Kang Emil untuk memfasilitasi para pecinta hewan untuk saling berinteraksi sambil membawa hewan-hewan peliharaannya. Terdapat jogging track, permainan-permainan untuk binatang peliharaan yang dibawa kesini.

Taman Fotografi

Taman Fotografi (Sumber)
Taman Fotografi terletak di Jalan Anggrek. Taman ini dulunya bernama Taman Cempaka. Taman ini disulap oleh Kang Emil untuk dijadikan taman fotografi yang sampai sekarang sering digunakan dalam kegiatan-kegiatan komunitas fotografi. Sering terdapat juga pameran fotografi di taman ini. Taman ini juga memiliki free wi-fi sehingga pengunjung bisa menikmati taman dan tidak kehilangan sinyal :p

Taman Musik Centrum

Taman Musik Centrum (Sumber)
Taman Musik ini terletak di sebelah SMAN 5 dan SMAN 3 Bandung. Taman ini sering digunakan untuk konser-konser musik dari band-band lokal hingga sering juga dipakai berbagai pentas musik. Untuk masuk ke taman ini tidak dipungut biaya, tapi pungut aja sampahnya biar bersih ya :D

Taman Persib

Taman Persib (Sumber)
Persib, merupakan tim sepak bola kebanggan warga Bandung bahkan Jawa Barat. Untuk mendedikasikan tim kebanggan Bandung tersebut, Kang Emil membuat taman ini dan berencana membuat Museum Persib didalamnya. Di Taman Persib ini terdapat beberapa lapangan futsal yang bisa dipakai oleh warga Bandung secara gratis.Taman Persib ini terletak di Jalan Supratman.

Taman Fitness

Taman Fitness (Sumber)
Taman Fitness. Taman ini terletak di jalan Imam Bonjol. Di Taman Fitness ini terdapat beberapa peralatan olahraga seperti fitness outdoor, jogging track, therapy stone, mini soccer yang sudah bisa dinikmati masyarakat. Taman Fitness ini sering digunakan warga untuk berolahraga dan menghirup udara.

Taman Super Hero

Taman Super Hero (Sumber)
Di Taman Super Hero ini pengunjung bisa bertemu dengan Gatotkaca, salah satu tokoh superhero asli Indonesia, yang sedang memamerkan ototnya. Gatotkaca yang ada di tempat itu merupakan patung karya seorang perupa ternama dari Kota Bandung. Selain Gatot Kaca pun, terdapat banyak patung-patung superhore terkenal seperti batman, spiderman, dan lain-lain.

Sekian daftar-daftar taman tematik di Kota Bandung yang bisa dijadikan referensi untuk warga Bandung yang ingin berkunjung ke taman-taman tersebut dan juga untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Bandung. Selamat mencoba dan tetap jaga kebersihan ya, lur!

Baca Juga:

12 Tempat Wisata Favorit di Bandung dan Sekitarnya


Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world!  Keep dreaming and travel the world! :)
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

20 comments:

  1. epic banget yah kota bandung! Untung kang emil seorang arsitek, gak heran sih kota yang beliau garap jadi artistik gini :DDD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandung skrg keren-sekeren-kerennya! #jadikangenBandung huhu

      Delete
  2. juara banget lah bandung sejak dipimpin kang emil, maju terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu! beruntung Bandung bisa dapet walikota seperti beliau

      Delete
  3. beruntung banget Bandung punya Kang Emil. banyak taman yang disulap menjadi lebih indah dan punya citarasa berbeda yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget! semoga nantinya bisa berkontribusi buat negara aminnnnn

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Dulu aku kenal bandung melaluhi bacaan,
    Sekarang aku sudah bolak balik bandung - Riau,
    Taman, area wisata nya rapi dan indah, serta keamanan dan kenyaman yg asri sgt bagus,
    Masyarakatnya ramah tamah,
    AAh bandung pisan euy....

    ReplyDelete
  6. Abis dari Bandung juga kemaren, Bandung emang juaraaaa ngangeninnya

    ReplyDelete
  7. Tempo hari ke Bandung sempat bingung mau eksplor taman apa aja, ternyata di sini lengkap infonya :) Nuhun for sharing!

    ReplyDelete