Aug 17, 2015

(WHV) Bekerja dan Berlibur ke Australia? Siapa Takut!

Australia (Sumber)
Siapa yang tidak mau mengunjungi negeri yang mempunyai maskot "kangguru" ini? Ya, Australia. Australia adalah salah satu negara yang mempunyai tingkat kesejahteraan dan ekonomi yang paling tinggi di dunia, selain itu juga Australia mempunyai keindahan alam yang tiada habisnya karena mengingat luas negara ini pun sangat luas. Selain itu, negara ini adalah negara maju yang paling dekat dengan Indonesia, maka dari itu tidak heran kalo banyak masyarakat Indonesia yang mempunyai mimpi ingin berkunjung kesana bahkan bekerja disana, termasuk saya salah satunya :D

Dari semenjak di bangku SMA, saya sering bermimpi suatu saat saya bakal mengunjungi negara ini, bagaimanapun caranya. Tapi, tertelan oleh zaman dan kenyataan, mimpi itu pun mulai hilang karena ketidakmungkinan. Saya ga pinter jadi gamungkin dapet beasiswa, saya bukan orang kaya jadi gamungkin seenaknya liburan kesana, mimpi itu pun sempat hilang bahkan dilupakan beberapa tahun kebelakang. Tapi, secercah harapan muncul lagi ketika saya memulai hobi traveling semenjak kuliah dan bertemu dengan orang-orang hebat di perjalanan dan di sekitar saya. Saya menemukan informasi tentang Visa Work and Holiday Australia (WHV), apa itu visa Work and Holiday?


Jadi visa WHV ini adalah visa yang memperbolehkan pemegang visa untuk bepergian dan bekerja di Australia selama 1 tahun! Betapa asiknya berpetualang di negeri kangguru ini, bisa bekerja juga untuk mendanai perjalanan kita lagi! :D Memang WHV ini merupakan program pertukaran budaya antara pemerintah Indonesia dan Australia, namun setiap pemegang visa ini pun mempunyai bermacam tujuan, ada yang memang untuk berkeliling Australia, ada yang kerja untuk menabung, malah ada juga yang niatnya cari jodoh #eh #tapibener :)) Kuota visa ini terbatas setiap tahunnya, yaitu 1000 orang, kuota ini direset setiap bulan Juli. Tapi kuota tersebut biasanya masih tersisa di akhir-akhir mendekati periode reset kuota, entah ga banyak yang tau tentang visa ini atau entah kenapa.

Untuk mendapatkan visa WHV ini ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan, karena untuk mendapatkan visa ini bukan perkara mudah, mental, fisik, uang dan kesabaran sangat diuji selama proses mendapatkan visa ini, saya mendapatkan visa ini selama 5 bulan loh! maka dari itu persyaratan ini harus sangat diperhatikan agar di tengah jalan tidak terjadi kendala atau malah gagal lanjut ke proses selanjutnya karena persyaratan yang kurang atau tidak sesuai. Berikut persyaratan umum untuk membuat visa Work and Holiday Australia:

  1. Berusia 18-30 tahun saat pengajuan visa. (UPDATE: Dengar-dengar sekarang maksimal umurnya 35 tahun) Jadi, pastikan umur kamu berusia 18-30 tahun saat mengajukan visa, baik di Imigrasi saat mengajukan surat rekomendasi dan di AVAC saat mengajukan visa (nanti akan dijelaskan lebih lanjut mengenai prosesnya di akhir artikel).
  2. Memiliki kualifikasi setingkat dengan perguruan tinggi, atau telah menjalani pendidikan di perguruan tinggi selama minimal 2 tahun. Jadi untuk mendapatkan visa ini kita membutuhkan ijazah kuliah atau keterangan dari kampus bahwa kalian sudah melakukan kegiatan perkuliahan selama minimal 2 tahun, ga boleh kurang.
  3. Belum pernah mengikuti program WHV ini sebelumnya. Visa WHV ini memang diperuntukan 1 kali seumur hidup, jadi untuk yang sudah pernah memegang visa ini dipastikan tidak bisa mendapatkannya lagi. Kesempatan yang sungguh langka sodara-sodara!
  4. Memiliki paspor yang berlaku tidak kurang dari 12 bulan. Ini sudah jelas kalo kita minimal punya paspor minimal 12 bulan karena kita bakal ada di Australia selama 1 tahun.
  5. Memiliki tingkat kemahiran berbahasa Inggris sekurang-kurangnya tingkat fungsional. Seengganya bisa berbicara bahasa Inggris dan pede untuk survive hidup di Australia. Ada beberapa persyaratan yang sesuai untuk poin ini, nanti dijelaskan di artikel selanjutnya, link ada dibawah. (Sekarang tidak bisa pakai TOEFL, wajib IELTS)
  6. Tidak disertai oleh anak-anak di bawah umur. Pasangan suami istri masih bisa apply visa ini, tapi tidak bisa membawa anak-anaknya, lebih baik yang belum mempunyai anak.
  7. Memiliki sejumlah dana seharga tiket pergi-pulang dan untuk membiayai keperluan selama masa awal tinggal di Australia. Memiliki uang tabungan sebesar minimal AUD 5000 atau sekitar Rp 50.000.000 di rekening pribadi atau orang tua. Yang belum punya uang sebesar itu, kita bisa pinjem sana-sini sama teman, sodara, atau kenalan lain yang bisa membantu.
  8. Surat rekomendasi dari Ditjen Imigrasi. Untuk mengajukan visa WHV ini kita perlu mendapatkan surat rekomendasi dari Ditjen Imigrasi, untuk caranya nanti dijelaskan dibawah.

Sebenarnya syaratnya terbilang cukup mudah, tinggal usaha pasti ada jalan kok :) Namun, proses mendapatkan visa ini lumayan panjang karena harus ada beberapa step yang dilewati, berikut step-step yang harus dilalui:
  1. Daftar online di website Ditjen Imigrasi (klik disini untuk penjelasan lebih lengkap). Untuk memulai perjuangan mendapatkan visa WHV, kalian bisa mendaftar secara online di web Imigrasi yaitu imigrasi.go.id, ada beberapa persyaratan seperti nomor paspor, score IELTS, dan jumlah dana tersimpan yang dibutuhkan untuk mengisi form tersebut.
  2. Mendapatkan Surat Rekomendasi dari Ditjen Imigrasi (klik disini untuk penjelasan lebih lengkap). Setelah daftar online nanti kalian akan mendapatkan jadwal wawancara yang tertera di website Imigrasi yang biasanya di update 2 minggu sekali, lalu melakukan wawancara dan verifikasi dokumen di Jakarta, dan apabila lulus kalian akan mendapatkan surat rekomendasi tersebut.
  3. Mengajukan visa di AVAC (klik disini untuk penjelasan lebih lengkap). Setelah mendapatkan surat rekomendasi (surat sakti) dari Ditjen Imigrasi, kalian sudah bisa mengajukan visa di AVAC. AVAC adalah kantor perwakilan yang ditunjuk oleh Kedutaan Australia untuk urusan visa. AVAC ini hanya terdapat di Jakarta dan Bali. Proses pengajuan di kantor AVAC sendiri tidak lebih dari 15 menit.
  4. Cek Kesehatan/Medical Check-Up di RS yang sudah ditunjuk dan Visa Granted (klik disini untuk penjelasan lebih lengkap). Setelah mengajukan visa di AVAC, selanjutnya kita akan mendapatkan nomor HAP ID yang digunakan untuk medical check up atau cek kesehatan di RS yang telah ditunjuk oleh Kedutaan Australia. Selang beberapa hari setelah medical check-up, biasanya akan mendapatkan e-mail bahwa visa telah granted.

Dari pengalaman saya selama mengurus visa WHV ini yang paling terpenting adalah usaha dan sabar. Dari mulai daftar online sampai visa granted saya membutuhkan waktu selama 5 bulan, dan persiapan sekitar 3 bulan. Sebelum mendaftar visa ini saya pergi ke kampung inggris di Pare, Kediri untuk meningkatkan skill english dan belajar TOEFL untuk tes di ITB, saya pun pinjam dana tersebut dari orang tua, memberi penjelasan ke orang tua mengenai visa ini dan apa yang bakal saya lakukan nanti, sabar di PHP-in oleh imigrasi selama 3 bulan menunggu jadwal wawancara, pokoknya untuk mendapatkan visa ini butuh mental, kesabaran dan usaha yang keras :) alhamdulillah visa saya sudah granted bulan Juli kemarin dan bersiap berangkat ke Australia bulan September menuju Brisbane. Doakan saya ya! Untuk mengikuti perjalanan saya follow Twitter saya -> @irhamfaridh karena saya bakal share perjalanan dan pengalaman saya di Australia menggunakan hashtag #1yearinOZ, melanjutkan senior WHV warrior sebelumnya kak Mariza hehe.

Timeline Mendapatkan Work and Holiday Visa Australia
  • Daftar online di Ditjen Imigrasi: 4 Februari 2015
  • Wawancara di Ditjen Imigrasi: 6 Mei 2015
  • Dapat Surat Rekomendasi: 25 Juni 2015
  • Mengajukan visa di AVAC: 1 Juli 2015
  • Mendapatkan HAP ID untuk Med-Check: 10 Juli 2015
  • Tes Kesehatan: 12 Juli 2015
  • Visa Granted: 14 Juli 2015

WHV Indonesia tagline "a new challenge, a new adventure" :)
Untuk mendapatkan informasi-informasi lainnya seputar WHV (Work and Holiday Visa) Australia, kalian bisa gabung di grup Facebook para WHV Warrior dari Indonesia, (disini). Banyak informasi dan tips-tips dari kaka-kaka yang sudah berpengalaman dan juga sering ada meet-up untuk menambah teman dan menambah infomasi mengenai WHV ini :)

Selamat mencoba yah anak muda Indonesia!

Yang mau tahu perjalanan saya selama 1 tahun di Australia cek artikel ini:

Pengalaman Bekerja dan Berlibur di Australia Selama Satu Tahun (WHV)

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

61 comments:

  1. Wow selamat mas, ditunggu cerita2nya selama di aussie :D
    Salaam, www.ceritachia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih! Ditunggu aja ya ceritanya pasti di share kok :)

      Delete
  2. Aku malah belum pernah ini ke Ausie. Pengin sih ....
    Semoga next destination tercapai deh. Aamiin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga bisa ke Aussie secepatnya mba :)

      Delete
  3. wah keren mas, mudahan bisa kesana suatu hari nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasihhhh, amin semoga bisa nyusul yaaa :)

      Delete
  4. Belum pernah nyoba tes IELTS euy, sukses memulai petualangan menuju Australia-nya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih! :) semoga bisa coba juga yaaah terus nyusuk kesini hehe

      Delete
  5. wow yang bisa mencicipi kesempatan go abroad ke ausie, pengin kesana.,tapi apa daya belom ada peluang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti ada jalan lain :) *banyak jalan menuju Aussie hehe

      Delete
  6. Kapan berangkat nya masbro ke ausie nya? Penasaran banget nunggu cerita berikut nya ;)

    Udah ada gambaran bakal kerja di bidang apa disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 13 September nanti berangkat ke Brisbane! Buat ngikutin perjalanan sy bisa diikuti di twiter @irhamfaridh dgn hashtag #1yearinOZ :D

      Gambarannya kerja di bidang mining, farm, atau kitchenhand, ya selebihnya let see nanti disana hehe

      Delete
  7. Ada skill lebihh sih gan bahasa inggris sayang persyaratan yang kayak musti di universitas sampe 2 thn, sementara ane cuma lulusan SMK, plus musti siap duit 50 jeti #tepokjidatberkalikali padahal pengen ke aussie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja kuliah dulu diploma yg skillnya dibutuhin di australia, mungkin siapa tau ntr bisa kerja disana permanen :D selalu ada jalan menuju Australia bung! ;)

      Delete
  8. Replies
    1. ayoooo mumpung masih muda berpetualang kemana saja :D

      Delete
  9. Hi Kak Irham :) aku masih kuliah tahun terakhir, berencana ambil gap year traveling dan ambil pekerjaan lepas. Tertarik utk ke Aussie dgn whv ini. Tp ngaruh ga ya kesempatan dpt visa kl saya msh fresh graduate yg blm bnyak pengalaman? Oh ya saya pgn ngumpulin info dr grup fb, apakah grupnya khusus buat yg pernah/sedang whv/ setidaknya sdg apply? Hehe maaaaf banyak pertanyaan. Good luck di Aussie ya! Katanya musim panas di sana panas bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Halida, kebetulan saya juga ambil visa ini setelah lulus kuliah banget, dan ga ada masalah di pengajuan visanya kok :) itu grup fbnya untuk semua kalangan kok Halida, join aja ntr banyak kaka kaka yg bantu. Makasih yaakk, kebetulan sekarang saya ada di NSW, lagi musim panas tapi tetep dingin brrrrrr

      Delete
  10. Halo Kak Irham.. Aku berminat mau ambil whv ini.
    Rencananya mau apply secepatnya,
    Cuma di Aussie nya nanti aku masih belum ada teman.. (aku juga masih belum tahu mau stay dimana)
    Apa ada perkumpulan whv disana yg bisa membantu selama bulan-bulan pertama aku disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba masuk group gbnya perkumpulan anak anak whv di facebook. nama groupnya WHV Indonesia

      Delete
  11. Tabungan 50 juta itu buat pegangan selama disana ya kak? Atau gmn? Saya mau nyari kerja disana, tapi masi bl ada uang 50 juta. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5000 AUD itu untuk syarat aja pengajuan visa, kalo untuk pegangan semampunya aja mau bawa berapa

      Delete
  12. Haii mas..
    Mau tanya.. saat ini sy masih persiapan untuk test ielts selama 3 bulanan.. apakah sy sdh bisa mengajukan pendaftaran online ke imigrasi?
    Jika sdh bisa.. apakah sertifikat diperlukan untuk proses verifikasi diimigrasi pada saat wawancara? Sedangkan sy masih persiapan test ielts..

    Mohon advise nya
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap sertifikatnya diperlukan, jadi itung secara cermat kapan sertifikatnya akan keluar sebelum wawancara. tetapi bisa daftar online sebelum sertifikatnya keluar.

      Delete
  13. Hai.. Love your post! Hmm.. Congratz ya sebelumnya.. Actually aku udh pernah denger soal WHV ini. Semua syarat rasanya bisa aku penuhin.. Tapi pas mikir kalo aku gak punya kenalan siapapun di aussie, gak tau mesti kerja gimana atau di mana, itu ngebuat aku keder ikut program ini. Kak Irham bisa kasih saran atau apa gitu gak buat aku yang kepengen banget ke aussie tapi terkendala begitu? Aku bener2 kepengen ini dari tahun lalu, tapi ya gitu.. Sama skali gak ada kenalan dan gak ngerti cari kerja gimana di sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa. saya juga gak punya kenalan sama sekali di Aussie kak, tapi asal ada niat dan usaha, semua bisa terlewati kok, trust me! :)

      Delete
  14. Hai.. Love your post! Hmm.. Congratz ya sebelumnya.. Actually aku udh pernah denger soal WHV ini. Semua syarat rasanya bisa aku penuhin.. Tapi pas mikir kalo aku gak punya kenalan siapapun di aussie, gak tau mesti kerja gimana atau di mana, itu ngebuat aku keder ikut program ini. Kak Irham bisa kasih saran atau apa gitu gak buat aku yang kepengen banget ke aussie tapi terkendala begitu? Aku bener2 kepengen ini dari tahun lalu, tapi ya gitu.. Sama skali gak ada kenalan dan gak ngerti cari kerja gimana di sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau ikut program AUPAIR aja, aku rencana juga mau ikut AUPAIR :D

      Delete
    2. Saya juga sama kok kaya gitu, asal berani dan usaha, pasti ada jalannya kok, trust it and it works! :)

      Delete
  15. Mas, uang tabungan sebesar Rp 50.000.000 itu mutlak ya? kalau nggak ada gimana? maksudnya nggak sampai Rp 50.000.000. Sampai di sana baru uangnya dikumpulin. bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa, uang itu untuk jaminan untuk apply visa. kalo gak ada bisa pinjam orang tua atau saudara atau teman.

      Delete
  16. Mas mau tanya, klo test IELTS yg diambil yg general aja uda bs ?

    ReplyDelete
  17. maa, kalo tabungan yang 50 juta itu dari orang tua bisa? kalo bisa syarat2nya gimana saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibaca dengan jelas dan teliti yaaaa :') #sedihsayamah

      Delete
  18. Hi Mas,slm kenal dr Surabaya. mau nanya bbrapa pertanyaan :
    1. Untuk WHV ini dikasi tenggang waktu 1 thn untuk berangkat stelah visa granted y? soalnya plan bbrapa bulan granted baru brangkat

    2. Denger2 harus bikin Tax ID y? bayar tax 30% dr gaji? itu sama aja ga earn apa2, max 40jam/minggu x 4 x AUS$20 = AUS$3200, potong tax sisa AUS$2240 potong lg biaya hidup mana bisa earning nih.

    3. Mas ada kenalan yg pakai visa student? apakah kalau cuma kursus 3 bulan gitu uda bisa granted visa student?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. yessss, dihitung 1 tahun setelah visa granted.

      2. itu udah earning banget loh :') ntar penjelasan lebih lanjut tunggu bukunya ya #kode

      3. gak ada kenalan siapapun, gak ada persiapan apapun.

      Sukses ya

      Delete
  19. hai bro irham.
    love your story, because very inspiration
    kebetulan saya juga ada rencana berangkat bekerja ke sana untuk tahun 2017 nanti (of course use WHV) lol
    tetapi ada beberapa point yg kurang saya mengerti.
    mohon di jawab jika tidak keberatan.

    1. Saya ada planning apply pada awal tahun 2017 nanti, Untuk apply WHV, apakah ada jadwal tertentu? ataukah bisa kapan saja?
    2. Untuk perkiraan biaya hidup di sana untuk tahap awal, apakah dengan $5000AUS bisa survive di sana dalam waktu 1 bulan without work?
    3. Untuk homestay, Berapa harga sewa homestay perbulan yang murah? apakah ada yang di bawah $1000AUS ?
    4. Kapan story book nya keluar? (hahahaha) lol

    By the way, i love your quote.
    "Keep dreaming and travel the world! ;)"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, selamat malam. Thanks ya udah baca blog saya :)

      1. Bisa kapan aja, reset quota setiap bulan Juli.
      2. 1 bulan survived cukup $800-$1000 tanpa kerja
      3. Harga sewa share room biasanya $100-150 tergantung lokasi dan fasilitasnya
      4. Story book keluar tahun depan yaaaa, tungguin aja biar infonya lebih lengkap disana hehehee :D

      Thank youuuu! :D

      Delete
  20. Yay thank you so much for sharing your experience in taking WHV. I'm gonna do it coz last week i went to Oz for a very short trip (conference and holiday) and really amazed by everything in oz!!! Then i found out about WHV and went through your blog and it's really informative 😁 thank you !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow cool! Just come back to Australia again, gain experiences here and some dollars to next trip around Australia even the world!!!!

      Delete
  21. Hai mas, salam kenal. I am planning to apply for this Visa in near time. My plan is to use agent's service, GNA. Have you ever heard of them? I did some research about them and I believe that they are legit. However, what do you think about using agent's service? My consideration is paying AUD1000 to agent won't hurt much since they can assist me finding jobs. I have another question, do I have to use IELTS? Or TOEFL is allowed? Lastly, about you, are you planning to extend to 2nd year? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi salam kenal juga. Good to hear that. But about the agent, i think its too much if its just to get the visa, but if the agent said will give you a job, its better then. But for me, $1000 is not worth, because anyway we can get visa by ourself and get finding jobs here by ourself as well. But the decision is in your hand mate :)

      just IELTS required now. And no more 2nd year, i wanna go back to Indonesia and develop my own business ;)

      Delete
    2. Turns out the agent fee is more than AUD2500, so expensive! How was your experience searching for job? I heard there were some unlucky backpacker who got scammed from working at farm. How about you? How much did you get paid? Is it hourly basis or not?

      I have another things in mind. In 2014, I lived in Brisbane for 5 months. I spent about AUD 170 a week. Based on this, my target is to earn AUD 800 a week from working at farm. Is it possible? If not, how much can you save each week, net? Thanks for your advice =D

      Delete
  22. Mas, saya udah request di grup WHV Indonesia belom diapprove nih, bantuin dong, wkwk..

    Btw, mas, sejak pertama kali sampai di Oz dan dapat kerjaan pertama itu berapa hari/minggu? Dan berapa duit habis buat survival sebelum dapet kerjaan mas?

    Maaf mas, gatel juga nih penasaran mau nanya hehe, tapi kalo bukunya keluar saya beli pasti, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu urusan adminnya hehe anggota lain gabisa bantu approve soalnya.

      Saya dapet kerjaan sekitar setelah 1 minggu setelah sampai di Australia tapi 2 minggu kerja nganggur lagi 2 minggu sebelum kerja lagi seterusnya. Jadi gak tau pasti habis buat survivalnya berapa hehe tp estimasi saya di australia, 1 minggu at least keluar $200 hehe

      Untuk bukunya, insya bulan September udah mulai buat, ditunggu aja yaa hehehehe

      Delete
  23. Bang, mau nanya kalau kita udah complete semua dapet visa whv segala macemnya dan berangkat ke aussie. Disana pengalaman untuk mencari kerjaan nya mudah ga? langkah awal yg dilakuin buat cari kerjaan nya kemana dan gimana bang.

    sorry bang bnyk nanya, mohon share pengalamannya ya.
    makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tergantung hoki, ada yg cepat dapet job ada yg engga. saya sendiri baru dapet job tetap 3 bulan sesudah di Australia. Langkah awal siapin CV, liat job di internet sama sebar CV. Tapi sepengalaman saya, kalo usaha pasti ada hasil kok bagaimanapun caranya :D

      Delete
  24. Assalamualaikum Bang... permisi.. numpang tanya juga... itu syarat rekening 5000 dollar memang harus segitu ya bang... soalnya bagi saya agak ribet dapatin uang segitu dalam tempo waktu singkat... kalo misalnya saya ada kenalan yang mempertanggung jawabi kita selama tinggal disana itu gimana bang? Apa masih perlu juga ada 5000AUD di rekening.. makasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kondisi seperti itu engga berlaku, syarat $5000 itu mutlak. Kalo memang ada yg mau bantu, bisa pinjam uangnya dulu ditransfer ke rekening kamu. Ntr kalo udah selesa, balikin lagi uangnya. Atau bisa pake rekening orang tua

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. wisata keluar Negeri masih dalam angan-angan belum bisa terealisasikan, pasti menyenangkan bisa travelling menjadi idaman semua orang untuk bisa keluar negeri

    ReplyDelete
  27. assalamualaikum mas farid, mau tanya. untuk nyebar2 cv itu online atau kita kirim lewat pos2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang lewat online kadang langsung ke toko-toko atau farmnya :D

      Delete
  28. Bang mau nanya nih, kalo score IELTS yg di butuhin minimal brp ya?

    Thanks

    ReplyDelete
  29. makasi buat sharing ttg WHV, mau tanya soal wawancara, kata temen ada kiat2 khusus buat jawab interviewnya supaya bsa dpt visanya bner ga sih? klo ada bisa share tips2 nya?
    selain IELTS bisa pake TOEIC ga? thanks

    ReplyDelete
  30. Pengen ikutan sih tp sayang hanya lulusan SMA :-(

    ReplyDelete
  31. Waah keren nih mas, selamat berpetualang mas. Oy mau tnya klo ijazah nya D3 bisa gk ya mas ?

    ReplyDelete
  32. Bang irham untuk persyaratan IELTS jenisnya yg academic ato General training yaa?aq mau nyari IELTS dulu buat persyaratannya

    ReplyDelete