Aug 17, 2015

(WHV) Australia: Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi dari Imigrasi

Dalam artikel sebelumnya sudah saya jelaskan bagaimana langkah awal untuk mendapatkan surat rekomendasi dari Ditjen Imigrasi, yaitu daftar online di website resmi Imigrasi. Setelah daftar online, kita akan diuji kesabaran untuk menunggu jadwal wawancara yang menurut sepengalaman saya sangat-sangat lama! saya menunggu jadwal wawancara ini selama 3 bulan loh, capek adek bang! :))

Jadwal wawancara tersedia di website Imigrasi. Apabila namamu sudah muncul di jadwal wawancara berikutnya sebaiknya persiapkan dokumen-dokumen yang harus dibawa pada saat wawancara di Ditjen Imigrasi. Berikut dokumen-dokumen yang wajib dibawa pada saat wawancara:

  • Form Identitas (download di sini : http://www.imigrasi.go.id/images/FORM.pdf
    )
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP); 
  • Akte Kelahiran;
  • Paspor yang bersangkutan dengan masa berlaku minimal 12 bulan;
  • Ijazah perguruan tinggi minimal Diploma III, atau Surat Keterangan sebagai mahasiswa aktif setidaknya 2 tahun, dilengkapi Kartu Mahasiwa (KTM) dari perguruan tinggi bersangkutan;
  • Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris IELTS* dengan minimal score 4.5 /atau TOEFL* Paper Based Test 450 /atau TOEFL* Computer Based Test 133 /atau TOEFL* Internet Based Test 46  atau  dari lembaga yang berwenang /atau lulusan perguruan tinggi yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Certificate TOEIC TIDAK DITERIMA OLEH PIHAK KEDUTAAN!! Dapet update dari anak-anak WHV lainnya kalo TOEFL ITP sekarang udah ga diterima pihak kedutaan, so lebih baik ambil IELTS untuk jaga-jaga atau certificate lainnya.
  • Surat keterangan / Jaminan Bank atas kepemilikan dana sejumlah AUD $5000 (lima ribu Dollar Australia) atau yang setara; Surat keterangan bisa minta ke Bank untuk dibuatkan Surat Referensi dan mencetak rekening koran selama 3 bulan terakhir.
  • Pas foto terakhir berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar, latar belakang putih.

Catatan:

  1. Seluruh berkas asli dan fotokopi dilampirkan saat wawancara;
  2. Berkas fotokopi dimasukkan dalam map warna biru dengan urutan seperti di atas;
  3. Tidak dipungut biaya selama proses pengeluaran surat rekomendasi;
  4. Sertifikat bahasa Inggris dalam bentuk prediction tidak diterima. Certificate TOEIC dan TOEFL ITP tidak diterima oleh pihak kedutaan. 

Kalo semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, berarti kamu siap untuk melakukan wawacara dan  verifikasi dokumen di Ditjen Imigrasi! :) Untuk wawancara ini semua dilakukan hanya di kantor Ditjen Imigrasi, yang beralamat di Jl.H.R Rasuna Said Kav.X6 No.8 Kuningan, Jakarta. Wawancara biasanya dilakukan di Gedung Ditjen Imigrasi Lantai 12, setelah sampai diruangan absen di petugas imigrasi yang ada disana, jangan sampai telat karena telat 1 menit pun kamu disuruh ulang dari daftar online lagi loh, nyesek!

Nanti kalian akan dipanggil oleh petugas imigrasi untuk melakukan wawancara, jangan nervous ya! pertanyaannya bukan kaya ujian ko cuman lebih ke ngobrol dan memperkenalkan diri aja. Biasanya wawancara dalam bahasa inggris, dan pertanyaannya hanya seputar memperkenalkan diri dan tujuan mengikuti program ini aja. Berikut contoh pertanyaan yang sering di tanyakan oleh pewawancara:


  • Perkenalkan diri sendiri.
  • Kenapa memilih program WHV?
  • Ada sodara atau kenalan disana?
  • Mau ke kota apa?
  • Apa yang bakal kamu lakukan untuk mempromosikan Indonesia? (jarang)

Jawab perlahan dan jelas, tapi tenang english mereka pun biasa aja kok jadi yang engishnya standar seperti saya ga perlu khawatir :) Wawancara paling hanya berjalan sekitar 10-15 menit dan pewawancara pun akan memverifikasi dokumen secara keseluruhan. Setelah beres wawancara, kalian akan diberi kertas sebagai bukti bahwa telah melakukan wawancara.


Tanda terima berkas dan wawancara.
Setelah melakukan wawancara, kalian tinggal menunggu kabar dari Imigrasi. Pihak imigrasi akan mengirimkan surat rekomendasi bagi yang lulus melalui e-mail masing-masing. Rata-rata dari wawancara sampai mendapatkan surat rekomendasi ini adalah selama 2 minggu sampai 1 bulan. Apabila sudah mendapatkan surat rekomendasi artinya kalian lulus dan bisa mengajukan visa WHV ini ke AVAC, kantor perwakilan yang ditunjuk oleh Kedutaan Australia.

Surat Rekomendari dari Ditjen Imigrasi :)
Sesudah mendapatkan surat rekomendasi, kalian bisa mengajukan visa di AVAC, stepnya bisa dibaca (disini).

Travel, Love & Be Happy!
I'am a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! untuk kalian yang mau lebih kenal dengan saya, bisa follow twitter @irhamfaridh atau facebook Irham Faridh. Untuk yang mau melihat koleksi foto perjalanan saya di berbagai penjuru Indonesia dan belahan dunia lain follow Instagram @irhamfaridh. Keep dreaming and travel the world! :)

6 comments:

  1. Jadi inget bagaimana ribetnya nyari surat sakti ini~~ paling nyesek dah nunggu keluarnya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas keluar rasanya seneng gak karuan hati ini bangggg :))

      Delete
  2. keren irham for postingannya:) thks for sharing.

    ReplyDelete
  3. Saya ikutin blog agan dari pas cari2 cara gimana dpt whv, kok kayanya ente gampang bgt ya. Kayanya Ane bakal deg2an pas wawancaranya. Mau ke aussie cari pengalaman baru dan kerja gitu aja jawabnya boleh ya?
    Kalo versi ente waktu itu ditanya apa aja gan?

    Oia jadinya ente pake toefl atau ielts? Kok nilainya 460-470? Toefl ya? Masih boleh ga ya skrg pake toefl

    ReplyDelete
  4. Kak mau nanya Klo PBT masih berlaku kan berarti?Tp do form WHV nya gaada pilihannya,jd gmna tuhh kak?

    ReplyDelete