Aug 26, 2015

Tips Mencari Hotel yang Murah dan Sesuai Selera [Travelio]

(Sumber)
Sebagai seseorang yang mempunyai hobi traveling atau jalan-jalan, pasti selalu mempersiapkan berbagai kebutuhan dan persiapan sebelum melakukan perjalanan. Mulai dari itenerary, dimana kita makan, dimana kita main, dan pastinya adalah mencari penginapan selama liburan. Kadang ada kalanya kita bingung mencari hotel mana yang murah atau memilih hotel mana yang akan dipesan karena saking banyaknya hotel di satu lokasi tersebut, apalagi lokasi tersebut merupakan tempat wisata yang pastinya dipadati oleh berbagai jenis hotel.

Dengan majunya teknologi dan banyaknya fasilitas yang memberikan kemudahan bagi konsumen, sekarang banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencari hotel yang diinginkan, mulai dari cara tradisional sampai cara modern yang kekinian. Bukan hanya sesuai selera bahkan yang murah sekalipun! Nah, kali ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencari hotel yang tepat dan sesuai selera kamu, check this out!

1. Cara Tradisional (Go Show!)

Go Show
Pernah denger kata "go show"? Ya, artinya pesan langsung ditempat. Banyak di kalangan backpacker yang menggunakan cara ini, memang kadang kita bisa dapat penginapan atau hotel yang harganya lebih murah dibanding booking terlebih dahulu. Dengan go show ini juga kita bisa liat dulu bagaimana fisik asli hotel tersebut, kamarnya seperti apa, jadi kita bisa tahu bagaimana hotel itu lebih detail. Tapi cara seperti ini terlalu riskan, apalagi kalo sedang musim high season, bisa bisa kehabisan hotel kan berabe, tapi backpacker sih bisa tidur dimana aja hehehe.

 2. Minta Bantuan Mbah Google

Everything is Google~
Tips kedua adalah minta bantuan Mbah Google. Apa sih yang ga diketahuin Mbah Google? Kalian bisa cari apapun disana, termasuk cari hotel-hotel yang kalian inginkan juga. Misalkan mau cari penginapan murah di Yogyakarta lalu lebih spesifik di daerah malioboro, ketik aja "penginapan murah di Yogyakarta sekitar Malioboro", pasti banyak muncul nama-nama hotel yang direkomendasikan, baik dari website hotel tersebut maupun dari para blogger. Tapi dengan cara ini, pencarian akan membutuhkan waktu yang lama dan belum tentu juga murah, karena bisa aja postingan tersebut postingan beberapa tahun yang lalu dan itupun masih harus cari nomor telefon atau website dari hotel itu untuk booking. Lalu gimana dong yang?

3. Booking Hotel Via Mobile Apps

Masa jaman Iphone udah mau keluarin Iphone 7 terus sinyal udah ada 4G, kalian belum punya smartphone? Sebagian besar traveler pasti punya smartphone dong. Memang smartphone ini sudah menjadi kebutuhan sekunder bagi warga dunia masa kini. Hampir semua urusan seperti menghitung, berkomunikasi, foto, merekam video, kirim e-mail, menulis dokumen, janjian, sampai curhat pun bisa dilakukan via smartphone. Bahkan penggunaan smartphone ini semakin berkembang dengan munculnya aplikasi-aplikasi di perangkat mobile yang dinamakan mobile apps seperti Gojek yang bisa memesan ojek via smartphone dan masih banyak lagi mobileapps lainnya. Mobile apps ini sangat membantu konsumen karena dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan konsumen selama bertransaksi. Dengan mobile apps inilah konsumen dapat bertransaksi dengan operasional yang cepat, efektif dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Salah satu mobile apps kekinian untuk memesan hotel
Nah, trend mobile apps inilah yang bisa digunakan bagi para traveler untuk mencari bahkan bisa sampai memesan hotel sesuai dengan harga dan selera yang diinginkan. Salah satu mobileapps kekinian yang bernama Travelio, kini menghadirkan 2 aplikasi berbasis mobile yang bisa memberikan kemudahan bagi para traveler yang ingin mencari hotel via smartphone, jadi kalian bisa cari hotel yang diinginkan dan memesannya dimanapun, kapanmun, dan ga ribet :D. Lalu kemudahan lainnya yang diberikan oleh Travelio adalah kita bisa menawar hotel yang kita pesan loh! Penasaran ya? Nih! Sebelumnya bisa kunjungi website Travelio dulu di http://www.travelio.com ;)

Aplikasi Travelio

Yang pertama adalah aplikasi "Travelio". Di aplikasi ini kalian bisa mencari hotel yang sesuai dengan harga yang kalian inginkan. Terdapat banyak hotel di seluruh kota-kota besar Indonesia yang bisa dipesan lewat Travelio ini. Tinggal masukan tanggal kalian menginap, kota apa, dan berapa orang ting! muncullah banyak hotel yang tersedia. Kalo mau cari yang murah, sortir dari harga yang termurah. Udah murah, masih bisa ditawar lagi! Nih contohnya pake aplikasi Travelio:
 
Pilih kota dan hotelnya


Tawar harga yang kamu mau!
Ting! Harga berhasil ditawar, dan tinggal dibayar :)
Untuk pembayarannya pun mudah, banyak opsi yang bisa digunakan. Mulai dari credit card, internet banking, sampai transfer via ATM pun bisa. Yang belum punya aplikasinya bisa di download disini nih: http://bit.ly/TravelioApp.


Aplikasi HelloLio

Ini nih aplikasi yang unik! Caranya hampir sama dengan aplikasi Travelio, tapi di HelloLio ini kita akan lebih dimudahkan karena tinggal chat dengan CSnya. Katanya sih, CSnya semuanya cewe, pas lah buat cowo-cowo kesepian butuh temen chat #eh :)) Untuk pakai aplikasi ini mudah banget, tinggal chat dengan CSnya, mau ke kota apa, kisaran harga berapa, nanti CSnya akan memberikan rekomendasi berdasarkan yang kamu minta, abis itu tinggal pilih hotelnya, tawar harganya, booking dan bayar, beres deh!

Tinggal chat aja sama si teteh, bisa nawar juga sama si tetehnya~
 
Nanti kalian bakal dikasih rekomendasi hotelnya, tinggal pilih deh

Untuk pembayaran juga sama seperti Travelio, ada credit card, transfer ATM dan internet banking. Menurut saya aplikasi HelloLio ini mobileapps yang unik dan inovasinya keren, udah bisa nawar terus dilayaninya dengan chat lagi, mungkin aplikasi HelloLio lah yang pertama muncul dengan sistem seperti itu. Yang belum download aplikasinya bisa download disini: http://bit.ly/HelloLioApp.

Download aplikasinya, cobain kemudahan mencari dan memesan hotel via Travelio ini! :D

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world!  Keep dreaming and travel the world! :)
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

11 comments:

  1. Wah sangat membantu nih aplikasinya buat yang hobi traveling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, aman, praktis dan juga bisa ditawar :D

      Delete
  2. Aku pernah nawar di tavelio dan lumayan murah, hotel yg 400 cuman bayar 175 saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa, ini gw lg di Jakarta bang pake travelio, Cuma Rp 57.000 sajah :D

      Delete
  3. Aplikasi nya sangat membantu untuk mencari penginapan dengan harga yang sesuai dengan kantong kita :D
    Saya juga memiliki tulisan serupa mengenai aplikasi pencarian pariwisata, kunjungi balik ya di http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/1272 Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Wah, informasi yang bermanfaat ini, terima kasih atas tipsnya,,
    kebetulan kami juga menyediakan penginapan murah di Kota Batu-Malang, selengkapnya bisa kunjungi bookingvillabatu.com

    ReplyDelete
  5. lebih praktis pesan kamar lewat online ya, perlu di coba nih..

    ReplyDelete
  6. Seringnya sih suka nyari sendiri di google, tapi kalo mepet barulah pake travelio..

    ReplyDelete