Aug 24, 2015

5 Tempat Wisata Alam yang Anti Mainstream di Sekitar Bandung

Main ke Bandung tapi ke situ-situ aja? Lembang lagi? Ciwidey lagi? Mmmm bosen! Ditambah tempat wisata di daerah Lembang dan Ciwidey yang semakin padat sama wisatawan, membuat liburan kita ke wisata alam semakin tidak terasa karena tempat wisata tersebut yang terlalu ramai. Saatnya cari referensi wisata lain di sekitar Bandung, yang gak kalah cantiknya dengan wisata-wisata di Lembang dan Ciwidey. Disini saya berikan 5 tempat wisata yang masih jarang dikunjungi di sekitaran luar Bandung yang bisa ditempuh sekitar 2 jam-an dari Kota Bandung. Yuk disimak!

1. Situ Cisanti

Situ Cisanti (Sumber)
Siapa yang gatau Sungai Citarum? Sungai yang merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat ini ternyata memiliki hulu yang sangat cantik dan eksotis! Ya, namanya Situ Cisanti yang terletak di Pangalengan, 2 jam perjalanan dari Kota Bandung. Selain keindahannya, situ ini memiliki fungsi yang sangat besar bagi masyarakat Jawa Barat dan memiliki sejarah dengan Kerajaan Pasundan. Untuk informasi dan cara menuju Situ Cisanti bisa dilihat (disini).

2. Curug Malela

Curug Malela (Sumber)
Pernah mendengar air terjun Niagara? Ternyata Jawa Barat pun punya miniaturnya loh! Ya, namanya Curug Malela yang terletak di dekat daerah Waduk Saguling. Curug Malela ini memiliki lebar yang luas, karena itulah air terjun ini diberi nama niagara mini di Jawa Barat. Untuk mencapai Curug Malela ini dibutuhkan tenaga dan kesabaran ekstra karena medannya yang penuh tantangan. Air terjun ini bisa dijadikan wisata alam alternatif, karena relatif wisatawan masih jarang yang berkunjung ke air terjun ini. Untuk informasi lainnya tentang Curug Malela bisa dilihat (disini).

3. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung (Sumber)
Kalo kalian pernah tinggal pada tahun 1988, gunung inilah yang membuat Bandung ditutupi oleh abu bermeter-meter karena letusannya. Gunung Galunggung, gunung ini terletak di Tasikmalaya, letaknya 2 jam perjalanan dari Kota Bandung. Gunung ini merupakan salah satu gunung terbesar di Jawa Barat. Di tengah gunung tersebut, terdapat hasil letusan yang menjadi sebuah cekungan dan terdapat kawah, persis seperti Gunung Rinjani. Gunung Galunggung sekarang menjadi tempat wisata yang fasilitasnya sudah lengkap. Tapi untuk mencapai puncak kita butuh perjuangan dulu, karena harus menaiki kurang lebih 300 anak tangga. Untuk informasi lengkapnya bisa dilihat (disini).

Baca Juga:

Taman-Taman Tematik di Kota Bandung Sulapan Ridwan Kamil (Lengkap)

4. Gunung Padang

Gunung Padang (Sumber)
Gunung Padang ini terletak 1,5 jam perjalanan dari Kota Bandung. Letaknya ada di Cianjur. Gunung Padang ini merupakan gunung yang kontroversial, ada yang bilang bahwa gunung ini lebih tua dan lebih besar dibanding Piramida yang ada di Mesir, maka dari itu banyak arkeolog dari Indonesia maupun luar negeri yang meneliti keberadaan Gunung Padang ini. Wilayah yang dibuka untuk wisata hanyalah beberapa, sebenernya lokasi Gunung Padang ini sangat besar, tetapi karena masih diteliti hanya beberapa bagian saja yang dibuka. Di gunung ini terdapat batu-batu yang merupakan peninggalan zaman dahulu, yang keberadaannya masih belum diketahui. Selain itu, pemandangan di sekitar Gunung Padang ini pun bagus dan udaranya pun segar. Menarik bukan?

5. Keliling Cianjur Selatan

Alam Pangalengan
Tahukah kamu? Alam Jawa Barat itu tidak ada habisnya. Gunung, laut, air terjun, danau, sungai, semua ada di Jawa Barat, terutama keindahan alam di bagian selatan Kota Bandung ini. Di selatan Kota Bandung terdapat bentangan alam yang sangat indah, mulai dari kawasan Ciwidey, Cianjur Selatan dan Pangalengan. Saya merekomendasikan untuk memutari daerah selatan itu selama 1 hari, one day tour lah istilahnya. Selama perjalanan kalian bisa melewati berbagai keindahan tanah pasundan mulai dari kebun teh, pegunungan, pantai, dan melewati pegunungan lagi dan bisa mampir di Situ Cileunca dengan jalur Bandung-Ciwidey-Cianjur Selatan(Ranca Buaya)-Pangalengan-Bandung. Untuk informasi lengkapnya bisa dililihat (disini).

Itulah 5 tempat wisata anti mainstream di sekitar Bandung yang wajib kalian kunjungi, karena alam yang masih alami, wisatawan masih sepi, dan cantiknya ga kalah sama wisata-wisata lainnya. Yuk, terus explore alam Indonesia, tapi ingat tetap jaga dan lestarikan alamnya, biar masih bisa dinikmati juga oleh anak cucu kita ya!

Baca Juga:

12 Tempat Wisata Favorit di Bandung dan Sekitarnya

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world!  Keep dreaming and travel the world! :)
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

37 comments:

  1. Hihihi ... itu mah di luar Bandung semua mereun Mas, tapi TOP

    alee | www.alimuakhir.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan judulnya juga di "sekitar" bandung pak hehe thanks :D

      Delete
  2. Replies
    1. Keren dan udaranya sejuk banget loh kak! :)

      Delete
  3. Keren!! coba kupas satu persatu di edisi berikutnya, biar tambah penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu udah ada linknya kang Asep, sila dibaca :D

      Delete
  4. Replies
    1. Tangganya juga ok :") tapi worthed lah pas udah sampai atasnya :)

      Delete
  5. yang sering saya tempuhi yaitu gunung galunggung he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih kuncennya gunung galunggung ya kak? :p

      Delete
  6. Thanks for sharing, bro!

    Saya penasaran sama Cianjur Selatan, kata teman saya ada lembah yang dikelilingi oleh beberapa air terjun, tapi memang lokasinya terpencil dan jalurnya off road pisan. Moga ada kesempatan menjelajah kesana next time! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jalannya off road pisan, mana pake mobil avanza, beuuuhhh mual perut teh :D amin, semoga bisa kesana kapan2!

      Delete
  7. Waahhh..curug Malela. Pengeeen ke sana. Belom ke sampaian,,mengingat track nya yang cukup sulit jadi jarang ada teman yg minat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sendiri aja ntr ditemenin abang ojek kalo jomblo :p

      Delete
  8. Puncak guha pameungpeuk, awas lupa.. Apa belum? Danau biru majalengka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum pernah kesana, ntr dicoba deh :D

      Delete
  9. Curug Malela jangan dipromosiin dong. Ntar tambah rame jadinya ga asik lagi buat bertualang, gyahahaha ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gapapa kok rame, menambah pemasukan negara #asaljanganpungli :D

      Delete
  10. keren banget, apalagi sama curug malelanya, jadi pengen ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib kesanaa kak! Petualangannya juga seru :D

      Delete
  11. Curug malela juara nya :-0
    Btw mmg gunung padang itu deket bandung yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Juara di perjalanannya :D
      Kan "sekitar" bang hehehehe

      Delete
  12. Blognya bagus nuh... rapih, terus tulisannya juga enak di baca. Nggak banyak yang bisa bikin weblog kayak gini. Mas bahas juga tempat wisata di bandung lainnya dong... buat referensi juga nih di http://sebandung.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh #terharu
      Siappp nanti dibahas yg lainnya, skrg masih menjelajah Austalia, sehabis pulang ke Bandung, dikupas habis :D

      Delete
    2. Mas, sekalian share tempat wisata di Australia donk, kan baru menjelajah disana... hehe ditunggu postingan selanjutnya... nice artikel, mksh

      Delete
  13. ih parah lohh, ini belum pernah ada satupun yang gue datengin ahhahaha

    ReplyDelete
  14. Wah aku tinggal di bandung tapi jarang dengar beberapa dari list di atas, lumayan buat referensi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaah masa sih, berarti kurang ngehits kali nih :p bercsnda ehe selamat mencoba!

      Delete
  15. yang no dua itu foto dari camera atau cuma lukisan ya gan :o , keren banget nih tempat nya :D

    Situs Download Film Terbaik Gadgetsia

    ReplyDelete
  16. wuhhhh kece punya keren inih....

    ReplyDelete
  17. curug malela indah banget ya, apalagi kalau di pakai buat foto-foto, tapi tebing keraton juga keren kita bisa melihat pemandangan yang indah dari atas..

    ReplyDelete
  18. memang bener bener anti mainstream dah. ngomong2 kalo cirebon deket sama bandung gak ya..

    ReplyDelete
  19. I want to ask? how to buy a product if I were in Indonesia



    website : Obat Miom

    ReplyDelete