Aug 25, 2015

Pengalaman Belajar di Kampung Inggris Pare Kediri

Suasana belajar di Kampung Inggris (Sumber)
Pernahkan kalian mendengar "Kampung Inggris"?  Yang konon katanya semua warganya itu bisa berbahasa inggris dan berkomunikasi dengan bahasa inggris? Ya, namanya Kampung Inggris, lokasinya terletak di Kampung Pare, sekitar 30 KM jaraknya dari Kota Kediri. Sekitar bulan Februari 2015 saya berkesempatan mencicipi pengalaman belajar ke Kampung Inggris ini. Saya memang membutuhkan kursus yang intens untuk mendapatkan nilai TOEFL yang baik, agar persyaratan mengajukan Visa Work and Holiday (WHV) ke Australia saya memenuhi syarat. Apa itu WHV? Cek (disini). Alhamdulillah visa sudah saya dapatkan, dan September 2015 saya berangkat ke Australia.

Saya merasakan bagaimana kehidupan di Kampung Inggris ini selama 1 bulan (3minggu sih sebenernya, sisanya kabur ke Bandung hehe), mulai dari pembelajarannya, kehidupan sehari-hari di kost/camp, cari makanan, sampai cerita liburan ke tempat-tempat di sekitar kampung ini. Kampung ini memiliki udara yang segar, karena memang jauh dari perkotaan. Cuacanya dingin banget pas pagi, tapi panas banget pas siangnya! Banyak tempat kursus disini yang mulai pembelajarannya dari pagi, pagi banget malah. Saya mulai belajar jam setengah 6 pagi sampai jam 4 sore, botak ga tuh? Tapi apa daya, memang harus usaha kalo mau dapet hasil yang terbaik :)

Dalam bayangan saya, memang semua warganya berbahasa inggris, tapi kenyataannya hanya siswa-siswi yang belajar disinilah yang kebanyakan berkomunikasi bahasa inggris, itupun yang niat, lah saya? pake bahasa sunda weh sama si lylis hahahaha. Minggu pertama saya jalani dengan semangat membara, minggu kedua udah mulai telat masuk, minggu ketiga bolong-bolong, minggu keempat balik weh! :)) Bukan karena apa-apa, mungkin karena faktor jenuh juga mengingat di kost ga ada tv sama sekali, boro-boro internet, sinyal HP aja kadang nyala kadang kaga. Tapi memang pengalaman yang saya dapet disini banyak sekali, dapet temen dari berbagai daerah, skill TOEFL dan bahasa inggris yang lumayan meningkat, rehat sejenak dari kehidupan perkotaan, menghilang dari dunia maya, pokoknya cucok deh yang mau cobain belajar sambil kabur dari kehidupan modern ala kota, yaaa sambil hitung-hitung liburan juga. 

Berikut saya akan memberikan tips dan informasi seputar belajar di Kampung Inggris, mulai dari cara menuju ke kampung inggris sampai wisata-wisata terdekat dari Kampung Inggris :)

Suasana Kampung Pare (Sumber)

Cara Menuju Kampung Inggris Pare

Stasiun Kediri
Untuk menuju kampung inggris di Pare ini, sebenernya termasuk mudah. Banyak akses menuju kampung ini. Kalo dari Jakarta atau Bandung bisa menggunakan kereta tujuan Kediri. Setelah sampai di Stasiun Kediri, kalian bisa menggunakan angkutan umum semacam elf sampai ke jalan raya Pare ini dengan ongkos Rp 15.000.

Kalo dari Surabaya kalian bisa menuju Malang menggunakan kereta. Turun di Kota Malang bisa menggunakan angkot atau bus menuju Pare dengan arah ke Kediri (karena semua angkutan dari Malang, pasti lewat Pare dulu).

Cara Mencari Kost/Camp di Kampung Inggris

Kost/Camp di Kampung Inggris
Untuk mencari camp/kostan di kampung inggris sebenernya susah-susah gampang. Kalo kalian punya budget lebih, biar ga ribet kalian bisa hubungi agen disini, biasanya banyak paket yang sudah termasuk penginapan dan biaya kursus. Tapi bisa juga kalian cari langsung di kampung inggrisnya seperti saya (go show), tapi dengan syarat kalian harus udah sampai di Kampung Inggris sekitar 5 harian sebelum kursus dimulai yang biasanya mulai pada awal bulan dan minggu ke tiga bulan tersebut.

Rata-rata harga camp disini murah, sekitar Rp 600.000 untuk satu kamar, yang bisa diisi 2-4 orang tergantung fasilitas yang didapet. Kalo saya kemarin sewa 1 kamar yg untuk 2 orang, tapi saya sewa untuk sendiri, karena saya orangnya suka menyendiri hehe

Cara Mencari Kursus di Kampung Inggris

Salah satu kursus di Kampung Inggris (Sumber)
Untuk mencari tempat kursus di Kampung Inggris, kita bisa memesannya via online atau langsung ke tempatnya sekitar 4-5 hari sebelum kursus dimulai. Saya sendiri memesan kursus di Elfast via online dan membayarnya via ATM, jadi datang ke Kampung Pare tinggal daftar ulang dan langsung mendapat kelas. Untuk yang langsung cari disana, perlu diketahui kalo tempat kursus disana itu ada 100 lebih kursus. Bingung? Pasti! jadi, kalo bisa sebelum kesana udah tau dulu mana kursus yang recomended, karena setiap kursus beda spesialisnya. Kaya Elfast yang spesialis TOEFL, Global yang spesialis conversation dan public speaking, macem-macem pokonya.

Makanan Sehari-hari di Kampung Inggris

Warung Ketan di Kampung Inggris yang heits! (Sumber)
Untuk cari makanan di kampung inggris mah ga susah, banyak di setiap sudut jalan Brawijaya (jalan besar di Kampung Pare) yang jual makanan dari warteg sampai warung makan. Harga makanan disini murah banget coy! cuman sekitar Rp 5.000-Rp10.000 udah dapet ayam, nasi, tahu, sama es teh manis! Salah satu tempat yang recomended adalah warung ketan, disini tempat gaulnya kampung inggris, makan ketan di pinggir sawah sambil nunggu sunset, mantep lah.

Hiburan dan Tempat Wisata di sekitar Pare

Banyak sekali tempat wisata di sekitar Pare untuk dijelajahi untuk yang suka jalan-jalan. Mulai dari di Parenya sendiri, lalu Kediri, Blitar bahkan Malang dan Surabaya dekat dicapai darisini. Malah saking semangatnya jalan-jalan, setelah sampai Pare saya berkeliling Malang dan Surabaya! Bahahaha berikut list tempat wisata di sekitar Pare:

1. Alun-alun Pare
Alun-alun Pare (Sumber)
Di dekat jalan Brawijaya, terdapat alun-alun Pare. Alun-alun ini sering dipakai masyarakat disana untuk sekedar bermain dan ngadem. Alun-alun ini juga mempunyai tanaman-tanaman yang cantik dan canggihnya ada free wi-fi! Kalo mau cari internet bisa cari disini nih, sekitar 10 menit dari daerah kampung inggris.

2. Simpang Lima Gumul
Simpang Lima Gumul
Simpang Lima Gumul ini merupakan tempat wisata favorit untuk siswa-siswi kampung inggris, karena bentuknya yang unik, megah, dan menyerupai Arc De Triomphe yang ada di Paris. Di taman ini pun, ada free wi-fi loh! tapi lokasinya memang agak jauh dari Jalan Brawijaya. Untuk kesini kalian bisa sewa motor agar lebih flexibel dan tidak cape.

3. Gunung Kelud
Gunung Kelud
Agak jauh dari Pare, kalian bisa mengunjungi Gunung Kelud di daerah perbatasan antara Blitar dan Kediri. Untuk menuju Gunung Kelud ini kalian menyewa motor dan berkendara selama 1 jam dari kampung inggris. Papan petunjuk banyak, jadi gausah khawatir tersesat. Cocok nih yang penasaran dengan kedahsyatan meletusnya Gunung Kelud dulu.

4. Blitar
Makam Presiden Pertama Indonesia: Soekarno
Dekat dari Kediri, ada sebuah kota bernama Blitar. Blitar ini terkenal karena keberadaan makam Soekarno yang merupakan presiden pertama Indonesia. Selain makam Soekarno pun, terdapat rumah Soekarno yang letaknya tidak jauh dari makam itu. Untuk menuju Blitar kalian butuh perjalalanan selama 2 jam menggunakan kendaraan.

5. Batu, Malang
Batu Night Spectacular
Hanya 1 jam perjalanan menggunakan bus umum dari terminal Pare, kalian bisa sampe di Batu, Malang. Batu ini memiliki banyak sekali wisatanya, mulai dari Batu Night Spectacular yang punya lampion cantik pada malam hari sampai Jatim Park dan Museum Angkut yang terkenal itulohhh. Untuk wisata ke Malang bahkan Surabaya bisa dilihat (disini), lengkap sama rute dari Kampung Inggris loh!

Sekian pengalaman, tips, dan informasi mengenai kampung inggris di Pare, Kediri. Kalo ada yang nginep di kos pelangi salam ke bapa dan ibunya :D

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world!  Keep dreaming and travel the world! :)
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

72 comments:

  1. Pengen banget ke kampung inggris ini, tapi sampai sekarang belum kesampaian :D enak yaa, sambil belajar bisa sekalian wisata juga.. apalagi pemandangannya yg kece gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa, walaupun banyaknya sih lebih banyak jalan-jalannya dibanding belajarnya hehehe tapi lumayan lah dapat ilmu disana :D

      Delete
    2. Sudah pernah kesana pas kebetulan kerja di Malang. Tempatnya seru. Suasanya enak. Tapi sayang ak cuma jalan2 aja.

      Well, sekarang kalo tetap mau belajar bahasa Inggris tp sudah kerja dan ga ada waktu bisa cara online loh di britishenglishclass.com belajar via WA/LINE !

      Guru2nya lulusan Sastra Inggris UGM ada juga yang dari kecil udah tinggal di US.

      Bisa milih guru sendiri lagi. Coba ya :-D

      matur nuwun
      chears :-)

      Delete
    3. Enaknya kalo punya waktu dan bisa belajar sambil jalan2. Belajar pasti lebih semangat klo ditempat yang baru.

      Sayang kalo udah kerja atau jadwal kuliah padat ga bisa pergi lama2.

      Mau coba online learning aja ini http://www.britishenglishclass.com/ yang saya tau lembaga yang memfasilitasi kursus bahasa Inggris online dengan guru2 berkualitas. Disana murid bisa pilih guru sendiri

      Ada reviewnya di http://www.emakgaoel.com/2016/04/kursus-bahasa-inggris-online-lewat.html?m=1

      Delete
  2. nice, thnks infonya .. ingin skli pergi k kampung inggriss :(

    ReplyDelete
  3. Sangat penasaran dengan inggris pae ini, seru juga kali ya bisa memperlancar bahasa inggris disana hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yappp, bisa ketemu temen baru, lingkungan baru, dan wisata-wisatanya~ :D

      Delete
  4. Halo Irham

    terimakasih telah berbagi pengalaman tentang Kampung Inggris ;)

    ReplyDelete
  5. gunung kelud kelihatannya bersih ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersih, tp rada serem juga karena masih ada sisa-sisa hasil letusannya yag kemarin

      Delete
  6. saya ada rencana mau ke kampung inggris mas, saya bingung mau pilih lembaga yang mana, boleh minta sarannya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo TOEFL bisa pilih ELFAST kalo convo bisa pilih global/marvelous

      Delete
  7. Apa di sana ada mengajarkan bahasa thailand juga mas?

    ReplyDelete
  8. Mas untuk biaya habis berapa yaa mass?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekitar 1 jutaan bro, include penginapan dll

      Delete
  9. Replies
    1. Murah kok, gak lebih dari 200 ribu per program

      Delete
  10. Pgn bgt bljr bhs inggrs
    Tp kra* buat otak dibwh rata* gmn ya
    Terus apakah setelah kursus dsna pelajar semakin mahir dan ada peningkatan ? Atau trgntug indvidunya ?
    Krn gmnpun jg, pengajar dan lingkungan sgt mmpgruhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tergantung individual, tapi dimana ada kemauan pasti bisa kok, jamin deh :)

      Delete
  11. saya tanggal 10 feb ambil di global english (jl. brawijaya) dan tiba di pare tgl 8, tapi masih cari2 kost dengan kamar mandi dalam (gpp 1 kamar diisi 2-3 orang). mohon refernsinya untuk kost sekitar brawijaya, kalo ada contact personnya jg blh.. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya kos pelangi kalo gasalah, lupa udah 1 tahun yang lalu hehe, coba cari aja langsung disana atau cari referensi di internet. sukses yaaaaa

      Delete
  12. kalo yg satu kamar di sewa sendiri itu berapa ya? hehe saya juga suka menyendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rp 600.000 per bulan. mahal sih tapi yaaa nmanya cari nyaman hehe

      Delete
    2. Kos an yg ini dimana mas ? Jauh tdk dr elfast ? Pesannya lewat mana mas ?

      Delete
  13. mas, sewa satu kamar untuk sendiri kena berapa ya? saya mau daftar, tp masih galau di kosan krn saya suka menyendiri juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rp 600.000 per bulan. tapi dijamin nyaman hehe

      Delete
    2. kos pelangi itu jauh tidak dari elfast mas ?

      Delete
  14. Program toefl tempat les mana yang recomended?

    ReplyDelete
  15. Bang... saya tertarik nih pergi kesana... kalau masalah speaking tu yang terbaik lembaga apa ya?? yang bisa dikatakan mendekati penutur asli gitu...

    ReplyDelete
  16. bang, salam kenal ya..
    setelah saya baca postingan abang, saya jadi tertarik buat sharing sama abang nih, boleh yaaa :D

    bang, saya kan ada rencana mau pergi ke pare nih, ya kemungkinan tahun depan..tapi saya udah mulai cari info tempat kursus dan program yang bagus dari sekarang nih bang. masalahnya saya bingung, semua tempat kursus kalo dr yang saya dapet infonya itu menawarkan program yang keren semua..
    menurut abang tempat kursus dengan program yang bagus dimana ya bang?
    oia, bahasa inggris saya juga level bawah bgt bang, bisanya paling beberapa vocab yang biasa dipake orang aja, makanya saya mau mendalami bahasa inggris semuanya, grammarnya, writingnya, apalagi conversationnnya. mohon bantuan sharingnya ya bang :DDD

    hatur nuhun (n_n)V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duhh kayanya saya gak hafal spesifiknya hehe coba buka website kampunginggris.com

      Delete
  17. Saya tertarik dengan tulisan anda, saya juga punya tulisan yang sejenis untuk menambah kemampuan bahasa ingris, anda dapat mengunjungi di www.language.gunadarma.ac.id/ibt

    ReplyDelete
  18. saya pernah sebulan di kampung inggris language center - lc. seruu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih mantappp. pengalaman yang asik pasti tuhhh ;)

      Delete
  19. gan,ada maksimal umur nya kalo pengen kampung inggris ?

    ReplyDelete
  20. Kok gue ngakak bang bacanya wkwkwk

    ReplyDelete
  21. Halo,
    Kalau untuk intensif IELTS, yang bagus lembaga les apa ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kita gak bisa bahasa inggris ternyata bisa kursus di kampung inggris ya.. thanks infonya..

      Delete
  22. wah jadi pengen juga nih,,tapi jauh sama semarang ya,,,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih deket dr semarang, dibanding dr bandung hehe

      Delete
  23. jadi kangen mau kesana lagi hihihihihi T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha makananya yg murah yg bikin kangen :))

      Delete
  24. Senangnya kalo bisa belajar sambil jalan2. :-D
    Tapi buat yang udah kerja dan ga ada waktu khusus coba ikut kelas kita di britishenglihsclass.com . Km bisa belajar online via WA/LINE dengan guru2 lulusan Univ terkenal.
    Seru pokoknnya..

    thanks ya. Peace.

    ReplyDelete
  25. Mas irham, kata mas tiap tempat yg di fokusin beda beda. adanyg Toefl kaya mas,ada yg speaking,dll. kalo misalnya saya mau ambil TOEFL, speaking, sama grammar sekaligus gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ambil tempat kursus yang berbeda kok asal bisa diatur jadwalnya :)

      Delete
  26. baca tulisan ini jd makin pengen coba kesana. btw saya ada rencana ke kp.inggris bulan desember, saya dari cianjur. kali aja ada yg mau kesana, bareng gitu biar ada temen haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha disana ntar pasti banyak kok temennya

      Delete
  27. berapa bulan di sana mas, dan berapa skor toeflnya pas tes setelah dari kampung inggris ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 minggu wkwkwk skornya pas pasan sih hehe tapi yang penting lulus hehe

      Delete
  28. Dulu pernah niat mau belajar disana. Sempat ke Pare nya juga. Tapi urung karena ga ada temen. hehe. Sayang bangett.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaahhh sayang banget padahal kan temen bisa cari disana

      Delete
  29. Mas Irham makasih buat sharing pengalamananya. Saya kemarin baru muter-muter di kampung inggris, cuma sekedar cari-cari info sama minta brosur disana. Saya juga sempet mampir ke elfast dan memang benar mereka menawarkan program toefl. Sementara kebutuhan saya belum sampe situ. Saya masih butuh belajar dari basic dulu, tetutama speaking heheh.. Makasih sekali lagi. Semoga sukses selalu.. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa coba cari lembaga kursus lain kan ada yang cuma untuk general awal awal :) amin sukses ya :)

      Delete
  30. mas mau tanya kalo mau buat TOEFL sekaligus memperlancar conversation di ELFAST ? atau ELFAST fokus untuk TOEFL?
    terimaksih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ELFAST bisa dicoba :) atau coba global juga

      Delete
  31. Kl ke kampung inggris jangan lupa mampir di lembaga kursus Access-ES di jalan Dahlia no 26.
    Info lengkap dan panduan ke kampung inggris silahkan baca disini: http://www.access-es.id/kampung-inggris/

    Thanks

    ReplyDelete
  32. makasih gan buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  33. mantap mas artikelnya dan salam kenal ya

    ReplyDelete
  34. terimakasih bos tentang infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  35. Kak, waktu daftar di elfast apa ada test dlu syarat utk ikut kursus dsna minimal 480 skor toefl ny?
    Tolong infonya ya kak, saya dpt info ini dr temen saya.

    ReplyDelete