Aug 1, 2015

Panduan Liburan Murah dan Informasi Lengkap Seputar Phuket

Setiap perjalanan ke suatu tempat pasti kita membutuhkan survey terlebih dahulu, karena kalau tidak bisa jadi over budget atau bahkan jadwal bakal berubah dari ittenarary semula (tapi biasanya sih gitu hehe). Untuk meminimalisir itu semua, saya sudah siapkan beberapa tips dan panduan informasi lainnya untuk kamu yang mau liburan ke Phuket, Thailand. Panduan dan tips ini berdasarkan pengalaman saya kemarin berkunjung kesana, ceritanya bisa dilihat disini. Yuk disimak :)

Transportasi dari Phuket International Airport ke Penginapan dan Sebaliknya

Taxi Meter Phuket (Sumber)
Banyak transportasi yang tersedia di Phuket International Airport untuk mengantar wisatawan ke daerah penginapannya masing-masing. Mulai dari van, taxi, sampai bus pun ada. Berikut daftar transportasi dari Phuket International Airport:
  • Airport Bus = 30-40 bath (sampai shuttle)
  • Van              = 800 bath (cuma sampai shuttle)
  • Taxi             = 1200 bath (sampai penginapan)
  • Taxi Meter  = sekitar 800 bath (sampai penginapan)
Sebenarnya harga tersebut belum harga pasti karena mungkin di kenyataannya bisa dapat lebih mahal atau bisa negosiasi bahkan bisa lebih murah. Untuk pilihan terbaik tinggal disesuaikan dengan budget dan selera wisatawan, karena ada yang mau murah dan bela-belain cape atau ada yang mau ga ribet tinggal sampai ke penginapan. Lokasi van dan taxi banyak tersedia di pintu keluar Phuket International Airport, untuk lokasi airport bus dan taxi meter pun saya kurang tahu karena kemarin sudah kelelahan dan malam jadi saya naik taxi dan bisa nego sampai 1100 bath sampai hotel saya menginap di daerah Patong. Kalo mau paling murah memang bisa menggunakan airport bus, tapi nanti dari shuttle kita harus naik tuk-tuk (transportasi lokal) atau taxi lagi untuk menuju ke penginapan.

Penginapan di Phuket

Bayshore Ocean View Hotel
Penginapan di Phuket termasuk lengkap karena semua jenis penginapan ada disini. Mulai dari homestay, hostel, hotel dan bahkan resort pun banyak. Untuk rate harga sebenernya jauh lebih murah dibanding wisata-wisata di Indonesia, disini dengan harga Rp 160.000/malam (harga promo, harga normalnya Rp 250.000) saya bisa mendapatkan hotel bintang 3 seperti gambar diatas, sekali-kali mewah dikit hehehe. Untuk option lainnya bisa sewa homestay yang harganya sekitar 500-600 bath, atau hostel 400-500 bath. Tips untuk mendapatkan penginapan yang murah coba sering liat situs Agoda.com karena saya lihat banyak promo di Phuket, atau kalian bisa langsung cari sendiri homestay disini, rata-rata harganya 500 bath dan lokasinya strategis (ga terlalu jauh dari keramaian).

Transportasi di Phuket

Phuket Motorbike
Untuk masalah transportasi di Phuket tak perlu khawatir, tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing. Ada "tuk-tuk" yang merupakan transportasi lokal sini, biasanya ongkos dari suatu tempat ke tempat lain harganya 30 bath tergantung jarak tempuh. Tapi kekurangannya kalo pake tuk-tuk kita gabisa fleksibel, maka dari itu saya lebih memilih motor. Sewa motor per hari 200 bath dan bensin untuk explore Phuket dalam sehari cukup 60 bath. Dengan sewa motor saya bebas pergi kemana pun yang saya mau karena tidak terpatok jadwal, dengan sewa motor pun kita bisa explore daerah-daerah yang tidak dilewati tuk-tuk.

Makanan dan Jajanan di Phuket

Jajanan pinggir jalan Phuket
Sebenarnya banyak sekali makanan di pinggir jalan seperti di Indonesia, tapi rata-rata ada porknya, untuk yang Muslim pasti jadi kendala. Bisa saja cari yang halal tapi harus cari tau dulu dimana lokasinya atau tanya satu satu penjual "is it pork?". Daripada pusing saya kemarin lebih memilih untuk membeli makanan di Seven Eleven dengan harga 28 bath dengan menu nasi goreng ayam, bahkan saya terus beli menu ini selama beberapa hari hahaha. Tapi saya sempat mencoba makanan di Malin Plaza dengan menu Mie Phuket, harganya 50 bath untuk satu porsi. Dan juga jajan di pinggir jalan Patong dengan harga 10 bath untuk satu tusuk (gambar di atas). Untuk masalah jajanan saya rasa Patong lebih ramai ketimbang Phuket Town, dan juga faktor komunikasi di Patong yang warganya rata-rata bisa berbahasa Inggris ketimbang di Phuket Town.

Tempat Wisata di Phuket

Maya Bay, salah satu wisata favorit di Phuket
Untuk masalah tempat wisata jangan ditanya lagi, Phuket punya banyak sekali tempat wisata di sekeliling pulau ditambah lagi banyak pulau-pulau di sekitarnya. Kalau mau lihat secara keseluruhan kalian bisa cek di phuket.com disana banyak sekali daftar wisata di Phuket ini. Untuk memudahkan kalian yang mau liburan ke Phuket, saya sudah membuat list tempat-tempat wisata mana saja yang wajib dikunjungi! bukan hanya karena menarik tetapi juga wisata dalam list ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis, klik link dibawah ini :)

Paket One Day Tour Phi-Phi Island

Stan Paket Tour di daerah Patong
Dan poin ini yang paling penting, budget ke Phi-Phi Island harus kalian siapkan, sayang sekali udah ke Phuket tapi ga ke Phi-Phi Island. Untuk budget bisa disesuaikan karena rata-rata paket ke Phi-Phi Island ada yang pake big boat dan ada juga yang pake speed boat. Untuk big boat waktu perjalanan sampai ke Phi-Phi Island sekitar dua jam, sedangkan menggunakan speed boat 45 menit. Menggunakan big boat memang lebih murah yaitu sekitar 800-900 bath tetapi jumlah pulau yang didatanginya lebih sedikit dibanding speed boat. Sedangkat harga speed boat rata-rata 1200-1400 bath, tapi saya pernah baca di salah satu grup backpacker di Facebook ada yang pernah dapet 1100 bath, bukan rejekinya kali ya hehe.

Sekian panduan liburan murah dan informasi-informasi seputar Phuket, kalo ada pertanyaan atau saran bisa e-mail saya atau mention me on Twitter hehe.

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

13 comments:

  1. Hi sis aku dengar kata teman mesti naik big boat karena kalo air laut lagi berombak speed boat gk Akan bisa lewat, minta penjelasan yg bnr yg mana . Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo big boat itu gak langsung ke Maya Bay dll. Kalo speed boat itu emang paket dari tournya. Kalo masalah cuaca, mungkin bisa di cancel kalo tidak memungkinkan

      Delete
  2. bisa minta info contact tour phi phi islandnya??

    ReplyDelete
  3. Saya minta email nya fonk.mau tanya tanya
    Saya insyaallah brnagkat dr medan ke bangkok tgl 4 agustus lgsg ke phuket.
    Phuket ke bangkok tgl 6 pesawat siang
    Kemudian semalam di Bangkok

    Mau konsul itinerary perjalanan yg bagus kmn dulu di phuket
    Makasi

    ReplyDelete
  4. kak infoin dapat tiket murahnya dong =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek aja budget airlines banyak kok promo promo gituuuu :D

      Delete
  5. kak, kalau mau liburan bangkok nyambung phuket minimal total berapa hari ya? cukup gak 2 malem di bangkok 2 malem di phuket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup kok tapi jangan ekspetasi bisa berkunjung ke semua tempattt hehe

      Delete
  6. mas bisa bantu untuk number contac nya travel agent nya phi phi island gak ya? thanks

    ReplyDelete