Aug 3, 2015

[TERIOS] Mengenal Budaya, Kuliner dan Keindahan Alam Kalimantan

Sahabat petualang berhasil sampai di Bukit Tomia, Kepulauan Wakatobi (Sumber: Catperku)
Tahun 2014 lalu, Daihatsu Terios melakukan sebuah perjalanan yang berjudul "Terios 7 Wonders Amazing Celebes Heritage" untuk membuktikan ketangguhan Daihatsu Terios si "sahabat petualang" di tanah Sulawesi bersama 6 blogger dan beberapa media nasional. Dengan jarak tempuh hampir 3000 km, perjalanan yang dimulai dari Manado sampai Wakatobi ini, dilewati mulus oleh Daihatsu Terios, karena seperti yang kita tahu Daihatsu Terios ini memiliki spesifikasi yang luar biasa dan cocok digunakan oleh petualang sehingga pantas disebut dengan si "sahabat petualang".


Rute "Borneo Wild Adventure" 2015
Pada tahun 2015 ini, Daihatsu Terios memberikan kesempatan lagi bagi para blogger dan petualang untuk merasakan ketangguhan si "sahabat petualang" ini dengan menjelajahi Kalimantan. Perjalanan yang dinamakan "Borneo Wild Adventure" ini akan melewati beberapa daerah dimulai dari Palangkaraya hingga Maratua, salah satu pulau yang luar biasa indah. Selama perjalanan, rombongan akan melewati berbagai medan dan rintangan bersama Daihatsu Terios, namun bukan hanya diperjalanan saja, rombongan juga akan dibawa ke beberapa daerah untuk mengenal budaya, adat-istiadat, kuliner dan wisata daerah tersebut sehingga perjalanan ini akan menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa. Maka dari itu saya sangat berharap bisa menjadi bagian dari perjalanan "Borneo Wild Adventure" nya Daihatsu Terios kali ini.

Mengenal Lebih Dekat Orang Utan di Nyaru Menteng, Palangkaraya

Orang Utan sedang bermesraan (Sumber: Orang Utan Indonesia)
Rombongan "Borneo Wild Adventure" ini akan mengunjungi Kota Palangkaraya, yang merupakan kota dengan luas wilayah terbesar di Indonesia. Saya sendiri belum pernah mengunjungi Kalimantan sekalipun, sehingga apabila saya bisa menjadi bagian perjalanan ini akan menjadi sebuah pengalaman baru yang luar biasa. Palangkaraya mempunyai tempat reintroduksi atau tempat adaptasi dengan alam liar bagi Orang Utan yang bernama Nyaru Menteng. Tempat ini berjarak 25 km dari pusat Kota Palangkaraya. Disini kita dapat lebih mengenal Orang Utan dengan melihat tingkahnya, lalu juga bisa melihat film tentang Orang Utan sehingga kita bisa lebih mengetahui seluk beluk mengenai Orang Utan.

Menikmati Durian Khas Kruing, Banjarmasin

Durian khas Kruing, Banjarmasin (Sumber: Laurentiadewi)
Karena saya pecinta durian, sayang sekali kalo melewatkan kesempatan untuk mencicipi durian khas Banjarmasin ini. Durian ini sering disebut dengan Durian Lai. Durian Lai ini mempunyai tekstur dan warna yang berbeda dari durian pada umumnya. Durian Lai ini mempunyai kulit yang berwarna putih susu dan dagingnya yang oranye seperti warna butter. Nikmat apalagi yang kamu dustakan kalo bisa mencicipi durian ini saat perjalanan, lebih senang lagi kalo bisa dibawa pulang hehe.

Mengenal Kebudayaan Unik di Danau Panggang, Amuntai

Kerbau Rawa di Danau Panggang (Sumber: Gunarman)
Terdapat salah satu tempat wisata di Kalimantan yang ingin saya kunjungi juga. Di Kalimantan terdapat tempat yang memadukan keindahan alam dan keunikan budayanya, yaitu berlokasi di Amuntai Kalimantan Selatan, lebih tepatnya lagi di Danau Panggang. Di daerah ini terdapat keunikan yaitu kerbau yang biasanya dilepas di sawah untuk membajak sawah, disini kerbau berenang di rawa-rawa. Kerbau ini dilepas untuk mencari eceng gondok yang merupakan makanan sehari-harinya. Selain itu di Danau Panggang juga terdapat perkampungan yang berada di atas rawa, bentuk rumahnya rumah panggung yang setiap rumahnya dihubungi menggunakan kayu.

Menikmati Surga di Pulau Marantua

Sepenggal surga di Maratua (Sumber: Indonesia Travel)
Ah! Pantai, saya selalu suka dengan pantai. Bayangkan dalam 2 minggu kemarin saya mengunjungi lebih dari 5 pantai, yaitu Pantai Tanjung Lesung dan Pantai-pantai di Phuket. Apalagi, Daihatsu Terios bakal bawa rombongan ke Pulau Maratua! Salah satu pulau paling favorit di Kepulauan Derawan. Pulau Maratua ini memiliki laut yang sangat biru dan jernih, selain itu keanekaragaman biota bawah lautnya pun banyak, maka dari itu pulau ini diberi julukan Pulau Surga. Kegiatan yang bisa dilakukan disini yaitu diving atau snorkling, tapi saya ingin mencoba diving karena belum pernah melakukannya penasaran hingga sekarang.

Semoga Daihatsu Terios bisa membawa saya ke beberapa tempat diatas, karena selain menikmati alam Kalimantan, disini pun saya bisa mengenal budaya dan mencicipi kuliner khas dan hal-hal unik lainnya di Kalimantan.

Berpetualang Bersama New Daihatsu Terios Si "Sahabat Petualang"

New Daihatsu Terios 2015 (Sumber)
Selama berpetualang dalam "Borneo Wild Adventure" ini, rombongan akan di temani oleh si "sahabat petualang" yang tangguh, New Daihatsu Terios 2015. Mobil berjenis SUV ini mempunyai tampilan luar yang fresh dan gagah, karena dari sisi eksterior mobil ini terdapat Front Bumper Guard with Skid Plate pada bumper bagian depan sehingga membuat mobil ini tampak tangguh dan maskulin. Selain itu juga mobil ini dilengkapi dengan ukuran ban 215/65 R16 dan desain allow wheel yang modern membuat Daihatsu Terios ini terasa stabil sehingga sangat cocok sekali dipakai untuk perjalanan jarak jauh seperti "Borneo Wild Adventure" ini.

Interior New Daihatsu Terios 2015 (Sumber)

Dari segi interiornya pun, New Daihatsu Terios ini memiliki fitur-fitur canggih sehingga petualang akan merasa nyaman dan terhibur saat perjalanan "Borneo Wild Adventure" nanti. Dalam mobil ini terdapat Audio/Video Double Din with Aux dan USB Connector sehingga petualang bisa menyetel musik atau video dalam New Daihatsu Terios ini dari device yang dimiliki. Selain itu juga New Daihatsu Terios ini memiliki Dual SRS Airbag dan seatbelt khusus anak-anak sehingga keamanan saat perjalanan pun terjamin. Lalu untuk memarkirkan New Daihatsu Terios ini pun mudah kerena sudah dilengkapi dengan kamera mundur.

Test-drive laju New Daihatsu Terios 2015 (Sumber)
Lanjut ke spesifikasi di dapur pacunya, mobil New Daihatsu Terios ini mempunyai dua jenis transmisi, yaitu manual dan otomatis, sehingga untuk petualang yang tidak bisa menggunakan transmisi manual masih bisa tetap merasakan ketangguhan New Daihatsu Terios ini dengan transmisi otomatis. Selain itu juga dalam mesinnya, New Daihatsu Terios ini mempunyai mesin bertipe 3SZ-VE DOHC dengan kapasitas 1495cc dan Teknologi VVT-I sehingga dapat melaju maksimal namun tetap irit BBM. Terdapat juga teknologi tinggi dalam New Daihatsu Terios yaitu Electric Power Steering untuk bermanuver dan juga mempunyai tenaga maksimal 109 PS/6000 rpm yang membuatnya semakin mantap saat dikendarai di jalan yang menanjak. Teknologi tersebut dapat membatu para peserta "Borneo Wild Adventure" dalam melewati berbagai medan dan rintangan, seperti yang diketahui perjalanan ini akan menempuh jarak yang jauh dan tantangan yang berat. Selamat menikmati petualangan bersama New Daihatsu Terios 2015 si "sahabat sang petualang" :)

Travel, Love & Be Happy!
I'am a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! untuk kalian yang mau lebih kenal dengan saya, bisa follow twitter @irhamfaridh atau facebook Irham Faridh. Untuk yang mau melihat koleksi foto perjalanan saya di berbagai penjuru Indonesia dan belahan dunia lain follow Instagram @irhamfaridh. Keep dreaming and travel the world! :)

__________________________________________


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Terios 7-Wonders "Borneo Wild Adventure" yang diadakan oleh Daihatsu Indonesia dan VIVA.CO.ID

Screenshot follow Twitter @DaihatsuInd dan like fanpage Facebook Daihatsu Indonesia
Screenshot follow Twitter @VIVA_log dan like fanpage Facebook VIVAlog
Screenshot Tweet



15 comments:

  1. good luck! semoga bisa jalan bareng nanti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. AAAAAminn bang, semoga bisa jalan bareng di Kalimantan yak! :D

      Delete
  2. Wiii udah publish.. Good luck kak, semoga jodoh bisa jalan bareng sama atas ane juga ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dr kemarin gatel pengen nulis baru kesampean hehehe aminnnnn gudlak juga ya kak semoga menang bareng hehehe

      Delete
  3. Menarik! Dan saya terkesan dengan orang yang menyukai pantai :D

    Semoga beruntung ya Mas, semoga mendapatkan hasil yang terbaik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya berhubung tinggal di gunung, sukanya mainnya di pantai mas :D
      Aminnnn! terima kasih untuk doanya mas :D

      Delete
  4. Eh busyet ... mesra banget tuch monyet ber 2 an hahaha
    Sukses yaaaa, semoga bisa jalan bareng :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas cumi mau mesra2an? hihihi *nih tak kasih monyetnya satu :))
      Aminnnn mas cumm!!! semoga bisa jalan bareng di Kalimantan hehehe

      Delete
  5. salam.

    coba check gambar interior daihatsu terios nya deh mas. itu menggunakan sliding door (pintu geser). saya rasa itu keliru. itu sepertinya gambar interior luxio.

    thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuidiihhh! bener aja hahahaha thanks ya mas masukannya! :D
      udah saya update gambar terbaru hehehe
      sekali lagi terima kasih :D

      Delete
  6. Wah ternyata ikutan juga ya, semoga bisa barengan ya jelajah Kalimantan nanti :)

    ReplyDelete
  7. waah... indah banget ya tempatnya ... apa lagi ada pantai yang biru2 ada kabal boat nya... bagus banget deh ^^

    ReplyDelete