Aug 1, 2015

Jalan-jalan Cantik ke Phuket! (Cerita, Info, Tips & Trik)

Phuket!
Phuket! (Sumber)
22 September 2015, menjadi hari yang luar biasa bagi saya, Lylis dan 2 teman saya lainnya karena pada hari itulah kita bisa menginjakan kaki di Phuket Thailand, tempat yang selama ini kami idam-idamkan! Bahkan sebelumnya saya dan teman saya Freddy memasang foto Maya Bay, salah satu wisata terbaik di Phuket ini menjadi cover di social media, dan menjadi sebuah kenyataan. Kekuatan sebuah mimpi :)

Kami berangkat dari Bandara Soekarno Hatta dan berkumpul sekitar jam 3 sore karena jam 4 sore kita harus sudah boarding. Karena kita cuman pake tas ransel dan gaperlu bagasi, kita langsung masuk ke boarding room, (ingat, petugas bandara di Soekarno Hatta gabakal mengizinkan kita masuk ke boarding room bawa air, so sebelum masuk boarding room minumlah sebanyak-banyaknya hahaha).

Fly!
Pemandangan di udara Jakarta-Phuket
Penerbangan dari Jakarta sampai Phuket membutuhkan waktu 2 jam 50 menit, karena waktu yang lama usahakanlah tidur karena kalo tidak laper terus bawaannya, kalo sanggup sih beli makan yang harganya mulai dari Rp 50.000 satu porsi eh satu kali suap hahaha soalnya nasinya dikit banget. Skip.. skip.. soal makanan, back to the trip. Pesawat landing pukul 7 malam di Phuket International Airport dan tidak ada perbedaan waktu antara Indonesia bagaian barat dan Phuket. Setelah keluar dari pesawat kami menuju bagian keimigrasian Thailand, setelah melewati bagian imigrasi hal yang wajib dilakukan adalah membawa brosur-brosur yang disediakan disana.

Brosur-brosur yang bertebaran di bandara
Banyak brosur-brosur mulai dari brosur hotel, paket tour, paket Simon Cabaret, paket Fanta Sea dan ain-lain. Tapi yang terpenting adalah Phuket Map, karena nanti bisa membantu kita untuk direction ke beberapa tempat-tempat wisata disini. Dijamin bingung karena banyak sekali tempat-tempat wisata di Phuket ini, tapi saya udah bikin beberapa list yang wajib dikunjungi di Phuket, bisa di cek link dibawah ini ;)

10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Phuket Thailand

Setelah keluar dari bandara kalo kalian udah booking tour antar jemput bandara kalian akan disambut oleh papan-papan nama bertebaran disana, buat yang belum jangan sedih *pukpuk kalian bisa cari transportasi disana, banyak sekali pilihannya mulai dari Van, Taxi, Taxi argo meter. Kemarin saya menggunakan Taxi dengan harga 1100 bath, memang harganya mahal, tapi karena udah malam dan udah capek jadi kita ambil yang ada aja. Sebenarnya masih banyak transportasi yang lebih murah seperti taxi argo meter yang katanya hanya 800 bath sampai kawasan patong atau bis airport seharga 100 bath per orang. Perjalanan dari bandara sampai hotel kita menginap yaitu di daerah Patong ternyata cukup jauh, total perjalanan 1,5 jam, plus berhenti dulu di salah satu tour travel ditawari ini itu yang harganya jauh lebih mahal daripada budget yang udah disiapkan. Tips kalo dibawa ke tour travel saat perjalanan dari bandara, tolak aja karena harganya gak masuk akal hehe. Setelah sampai hotel, kami pun langsung istirahat dan bersiap untuk perjalanan keesokan harinya yeay!

Rp 150.000/malam dapet hotel bintang 3 kaya gini! :)) (Bayshore Ocean View Hotel)

Day 1 - Wat Chalong, Big Buddha, Karon Beach, Promthep Cape

Keesokan harinya kita bersiap-siap mengelilingi Phuket barat yaitu dari Patong sampai Phuket Selatan yaitu Promthep Cape untuk sunsetan :) selama perjalanan disini kita menggunakan motor, karena selain lebih fleksibel, kita bebas mau kemanapun sesuka kita, harganya pun ga terlalu mahal yaitu sekitar 200 bath untuk 1 hari. Kami menyewa motor di hotel langsung karena disini kalo nyewa motor jaminannya paspor dan lebih aman kalo paspor itu ditahannya di hotel, hati pun tenang liburannya pun senang hehe

Ready to explore Phuket :D
Spot pertama yang kita kunjungi yaitu Wat Chalong. Wat Chalong ini merupakan kuil paling bersejarah dan paling nge-heits se Phuket raya. Selain itu, bangunan-bangunan disini sangat megah dengan warna dominan keemasan. Tapi ingat, karena ini merupakan tempat ibadah kita tetap harus berlaku sopan dan tidak mengganggu mereka beribadah, keep respect each other ;)

Wat Chalong
Wat Chalong
Enaknya wisata-wisata disini yaitu, parkir gratis! Jadi, mau parkir dimanapun enak ga ditagihin pak Ogah hehe yap, untuk masuk ke Wat Chalong ini tidak dipungut biaya alias gratisss, parkir pun gratisss. Setelah puas mengelilingi Wat Chalong kita menuju Big Buddha yang letaknya tidak jauh dari Wat Chalong. Patung Big Buddha ini udah keliatan kok dari Wat Chalong tinggal ikuti petunjuk arah.

Jalan menuju Big Buddha ini berkelok-kelok dan menanjak. Hati-hati karena banyak kendaraan tour atau mobil yang lewat sana, harus menyesuaikan dengan kebiasaan orang Thailand karena mereka ngebut tapi gapernah pake klakson, gak kaya orang Indonesia yang dikit-dikit aja tet..! tot..! hehe jadi harus sadar sendiri aja kalo disini.

Setelah sampai kawasan Big Buddha lagi-lagi parkir motor gratis dan tidak dipungut biaya untuk masuk ke kawasan ini. Semula melihat patung ini dari kejauhan tidak terlalu istimewa, ternyata setelah sampai disana patung Big Buddha ini besar banget! megahnyaaa!

Big Buddha
Big Buddha yang megah
Sayangnya, saat kesana kawasan Big Buddha ini sedang direnovasi jadi banyak debu dan banyak konstruksi sehingga kurang nyaman. Selain patungnya yang besar ini, Big Buddha pun punya pemandangan sekitar yang luar biasa indahnya! Kita bisa melihat lautan luas disini, mungkin sekitar garis pantai dari Kata Beach sampai Patong Beach bisa terlihat dari sini.

Big Buddha View Point
Big Buddha View Point
Setelah puas menikmati kemegahan Big Buddha dan keindahan pemandangan sekitar sembari gosip-gosip cantik disini, kita menuju Karon Beach yang terletak tidak jauh dari Big Buddha, hanya sekitar 15 menit perjalanan. Sampai di Karon Beach, ternyata tidak seperti yang saya pikirkan, pantai ini sejuk karena banyak pepohonan, lalu tidak terlalu padat, dan banyak pemandangannya indah! (banyak bule-bule lagi tanning) *eh

Liat lautnya hey! Fokus fokus :))
Tapi memang bener kok pemandangannya bagus, pantainya bersih, pasirnya halus, lautnya jernih, enak untuk diceburi ;) banyak terdapat kios istilahnya kalo di Indonesia yang menyediakan tempat duduk disini, modal 40 bath beli es kelapa bisa ngadem sambil menikmati pantai disini, atau harus bayar 300 bath untuk sewa tempat duduk, atau bahkan bisa gratis kalo memang bawa mattres sendiri atau selendang aja digelar. Saya dan Freddy pun nyemplung ke laut tanpa basa-basi, byuurrr segarnya!

*abaikan mukanya
Beres berenang di laut kita mandi di sekitar pantai, bayar 20 bath udah dapet sabun didalamnya. Setelah itu kita langsung berangkat menuju Promthep Cape yang jaraknya 15 km lagi dari Karon Beach. Tapi di tengah perjalanan kita melewati Karon View Point, pemandangannya cantik, jadi kita mampir dulu kesini.

Karon View Point
Pemandangan dari Karon View Point
Berleyeh-leyeh dulu sebentar disana, kita langsung melanjutkan perjalanan menuju Promthep Cape. Sampai disana ternyata cukup ramai, banyak bus-bus dan mobil travel disini, mungkin karena memang Promthep Cape ini tempat favorit di Phuket. Yang saya heran adalah ketika sampai disana, saya heran kenapa matahari masih ada di atas, bahkan setelah liat jam sekarang udah jam 7 coy. Setelah tanya sana-sini ternyata sunset disini itu pukul setengah 8 waow amajing.

Promthep Cape
Pre-sunset di Promthep Cape
Karena makin lama makin banyak orang, malesss, jadi kita memutuskan pulang ke hotel untuk mandi dan malamnya keluar untuk cari makan. Untuk cari makan di Phuket susah-susah gampang untuk muslim karena kebanyakan disini masakannya pork dan kalo di restoran gitu mahal, jadi selama di Phuket saya makan di Seven Eleven, 25 bath udah dapet nasi, kenyang, murah meriah :))

Makanan sehari-hari di Phuket :')
Karena saya orangnya penasaran sama makanan khas lokal, kita coba cari tempat makan di sekitar Patong yang menjual makanan-makanan lokal khas sini, banyak sekali jajanan dan makanan khas Phuket di Malin Plaza yang terletak dekat dengan hotel kita menginap. Selain makanan dan jajanan pun disini banyak barang-barang yang bisa dijadikan oleh-oleh. Makanan disini ratenya sekitar 50 bath untuk 1 porsi tanpa nasi.

Malin Plaza
Malin Plaza
Oiya, sebelum ke Malin Plaza kita sebenernya muter-muter dulu cari paket tour untuk ke Phi-Phi Island pada hari ke empatnya. Ceritanya nyambung di part ke 2 ya kaka-kaka sila lanjut membaca link di bawah ini :)

Jalan-jalan Cantik ke Phuket! Part 2 (Cerita, Info, Tips & Trik)

Untuk kaka-kaka yang mau langsung baca panduan liburan murah dan mengasyikan di Phuket dan informasi lengkap seputar Phuket bisa langsung klik di bawah ini.

Panduan Liburan Murah dan Informasi Lengkap Seputar Phuket

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

34 comments:

  1. Hotelnya murah banget cuma 150ribu, itu booking online atau langsung datang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dapat harga diskon dari AGODA :)

      Delete
  2. Boleh mintaa info hotelnyaa? murah banget untuk model hotel kaya gitu. Jadi pengen ke phuket juga, ke thailand baru ke bangkok aja :(

    VONNYDU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya Bayshore Ocean View Hotel, Coba cari di AGODA siapa tau masih promo :D

      Delete
  3. itu foto yang pertama bening banget mas. Dan itu... harga hotelnya.. di lombok aja susah dapat harga segitu :D bayar duluan atau pas tiba disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayar duluan, pesen di Agoda, suka banyak hotel-hotel promo. Harganya hampir sama kaya hostel hihihihi

      Delete
  4. aku bellum pernah ke Phuket :) tapi kayaknya seruu yahh
    aerial view dari Big Buddhanya juga kecee bangett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seu banget! suatu saat harus kesini nih, semoga bisa bisa ke Phuket ya :)

      Delete
  5. Oktober kmrn hbs jalan2 ke Phuket.dr bandara naik mini bus 180bath sdh smp patong,waktu naik mini bus memang du mampirkan ke salah satu agen travel,berkat baca post ini sy ikuti petunjuknya,jgn beli di travel walaupun ada wanita pake jilbab agak memaksa nawarkan hotel. Sy nginap di White hotel persis didepan gang Bangla street. Phuket memang keren utk dikunjungi.

    ReplyDelete
  6. ada direct flight ga dari jakarta ke phuket?

    ReplyDelete
  7. ada direct flight ga dari jakarta ke phuket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu ada, tapi sekarang udah ga ada harus transit dulu di Kuala Lumpur atau Singapura

      Delete
  8. Bali adalah salah satu tempat liburan terbaik di dunia. Bali menawarkan nilai luar biasa untuk dalam pelayan hotel, restoran, vila pribadi, spa. Wisata Alam dan Situs sejarah.
    Kami Menyediakan Rental Mobil Murah dengan Sopir Terbaik di Bali
    www.baliautocarrental.com
    www.balicarrentalcheap.com
    www.baliasiarentcar.com
    www.balirentalcaranddriver.com
    www.balicharterbus.com

    ReplyDelete
  9. keren gan artikelnya pengen tahu berapa sih total buat bisa trip ke Phuket dan Phi Phi Island..
    soalnya mau nabung dulu nih
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 1 jutaan bisa hepi-hepi, ayoo menabung :D

      Delete
  10. Mending ke pukhet atau bangkok ya yg lbh menarik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai selera kak, kalo wisata belanja ya bangkok, kalo alam jelas Phuket :)

      Delete
  11. seru banget liatnya dan lebih seru pake motor kelilingnya.. ga nyasar? desember ini kami juga mo ke sana, apakah dengan motor ga bikin bingung nyari jalannya? mohon jurusnya hahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabakal kok, banyak petunjuk arahhh. dan ada google maps sekarang :D

      Delete
  12. Mas mau nanya, kalo disana biar internet hp kita aktif gimana ya?
    Komunikasi pake bahasa apa?
    Amankah? Apa banyak penipuan atau kriminal? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa beli SIM card Thailand di bandara.
      Bahasa inggris dan berdoa aja pasti aman kok :)

      Delete
  13. halo mau tanya itu naik motor disana SIM-nya gimana ya? apa aman razia? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIM Indonesia berlaku kok disana, kalo di razia atau ditilang jelasin aja data-data di SIMnya :)

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Aku sebulan yg lalu backpacking ke thailand dengan budget minim selama 7 hari hehe terus buat vlog gitu. Minggo diliat https://www.youtube.com/watch?v=huo4Nb8BFQI subscribe buat liat episode berikutnya :)

    ReplyDelete
  16. mau nanya, di phuket kalo mau keliling2 hrs pake teavel di sana ya sewa mobil? trs kalo dr phuket ke phi phi dan maya island dekat ga? soalnya saya blm pernah keluar negri dan berencana mau ke sana bln dpn, thanks for sharing😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sewa motor bakal lebih murah :D maya island itu di phiphi islands mba :D

      Delete
  17. terimakasih mas buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  18. mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    ReplyDelete
  19. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete