Aug 1, 2015

Jalan-jalan Cantik ke Phuket! Part 2 (Cerita, Info, Tips & Trik)

Pada malam hari pertama sebelum menuju Malin Plaza, kita mencari paket tour ke Phi-Phi Island dulu di sekitar Patong. Untuk urusan harga bermacam-macam, tapi rata-rata mereka memberikan harga sama yaitu 1500 bath, setelah menawar beberapa stan, akhirnya kami mendapatkan harga 1250 bath per orangnya sudah include makan, alat-alat snorkling, soft drink, dan kapal speed boat bukan big boat. Cuma stan ini saja yang berani kasih harga segitu, yang lain mentok di 1300. Orangnya namanya P.K dia orang keturunan India, lokasinya ada di sebrang hotel Sleep With Me.

Banyak stan-stan seperti ini yang menawarkan paket one day tour
Yang belum membaca part 1 nya bisa dibaca dulu dari link dibawah ini :)

Day 2 - Phuket Town, Bangla Road

Keesokan harinya kita berniat untuk jalan-jalan cantik di sekitar Phuket Town, masuk keluar mall, dan cari barang untuk dijadikan oleh-oleh. Sebelum ke Phuket Town kita mampir dulu mall terbesar di Patong yaitu Jungceylon Mall, gak ada yang bisa diceritakan karena dasarnya gasuka mall hehehe tapi Jungceylon ini punya arsitektur yang menarik, ada arsitektur berbentuk kapal di dalam mall ini.


Habis dari Jungceylon kita menuju Phuket Town yang berjarak sekitar 30 km dari Patong, perjalanannya sendiri yaitu selama setengah jam. Semakin masuk ke Phuket Town, mata semakin kabur! bukan karena mata kita yang bermasalah, tetapi tulisan-tulisan disana yang semakin sedikit tulisan alfabetnya.

Di perjalanan kami menemukan sebuah tempat makan yang menu utamanya yaitu Mango Sticky Rice, katanya belum ke Thailand kalo belum ngerasain menu ini hehe. Harganya 100 bath untuk 1 porsi, tapi lumayan enak walaupun gak mengenyangkan.

Di Phuket Town kita hanya keliling-keliling sekitar Old Phuket Town dan Phuket Shopping Centre saja karena ternyata kita kira harga disini lebih murah dibanding di Patong tetapi sama aja. Rencana kita ubah untuk belanja oleh-oleh keesokan harinya di Weekend Phuket Market tidak jauh dari Phuket Town dan hanya ada di weekend saja, katanya banyak barang-barang murah untuk dijadikan oleh-oleh disini.

Phuket Shopping Centre
Karena tidak ada lagi yang dicari kita balik lagi ke Patong, dan sempat isi bensin dulu di salah satu SPBU di Phuket Town. Oiya, masalah isi bensin disini mending kita beli di SPBU yang besar karena punya rate yang murah hanya sekitar 25 bath untuk 1 liternya. Kalo di eceran itu 30 bath hanya untuk setengah liter jauh banget bedanya.

Salah satu SPBUnya Thailand
Setelah sampai di Patong kita menuju ke Patong Beach untuk menikmati sunsetnya. Patong Beach ini mirip dengan Pantai Kuta, pantainya yang lebar dan disebrang pantainya terdapat banyak cafe-cafe. Dan hal yang bikin nyaman lagi yaitu parkirnya gratis hehe jadi mau dimana pun, belok sana-sini, tanpa dipungut biaya sepeser pun ;)

Patong Beach
Patong Beach
Setelah sunset time habis kita menuju Bangla Road yang terkenal dengan dunia malam dan lady boynya. Bangla Road ini terdapat di tengah-tengah kawasan Patong Beach, mirip dengan Legian lah kalo di Bali. Bangla Road ini memang lokasi yang tidak bisa dimasuki kendaraan, jadi bisa di parkir di bagian barat di Patong Beach atau di bagian timurnya. Selama memutari Bangla Road ini akan banyak yang menawari A-Go-Go atau Sexy Show (dalam hati ngomong ntar sexy shownya jangan-jangan lady boy lagi hahaha) lalu banyak pertunjukan atau permainan-permainan di pinggir jalan yang tentunya menghibur. Untuk kalian yang masih kecil atau bawa anak kecil Bangla Road ini tidak direkomendasikan yaaaaa :D

Bangla Road
Gerbang Bangla Road
Cuma 200 bath loh~
Banyak permainan seperti bioskop 4D, virtual games, lalu bisa juga foto dengan lady boy disini hahaha tapi serem juga cuy, badannya gede-gede :)) setelah puas di Bangla Road kita kembali ke hotel untuk beristirahat dan bersiap-siap untuk keesokan harinya karena kita bakal ke Phi-Phi Island!

Day 3 - Phi-Phi Island, Phuket Weekend Market

Karena kita tipe orang gabisa bangun pagi, maklum mantan mahasiswa yang masih penggangguran :)) kita ambil paket yang mulai dari jam 9 pagi. Jam 9 pagi itu kita dijemput oleh travel dan diantar ke dermaga. Di dermaga kita di briefing dulu oleh tour guide dan langsung menuju kapal. 1 kapal speed boat isinya bisa 20 orang, di dalamnya terdapat banyak orang dari seluruh penjuru dunia, ada yang dari Eropa, ada yang dari China, ada orang Australia, ada juga orang Indonesia.

Teman 1 kapal lainnya :)
Tujuan pertama di tour ini yaitu Pileh Lagoon, tak ada yang bisa dilakukan disini selain hanya sight seeing dan mengabadikannya dengan kamera. Airnya sungguh jernih, tenang, dan dipinggirnya terdapat batu yang tinggi semacam di Raja Ampat, waaaaoooowww.

Pileh Lagoon
Pileh Lagoon
Setelah kapal mengelilingi semua sudut Pileh Lagoon kapal menuju ke Maya Bay, lokasinya tidak jauh dari Pileh Lagoon ini hanya sekitar 5 menit sudah sampai Maya Bay. Di Maya Bay ini banyak sekali turis, tidak seperti filmnya Leonardo DiCaprio yang mungkin saat itu Maya Bay masih belum terkenal. Di Maya Bay ini kita diberi waktu 35 menit untuk menikmati Maya Bay, ada yang hanya foto-foto, ada yang berenang, ada yang tiduran. Kalo saya belum sah kalo belum diceburin! ;)

Maya Bay!
Maya Bay!
One of our bucket list accepted! :)
Nyebur dulu, airnya jernih pisan euy!
Setelah puas bermain di Maya Bay, kita kembali ke kapal dan minum soft drink ah segarnya! Sambil menunggu peserta yang lain kita berbicara dengan tour guide kapal kita, bahasa inggrisnya lancar, seru, dan kocak. Setelah peserta lengkap kapal berangkat dari Maya Bay menuju Loh Somah Bay untuk snorkling. Alat snorkling sudah disediakan di kapal dan setelah sampai di lokasi semua peserta pun langsung nyebur ke air. Wuidih ikannya banyak sekali bung, tetapi karangnya biasa aja masih cantikan Indonesia hehe

Ikan ikan saat snorkling
Setelah puas snorkling, perut keroncongan kita pun dibawa ke suatu pulau untuk makan siang. Mau ambil apa aja bebassss! Emang akal orang Indonesia kalo ada gratisan langsung semangat (padahal kan bayar juga ini), semua lauk diambil nasi setumpuk bwahhh pokonya kenyang!

Makan siang yuhuuuu
Makan siang diberi waktu satu setengah jam, setelah makan kita bisa bermain lagi di pinggir pantai atau tidur di kursi pinggir pantai tapi bayar, atau tidur aja di pasir gratisan bawah pohon tiduran :) Pantai di depan tempat makan siang kami pun jernih pake banget, pasirnya halus, tapi karena saat itu sedang panas banget jadi mengurungkan niat untuk nyebur karena baru selesai makan juga.

Pantai sekitar tempat makan siang
Satu setengah jam pun tak terasa, semua peserta masuk lagi ke dalam kapal, dan kapal pun berangkat menuju Monkey Beach. Di Monkey Beach ini kita hanya melihat sekumpulan monyet-monyet yang ada di pinggir pantai, disini pun kita hanya sebentar hanya sekitar 15 menit lalu berangkat lagi.

Mau monyet atau mba'e sebelah kirinya *eh :))
Tak lama pun para peserta disuruh kembali masuk kapal dan langsung menuju spot terakhir yaitu Phi-Phi Leh. Di Phi-Phi Leh ini kita diberi waktu 2 jam untuk snorkling, main dipantai, minum jus atau beer di bar, atau tiduran di kursi pinggir pantai. Untuk duduk di pinggir pantai kita bayar 150 bath untuk 2 kursi lumayan untuk simpen barang dan leyeh-leyeh. Kita pun menghabiskan waktu disana untuk snorkling, dan disinilah tempat bersejarah Lylis untuk pertama kalinya Snorkling, setelah bertahun-tahun ngomong anti air, ehhh udah snorkling malah ketagihan hihi

Phi-Phi Leh
Peserta dipanggil setelah 2 jam berlalu, kita pun masuk kepal untuk kembali ke Phuket. Perjalanan dari Phi-Phi Leh menuju dermaga di Phuket yaitu selama 1 jam. Semua peserta tertidur di perjalanan, dan tanpa sadar udah nyampe aja di dermaga. Setelah sampai di dermaga kita pun berpisah dan diantar kembali ke hotel oleh travel. Nice trip dude!

Setelah beres mandi dan makan kita kembali lagi ke Phuket Town untuk berbelanja oleh-oleh di Phuket Weekend Market. Ternyata Phuket Weekend Market ini kaya pasar kagetnya kalo di Indonesia. Banyak barang-barang bagus disini dan harganya pun murah meriah. Ada celana pendek harga cuma 50 bath, kaos 70 bath, dan makanan oleh-oleh disini 50-100 bath. Tempat ini direkomendasikan nih buat belanja atau buat oleh-oleh, tapi ingat bukanya cuman weekend aja.

Weekend Phuket Market
Puas berbelanja, kita pun langsung balik ke hotel untuk persiapan pulang besoknya huhu. Untuk persiapan besoknya kami pesan taxi dulu untuk dijemput pukul 12 siang di hotel, harganya 700 bath sampai bandara udah termasuk airport charge.

Last Day - Back to Indonesia

Jam 12 siang pun supir taxi sudah menjemput kita di hotel, kita pun langsung bergegas menuju taxi setelah check out dari hotel. Seperti yang kita tahu perjalanan menuju bandara yaitu selama satu setengah jam perjalanan. Sampai di bandara kita langsung masuk ke boarding room dan ngebangke sampe jam 7 malam. Pesawat pun berangkat jam 7.30 dari Phuket dan sampai di Bandara Soekarno Hatta jam 10, saya dan Freddy pun langsung menggunakan Prima Jasa menuju Bandung. See u next trip my friends!

Buat kaka-kaka yang bingung karena terlalu banyak tempat wisata di Phuket bisa baca link di bawah ini, rekomendasi dari irhamfaridh.com yuk disimak :)

10 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Phuket

Untuk panduan liburan murah dan menyenangkan di Phuket dan informasi-informasi lengkap seputar Phuket bisa klik link dibawah ini ya kaka-kaka, banyak juga informasi mengenai tempat wisata dan informasi lainnya di Phuket :)

Panduan Liburan Murah dan Informasi Lengkap Seputar Phuket

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

9 comments:

  1. kalo untuk beli one day tour yang ke phiphi itu sampe malem banget ga dia jualan di stan? soalnya saya cuma 3 hari 2 malam dan arrived di phuket sekitar jam 19:10 bisa bisa sampe hotel kurang lebih jam 21:00 kali ya? dapet ga ya kalo nyari yg jual malem?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka rata-rata tutup jam 21.00, tapi bisa cari online juga banyak kok mas

      Delete
  2. Kmrn sy di hotel booking kena 1400bath. Ikut Tour Absolute.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di hotel pasti lebih mahal, karena hotel pasti ambil untung juga

      Delete
  3. Kalo booking phiphi online boleh minta linknya? Lalu kalo dri patong ke big budha berapa jam mas naik motor? Heehe
    Btw Thanks ya mas udh mau cerita ttg phuket. Ngebantu bgt buat bikin itinerary.

    ReplyDelete
  4. Hello Mas Irham salam kenaaal,
    Mas mau tanya lokasi phuket weekend market di mana yah
    Thank you

    ReplyDelete
  5. Hello Mas Irham salam kenaaal,
    Mas mau tanya lokasi phuket weekend market di mana yah
    Thank you

    ReplyDelete
  6. hello kak.. boleh ga sih dibikinin rekap biaya nyaa .. makasihh

    ReplyDelete