Aug 2, 2015

Inilah 5 Tempat Wisata Alam di Jakarta

Siapa yang gatau Jakarta? Kota ini merupakan ibu kota dari negeri kita tercinta, Indonesia. Kota ini termasuk kota terbesar di Indonesia dan memiliki jumlah penduduk yang sangat luar biasa banyak. Hampir semua orang di Indonesia mencari ladang pekerjaan kesini, bayangkan betapa sesaknya Jakarta. Karena pertumbuhan penduduknya yang tinggi, pembangunan infrastruktur di Jakarta pun meningkat drastis, sehingga ruang terbuka pun sulit didapatkan. Berangkat dari situlah saya mencoba memberikan list-list tempat wisata alam di Jakarta yang bisa dijadikan tempat refreshing atau kabur sejenak dari ramainya kota metropolitan. Jakarta bukan cuma mall aja loh, yuk disimak :)

1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu (Sumber)
Walaupun pulau ini bernama Kepulauan Seribu, faktanya kepulauan ini hanya mempunyai 110 pulau saja. Banyak pulau-pulau favorit yang dijadikan rekreasi oleh wisatawan-wisatawan yang berkunjung seperti Pulau Tidung dan Pulau Pari. Untuk menuju ke beberapa pulau tersebut banyak tour travel yang menawarkan paket liburan selama beberapa hari disana, atau kalau mau lebih hemat lagi bisa berangkat sendiri menggunakan kapal dari Muara Angke.

2. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Wisata Mangrove Jakarta (Sumber)
Taman Wisata Alam ini terletak di Jakarta Utara, di daerah Pantai Indah Kapuk. Terdapat banyak fasilitas mulai dari penginapan, rekreasi air, hutan mangrove dan pantai di kawasan tersebut. Harga tiket masuk ke kawasan ini yaitu Rp 25.000/orang tetapi sebanding dengan fasilitas yang didapatkan.

3. Taman Suropati

Taman Suropati (Sumber)

Taman Suropati ini terletak di daerah Menteng, berada tepat di pertemuan tiga jalan utama yaitu Jl. Teuku Umar, Jl. Dipenogoro, dan Jl. Imam Bonjol. Di taman ini terdapat banyak pohon-pohon rindang sehingga cocok untuk menghilangkan rasa penat dan refreshing.

4. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan (Sumber)
Kebun Binatang Ragunan pun bisa masuk dalam listmu untuk berwisata di Jakarta loh. Di kebun binatang ini kita bisa melihat berbagai macam binatang yang dilindungi, selain itu juga suasana di dalam kebun binatang ini sejuk karena banyak pohon-pohon tinggi yang rimbun.

5. Setu Babakan

Satu Babakan (Sumber)
Setu Babakan ini merupakan kawasaran cagar wisata budaya di daerah Jakarta Selatan dekat Depok. Tempat ini merupakan kawasan cagar Budaya Betawi, yang isinya terdapat bangunan-bangunan dan peninggalan-peninggalan budaya Betawi. Selain itu juga kawasan ini mempunyai sebuah danau yang bisa digunakan sebagai rekreasi.

Itulah 5 tempat wisata alam di Jakarta yang bisa kamu datangi ketika berkunjung ke Jakarta, atau bahkan bagi orang Jakarta yang butuh liburan, gak perlu jauh-jauh karena di Jakarta pun ada tempat wisata yang bisa didatangi kok :)

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

32 comments:

  1. Pulau Seribu itu keren banget, tapi belom pernah ke jakarta :D

    ReplyDelete
  2. nah ini, yang bikin kesel.. lagi2 saya telat tahunya klo di jakarta, ada setu yang keren kayak gitu. padahal dulu 5 tahun di jakarta hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe mungkin dulu belum direaisasikan, tapi kalo balik ke Jakarta wajib kesana mas :)

      Delete
  3. Masih banyak juga yang lain seperti kota tua, museum2 dan monas sebenarnya seru juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul, cuma disini saya kasih list tempat wisata yang ke alam mba :) thanks masukannya hehe

      Delete
  4. Ragunan, kapuk dan situ babakan blm pernah nich ... kapan aku diajak kesana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapuk sih paling keren hehehe ntr kalo berjumpa ya mas cum! :D

      Delete
  5. Sebagai ibukota, Jakarta sebenarnya sudah memiliki segalanya. Wisata arsitektur, heritage, kuliner, gaya hidup, budaya, bahkan alam. Kalau saja dipromosikan dan memiliki infrastruktur yang lebih baik, ibukota-ibukota negara tetangga bakal kalah deh. Tapi, yah, our infrastructure sucks. Padahal Situ Babakan-nya bagus banget. Kayaknya masih cukup bersih ya. Terus, anu, masih ada Hutan Srengseng di Jakarta Barat.

    Salam kenal ya, mas! Keep traveling, keep learning.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum pernah tuh ke Hutan Srengseng, next time deh dicoba :D thanks suggestionnya mas nugi! kalo ada acara lain lagi, siapa tau bisa meet up lagi hehehe see you!

      Delete
    2. Hutan kota srengseng juga lumayan bagus kok kak
      *lalu ingat entah berapa kali nyasar pas ke sana*
      hihihi

      Delete
    3. hutan srengseng baru ndenger. kayaknya asik tuk di coba. btw nice info.. :D

      Delete
  6. Cuma setu babakan nih yang lum dikunjungi hahaha

    ReplyDelete
  7. Sering saya dengar, orang desa berbondong-bondong ke ibu kota untuk berlibur itu memang fakta termasuk saya pun suka hal demikian. Saya mengajak mari ke warga ibu kota untuk mencoba melirik wisata alam di pedesaan tepatnya di Daerah Otonomi Baru Pangandaran http://www.banyakinfo.com/wisata-pangandaran/menjelajah-indahnya-pesona-alam-citumang.html

    ReplyDelete
  8. Ternyata di jakarta juga ada tempat wisata yang indah.

    ReplyDelete
  9. Artikelnya informatif nih, sangat membantu. Mohon ijin iklan ya Min, sewa mobil di Jakarta kini bisa melalui www.drive.id, bagi pengunjung www.irhamfaridh.com pastinya bakal kita kasih diskon khusus deh. Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Mantap .. mau tau referensi tempat wisata lainnya yang recomended di Jakarta , klik www.majalahsekar.com

    ReplyDelete
  11. Setu bakakan sudah pernah. Pingin ke kepulauan seribu

    ReplyDelete
  12. berharap pulau seribu ga makin hancur, biasanya, setelah pulau yang bagus dibuka wisata jadi rusak, tidung misalnya. skarang lagi ramai bira dan harapan, semoga aman aman saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal ditingkatkan aja kesadaran masyarakatnya sendiri dan wisatawan juga, jamin Indonesia juara :)

      Delete
  13. wah samapai w sendiri yang tinggal didaerah tangerang sampe tidak tahu setu babakan. kudu w samperin nih. jalan jalan men.

    ReplyDelete
  14. Hutan mangrove di kapus saya sudah pernah, harga tiket masuk nya 25.000 menurut saya harga yang standard karena keindahan yang disajikan didalam cukup membayar semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan fasilitas yang didapat pun worth it sekali :)

      Delete
  15. wah jadi pingin piknik lagi deh, mantapp jakarta indonesia indah

    ReplyDelete
  16. Kak kalo foto2 biasanya pake kamera apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang pake kamera DSLR, pake Iphone atau kamera pocket :D

      Delete
  17. saya suka sekali sama blog anda,,,kerem,,kunjung balik ya gan

    ReplyDelete