Aug 11, 2015

Gunung Galunggung, Rinjani di Tanah Pasundan

Gunung Galunggung (Sumber)
Siapapun pecinta traveling dan jalan-jalan pasti punya impian ingin mendaki ke Gunung Rinjani, di Lombok. Namun, kadang ada traveler yang tidak mampu naik gunung mungkin karena keterbatasan fisik, waktu, ataupun dana. Untuk kalian traveler yang belum bisa ke Gunung Rinjani, apalagi kalian berdomisili di Jawa Barat, ada gunung yang hampir persis dengan Gunung Rinjani loh! Lokasinya di Tasikmalaya, yap gunung ini adalah Gunung Galunggung.

Gunung Galunggung ini terletak 17 km dari pusat kota Tasikmalaya dan sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bandung, ketinggian gunung ini adalah sekitar 2.200 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 1983. Ayah saya pernah bercerita sewaktu Gunung Galunggung ini meletus, di Kota Bandung dipenuhi abu setebal 3 meter! Semua kegiatan perkantoran, sekolah dan pemerintahan lumpuh hampir selama 1 bulan. Bagaimana tidak dahsyat, bila dilihat dari foto, gunung ini memiliki kawah yang terletak di tengah-tengah gunung tersebut, dan kawah ini adalah hasil letusan pada letusan tahun 1983 itulohhh! :O

(Kawah) Segara anakannya Gunung Galunggung
Kawah itulah yang menyerupai segara anakannya Gunung Rinjani di Lombok, Gunung Galunggung ini pun mempunyai kawah yang menyerupai danau dan terletak di bawah puncak gunung tersebut. Bedanya untuk menuju puncak Gunung Galunggung ini relatif mudah karena ada jalan yang bisa dilalui kendaraan sampai lokasi parkir, dari lokasi parkir tersebut, kita harus menaiki tangga yang banyak dan cukup terjal. Tipsnya sih jangan liat ke atas dan jangan diitung, enjoy aja :))

Aku tak sanggup kak #jangan liat ke atas ya :))
Untuk mencapai puncak Gunung Galunggung saya memerlukan waktu sekitar 30 menit, karena memang pengen menikmati alamnya sambil jepret-jepret (sebenernya alesan, behind on the scenenya tiap 10 langkah tarik napas sambil kecapean LOL). Setelah sampai di atas puncak Gunung Galunggung ini tidak ada aktivitas lain lagi selain menikmati alam dan foto-foto. Kecuali untuk para petualang yang ingin camping disini bisa turun ke kawah dan bikin tenda disana. Cuaca disini sejuk, hampir sama dengan cuaca di daerah Lembang, cocok untuk refreshing.

Sayangnya saat kesini, cuacanya lagi mendung, jadi ga keliatan seluruhnya :(
Untuk menuju ke Gunung Galunggung dari Bandung, kalian bisa mengambil jalur ke arah Cileunyi. Di Cileunyi kalian bisa mengambil ke arah Tasikmalaya (biasanya ntar ada 2 jalur, ke kiri Tasikmalaya, ke kanan Garut, ambil kiri). Nanti di tengah perjalanan kalian akan menemukan papan petunjuk jalan "arah menuju Gunung Galunggung". Dari belokan itu, gerbang wisata Gunung Galunggung ada di sekitar 20-30 km lagi. Persiapkan kondisi motor yang baik dan isi bensin sebelum belokan tersebut, karena setelahnya udah ga ada lagi SPBU. Selamat mencoba :)

Hasil selfie di Gunung Galunggung *abaikan muka kusem dan ga karuan itu ya kak :))
Untuk melihat wisata-wisata lain di sekitar Bandung yang anti-mainstream bisa dilihat di artikel di bawah ini ya!

5 Tempat Wisata Alam yang Anti Mainstream di Sekitar Bandung

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world!  Keep dreaming and travel the world! :)
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

12 comments:

  1. Aku ngos2an naik 620 tangga nya dan hampir sekarat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa bang! :)) napasnya bukan napas pendaki nih hahaha

      Delete
  2. Seru yah naik gunung...
    belum pernah coba. Jadi kepikiran pingin naik..

    ReplyDelete
  3. Mas,, terakhir kesana kapan ya?. Mau tanya,, disana kondisi alamnya, trutama daerah2 sebelum kawah dan di kawahnya itu kering gersang atau masih subur hijau ya?. Saya rencananya mau kesana untuk penelitian sekaligus jalan2 juga., hehe makasih infonya..

    ReplyDelete
  4. Mas,, terakhir kesana kapan ya?. Mau tanya,, disana kondisi alamnya, trutama daerah2 sebelum kawah dan di kawahnya itu kering gersang atau masih subur hijau ya?. Saya rencananya mau kesana untuk penelitian sekaligus jalan2 juga., hehe makasih infonya..

    ReplyDelete
  5. wah yang ini saya baru tau lho.. beneran...

    ReplyDelete
  6. lihat tangganya saja sudah bikin cape apalagi kalau beneran menaiki tangganya yang tinggi itu ya.. hehe

    ReplyDelete
  7. aneka tempat wisata yang dikunjungi memang gunung yang paling melelahkan, perlu persiapan tenaga ekstra

    ReplyDelete