Aug 11, 2015

Curug Malela, Niagara Mini di Bandung!

Curug Malela (Sumber)
Mimpi pengen liat Air Terjun Niagara yang terkenal itu? Kalo belum bisa kesana, kalian ga perlu jauh-jauh untuk melihat air terjun itu, di Bandung ada air terjun serupa tapi versi "mini" nya loh. Nama air terjun itu adalah Curug Malela, dalam bahasa sunda, curug itu artinya air terjun. Lokasinya memang cukup jauh dari pusat Kota Bandung, tapi tempat ini bisa jadi tempat wisata alternatif kalo bosen sama wisata-wisata yang begitu-begitu aja :)

Beberapa bulan kemarin saya sempat berkesempatan mengunjungi curug ini bersama Lylis menggunakan motor kesayangan saya. Tanpa modal survey terlebih dahulu, kita menuju Curug Malela sekitar jam 9 pagi. Untuk menuju curug tersebut, kita bisa mengambil arah Cimahi dari Kota Bandung, dari Cimahi kita ke arah Padalarang dan lurus terus sampai ada pertigaan yang belok kiri itu ada tulisan ke arah "Waduk Saguling", dari pusat Kota Bandung menuju pertigaan ini adalah sekitar 1 jam. Sebelumnya memang pernah baca kalo diwanti-wanti jalan menuju curug ini rusak parah, tapi ya namanya anak muda penasaran dan pantang takut jadi hajar aja :p

Dari pertigaan tersebut, tinggal ikutin saja arah menuju Curug Malela karena sudah terdapat banyak petunjuk arah menuju Curug Malela. Dari pertigaan tersebut terdapat petunjuk arah menuju Curug Malela yang jaraknya sekitar 20km dari pertigaan itu, sepanjang jalan menuju curug tersebut memiliki pemandangan yang cantik, jadi jangan khuatir cape ataupun bosan diperjalanan ya.

Kaget juga dapet peringatan kaya gini :))
Pemandangan selama perjalanan menuju Curug Malela disuguhi pemandangan yang luar biasa karena kita bakal melewati bukit-bukit di sekitaran Waduk Saguling, melewati pedesaan, dan sungai-sungai jernih yang gabakal kita liat di perkotaan, sejuk pokonya!

Pemandangan sungai khas pedesaan selama perjalanan ke Curug Malela :)
Setelah perjalanan selama 1 jam, 1 jam termasuk lama karena kita sering berhenti, menikmati udara segar, sambil jepret-jepret cantik, akhirnya kita sampai juga di gerbang menuju Curug Malela. Biaya masuk untuk masuk kesini adalah Rp 10.000 sudah termasuk 2 orang dan 1 motor. Pas saya tanya petugasnya masih berapa jauh lagi, dia bilang sekitar 1 km lagi sampai tempat parkir "katanya". Pikiran saya bakal sampai sekitar 5-10 menit lagi, ternyata sampai di tempat parkirnya itu 30 menit karena jalanannya ancur parah! (jadi inget tulisan yang tadi, ANDA RAGU-RAGU, LEBIH BAIK KEMBALI wakakakak). Jalanannya ga ada aspal sama sekali, penuh lumpur dan bebatuan jadi motor sulit dikendalikan, banyak motor yang lewat pun pada pake motor trail semua, ibarat salah kostum pake motor bebek kesini :))

Jalan menuju lokasi parkir Curug Malela :)
Entah memang pemerintah sengaja meng"alami"kan lokasi wisata ini, atau entah tidak dipedulikan, yang pasti semoga wisata ini bisa berkembang dan jadi wisata andalan lainnya di Bandung. Setelah sampai lokasi parkir dengan penuh keringat dan lumpur karena beberapa kali jatuh, kita makan gorengan dan beli air minum untuk persiapan trekking. Hah? Trekking? yap trekking, setelah berjibaku dengan jalanan yang rusak parah selama 15-30 menit, untuk mencapai curug ini kita harus trekking lagi dari lokasi parkir sekitar 30 menit dengan jalan kaki.

Curug Malela terlihat di tengah perjalanan trekking menuju ke bawah.
Selama perjalanan trekking pun rasa lelah tidak akan terasa karena pemandangan sekitarnya sungguh sejuk, alam terbuka dan gunung-gunung di sekitar seakan akan memberi semangat lebih kepada kita untuk mencapai Curug Malela tersebut hihi. Setelah sampai di Curug Malela, semua rasa letih dan cape bakal terbayar! Terlihat dari jauh dan di foto-foto orang curug ini tampak tidak begitu spesial, tetapi saat saya lihat aslinya, curug ini begitu megah! airnya deras, jadi jangan coba-coba untuk berenang disini, jangan-jangan ntar kamu terbawa sampai Waduk Saguling nantinya :))

Akhirnya sampai juga di Curug Malela :) 4 jam perjalanan!
Syukur alhamdulillah, bisa sampai dengan selamat, dengan badan yang masih utuh hahahaha next time kalo kesini lagi minimal bawa x-trail biar ga cape dijalan, tapi kalo kamu suka tantangan sih perjalanan ke curug ini menjadi keseruan sendiri hehe. Kalian harus coba air disini deh, airnya sejuk, jernih dan segarrrrrr! Tetap jaga alam sekitar kita yah, jangan buang sampah sembarangan :D see you next trip!

Untuk melihat wisata-wisata lain di sekitar Bandung yang anti-mainstream bisa dilihat di artikel di bawah ini ya!

5 Tempat Wisata Alam yang Anti Mainstream di Sekitar Bandung

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world!  Keep dreaming and travel the world! :)
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

14 comments:

  1. Wah keren juga ya, terbayar lunas deh kalau nyampe lokasi yang indahnya kayak gini. Tapi, Pulangnya juga mikir lagi bayangin jalan yang sudah dilalui :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lunas capenya hahaha nah itu bener banget, baliknya males semales-malesnya, jadi ingin tidur aja disana :D

      Delete
  2. Malela ini cakep banget dan aku jatuh hati
    Meskipun gempor naik ojek kesana gara2 jalanan rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake eudh, bangeudh! Tapi itulah keseruannya mas cum hehehe untuk mencapai sebuah keindahan, butuh perjuangan terlebih dahulu :D

      Delete
  3. anda ragu-ragu, lebih baik kembali. juara banget itu plangnyaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya meremehkan tulisan itu, eh ternyata bener :))

      Delete
  4. Wuiiih plang Pusdikpassus! Pikirku pas baca itu, 1 km lagi bakal ketemu sama tempat latihan perangnya Kopassus. Gyahahaha xD

    Dari dulu pingin ke sini sih. Tapi katanya klo naik angkutan umum agak ribet dan di sananya mesti gelar tenda karena bisa2 pas baliknya udah malem. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius gw juga nyangkanya gitu! :))

      Iya emang rada sulit angkutan kesananya, amannya sih naik motor (y)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Ih, bagus! jadi pengen kesana deh..

    Btw, kalo mau kesana pake mobil, dari pintu masuk ke tempat parkirnya naik apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus coba qi! Kalo pake mobil sebenernya bisa sampe tempat parkir tapi ya lumayan ada tantangannya hahaha kalo dr pintu gerbangnya masih jauh kalo jalan kaki.

      Delete
  7. agustus 2015 jalannya masih jelek, mudah2an udah bagus sekarang wkwkw

    ReplyDelete
  8. sulit juga ya jalanan menuju curug malela, selain jalanannya rusak dan berlumpur kita masih harus jalan kaki lagi menuju curugnya, tapi semua terbayarkan dengan sampainya di curug..

    ReplyDelete