Jul 6, 2015

Menikmati Sunrise di Puncak Sikunir Dieng

Siapa yang belum pernah ke Dieng? Cung! Dieng merupakan daerah yang terletak di antara Wonosobo dan Banjarnegara. Dieng ini berada pada ketinggian 2.300 mdpl, hampir sama dengan puncak-puncak gunung lainnya. Tapi yang berbeda dengan Dieng ini adalah Dieng dapat dicapai oleh kendaraan, karena memang sudah terdapat jalan raya sampai ke Dieng ini. Coba bayangin, ada desa di puncak gunung, dan kita bisa naik kesana naik mobil, dan selama perjalanan kita bisa melihat pemandangan kalo kita sudah ada di atas awan, cantik bukan?

Selamat Datang di Dieng!
Selamat Datang di Dieng!
Salah satu aktivitas yang wajib dilakukan di Dieng ini adalah melihat sunrise. Salah satu spot untuk melihat sunrise di Dieng adalah Puncak Sikunir. Letak puncak ini terletak tidak jauh dari pusat desa Dieng, hanya berjarak sekitar 10 menit menggunakan kendaraan. Letak puncak tersebut berada di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa! Biasanya kalo kita menginap di Dieng, selalu ditawarkan paket melihat sunrise yang ratenya sekitar Rp 75.000 per orang udah plus kendaraan. Tapi buat kalian yang males ditemeni tour guide, kalian bisa sewa motor dan pergi sendiri ke tempat. Ada biaya retribusi sebesar Rp 12.000 per orang (sudah termasuk kendaraan motor) *ralat kalo salah, soalnya ini biaya tahun lalu. Dari tempat parkir, untuk mencapai Puncak Sikunir ini kita  perlu small hiking selama 15 menit, tapi rutenya lumayan terjal, jadi siapkan mental dan fisik ya guys.

View selama naik ke Puncak Sikunir *kalo udh begini, cepatkan langkah sebelum ketinggalan Golden Sunrisenya!
Oiya, kenapa banyak orang bilang Sunrise di Puncak Sikunir ini istimewa dibanding tempat-tempat lainnya karena disini ada beberapa saat sewaktu sunrise, langit dan mataharinya berwarna emas! *tips kalo mau naik ke Puncak Sikunir, bangun jam 4 dan sudah berangkat dari homestay jam setengah 5, karena ternyata di Puncak Sikunir ini banyak sekali orang, dan saling berdesakan untuk cari spot yang cantik untuk melihat dan mengabadikan sunrise (apalagi saat weekend atau musim liburan).

Tips lagi: Kalo kesini bawa jaket tebal, sarung tangan, dan kupluk untuk menghangatkan diri (ekspresi difoto tapi kedinginan) hahahaha
Walaupun cukup menguras tenaga, tapi semua bakal terbayarkan saat kamu udah nyampe di puncaknya, pemandangannya cantik sekaleeee. Sekeliling Dieng terlihat dari puncak ini, bahkan Gunung Sumbing, Sindoro, dan Merapi bisa terlihat juga dari sini.

Pemandangan sekitar Puncak Sikunir (yang dibawah itu Desa Dieng)
Ini sisi sebelah kiri, cantik ya?
Saat-saat sebelum Golden Sunrise, semua orang mempersiapkan gadget-gadget mereka untuk mengabadikan momen ini. Pastikan kamu dapet spot tempat paling depan, karena spot paling depan merupakan spot yang tepat untuk memotret seluruh pemandangan yang ada di depan.

Kalo paling depan bisa foto kaya gini nih, udah mirip di New Zealand belum? :))
Saat-saat Golden Sunrise di Puncak Sikunir
Saat-saat Golden Sunrise di Puncak Sikunir
Tips kalo mau dapet sunrise disini, yaitu datang pada musim kemarau, sekitar bulan Juni-Agustus adalah waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Dieng dan menikmati sunrisenya. Untuk informasi wisata lain di Dieng dan cara menuju ke Dieng bisa dibaca artikelnya, disini.

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

6 comments:

  1. pas kesana lagi low season ya??
    Sepi Euy!
    Saya kesana pas Dieng Culture Festival jadi Sikunirnya cendol gann.. rameeeee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba lagi low season hehehe
      Wah udah pasti kalo lagi DCF mah mba, saya aja di Prau pas DCF cendol abisss :))

      Delete
  2. thanks yah infonya, yuk yang cari tempat travelling terpopuler disini http://wikiwisata.com

    ReplyDelete
  3. waktu ke Dieng kemarinan, nggak sempat nikmatin sunrise di Sikunir soalnya kehalang hujan. Hmm, emang perlumain lagi ke Dieng di musim kemarau nih. Doakan bisa segera ke sana lagi ya. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh sayang sekali, padahal sunrisenya kece banget! semoga bisa balik lagi kesana suatu saat :)

      Delete