Jul 27, 2015

Liburan Bersama Keluarga ke Tanjung Lesung Banten

Selama ini saya sering mendengar kata "Tanjung Lesung", tapi daridulu tak pernah sekalipun kepo apapun tentang ini, mungkin karena Tanjung Lesung ini identik dengan kata "resort" dan saya alergi dengan kata resort hahahaha tapi jodoh ga kemana, saat liburan lebaran kemarin keluarga saya mengunjungi sanak saudara yang bertempat di Pandeglang, dengan alasan udah terlanjur perjalanan jauh, kita merencanakan extend di Banten untuk liburan selama beberapa hari. Kebetulan saat saya search di google "Tempat Wisata di Pandeglang Banten", munculah Tanjung Lesung dengan gambar-gambar ciamiknya. Awalnya lemes juga ketika lihat harga-harga hotel disana minimal 2 juta dan bahkan ada yang 12 juta per malam, sedap!! Tapi setelah melihat-lihat review orang ternyata banyak penginapan atau homestay disana, jadi berangkat lah kita kesana :)

Mudik!
Kita berangkat pukul 5 dari Bandung dan jalanan sangat lengang sekali! mungkin pengaruh orang-orang masih pada di kampungnya masing-masing. Perjalanan Bandung ke Jakarta hanya 1 jam cuy! Lalu kita lanjut ke tol merak dan keluar di Serang Timur. Disinilah awal dari penderitaan, karena kita harus melewati kemacetan yang sangat parahuuu. Normalnya perjalanan Serang ke Pandeglang hanya 1 jam ini kita tempuh dengan waktu 4 jam, super sekali sodarah. Setelah sampai di rumah sanak saudara (numpang makan minum dan tiduran) kita lanjutkan perjalanan lagi ke Tanjung Lesung yang kata Google Maps hanya 1 jam perjalanan dengan jarak 54 km. Nyatanya, kita harus melewati 6 jam perjalanan, huft! Setelah ngobrol dengan warga, ternyata kondisi macet ini hanya terjadi h+ lebaran, karena semua orang terutama orang Jakarta liburan ke daerah Anyer dan Carita yang lokasinya memang 1 arah dengan Tanjung Lesung ini.

Kita berangkat jam 4 dari Pandeglang dan baru sampai di Tanjung Lesung jam 10 malam -_- ternyata memang banyak penginapan-penginapan dan homestay di sepanjang jalan sebelum gerbang utama Tanjung Lesung. Kalo saat pada malam hari kita tidak boleh masuk ke daerah resort oleh satpam karena kita bakal ditawarin homestay oleh si pak satpam hehe (Indonesia) harga yang ditawakan pak satpam dan calo-calo di sekitar gerbang sekitar Rp 1,2 juta per malem, buset mending sekalian di dalem 2 juta udah enak di resort. Tapi karena penasaran, kita cari penginapan sendiri di sekitar sana yang katanya pak satpam udah habis. Dan ternyata kita menemukan penginapan di dekat dengan gerbang Tanjung Lesung dengan harga Rp 400.000 per malam, ahhhh tidur pules deh malem ini puas dapet penginapan murah :))

Yang penting bisa tidur hehehe soalnya cuman dari jam 10 sampe besok paginya aja
Besok paginya kita pergi ke Pantai Tanjung Lesung dan memang harus melewati gerbang utamanya. Di gerbang utama itu nantinya kita diberikan guest card dan si pak satpam berlagak berbeda dengan semalam hehe lokasi pantai utama atau katanya dinamakan Beach Club ini jaraknya dekat dengan gerbang utama hanya sekitar 10 menit kita udah sampe di pantainya.

Gerbang masuk Tanjung Lesung
Jalanan sepanjang menuju Beach Club, berasa dimana gitu ya :)
Perlu diketahui kalo harga atau tiket untuk masuk Beach Club ini yaitu Rp 25.000 untuk weekday dan Rp 40.000 untuk weekend, cukup mahal memang tetapi setelah masuk ke pantainya memang terlihat pantai ini sudah dikelola oleh pihak resort. Di Beach Club ini kita bisa main watersport, main di pantai, atau foto-foto cantik di jembatan yang terdapat di ujung kiri Beach Club seperti kita-kita ini :)

Famselfie at Tanjung Lesung ayeeee
Karena watersport disini mahal-mahal kita mah keliling pantainya aja udah bahagia (da aku mah apa atuh). Pantai utama di Beach Club ini saat itu sangat ramai sekali dipenuhi oleh orang-orang dan lebih sayangnya lagi sampah ada dimana-mana, padahal kalo tanpa sampah pantai ini terbilang cantik loh!

Pantai di sekitar Beach Club
Tapi tenang untuk kalian yang tidak suka keramaian disini kita bisa melipir ke kawasan Tanjung Lesung Beach Resortnya, pantainya jauh lebih sunyi dan lebih bagus. Untuk menuju pantai ini tinggal menyusuri sepanjang jalan ke sebelah barat, dan nanti ada tulisan menuju resort.

Lebih adem dan lebih tenang :)
Sebenernya memang Tanjung Lesung ini termasuk wisata mahal, tapi bagi backpacker-backpacker seperti saya ini tetep bisa menikmatinya dengan cara-cara dan tips-tips jitu (halah). Sekian pengalaman saya selama berlibur di Tanjung Lesung, sebenarnya setelah ini saya dan keluarga mampir di Anyer tapi ceritanya sih cuma sekedar macet aja jadi gausah diceritain hehe sekian dan terima kasih, kalo ada pertanyaan atau saran dan kritik tinggal di komen aja ya kaka :D

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

29 comments:

  1. Mungkin lain kali kita harus coba ke resort yg 12jt itu 0_0

    ReplyDelete
  2. Mampir ke warung bu entin ngak ??? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dimana tuhhhh? hahaha banyak banget warung sebelum gerbang Tanjung Lesung itu soalnya hehe

      Delete
  3. Pantai Tanjung Lesung pernah direview oleh top travel blogger.
    terlihat memang pantainya sudah terkelola dengan bagus.
    sebandinglah dengan harga dan fasilitas yang didapatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap! Tapi mungkin sayangnya kemarin lagi musim liburan lebaran, dan banyak manusia yang ga bertanggung jawab, jadi pantainya banyak sampahnya, huf :(

      Delete
  4. Replies
    1. mau tnya mas, masih punya info homestay nya?^^

      Delete
    2. Kebetulan lupa tanya kemarinnn, go show aja langsung disana kak

      Delete
  5. tempatnya keren bro... kalo dari bandung drivernya harus double, secara harus ngelewatin ratusan km jalan lurus yang bikin ngantuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaah kemarin berdua aja udah tepar :))

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. jika agan-aganwati ingin mapir lagi ke tanjung lesung silahkan aja gan mampir di irna homestay. harganya di jamin murah dan kamarnya nyaman. silahkan cek di http://www.irnahomestay.com

    ReplyDelete
  10. mau nanya soal biayanya kira kira abis berapa ya? termasuk bensin dan tol lagi ngitung budget kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 2 jutaan kalo dengan keluarga, perkiraan tapi ya :D

      Delete
  11. Ada yang tau ga kalau kita ngga bawa kendaraan sndiri , dari jkt menuju tanjung lesung bisa pake akses apa aja yaa ?? lebih tepat nya sih mau menuju ke pulau umang cman dermaga pnjemputan pulau umang dekat dengan tanjung lesung ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lewat tol ke arah Banten, nanti keluar Serang terus jalannya menuju ke arah Pandeglang, ntr ada petunjuk jalan ke Tanjung Lesung kok

      Delete
  12. Halo๐Ÿ˜Š mau tanya ini beach club ada hotelnya ga apa khusus pantai umum gtu? Kalo yg tanjung lesung beach hotel itu apa pantainya beach club ini jg apa beda? Thank you ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  13. Halo๐Ÿ˜Š mau tanya ini beach club ada hotelnya ga apa khusus pantai umum gtu? Kalo yg tanjung lesung beach hotel itu apa pantainya beach club ini jg apa beda? Thank you ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi, beach clubnya ini tempatnya di dalam resort tanjung lesungnya :D

      Delete
  14. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Pariwisata

    ReplyDelete
  15. Homestay yang murah daerah sana apa yah jauh gak dari pantainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua homestay jauh dari pantai, kalo mau sewa resort yang di dalam dan harganya jauh lebih mahal dari homestay

      Delete
    2. Hallo.. bila mencari info ttg Homestay murah di dekat tj lesung bisa cek web kami di www.bunartunggal.com .. mas Irfan ini juga kebetulan nginepnya ditempat kami.. makasih mas Irfan :) numpang promo yahh..

      Delete