Jul 7, 2015

Bukit Teletubies di Gunung Prau


Ada yang pernah nonton Teletubies? Ya, film semasa kecil kita terutama angkatan saya, kalo yang belum pernah nonton berarti masa kecilnya kurang bahagia :p. Di film itu ada suatu tempat yang sering dipakai oleh para Teletubies, yaitu hamparan bukit-bukit. Ternyata di Indonesia pun ada hamparan bukit-bukit seperti tadi itu, dan memang sering disebut Bukit Teletubies, karena memang bentuknya yang mirip dengan bukit-bukit di film Teletubies itu. Ya, letaknya ada di Gunung Prau yang ada di kawasan Dieng, terletak di Jawa Tengah, lebih tepatnya lagi di dekat Kota Wonosobo.

Gunung Prau ini hanya ditempuh sekitar 2 jam trekking dari pusat Desa Dieng, pintu masuknya ada di sebelah penginapan dan restoran Bu Jono untuk pemula karena katanya jalannya lebih landai. Untuk anak gunung atau yang sudah handal naik gunung bisa lewat jalur Patak Banteng, jalur lewat Patak Banteng ini katanya lebih cepat 1 jam, tapi memang jalannya curam.

Sempatkanlah selfie disaat mendaki :D
Waktu yang tepat untuk mendaki ke Gunung Prau ini yaitu pada malam hari atau subuh karena pasti tujuan utama kesini adalah untuk melihat Sunrise. Tapi kebetulan pada saat itu saya dan teman-teman tidak sampai spot Sunrise di Bukit Teletubies karena kita mendaki di tengah malam dan cuacanya dingit betz dan udah gakuat untuk lanjut (maklum bukan pendaki), jadi kita pasang tenda di pos 3 atau di puncaknya dan ternyata kita pun salah spot karena disini anginya besar sekale! pas bangun-bangun tendanya udah roboh waaak, malu keliatan pemulanya hihi jadi bagi kalian yang mau kesini, pasanglah tenda kalian di Bukit Teletubies okaaaay.

Kalo kalian udah liat gambar seperti ini, berarti kalian udah di Bukit Teletubies! :D
Jarak dari pos 3 ke Bukit Teletubies ternyata hanya berjarak 15 menit. Setelah sampai di Bukit Teletubies trek menjadi naik dan turun, lumayan menguras tenaga. Bukit Teletubies ini nantinya bakal berujung di tempat perkemahan. Bagi kalian yang mau turun lewat Patak Banteng bisa meneruskan perjalanan sampe tempat perkemahan, tapi bagi kalian yang mau pulang lewat jalan semula, jangan jauh-jauh karena ntar cape baliknya lagi.

Pemandangan dari Bukit Teletubies ke bawah (Dieng)
Nih pemandangan di Bukit Teletubies, kece bukan? ;)
Sekedar info, dari Bukit Teletubies ini kita bisa melihat puncak Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Suroloyo. Melihat 4 puncak di puncak gunung, bakal menjadi pengalaman yang luar biasa! Lalu, kalo di saat cerah kita bisa melihat laut jawa dan saat malam hari, terlihat garis pantura dari puncak sini. Keren!

Camping site Gunung Prau (backgroundnya cakep)
So, jadiin Gunung Prau ini di bucket list kamu, nyesel kalo masih muda tapi belum kesini. Buat kalian yang bukan pendaki pun bisa kesini kok, gaperlu susah payah naik gunung berjam-jam, cukup 2 jam saja ~ tapi inget, tetep jaga keindahan dan jaga kebersihan, karena ini adalah ciptaan Tuhan dan kita harus tetap menjaganya :)

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

15 comments:

  1. Kak ... teletabis itu siapa ??? #LaluDikeplak
    Btw pingin ke prau tapi males capek dan males kedinginan kecuali ada yg meluk #ngarep

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Tergantung kondisi disana, waktu itu eike disana sih rame bgt soalnya lagi ada Dieng Festival -_-

      Delete
  3. Replies
    1. Ayoooo, ga terlalu cape kok sampe atas nya (sedikit lah) :D

      Delete
  4. mendakinya 2 jam? kalau saya kesana pasti setengah jalan deh engga sanggup

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 jam kalo tanpa berhenti-berhenti, jalurnya pun ga terlalu susah ko mba, ayo dicoba :D

      Delete
  5. Serunyaaa. Jadi pingin naik gunung, tapi bingung mau mulai dari mana. Setelah baca ini jadi mikir mungkin Gunung Prau bisa buat awal nih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahhh coba dulu Gunung Prau, lalu Papandayan, lumayan juga buat latihan fisiknya :D

      Delete
  6. Ayoo rame rame ke prau mumpung musim salju hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh kangen :( taun kemarin saya ke DCF pas lagi musim salju hehe

      Delete
  7. keren tuh buat tracking, klo naek gunung keqnya ga sanggup dah :v

    nonton film box office

    ReplyDelete