Jun 26, 2015

Pulau Tidung, Wisata Tepat Untuk Kabur Dari Jakarta

Udah lama sekali belum nulis tentang Pulau Tidung, padahal kesini tuh sekitar 1 tahun yang lalu, wajar baru aktif menulis sekitar 3 bulan hehe. Pulau Tidung ini terletak di gugusan Kepulauan Seribu. Pulau Tidung ini termasuk pulau yang paling ramai di antara pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, ramai oleh wisatawan dan memang sudah banyak pemukiman warga disana. Untuk menuju Kepulauan Seribu ada 3 alternatif pelabuhan yang bisa diambil oleh traveler.

Alternatif Pelabuhan Menuju Pulau Tidung

Yang pertama. Pelabuhan Muara Angke, pelabuhan muara angke ini sebenarnya ada 2, yaitu muara angke lama dan baru. Pelabuhan muara angke lama ini isinya kapal-kapal nelayan dan kuotanya banyak. Jadi kalo kalian mau pasti dapet kapal penyebrangan ke Pulau Tidung kalian bisa ambil alternatif ke muara angke lama ini. Harga kapal menuju Pulau Tidung sebesar Rp 40.000 dan biasa berangkat pukul 6.30 (tergantung penuhnya penumpang).

Yang kedua (alternatif yang saya pakai). Pelabuhan Kali Adem, pelabuhan ini adalah muara angke baru. Letaknya berdekatan dengan muara angke lama. Namun, dari sisi fasilitas memang jauh lebih bagus muara angke baru karena fasilitasnya baru dan berbentuk seperti dermaga. Namun, kendalanya kuota di Kali Adem ini sangat sedikit (masih ga ngerti kuotanya bisa sedikit ini), bayangkan untuk 5 pulau di Kepulauan Seribu yaitu Pulau Bidadari, Untung Jawa, Tidung, Pari, dan Pramuka kuotanya hanya 20! Artinya 1 pulau kuotanya hanya 4. Kalo mau dapet kuotanya, bisa pakai cara yang saya pakai yaitu tidur di dermaga! Lalu daftar ke petugas disana, dijamin langsung masuk daftar dan tingaal bayar tiket waktu loket sudah buka. Harganya sama dengan kapal-kapal nelayan di muara angke lama yaitu Rp 40.000 + Rp 2.000 untuk asuransi.

Pelabuhan Kali Adem
Pelabuhan Kali Adem
Pelabuhan Kali Adem 2
Pelabuhan Kali Adem 2
Alternatif yang ketiga yaitu melalui Pelabuhan Marina, pelabuhan ini terletak di Ancol. Untuk jadwal kapal dan harga saya kurang mendapatkan info, tapi dari hasil ngobrol dengan wisatawan lain harganya sekitar Rp 100.000 (ralat kalo salah hehe)

Penginapan di Pulau Tidung

Penginapan di Pulau Tidung rata-rata berbentuk homestay, ga ada hotel atau resort. Tapi, rata-rata sudah ber-AC, lumayan buat ngadem karena disini cuacanya panas anet! Harga penginapan disini berkisar Rp 200.000 - Rp 350.000 untuk satu kamar, tapi itu pun tergantung jumlah orang. Makin banyak orang yang dateng sharenya semakin sedikit berarti.

Penginapan di Pulau Tidung
Penginapan di Pulau Tidung (ada yg nongol tuh haha)

Aktivitas di Pulau Tidung

Untuk kalian yang ke Pulau Tidung tanpa tour, jangan khawatir karena untuk beraktivitas di Pulau Tidung tidak sulit kok walaupun kita termasuk individu/bukan tour. Banyak yang bisa kita lakukan disini. 

- Keliling pulau menggunakan sepeda
Untuk berkeliling mengunakan sepeda, kalian perlu menyewa sepeda. Banyak sekali tempat penyewaan sepeda di pulau ini atau bisa juga minta sewakan ke abang yang punya homestay ntar dia mau bantu, harganya Rp 25.000/hari, 1 hari penuh! mau lu cemplungin ke laut juga bisa! Bercanda deng

- Snorkling
Untuk snorkling di Pulau Tidung sebenarnya gausah jauh-jauh. Cukup ke daerah Jembatan Cinta lalu jalan sekitar 500 m di lautnya dangkal kok, ntar ada pohon kecil disekitarnya itu udah laut dalam dan banyak karang dan ikannya cantik-cantik! Untuk sewa perlengkapan alat snorkling kalian bisa cari tempat penyewaan di sekitar pantai dekat jembatan cinta, harganya sekitar Rp 25.000/hari, sepuasnya sampe gosong tuh kulit juga gak apa-apa :D

- Keliling Pulau Tidung Besar dan Kecil
Pulau Tidung terbagi 2 bagian yaitu Pulau Tidung Besar dan Kecil. Pulau Tidung Besar yaitu pulau yang sudah banyak pemukiman, namun Pulau Tidung Kecil ini masih belum ada apa-apanya alias masih alami. Kedua pulau ini dihubungi oleh jembatan dan selama di jembatan kita bisa liat birunya laut beserta ikan-ikannya, cantik pokoknya!

Jembatan menuju Pulau Tidung kecil
Surrounding Jembatan menuju Pulau Tidung Kecil
View di Pulau Tidung Kecil, cakep?

Lompat dari Jembatan Cinta

Katanya aktivitas ini yang wajib dilakuin disini, katanya kalo belum loncat dari jembatan Cinta ini belum ke Pulau Tidung :p dan katanya kalo yang berani loncat disini bakal awet cintanya atau yang jomblo bakal dapet cintanya yang hilang selama ini (halah) hehe seru-seruan aja sih. 

Loncatttt!
Jadi masih mau kerja atau belajar terus? hehehe cobalah ke Pulau Tidung ini apalagi buat orang Jakarta, lokasinya dekat, indah, dan ga kalah sama wisata-wisata lainnya :D Jakarta masih banyak loh tempat wisata-wisatanya, yuk disimak (disini).

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

22 comments:

  1. Pulau paling ngehits se-kepulauan seribu ya tidung ini :D

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah kesini malah :D Tiap kali mau jelajah kep seribu ada aja halangannya :) Harus dijadwalin ulang mulu deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seriusan bang? padahal kan tinggal di jakarta hahaha kayanya lebih banyak yg lebih menggiurkan drpd ini ya? :p

      Delete
  3. wisata yang tepat untuk warga jakarta dan sekitarnya . . . .
    untuk yang di luar kota bisa coba tujuan wisata ini jika ke jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, lokasi nya pun dekat sekali dengan Jakarta, kalo kurang piknik wajib kesini :D

      Delete
  4. Kira kira berapa Lama perjalanan ke pulau tidung,.??

    ReplyDelete
  5. dari pulau anke ke tidung berapa lama,.?

    ReplyDelete
  6. dari pulau anke ke tidung berapa lama,.?

    ReplyDelete
  7. kapal yang anda gunakan kapal kerapu yang memang terbatas untuk kuota tiap pulau, namun bila menggunakan kapal ferry yang saat ini berada di pelabuhan kali adem maka hanya menuju 1 - 2 pulau saja. bisa menampung 150 orang lebih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapppp betul sekali, sering pake kapal fery juga tapi agak mabuk hehe

      Delete
  8. gan mau tanya kalo backpaker gitu total kena biaya lebih murah atau lebih mahal dari travel ?
    niatnya tanggal 15 februari mau kesana nih tolong balasannya ya
    terus info dong nama penginapan yang murah buat 3 hari 2 malam
    sama harga snorkling sama permainan disana
    tolong balas ya ke fb saya :
    link https://www.facebook.com/uthe.uthe13
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauh lebih murah travel sendiri sih menurutkuuu. Untuk penginapan tinggal cari disana banyak penginapan kok, ratenya sama semua gimana fasilitas :)

      Delete
  9. Dicari
    Website yg bahas travel baik jalan2 maupun food travel berbahasa indonesia
    Syarat : tdk pakai subdomain gratisan & DA rank diatas 10 ( untuk da rank akan kami bantu check )

    Info detail : mirza@sat-c.net

    ReplyDelete
  10. tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, dengan suasana yang tenang bisa membuat fress pikiran

    ReplyDelete
  11. Mau tanya ka kalo dari muara angke mau ke pulau tidung dari pelabuhan mana ya ?

    ReplyDelete
  12. Mau tanya ka kalo dari muara angke mau ke pulau tidung dari pelabuhan mana ya ?

    ReplyDelete
  13. Jam kapal ke muara angke nya lagi jam brapa gan? Saya mau pulang esok hari nya

    ReplyDelete