May 26, 2015

Keliling Lombok Selama 4 Hari (Cerita, Tips & Trik)

Lombok

Setelah 2 hari perjalanan menuju Lombok, tibalah kita di kota Mataram. Kita tinggal di Home Stay Oka dengan harga Rp 90.000/malam (exclude breakfast) di daerah Cakranegara. FYI, Cakranegara ini adalah pusat wisatawan di kota Mattaram karena banyaknya penginapan di daerah ini dan dekat dengan pusat kota, sehingga daerah ini bisa dibilang cukup strategis untuk wisatawan. Untuk mengexplore seluruh Lombok, kita menggunakan motor, harga sewa motor sekitar Rp 50.000 untuk 1 hari, kita sewa untuk 2 hari saja, karena di hari terakhir kita bakal balik ke Pelabuhan Lembar dan menyebrang lagi ke Bali.

Hari - 1 di Lombok (Taman Narmada & Ayam Taliwang)

Hari pertama sampai di Lombok kita istirahat sampai sore hari. Karena waktu udah sore, kita memutuskan untuk mengelilingi wisata yang ada di Kota Mataram. Kita berangkat ke Taman Narmada. Jadi Taman Narmada ini adalah taman yang katanya adalah miniatur Gunung Rinjani. Taman ini berisi taman yang didalamnya terdapat bangunan-bangunan khas Lombok jaman dahulu dan juga candi.
Taman Narmada
At Taman Narmada
Salah satu sudut Taman Narmada
Salah satu sudut Taman Narmada
Kita explore Taman Narmada selama 1 jam, setelah itu kita hanya berkeliling kota Mataram yang ternyata sepi dan jauh dengan kota-kota besar di Jawa. Malam harinya kita pergi ke Ayam Taliwang Em Bersaudara, tempat makan terkenal di Lombok. Dan ternyata harganya wuedan mahal, satu porsi ayam +nasi bisa sampe Rp 75.000 (+minum) dan rasanya pun biasa saja (mungkin beda cita rasa orang Jawa dan Lombok).

Ayam Taliwang Em Bersaudara

Hari - 2 di Lombok (Gili Terawangan)

Pada hari kedua kita coba explore ke Lombok Barat, tujuan utama yaitu ke Gili Terawangan, dan diperjalanan bisa melewati Pantai Senggigi. Untuk meng-explore Lombok memang lebih enak pakai motor karena kita bisa belok sana-sini, banyak wisata yang tidak terekspos dan bagus. Kita mulai explore jam 10 pagi (iya pagi, soalnya bangunnya aja jam 9 hahaha), untuk menuju Gili Terawangan sebetulnya mudah, tinggal cari petunjuk arah ke Pantai Senggigi, ntr tinggal ikuti aja jalur itu sampai ujung (nemu pelabuhan Bangsal). Di perjalanan banyak menemukan spot cuantikk! Karena jalan berkelok-kelok kanan kiri atas bawah lewat gunung, view pinggirnya laut, cuamik pokonya!

View 1
View di perjalanan menuju Pelabuhan Bangsal
View 2
Gili-gili keliatan dari sini :)
Perjalanan dari Kota Mataram ke Pelabuhan Bangsal ternyata bisa dibilang sebentar, cuma sekitar 2 jam perjalanan, itu udah plus singgah-singgah, selpie selpie. Di pelabuhan Bangsal ini, kita bayar kapal untuk menyebrang ke Gili Terawangan, suasananya udah berubah, berasa di luar negeri booo, bule semua. Harga menyebrang ke Gili Terawangan sebesar Rp 15.000. Perjalanan selama 15 menit udah sampe Gili Terawangan, uhuyy! Di Gili Terawangan ini ga ada kendaraan selain delman dan sepeda, jadi adem banget tanpa polusi, adem juga bisa liat-liat bule ihiyyyyy *ditabok *aw

Gili Terawangan 1
Cantik ya.... pantainya :))
Gili Terawangan 2
Salah satu sudut Gili Terawangan :)
Di Gili Terawangan ini kita hanya berputar-putar di pulau tanpa snorkling dan nginep disini, emang niatnya cuman pengan tau aja, maybe someday bakal kesini lagi untuk waktu yang lama. Kita berputar-putar naik sepeda, 1 sepeda berdua, haga sewa Rp 25.000. Setelah puas berputar di Gili Terawangan, kita kembali ke Pelabuhan Bangsal dan kembali ke Mataram, tapi dengan jalur yang berbeda. Tadi pas berangkat lewat Senggigi, pulangnya lewat Jalan Hutan Pusuk, mau liat sodanya kamuh (onyett).

Rute pergi dan pulang
Rute pergi dan pulang
Tuh onyet :))
Perjalanan dari Pelabuhan Bangsal ke Mataram via Hutan Pusuk sebenarnya lebih cepat. Tapi, pemandangannya tidak seindah via Senggigi. Di Hutan Pusuk jangan naik motor pelan-pelan, karena bakal banyak monyet yang mengejar kamu hahaha tapi unik juga, di jalan raya banyak monyet yang berkeliaran. Setelah 1 jam perjalanan kita kembali ke hotel dan istirahat.

Hari - 3 di Lombok (Pantai Cemara dan Pantai Kuta)

Di hari ke 3, kita berencana untuk mengunjungi pantai-pantai di Lombok Selatan. Kunjungan pertama kami yaitu ke Pantai Kuta. Untuk ke Pantai Kuta sebenernya jalannya mudah. Yang penting lewat Bandara Praya Lombok nanti banyak petunjuk arah dari situ. Jalannya seperti biasa, mulusss! Di Pantai Kuta ini ternyata berbeda dengan Pantai Kuta di Bali, Pantai Kuta disini tergolong sepi dan viewnya mantap! Ada biaya retribusi sebesar Rp 10.000 disini per orangnya.

Pantai Kuta
Pantai Kuta
Pantai Kuta 2
Pantai Kuta 2
Setelah menikmati Pantai sambil minum es kelapa deushhh! Kita lanjutkan perjalanan menuju Pantai Cemara. Untuk menuju Pantai Cemara ini susah-susah gampang karena jarang ada petunjuk jalan ke Pantai Cemara ini.  Tips: tanya warga lokal ke arah Pantai Cemara. Di perjalanan menuju Pantai Cemara, kalian bakal merasakan atmosfer yang terasa seperti bukan di Indonesia, karena banyak ladang hijau dan terbuka.

OTW Pantai Cemara
Pemandangan selama perjalanan menuju Pantai Cemara
Perjalanan dari Pantai Kuta ke Pantai Cemara yaitu selama 2 jam, dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam tapi tiap 15 menit berhenti, cangkeul bujur! (pegel pantat).Tapi semua itu terbayarkan dengan view yang cuamikkk!Ga percaya? nih!

Pantai Cemara
Maknyusnya Pantai Cemara
Lokasi Pantai Cemara ini terpencil, di sekitar pantai tidak ada bangunan apapun. Hanya gazebo-gazebo di pinggiran pantai. Disini juga cuman ada beberapa orang, kita dan 1 pasangan lain yang lagi "main" di sekitar pantai uppppssss. Di pantai ini kita ga terlalu lama, karena mengejar untuk ke Pantai Pink dan Tanjung Ringgit karena waktu udah sore.

Selama perjalanan dari Pantai Cemara sambil buka GPS, ternyata letak Pantai Pink dan Tanjung Ringgit ini jauh sekali dari Pantai Cemara bisa sampe 3 jam,  padahal sekarang udah jam 4an, tapi kita tetap pantang menyerah. Sekitar jam 6  ternyata kita belum nyampe juga, di tengah-tengah hutan, dan udah mulai gelap, jadi kita memutuskan untuk balik ke Mataram huhu.

Pada hari ke-4 kita memutuskan untuk pulang dari Lombok karena beberapa hal, dan balik pake kapal feri dari Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Padang Bai. Tapi petualangan belum berhenti sampai disini. Masih ada Bali cuyyyy! Simak cerita kita di Bali selama 4 hari!

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

26 comments:

  1. Wah EM dua jadi mahal ya :| padahal dulu enak dan murah lho~ langganan kalau lagi liburan ke lombok pasti mampir kesitu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena semakin terkenal mereka naikin harga :(

      Delete
  2. Sdh jam empat masih berani menuju Tanjung Ringgit. Semangatnya luar biasa anak muda. Dan air laut yg biru kehijauan itu bikin pengen nyebur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada yang bisa ngehalangin anak muda mb :) hahahah nyeburnya seger, kulitnya menghitam permanen 2 bulan :))

      Delete
  3. Waaah, asyik neh abis keliling Indonesia Timur.
    Keren Kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pisan coba ke daerah timur, masih banyak yang belum dikunjungi, indah-indah suasananya beda dari daerah barat :D

      Delete
  4. Mantap ka, btw gue ada plan bdg- dieng - jogja - lombok - bali - balik bandung *salto keleeees* *abaikan. kesana tar awal bulan agustus. Masih rada blur di lombok mau kemana aja. Sesuai pengalaman, tempat rekomen disana apa aja? Atau samain aja kaya kaka? Trus gegara selalu terpentok biaya, memungkinkan gak ya kalo beberapa malam terakhir gue ngindep di mesjid?~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pun kemarin yg di dateng tempat-tempat rekomen kok, cuman kurang Pantai Tangsi dan Tanjung Aan, ga sempet kesana euy. Kalo nginep di mesjid di Lombok gampang banget soalnya tiap meter ada mesjid dan biasanya kosong, jadi bisalah tidur di mesjid :D

      Delete
  5. Mas boleh binta contact oka homestay?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan kontaknya hilang mba :( tp setauku banyak blogger lainnya yg tulis nomer telepon Oka Homestay

      Delete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Hai Irham, Saya Luthfi, rencana mau ke lombok juga desember ini..kalau boleh tahu, sewa motornya kamu dimana ya?apa masih ada kontaknya..terimakasih responnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di penginapan, minta dicarikan rental motor. Lebih mudah gak usah nyari berooo. Good luck ya

      Delete
  8. luthfi mau ke lomboknya desember tanggal berapa?

    ReplyDelete
  9. YN
    Semoga bisa jalan jalan ke Lombok....terima kasih sudah membuatku berasa pergi ke Lombok...ha ha ha...
    < href='http://www.lembaga-sertifikasi-iso.blokspot.com'>Lembaga Serifikasi ISO,/a>

    ReplyDelete
  10. Wih, mantab foto2nya yg di Pantai Cemara
    Foto2 di Pink beach nya mana nih?? :D

    ReplyDelete
  11. hallo. dari mataram ke pelabuhan lembar naik apa mas kalau boleh tau? alternatif transport paling oke ke pelabuhan lembar naik apa ya? terima kasih

    ReplyDelete
  12. Hai perkenalkan saya ari, dari Travel Agent Lombok saya menyediakan Jasa sewa kereta (rentcar) and pakej tour lombok, dengan harga yang murah & pelayanan yang bagus.
    contact/ WA +62 82146452970
    Ig : Lombok vacation

    ReplyDelete
  13. Salam kenal gan, ngomong2 nginepnya selama 4 hari dimana tarifnya berapa?

    ReplyDelete
  14. Kang, pas nginep di Oka itu booking atau langsung cari ditempat tanpa booking?

    ReplyDelete
  15. Wah, terlalu sedikit waktunya gan.
    Di selatan ada airterjun Asin yang unik dan tidak ada di daerah lain. Belum pernah liat kan?
    Hehehe

    Yuk kapan lagi liburannya, saya temenin :D

    ReplyDelete
  16. Keren gan jadi pengen ke Lombok aamiin

    ReplyDelete
  17. Dari semarang kemarin tujuan mau ke lombok berhubung modal habis buat sangu ponakan2 di surabaya terpaksa singgah di BALI kerja dulu coy jadi driver UBER meskipun modal nekat, soalnya di BALI gak ada kenalan dan sodara. Entah sampe kapan di BALI dan melanjutkan ke lombok alna udah mulai adaptasi dan malah kecantol cewek sini...ha2. Kalo ada yg terdampar di BALI khabar2 aja siapa tahu bisa membantu.

    ReplyDelete