May 19, 2015

Karimun Jawa, Maldivesnya Indonesia! (Transport, Akomodasi, & Aktifitas Liburan)

Me in Karimun Jawa
Me in somewhere :)
Kadang kita merasa penat dengan kerjaan, kadang kita merasa jenuh lihat kemacetan di jalan raya, kadang kita cape menggunakan gadget (cape juga tetep update). Disitulah timing untuk cari kesegaran! Bukan cewe dan bukan belanja (masih bingung sama yg refreshing itu belanja), tapi.... Nature! Ya, alam. Alam bisa membuat kita fresh lagi karena lokasi yang jauh dari kota, menghindari kesibukan sehari-hari, menghindari kemacetan, polusi, dan si obos :)) Setiap orang memang punya selera tersendiri untuk menikmati alam, ada yang suka pantai, gunung, hutan, goa, bahkan cuma sekedar di kamar liat gambar-gambar kece (gambar apa tuh), hiks. Untuk saya pribadi, memang lebih menyukai pantai dan gunung, suka pantai karena emang saya tinggal di Bandung yang notabene ga ada pantai, dan suka gunung karena memang suka udara yang sejuk.
Tahun kemarin, saya dengan sodara saya berangkat ke Karimun Jawa. Berangkat menggunakan kereta api dari Bandung, turun di Yogya, lalu pake travel dari Yogya ke Pelabuha Kartini Semarang untuk pake kapal feri ke Karimun Jawa. Kita disini coba backpackeran ke Karimun Jawa, alias ga pake tour, karena kebanyakan yang berkunjung ke Karimun Jawa ini pake paket tour. Ternyata saya salah, backpackeran di Karimun Jawa ga tepat, karena setelah dihitung-hitung lebih mahal dibanding pake paket tour. Dari pengalaman-pengalaman saya selama trip berikut list yang bisa dijadikan referensi oleh teman-teman.

TRANSPORTASI DARI-KE KARIMUN JAWA

 1. Angkutan Pribadi
Dari Bandung/Jakarta kalian bisa kendaraan pribadi baik mobil/motor. Lebih enak pake jalur utara/ jalur pantura, karena tujuan akhirnya Kota Semarang lalu ke Jepara. Untuk bensin, pulang-pergi Bandung/Jakarta - Jepara sekitar Rp 500.000 - Rp 600.000. Waktu perjalanan bisa menghabiskan sekitar 12 jam, itu pun kalo ga macet. Waktu perjalanan pulang saya, karena memang waktu arus balik, tiket kereta, pesawat udah abis, terpaksa pake travel dari Jepara ke Bandung, perjalanan sampai 24 jam lebih, mantaps!

2. Kereta Api
Dari Jakarta ada kereta langsung yang menuju ke Semarang, lalu dilanjut menggunakan bis dari Semarang ke Jepara, harganya Rp 15.000-Rp 20.000. Kereta ekonomi dari Jakarta (Pasar Senen) - Semarang (Tawang), harganya mulai dari Rp 90.000 - Rp 250.000 (harga 2015).
Sedangkan, dari Bandung ada kereta yang langsung menuju ke Semarang, tapi harganya 2 kali lipat dari Jakarta. Harganya mulai dari Rp 185.000 dari Stasiun Bandung menuju Semarang Tawang.

Atau alternatifnya kalian bisa ambil kereta ke Lempuyangan atau Stasiun Tugu Yogyakarta yang relatif banyak tiket murah dan melanjutkan ke Pelabuhan Kartini langsung menggunakan travel. Banyak travel dari Yogyakarta yang langsung menuju Pelabuhan Kartini, kalian bisa cari di google. Rate harganya sekitar Rp 80.000 - Rp 90.000. Perjalanan sekitar 4 jam dari Yogyakarta sampai ke Pelabuhan Kartini.

3. Pesawat
Dari Jakarta dan Bandung banyak pesawat yang langsung menuju Semarang. Dari Bandara, bisa lanjutkan perjalanan ke Jepara/Pelabuhan Kartini menggunakan travel yang banyak tersedia di pintu keluar kedatangan bandara atau pakai angkutan umum, seperti bis yang sudah dijelaskan di atas.

4. Setelah sampai Pelabuhan Kartini
Setelah sampai di Pelabuhan Kartini (usahakan sudah di Pelabuhan Kartini pukul 05.00 pagi, karena bagi kalian yang backpackeran kesini (tanpa paket tour), kalian harus ikut antri di loket, dan loketnya buka jam 05.30 dan disitu pun udah banyak warga/wisatawan yang ngantri sampe pada tidur juga di loket demi tiket ke Karimun jawa.

Tiket kapal ke Karimun Jawa ada 2 macam, yang pertama kapal feri yang membutuhkan 6-7 jam untuk sampai di Karimun Jawa, harganya dulu Rp 60.000, sekarang mungkin sekitar Rp 70.000. Yang kedua adalah kapal cepat Express Bahari, kapal cepat ini membutuhkan waktu 2,5 jam untuk sampai di Karimun Jawa, harganya memang lebih mahal yaitu Rp 120.000, mungkin sekarang sekitar Rp 130.000. Jadi, tinggal pilihan anda sendiri, mau pilih murah tapi lama, atau harga lebih tinggi tapi cepat sampai, tinggal disesuaikan sama selera masing-masing :D

Kapal Express Bahari
Kapal Express Bahari dengan teman baru di Karimun Jawa :D
5. Setelah sampai di Karimun Jawa
Ternyata eh ternyata, saya kira setelah sampai di Karimun Jawa langsung sampai di pusat pulau banyak penginapan dan lain-lainnya di dekat dermaga. Ternyata untuk ke penginapannya saja butuh naik angkutan lagi untuk ke penginapannya selama 7 menit, bisa sewa angkutan Rp 10.000/orang. Tapi kalo kuat jalan, mungkin bisa sampai dalam waktu setengah jam. Kalo kalian yang memakai jasa tour, biasanya udah disediakan angkutan dari dermaga ke penginapan.

AKOMODASI DI KARIMUN JAWA

Selama di Karimun Jawa, saya dan saudara saya tinggal di Hotel apa ya lupa namanya, pokonya dekat dengan alun-alun. Ternyata banyak penginapan, home stay dan rumah warga yang disewakan disini. Rata-rata penginapan disini berbentuk homestay, harganya mulai dari Rp 100.000, kamar mandi dalam, kipas angin, standar home stay sih. Tapi perlu diingat kalo listrik disini terbatas bro! cuman nyala dari jam 6 malam sampai jam 6 pagi. Selain waktu itu listrik di semua penjuru Karimun Jawa, mati! Untuk info akomodasi bisa hubungi rekan saya di Karimun Jawa, namanya mas Midu, orangnya baik, ramah, dan suka nolongin orang :D ini bukan promote tour dan penginapan, dia juga warga asli lokal Karimun Jawa, diajak ngobrol juga seru. Kontaknya bisa tanya dengan mention ke Twitter saya.

AKTIFITAS DI KARIMUN JAWA

Aktifitas di Karimun Jawa, menurut saya benar-benar bisa membuat jenuh hilang, kenapa begitu? karena selain liburan, kita juga bisa menghentikan sejenak aktifitas buka gadget, karena di waktu siang ga ada listrik dan selama kalian di Karimun Jawa kalian bakal terus beraktifitas yang namanya snorkling! Dari pagi sampe sunset, bakal dibawa nyebur, nyebur, dan nyebur lagi! (siap-siap item, gapapa eksotis hehe). Waktu saya pergi ke Karimun Jawa, saya belum nemuin gimana caranya bisa snorkling keliling pulau-pulau di sekitar Karimun Jawa, akhirnya saya ke dermaga dekat penginapan dan tanya-tanya warga lokal sembari menikmati sunset, karena dari pagi sampe sore full buat tidur karena perjalanan panjang Bandung-Yogya-Jepara-Karjaw :))

Karimun Jawa Sunset
My First Sunset in Karimun Jawa
Di dermaga itulah saya ketemu dengan Mas Midu ini, dia menawarkan paket snorkling 2 hari di Karimun Jawa, jadilah saya ikut tur dengan rombongannya Mas Midu hehehe awalnya dia ga nawarin, cuma sekedar ngobrol, eh ternyata tapi dia punya tour yang sering bawa rombongan, bahkan artis-artis Indonesia sering pakai jasanya Mas Midu ini.

Selama tour 2 hari kita bakal dibawa untuk snorkling dari pagi sampe sore! Mulai dari Pulau Cemara Besar, Pulau Cemara Kecil, Pulau Gosong, Pulau Menjangan Besar. Itu ada di sisi sebelah barat dari Karimun Jawa, sayangnya waktu saya kesana sisi sebalah barat timur Karimun Jawa gelombangnya sedang tinggi jadi kita gabisa kesana. Selama tour 2 hari ini saya bertemu teman-teman baru disini, ada yang dari Solo, ada yang dari Jakarta (yang sampe sekarang masih contact, malah mau jalan bareng ke Yogya buat liat hari Waisak disana), itulah indahnya traveling, bisa ketemu orang yang gabisa kita duga :D


Cemara Besar Karimun Jawa
Selpie in Cemara Besar with My Relatives, Mba Esi (Ijo), and Mas Andi (paling depan)
Groupie di tengah laut sama Mas Midu Tour Friends
Snorkling Karimun Jawa
Snorkling!
Selama 2 hari benar-benar diforsir terus nyebur ke laut! alhasil kulit hitam kekal abadi sampe 2 bulan coy! Di malam terakhir di Karimun Jawa, kita semua diajak Mas Midu untuk makan seafood di alun-alun Karimun Jawa. Jangan berfikiran alun-alun Karimun Jawa kaya alun-alun Kota Bandung yang bagus itu, ini cuma lapangan bola dekat dermaga dan banyak penjual makanan, tapi enjoy buat menikmati angin sepoi malam khas pantai, ditemani bintang  di atas langit, dan makan seafood bareng teman-teman lainnya (walaupun saya makannya ayam lagi, karena gasuka makanan seafood hehe)

Di hari terakhir saya dan sodara saya diantar Mas Midu ke dermaga tempat kapal berlabuh (beda dermaga kapal Kartini-Karimun dengan dermaga dekat alun-alun khusus kapal nelayan untuk tour keliling pulau-pulau). Disini kami semua berpisah, meninggalkan kenangan yang ada di Karimun Jawa cielaaahhh..

Perpisaham dengan Mas Midu & Friends
We had a great time here! Such a beautiful moment to remember. Buat yang masih muda harus coba ke Karimun Jawa, mirip-mirip Maldives yang terkenal itu, dan ini ga kalah kok sama Maldives! Oiya buat yang mau tanya kontak Mas Midu bisa mention saya di @irhamfaridh.

Pesona Jawa Tengah memang tak ada habisnya, di artikel lain kalian bisa baca bagaimana tips liburan murah keee...... Dieng, Jawa Tengah!  

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

66 comments:

  1. Karimun jawa ini emang cakep, tapi sayang kapal yang kesana enggak pasti. Kalau ombak lagi besar pasti enggak ada yang berlayar. Katanya sih sekarang ada pesawat ke karimun jawa dari semarang? Mau cobain naik pesawat deh~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, ada pesawat dari Semarang langsung direct ke Karimun Jawa. Harganya kalo gasalah 200an :D ajak-ajak donggg bangsss hehe

      Delete
  2. Karimun jawa ini memang cantik lah! Siapapun pasti suka kabur ke pulau ini :D

    ReplyDelete
  3. kang irham , itu knpa biaya keliling-keliling sama mas midu yang 2 hari gak dilabeli harganya , hehhe , jadi serasa kurang lengkap uey , , , rencna bulan september mau ksana nih sma kluarga , dah sedari lma pgen ksana akhirnya nemu blog kang irham yg lngkap bget review nya , hohoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena saya lupa sebenernya hahahahha
      Wih mantep tuh, kalo pake keluarga sih mending pake tour agent soalnya rada repot juga kalo backpackeran disana maseee

      Delete
  4. tapi sayangnya juga, fasilitas di karimunjawa masih kurang, sarana dan prasarana juga masih berantakan dan amburadul, pengelolaan kali ya, yang masih kurang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin memang sengaja dibiarkan seperti itu, supaya pembangunannya ga terlalu cepat yang nantinya bisa merusak alam disana. Secara, Karimun Jawa udah terkenal sampai mancanegara :)

      Delete
  5. met kenal mas irham, makasih atas guidenya, semoga bisa membantu backpacker lain.
    mas midu pake kaos kuning tuh :)
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama :)
      wih pasti anak karjaw juga nih hehe, salam ke mas midu :D

      Delete
  6. Ayoo...temen-temen diVOTE ya...trims...salam wiSATA...!!!!!!!!!! :



    http://writing-contest.bisnis.com/artikel/read/20150825/405/465577/fakta-fakta-unik-wisata-karimunjawa

    ReplyDelete
  7. yang ini nama saya..lho bukan anonymous:

    Ok..trims...salam wisata...berkelanjuta,,....

    http://writing-contest.bisnis.com/artikel/read/20150825/405/465577/fakta-fakta-unik-wisata-karimunjawa

    ReplyDelete
  8. Memang Karimun ga kalah dengan Maldives (walau belum pernah ke maldives..;d)

    http://nafsumalala.blogspot.co.id/2015/06/karimunjawa-little-paradise-at-northern.html

    ReplyDelete
  9. Hehe seperti itu memang karimunjawa. Sukses selalu ya mas faridh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa balik lagi suatu saat :D aminnn thanks!

      Delete
  10. sama bg midu tuh snorkling nya kena biaya berapa 2 hari? minta cp nya donk..

    ReplyDelete
  11. sama bg midu tuh snorkling nya kena biaya berapa 2 hari? minta cp nya donk..

    ReplyDelete
  12. Saya juga dari Bandung, Maret 2013 ke karjaw bareng temen dari Belgia. Cuma trip saya lebih simple, ga perlu ke Yogyakarta dulu. Naik bis Nusantara aja (kalo ga salah namanya,lupa2 inget), beli tiketnya di sebelah Alfamart GOR pajajaran. Itu langsung turun di deket pelabuhan Kartini, naik becak bayar 10rb ke pelabuhan. Ga jauh dr pelabuhan, sy ambil tiket feri Chantika Express yg udah dibook duluan dari Bandung, bayar ke mbak nya via transfer BRI. Dapet box snack dan air mineral gelas. Asik banget, cozy. Disana tidur dirumah nelayan namanya pak anto. Udah telponan dulu sebelumnya dari bandung. Dulu semalam harganya 35ribu. Rumahnya asik,bersih. Paket tournya dulu 120rb utk 2hari include : life jacket,bbq di pulau utk lunch, foto underwater, cd hasil foto2,google,fin, perahu utk hoping island. Termasuk mampir ke penangkaran ikan hiu juga. Hari ketiga sy dan teman memutuskan utk sewa motor pa anto sehari 65ribu, tracking ke pelosok karimunjawa, maket rumah adat, mangrove area, sampe akhirnya nemu private cottage near shore punya org Belgia, dan kita seharian snorkling disana, bayar tiket masuk 12000/org.

    Karimunjawa memang eksotis banget. Buat yg mau kesana, tolong hati2 ya sewaktu taken underwater pict, jangan sampe bikin batu karangnya hancur krn utk pegangan atau keinjak, dan jgn buang sampah sembarangan yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak bisa minta kontak pak antonya Ga?

      Delete
  13. Bro bisa minta kontak mas midu? Thanksss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas. Ini web nya midu
      http://www.holidaykarimunjawa.com/?m=1

      Delete
  14. yang mau trip karimun jawa backpekeran bareng , boleh gabung dengan kami, sementara kami ada 5 orang. rencana brngkt kami, karna kami dari jakarta kami berangkat tgl 3 april 2016 . untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kontak saya :

    Nama : Yusuf
    No : 085717768527

    come and join as brother hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yusuf, hold dong. bulan mei aja yuk hehe

      Delete
    2. Saya mau kesana antara 5-8 Mei mbak. ini Baru ada 2 org. gabung bisa gak ya ?
      Info di 085655808800 (Rico)

      Delete
  15. Bro, best season utk ke karimun itu dr bulan apa sampai bulan apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan Maret-Agustus pas lagi musim panas :) tp karena cuaca skrg labil, pokoknya pas lagi cerah aja :))

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. bagi info dunk travel yg bisa di percaya buat ke karjaw info ny trims

    ReplyDelete
  18. Open Trip Ke karimunjawa Bulan Mei

    http://www.wisataweekend.com/paket-wisata-karimunjawa/

    ReplyDelete
  19. Recommended aq add yah fb nya.. Thx

    ReplyDelete
  20. Salam adventure ...
    buat temen-temen yang mau gabung trip karimunjawa tgl 7 mei 2016 , kita backpekeran bareng, shere cost, dan jalan bareng-bareng anak backpecker ..
    untuk sementara kita udah ada 7 orang dari 4 kota yang berbeda-beda .. yang minat
    bisa hubungi saya di 085717768527 (yusuf)

    thanks brother ,,

    ReplyDelete
  21. Om kalo mau kekarimun bawa mobil sendiri itu bisa tidak ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.. Nanti parkir di dermaga Jepara Aman kok.. Atau mau dibawa nyebrang pakai ferry juga bisa, 500rb biaya penyebrangan mobilnya

      Delete
  22. Yang mau gabung backpaker ke karimunjawa 10-15 july berangkat dari jakarta bisa hubungi lewat WA 088212055740

    ReplyDelete
  23. hehehe, saya suka judulnya mas, karimunjawa tempat kabur, salam ngeblog

    ReplyDelete
  24. Lihat Keindahan Karimunjawa

    https://youtu.be/xY7we1O1Pv0

    ReplyDelete
  25. Kereeen..
    Yang kangen karimunjawa bisa cek videonya:
    https://youtu.be/xY7we1O1Pv0
    kalau ke karimunjawa bisa backpackeran atau beli paket wisata karimunjawa:
    www.wisataweekend.com

    ReplyDelete
  26. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata Indonesia dengan sejumlah wisata yang menarik.Benar benar sangat bermanfaat jika kita dapat mengetahui tempat wisata yang menarik dan penuh dengan suasana baru pada Indonesia.Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  27. wahhh kawan2 saya ternyata pada ngumpul disini semuanya.. hehehe salam kenal ya min. ikut gabung nongkrongin blognya boleh min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya alhamdulillah rame ini artikelnya. Ayo nongkrong2 cantik disiniiii. Tahun depan insya Allah kalo ada kesempatan bakal balik ke Karimun Jawa :)

      Delete
  28. tulisan yang menarik, sangat detail dan bagus, salam

    ReplyDelete
  29. ada yang ke karimun jawa gak yah untuk tanggal 9-12 September 2016 ?

    kalau ada mau gabung dong ?
    Mau traveler kesana rencananya bareng temen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tdk usah bingung mas. Kami siap melayani anda. Silahkan hub 082242641516

      Delete
  30. Ada yang mau gabung ke karimun jawa dr jakarta gak tgl 7-12 september 2016, kami rencana baru 4 org
    Hubungi ke instagram @devifyanti
    Makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau message tapi IG nya ga nemu, ada baiknya kasih no hp aja Dee

      Delete
  31. Ada yang mau gabung ke karimun jawa dr jakarta gak tgl 7-12 september 2016, kami rencana baru 4 org
    Hubungi ke instagram @devifyanti
    Makasiih

    ReplyDelete
  32. Ikut gabung dong yg september mau ke karimun jawa. Saya ber 6 dari tangerang. Pasti jadi... wasap ane gan 085710778669

    ReplyDelete
  33. kapal ke karimun tiap hari apa aja ya klo dr jepara kesana, trus kapal baliknya setiap hari apa ya??? biar bisa atur jadwalnya, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Update terbarunya belum dapet hehe ntar di update kalo udah dapet info terbaru ya :)

      Delete
  34. Bantu jawab yaa.. Info terkini dari temen yang punya homestay disana selain kamis dan minggu , kapal berangkat.

    ReplyDelete
  35. Haii ada yg mau Gabung ke Karimunjawa
    Tgl 13 -17 September 2016

    http://www.backpackerindonesia.com/node/119341

    Bisa hubungin saya 08979737784
    Sergio

    Thankyou Mas Irham

    Btw sekarang siang sudah nyala listriknya disana, udah masuk PlN , great banget

    ReplyDelete
  36. wahh... mantap mas infonya,
    rencana saya sih mau kesna barang teman2 sekitar 7 org di bulan desember. cuma saya baca coment ada yang bilang bagus ke sana musim panas bln januari - agustus.
    mas irfan boleh minta cp nya mas midu. ane lagi nyari yg bisa bantu disnaa. tks

    ReplyDelete
  37. Kalo ada yg mw backpaker ke karimun jawa ajak saya ya,di 085319740557

    ReplyDelete
  38. klo bangun tenda dibibir pantai kira2 boleh ga ya bang?
    hahaha

    ReplyDelete