May 14, 2015

Desa dan Pantai Sawarna, Kampung Halaman Kedua

Desa Sawarna
Bermain di sekitar Pantai Desa Sawarna
Desa Sawarna, terletak dekat dari Kota Bayah, Banten. Jaraknya sekitar 7 jam perjalanan dari Kota Bandung. Desa Sawarna ini sudah seperti kampung halamanku yang kedua, karena hampir setiap tahun selalu berkunjung ke desa nan indah ini. Desa Sawarna mempunyai karakter khas desa di daerah pesisir. Pantai, karang, tebing, pegunungan pinggir pantai khas Indonesia, sungguh indah :)

Dari Bandung kita bisa melalui jalur Bandung-Padalarang-Cianjur-Sukabumi-Pelabuhan Ratu-Sawarna sekitar 7 jam perjalanan harus dilalui. Tapi kita bisa menikmati pemandangan selama perjalanan, terutama saat sesudah melewati Pelabuhan Ratu. Kita akan menyusuri pantai, melewati bukit-bukit melihat pemandangan laut dari atas. Dan jangan lupa mampir di Bukit Habibie, melihat Pelabuhan Ratu dari ketinggian, it's nice!

Bukit Habibie
Bukit Habibie
Dari Bukit Habibie, tinggal menempuh sekitar 1 jam lagi untuk sampai di Desa Sawarna. Setelah sampai di Desa Sawarna kalian bakal dijamu oleh keramahan warga desa Sawarna khas Sunda karena kalian bakal melewati perkampungan warga sebelum ke daerah pantai atau daerah penginapan.

Harga penginapan di Sawarna semua sama, karena kata salah satu warga disini, setiap warga yang sewa penginapan masuk ke perkumpulan, jadi semua harga di sama ratakan, tinggal pilih mana yang enak :D rata-rata harga penginapan disini Rp 150.000 per hari per orang, tapi tenang itu udah termasuk makan sepuasnya 3 kali. Ada bermacam-macam tipe penginapan di Desa Sawarna ini, ada yang berbentuk homestay, hotel, atau rumah warga. Rata-rata semua sudah ber-AC, karena disini suhunya lumayan panas (iyalah di pantai). Tapi enaknya Desa ini, kalo malem cuacanya adem, angin semeliwir, dan bau pantai menghampiri :')

Desa Sawarna
Suasana Desa Sawarna
Jarak dari penginapan ke pantai lumayan dekat, jalan sekitar 5 menit kita udah sampai di pantai, Pantai Ciantir. Tapi, kalo kita mau explore semua wisatanya sepertinya terlalu jauh kalo kita jalan kaki. Sebaiknya kita charter ojek Rp 80.000 ke semua wisata atau yang bawa motor, pakai motor untuk berkeliling ke setiap wisatanya. Kecuali Pantai Legon Pari dan Tanjung Layar yang hanya 1 km dari Pantai Ciantir kita bisa menyusuri pantai, pemandangannya pun indah disana.

Pantai Ciantir
Pantai Ciantir
Pantai Legon Pari
Pantai Legon Pari
Tanjung Layar
Tanjung Layar
Karang Taraje
Karang Taraje
Kalo kalian masih muda, ayolah coba explore Indonesia, dimulai dari yang deket-deket aja dulu, salah satunya Desa Sawarna ini, selain ga jauh, Desa Sawarna ini juga mudah dicapai dan fasilitas udah lumayan lengkap. Let's explore Indonesia!

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

6 comments:

  1. Pertma kali ke sawarna 2006 kalo ngak salah, jatuh hati ama tempat ini. Dan akhirnya sudah 7x an kesana dan ngak perna bosen juga :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin gara-gara suana desanya yang nyaman + dkt pantai. Tapi skrg udh penuh beudh :( dulu pertama kali kesini indomaret sama alfamart blm ada

      Delete
  2. Pertama kali ke situ tahun 2010 suasananya masih nyaman,halaman depan tanjung layar belum penuh oleh warung, namun sekarang suasananya jadi kurang enjoy karena sudah penuh sesak oleh pengunjung apalagi kalau lebaran, anehnya jembatan gantungnya masih itu itu saja aturan disitu harusnya ada dua jembatan satu untuk masuk satunya lagi untuk keluar lokasi wisata pantai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp betul, mungkin sebaiknya pemerintah setempat mempertimbangkan hal itu. dan + sekarang ada indomaret dan alfamart hahaha

      Delete
  3. Asri banget lokasinya gan,,kayaknya nyaman banget di sana,,,next trip kesana.

    ReplyDelete