May 10, 2015

Backpacker ke Singapore dan Kuala Lumpur! (Cerita, Tips, & Budget)


6 Mei 2015, menjadi hari dimana menjadi pengalaman pertama saya pergi keluar negeri. Bermodalkan tiket yang dibeli tahun lalu dan modal nekat. Pergilah saya dengan Lylis (my girlfriend). Kita cuma bawa sekitar $100 dan RM 175 per orang, kalo ditotal mungkin sekitar 1,5 juta rupiah untuk makan, transportasi, dan lain-lain selama trip. Start perjalanan dimulai dari Bandung, tentunya dari Bandara Hussein Sastranegara. Take off pesawat sekitar jam 2 sore waktu Indonesia dan ternyata sampai di Bandara Changi Singapura jam 5 sore waktu Singapura, lebih 1 jam dari ittenary yang udah ditentuin. But no worries, kita ga tergantung ittenary jalani saja, biarkan mengalir~

Bandara Changi Airport
Salah satu sudut Bandara Changi
Kita keluar dr terminal 3 dan selanjutnya kita harus menuju terminal 2, karena kita akan memakai MRT (Mass Rapid Transport) yang cuma ada di terminal 2, kita memilih MRT karena pakai transport ini lebih murah ketimbang pakai bus apalagi taksi dari bandara. Setelah lihat peta di salah satu sudut bandara, letak terminal 3 ke terminal 2 ternyata jauh pisannn. Setelah tanya-tanya petugas bandara, ternyata dari bandara 3 ke bandara 2 kita bisa pake Sky Train, harganya? gretong! alias gratis!
Perjalanan dari terminal 3 ke terminal 2 menggunakan Sky Train tidak lebih dari 10 menit. Setelah itu pergilah ke pojok sebelah kanan bandara ke arah keluar dan harus melewati bagian imigrasi dari Singapura. Disitu cek paspor dan ditanya sedikit tentang mau ngapain di Singapura dan berapa lama di Singapura. Setelah itu pergilah kita ke MRT Station bandara, dan beli STP (Singapore Tourist Pass). STP ini adalah kartu yang bisa kita pakai untuk memakai MRT dan bis di Singapura sepuasnya yang berlaku sampai pukul 00.00 pada hari saat beli STP itu. STP ini harganya $20 untuk 1 hari dan $26 untuk 2 hari, itu udah termasuk $10 deposit yang bisa kita ambil lagi setelah mengembalikan STP card tersebut.

Singapore Tourist Pass
Singapore Tourist Pass
Dari Changi Airport kita naik MRT menuju Little India Station, MRT Station terdekat menuju hostel kita di daerah Little India. Tapi ternyata hostel kita itu jauh dari Little India Station, tersesat lah kita selama 1 jam di daerah situ. Setelah sampai hostel, kita simpan tas dan keluar lagi menuju Merlion Park. FYI, kita tinggal di Society Backpacker Hostel, penjaganya ramah, tempatnya bersih dan ber-AC, harganya pun cuma sekitar $13, pas untuk beristirahat.

Society Backpacker Hostel
Society Backpacker Hostel
Ternyata setelah ngobrol dengan penjaga hostel, MRT Station terdekat dari hostel yaitu Lavender Station, so kita ke Lavender Station dan turun di Raffles Places Station dan jalan sekitar 1 km ke Merlion Park. Di Merlion Park kita bisa foto-foto dengan patung singa yang terkenal itu dengan background gedung-gedung tinggi di pusat Singapura. Untuk ke Merlion Park ini lebih bagus di saat malam hari karena kita juga bisa melihat kerlap-kerlip lampu yang menabjubkan dari Marina Bay Sands dan gedung Esplanade.

Merlion Park #1
Merlion Park #1

Merlion Park #2
Merlion Park #2
Setelah puas foto di Merlion Park, kita kembali ke Little India cari makan dulu di sekitar Little India. Dan mengejutkan, kita melihat ada makanan di food court sekitar jalan dari Lavender Station yang ke arah Jalan Besar, Nasi Lemak cuma $2,5! Standar makan di Singapura $5-$8 padahal. Menu pas untuk makan selama di Singapura, apalagi untuk backpacker kere (udh backpacker, kere pula, sedih amat) hihihi

makanan murah singapura
$5 bedua cuy~
Setelah perut kenyang, balik ke hostel dan istirahat. Besok paginya (actually subuh, karena saking semangatnya) kita udah mulai pergi dari jam sekitar 6 pagi, tujuan selanjutnya kita ke Sentosa Island. Tapi jam 6 pagi ternyata di Singapura masih gelap dan masih sepi (positifnya: orang Indonesia lebih rajin) bahkan sampai di Sentosa jam 8 pun masih sepi (pake banget!). Dari Lavender Station kita naik MRT ke Waterfront Station di Vivo Mall, terus naik ke lantai 3 Vivo Mall menuju Sentosa Express Station. Tiketnya $4 untuk bulak-balik. Pertama-tama kita mulai dari ujung, menuju Siloso Beach, lalu ke Universal Studio (depannya aja, numpang foto gan :D)

Siloso Beach
Siloso Beach
Universal Studio
Universal Studio
Setelah puas poto-poto, kita balik lagi ke hostel dan berkemas untuk pergi ke Kuala Lumpur, yuhuuu! Dari Lavender Station kita pake MRT ke arah Bugis Station dan mengembalikan STP card di ticket office dan mengambil uang deposit kita sebesar $10. Dari Bugis Station kita harus jalan sejauh sekitar 1,5 km ke Terminal Bis Queenstreet selama 15 menitan. Di terminal Queenstreet langsung beli tiket bus ke arah Johor Bahru, tepatnya Lankin Terminal, tiketnya cuma $3,3. Selama perjalanan kita akan turun 2 kali untuk melewati imigrasi. Sampai di Lankin Terminal, suasananya seperti di Indonesia. Banyak calo yang nawarin bus. Beruntungnyakita ditawari calo, ternyata dari Indonesia, ditawari naik busnya sampai ke Bukit Bintang seharga RM 40, saya pikir harga itu murah, soalnya saya dengar bus lain cuman sampai TBS (Terminal Berpadu apa gitu lupa) seharga $35 terus harus lanjut lagi pakai bis ke arah kota.

Tiket Singapore-Johor Bahru
Tiket Singapore-Johor Bahru
Sampai di Bukit Bintang kita langsung ke Terminal LRT (semacam MRT di Singapura), cuma LRT ini ga ada tourist pass, jadi harus beli tiket di mesin otomatis yang tersebar di setiap station. Caranya tinggal pilih statiun tujuan, masukin uang RM, terus nanti token keluar, tempel token di gate masuk dan keluar. Dari Bukit Bintang Station kita ke Station KLCC menggunakan MRT karena kita mau ke Petronas Twin Tower, harga tiket sekitar RM 1,3. Kita sampai di Petronas Twin Tower sekitar jam 8 malem waktu Malaysia, sesuai yang diharapkan karena katanya Petronas Twin Tower ini keren kalo dilihat di malam hari, dan memang its unbrethtaking view!

Petronas Twin Tower
Petronas Twin Tower
Setelah puas foto-foto di Petronas Twin Tower, kita mau cari makan di Jalan Alor yang terkenal dengan kulinernya, yummy! Dari KLCC Station kita naik LRT ke Imbi Station, harga tiket sebesar RM 2. Dari station Imbi, kita jalan sekitar 700 meter. Jalan ke arah sebrang Berjaya Mall. Sampai di Jalan Alor, banyak sekali kuliner mulai dari makanan seafood, chinese food, sampai melayu food juga ada. Harganya pun murah meriah kok, sekitar RM 10 untuk makan dan minum!

Alor Street
Alor Street
makan di Alor street
Daging Selada ala Melayu + Teh Tarik :)
Setelah makan kita ke penginapan dan istirahat. Besok paginya sekitar jam 8 pagi, kita berangkat ke Central Market di Petaling Street. Disini banyak barang2 khas yang bisa dijadikan oleh2. Harga kaos sekitar RM 25, gantungan kunci RM 3, coklat malaysia RM 20. Kalo kehabisan uang Ringgit disini ada money changer, bisa tukar uang rupiah atau sisa dari Dollar Singapore atau disini juga ada ATM CIMB Niaga dan ada ATM bersamanya.

Central Market
Central Market
Selesai dari Central Market, kita bergegas untuk menuju Bandara KLIA 2 menggunakan KLIA Ekspres. Menuju bandara hanya selama 33 menit, harga tiketnya RM 35 per orang. Keretanya cepat, dan keretanya pun nyaman (kapan Indonesia punya fasilitas transportasi kaya gini :( ). Setelah 30 menit, kita sampai di Bandara KLIA dan landing di Indonesia dengan selamat, dan back to reality lagi karena keluar Bandara Soekarno Hatta aja udah macet, dan perjalanan ke Bandung di tol pun macet, ya begitulah Indonesia. Tapi saya optimistis, suatu saat nanti Indonesia akan bisa seperti ini, bahkan lebih maju! Semoga saya juga bisa berpartisipasi memajukan negeri kita tercinta ini! Mari, majukan bangsa ini dengan aksi dan solusi, bukan caci maki! :D

KLIA Express
KLIA Express
Budget Pengeluaran
Singapore
Singapore Tourist Pass          $ 16
Makan 3 x $ 2,5                    $ 7,5
Jajan                                      $ 3
Sentosa Express                    $ 4
Bus SIN-JB                           $ 3,3
Total                                      $  33,8 sama dengan Rp 331.240 
                                                   (kurs $1 = Rp 9.800)                                   

Malaysia
Bus JB-KL                            RM 40
LRT 4 x 2                              RM 8
Makan RM 10 x 2                 RM 20
KLIA Express                       RM 35
Total                                     RM 103 sama dengan Rp 360.500
                                                      (kurs RM 1 = Rp 3.500)

TOTAL dalam rupiah         Rp 691.740

Biaya total tersebut belum termasuk biaya penginapan dan tiket pesawat. Untuk biaya penginapan bisa dicari di Hostel World atau Agoda. Rata-rata penginapan di Singapore sekitar $15-$20 dan di Malaysia sekitar RM 40. Untuk tiket pesawat saya menggunakan tiket promo, sekitar Rp 500.000 PP, dengan jalur berangkat dari Bandung ke Singapura dan pulang dari Kuala Lumpur ke Jakarta. Semoga bermanfaat! :)

Tips liburan murah di Singapura, bisa dilihat disini. 

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

187 comments:

  1. Kebetulan besok mau cobain cross border singapore - malaysia. berarti naik busnya dari Terminal Bis Queenstreet ya :D *catet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, dari Queenstreet ntr sampe Lankin Terminal. Di Lankin Terminal banyak bus jurusan ke Kuala Lumpur, turun di TBS atau Bukit Bintang :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Dari Larkin Terminal, kenapa langsung ke KL? Mampir dulu di Melaka (salah satu UNESCO World Heritage site, lho...) FYI, TBS itu singkatan Terminal Bersepadu Selatan.
      Cheers....

      Delete
    4. Dari larkin ke melaka naik apa mas

      Delete
    5. Dari larkin banyak bus ke malaka harga tiket 12 rm

      Delete
  2. Wih seru tuh backpacking ama pacar, gue pernah mau kaya gitu dan beli tiket jauh2 hari, eh ga taunya pas udh mau deket2 keberangkatan kita putus. Failed jadinya perjalanan backpaker gue ama pacar. Nyesek sob.

    Jangan sungkan mampir ke www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya, semoga bisa dapet pasangan baru dan traveling sama pacarnya bisa terwujud :D

      Delete
  3. Pas banget nih nemuin blog ini, rencana September nanti mau backpackeran ke 2 negara ini (perdana juga :D), thanks infonya :D

    Mampir juga >> taniadwilestari.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat :D terima kasih kunjungannya :D

      Delete
  4. pas banget nemu nih blog eheh. saya emang lagi nabung buat backpacking singapore-malay. itung-itung nabung info hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih mantap. Semoga bermanfaat artikelnya :D

      Delete
  5. Cross border via bis dr SG ke JB dan sebaliknya udah pernah nih, tp pengen nyobain yg pake kereta, seru kyknyaa

    Btw, yg di Lavender Stn itu ananas cafe apa bukan sih? Huwaa seneng bangetttt kali harganya masii segitu :)

    Nasi briyani fave aku di Chinatown 5dollar soalnya =,=

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kemarin sempet mau coba pake kereta tapi mumpung Queenstreet deket dr Bugis jadi pake bis hehehe

      Waduh kalo namanya lupa hehehe pokoknya dekat dgn Stadion Jalan Besar. 5 dollar sih masih murah segitu mbaaa~ hehe

      Delete
    2. Kalo mau pake kereta, ambil kereta malam (ada gerbong yang pake ranjang juga). Berangkat dari Woodlands jam 23.30, sampai di KL 07.00. Lumayan irit biaya penginapan 1 malam. Itung2 sambil tidur pindah negara.

      Delete
    3. Informasi yg berguna kak, thanks, semoga lain kali bisa pake kereta :D

      Delete
  6. Cross border via bis dr SG ke JB dan sebaliknya udah pernah nih, tp pengen nyobain yg pake kereta, seru kyknyaa

    Btw, yg di Lavender Stn itu ananas cafe apa bukan sih? Huwaa seneng bangetttt kali harganya masii segitu :)

    Nasi briyani fave aku di Chinatown 5dollar soalnya =,=

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau pake kereta, ambil kereta malam (ada gerbong yang pake ranjang juga). Berangkat dari Woodlands jam 23.30, sampai di KL 07.00. Lumayan irit biaya penginapan 1 malam. Itung2 sambil tidur pindah negara.

      Delete
  7. Yang selalu gw kangen dari sing ini kuliner nya, btw pergi ama pacartrus nginep di hostel rame2 mmg asyik yaaa ??? kan ngak bisa mojok #Kepo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang sembunyi-sembunyi itu lebih asik, mz :))))

      Delete
    2. wkwkwkwkwkkwkwkk... jawaban yang bagusss

      Delete
    3. wkwkwkwkwkkwkwkk... jawaban yang bagusss

      Delete
  8. detil nih, btw tempat penginapan di KL namanya apa bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunbow residence hotel bro, tepat di tengah daerah Bukit Bintang, tempatnya strategis ;)

      Delete
  9. Hallo mas irfan. What an amazing trip! 700rb is worthless budget;). Btw. Untuk KL hostel nya apa ya? And boleh pake tongsis kah disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ga nyangka mas, tapi ya itu hasil jerih payah :') kalo di KL saya di hotel mas, namanya Sunbow residence hotel, ga ada yg melarang pake tongsis ko mas :D

      Delete
  10. Perjalanan super cepat ya Mas, dua negara dengan biaya murah pula. Keren nih nyusun itinerary-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua berkat pengalaman hehe semua pun bisa ngelakuin itu yg penting usaha :D

      Delete
  11. alhamdulliham saja jg ke singapore dan malaysia via Batam lumayan ngirit bos..

    http://www.erwinwiguna.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillahhhh mas :D semoga bisa jalan ke negara lain lagi :D

      Delete
  12. Ada rencana mau kesana tapi masih ragu... emang kalo ke singapore mesti ada npwp atau bayar fiskal gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah persyaratan lama :') udah bebas visa dan fiskal kok sekarang, modal bawa paspor aja

      Delete
  13. mass irham bisa kah minta email mau nanya-nanya nih agak kurang paham saya baru mau coba explore nih hihihi berhubung saya cuma berdua dan cewek smua jd mau nnya yang gak paham
    makasih sebelumny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, e-mail aja ke irham.faridh@yahoo.com yah :)

      Delete
  14. Aku bolak-balik baca ini, soalnya pas sambil bikin itinerary ke dua negara itu juga. Seru banget. Foto-fotonya juga bagus-bagus. Really nice ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks! :D semoga berguna ya nanti, laporan kalo sukses :D

      Delete
  15. aku selalu senang baca/dengar cerita pengalaman orang ke luar negeri pertama kali :D
    senang banget ya, apalagi sama pacaaarr.. huhuy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jalan ama pacar gitu, enak nya ngapain aja yaaa kak ??? #Kepo #Laludigampar

      Delete
  16. Kalo masih tetep ngak punya duit, apa tips nya ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liatin foto2nya aja, pake google street view, rebes :D

      Delete
  17. Wah nice article! Kebetulan juga mau trip ke 2 negara ini. Hmm mau tanya dong klo dari johor ke KL kan 7 jam ya naik train, klo naik bis sama juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bis mungkin lebih cepat setauku, kemarin antara 4-5 jam an

      Delete
  18. Saya ada rencana trip kesana nih mas, klo naik bis jamnya kapan aja kan? Bis malam juga ada? Dan brapa jam ya perjalanan dari spore ke KL? Mohon jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisnya available tiap jam. lama perjalanan 4-5 jam dari johor bahru

      Delete
  19. mas mau tanya harga hostel di singapur brp ya dan dari bandara ke hostel naik apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung fasilitas, bisa di cek di agoda.com. dari bandara naik MRT aja lebih murah dibanding naik taksi atau bus

      Delete
  20. Mas mau tanya, kalo menginap di malaysia baiknya d daerah mana yg bisa dg cepat menjangkau tmpt wisata di malay ? Soalnya saya cuma punya waktu satu hari, mlm nya mau lgsung menginap di bandara? Jam brpa akses terakhir LRT ke bandara ? Klo lion di LCC atau KLIA , balik jakarta nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Bukit Bintang aja. deket menara petronas. Kalo lion di LCC yg sekarang udah jadi KLIA 2

      Delete
    2. mr unknow stay saja area KL Sentral banyak hotel bajet sekarang makan pun jimat murah ada restoran melayu,gerai melayu pun ada kelantanese murah sangat air sirap rm1.50 je gelas besar tak abis minum,,klau nak ke supermarket cross road aje ada NU SENTRAL MALL ada supermarket murah,,nak pergi airport KLIA2 or KLIA pun senang sebelah je ambik bus rm8 lebih kurang 1 jam lebih atau ERL speed train hanya 28 minit je rm35,,kalau nak keliling KL city cuma ambik monorail je KL sentral ,,kalau nak ke Batu Caves ambik KTM murah semua sekali pengakutan awan ada dalam KL Sentral tak payah duduk area bukit bintang makanan mahal area pelancong,,nak dtg KLCC waktu malam tgk air pancut menari2 depan KLCC pakai monorail je dr KL Sentral turun station RAJA CHULAN masuk ikut pendestrian bridge jalan terus sampai ke KLCC jalan saja jimat duit,,tak susah pun datang KL macam kacang goreng je senang sangat kerana pengakutan awan KL more inficient compare Negara ASEAN YG lain lebih senang mudah dan jimat,,

      Delete
  21. kebetulan banget bulan depan mau ke SG dan kuala lumpur. boleh nih info nya

    ReplyDelete
  22. Bro saya rencana ke kl januari tahun depan, nah kebetulan dapet tiket promonya cuma ke malaysia. Kalo ke sg di hari ke 2 dan pulang ke Jakarta hari ke 3 flight jam 2 siang kira-kira keburu gak ya?

    Asumsinya dari kl ke sg itu kalo via kereta atau bis berapa lama? Makasih :D

    ReplyDelete
  23. Mas, Bis dari queenstreet ke Bukit Bintang apakah ada yang malam jam 11?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluar saja ke JB ,,larkin terminal byk bus ke KL,,last maybe 12 malam,,

      Delete
  24. Waaa keren nih, jadi pengen nih backpackeran ke banyak negara. Pengalamannya keren sob...

    ReplyDelete
  25. Hi,

    Kalian disana total berapa hari ya?

    ReplyDelete
  26. Mohon infonya . untuk ke dua negara tsb enaknya ke Singapore dlu lanjut ke Kuala lumpur atau sebaliknya ?

    ReplyDelete
  27. Mohon infonya . untuk ke dua negara tsb enaknya ke Singapore dlu lanjut ke Kuala lumpur atau sebaliknya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja kak, mau lewat manapun yg penting asik :)

      Delete
    2. Enaknya ke Spore dulu. Pulangnya dari KL karena di Malay airport tax-nya lebih murah....
      (Pelit Mode: ON)

      Delete
    3. kak, klo dari JB bisa lgsg ke KL central g? soalnya biar sklian ke padang besar naik ets..

      Delete
  28. MAs Bro.. aku email yah buat tanya 2...

    ReplyDelete
  29. gan, itu pas pulangnya dari KLIA- JKT naik pesawat apa ya? pesan tiketnya apa booking dlu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pesen sekalian sama keberangkatannya bro :)

      Delete
  30. Baca aja dah seru..
    Jadi mo coba, harga mgkin dah sdkit berubah, perlu susun itinerary yg baru nih :D

    ReplyDelete
  31. Ke singapore pke ngurus visa? Klau iy gimana?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, dari petronas tower ke bandara gimana ya rutenya trus butuh wktu brp lm? Kebetuln ke malay cuma mau liht menara kembar

      Delete
    2. Bantu jawab ya :D Dari KLIA2 bisa naik bis ke KL SENTRAL abis tu cari LRT ke KLCC.

      BUS KLIA2-KL SENTRAL = RM 11
      LRT KL SENTRAL - KLCC stesen = RM 1.60

      Delete
    3. Kuni Kuni..hi!! saya tolong jwb ye..
      from KLCC (Petronas tower) amik LRT heading to KL Sentral..then boleh naik bas/airport coach (sorry couldn't remember the price...but below RM20 rasanya..ATAU boleh amik KLIA Express (about 30-40 mins) and its a bit pricey (RM55)..utk foreigner im not quite sure..haha..even saya sendiri pun teragak nak naik..hahah... but please avoid taxi..

      Delete
  32. saya mau coba untuk tour singapura lanjut malaysia barang keluarga via kreta untuk tranport di malaysi apa bisa lansung beli di tempat ..baik bus,kreta maupun pesawat

    ReplyDelete
  33. Permisi gan, itu untuk nginep di KL nya dmn ya gan? Ada saran nggak? Tengkyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek Lantern Hotel lokasi di Petaling Street daerah Pasar Seni. Murah + Keren ada rooftop. Lokasi deket stesen Pasar Seni deket kemana2.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  34. Insya allah 20 maret mau ksana,, yukk yg waktunya bareng bisa kumpul2 mlakukn backpaker bareng,,

    ReplyDelete
  35. Keren massss! Liburan kemaren ke KL-Melaka bareng pacar malah badmood bawaannya :(

    Mampir ya http://angnit.blogspot.co.id/2015/11/2015-biaya-backpack-ke-kuala-lumpur.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha kadang berantem jd bikin badmood memang hahahaha

      Delete
  36. haiii...
    Salam Kenal..
    ada yang mau bacpakeran ke Malaysia, singapura dan Thailand nggak ya?
    Pengen ikutan.

    ReplyDelete
  37. hai kak, kalo dr sinagpura ke kl kita naik bis dulu baru kereta? daerah mana ambil tiketnya?
    berpa lama perjalanan singapura kuala lumpur?

    Thanks kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjalanan total 4-5 jam an, ambil bus dari Queens Street menuju Johor Bahru

      Delete
  38. keberangkatan 3 Maret ke singapura, tgl 5 maret ke malaysia, ada yang mau join bareng? ayo kita backpackeran

    ReplyDelete
  39. Hai mas.. thanks info nya.. bermanfaat banget.. saya cewek dan rencana akhir bulan ini mau solo backapcker ke sing dan malay.. dr sing ke malay lbh aman naik kereta atau bisa klo sndri ? Pgn nambah 1 negara lgi setelh malay bisa lanjut kemna lagi y ? Ada ide ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihhhh keren nih! Dari Kuala Lumpur bisa mampir Thailand kalo mau bisa crossborder ke Phuket atau SUrat Thani Thailand, Bangkok terlalu jauhhh

      Delete
  40. Nanya dong, bis yang kemarin dinaikin dari JB ke KL apa ya?
    Ada toilet nya ga ?
    thx.
    Fajar

    ReplyDelete
  41. Jd kepengen kesana,tp khawatir kalo sendirian

    ReplyDelete
  42. Cerita perjalanan yang bagus, aku juga mau tanggal 1 April ke SinGapore dan Malaysia. tapi masih bingung naik moda transportasi apa aja buat ke tempat wisata disana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transportasi di Singapura lengkap, bisa pake MRT atau bus

      Delete
  43. FYI..ticket to KLIA & KLIA2 dah naik harga..RM55..mahal gile T_T ..
    n indonesia ade banyak tempat yg best..view yg superb..saya baru balik dari Lombok..mohon janganlah Lombok jadi macam krabi..biarkan Lombok cantik sampi bila2..mungkin mau ke flores plak nanti..

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh mahal banget ya?!
      Iya tahun depan mau coba eksplor seluruh Indonesia dulu :)

      Delete
  44. Sunbow residence hotel itu bisa 1 kamar ber dua ga bro? rencana gw mw berangkat sama pacar, biasanya hotel Sunbow residence atau hotel lainnya ,kalau belum nikah masalah ga ya,satu kamar? hahaha

    ReplyDelete
  45. Bang utk naik LRT kan masukin RM tuh biar token keluar? Itu harus uang pas apa gmn bang?

    ReplyDelete
  46. Bang utk naik LRT kan masukin RM tuh biar token keluar? Itu harus uang pas apa gmn bang?

    ReplyDelete
  47. Ahh kangen sebenarnya backpackingan lagi ke Singapura terlebih pengen tahu sehabis diancam ga boleh masuk lagi klo kedapatan bawa yang aneh-aneh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh sama penasaran jg, yoklah trip bareng kak! hehe

      Delete
  48. Hai mas makasih ya artikelnya berguna :)
    Insyaallah saya ada plan mau ke singapur-malaysia bulan agustus besok. Dan itu akan jd perjalanan pertama saya ke luar negeri :)
    Tapi serius 1,5jt cukup disana? Ga ada perasaan takut kurang gitu?
    Thanks

    ReplyDelete
  49. Hai mas makasih ya artikelnya berguna :)
    Insyaallah saya ada plan mau ke singapur-malaysia bulan agustus besok. Dan itu akan jd perjalanan pertama saya ke luar negeri :)
    Tapi serius 1,5jt cukup disana? Ga ada perasaan takut kurang gitu?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alahmdulillah cukup kok :) asal irit-irit aja dan tau tips hematnya seperti apa hehehe sukses ya tripnya!

      Delete
    2. Gan, numpang saran ya....
      Emang betul sih Rp. 1,5 jt cukup buat biayain trip S'pore-Malaysia (btw, ini Malaysianya sebelah mana?) Dengan catatan:
      1. Hotel udah dibayar
      2. Tiket transport dari S'pore ke Malaysia (misal. Kereta ke KL).
      3. Maksimalkan modal dengkul. Jangan sedikit2 naik bus atau MRT.
      4. Jangan terbebani dengan kewajiban bawa oleh-oleh.
      5. Maksimalkan makanan yang disediain hotel/ hostel.

      Untuk jaring pengaman:
      1. Bawa setidaknya Rp. 3 jt. Buat jaga2 seandainya imigrasi Malaysia "iseng" nanyain "uang tunjuk".
      2. Kalau ada, bawa kartu kredit yang sisa limitnya masih cukup.

      Delete
  50. Kak klo sampe sing jam 9, mo lsg k sentosa island baru ke marina, merlion bugis bwt refund lalu ke terminal queenstreet menuju KL bisa ga ya kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa turun di Bugis lalu refund tiketnya, itu dekat dengan Queenstreet

      Delete
  51. Kalau mau dari Kuala lumpur dulu baru ke singapura enaknya gimana ya gan? minta saran donk! Kami berenam sudah punya tiket PP Jakarta-Kuala Lumpur, untuk tanggal 15 Juni - 22 Juni (Estimasi perjalanan selama seminggu, 3 hari di Singapura, 3 hari di KL). Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ikuti ittenary perjalanan saya, tapi dibalik :D more info e-mail aja yah

      Delete
    2. Numpang saran, nih....
      Untuk liburan 3 hari KL dan 3 hari S'pore Mas Bro dan Mba Bro bisa puas-puasin eksplor KL selama 2 hari. Hari ke-3, pagi-pagi sekali berangkat ke Melaka. Itu salah satu World Heritage site-nya UNESCO. Sore harinya berangkat ke S'pore. Insya Allah sebelum tengah malam Bro dan Sist udah nyampe perbatasan JB-S'pore. Atau mau luangin waktu 1 malam buat menikmati JB juga bukan ide yang jelek. Banyak alternatif. Santey aja....

      Delete
  52. Kak , itu liburan berapa hari kak ?

    ReplyDelete
  53. Naek bis apa bro dari larkin ke kl

    ReplyDelete
  54. Naek bis apa bro dari larkin ke kl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung cari loket aja di larkin, banyak kok bus menuju KL

      Delete
  55. Sekedar Informasi, untuk yang mau jalan2 hemat Singapura/backpacker. Di Singapura banyak hostel dengan harga lumayan terjangkau sekitar 200-300 ribu per orang (bukan per room). Keuntungannya, kita bisa dapat banyak teman dari mancanegara.

    ReplyDelete
  56. terima kasih info nya, semoga saya bisa beragkat ksana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisannya bagus, detail, jadi ngiler pengen cepet-cepet backpakeran kesana. moga thun ini bisa nabung beli tiket, thun depan bisa langsung berangkat backpakeran.

      Delete
  57. senang baca tulisannya...ada gak ya..yg mw backpager jakarta -sin-kl september ini...pgn ngikut gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Singapura negara yang aman kok buat pemula, jangan takut and have a good trip! ;)

      Delete
  58. mas Irham, perjalanan dari johar baru ke bukit bintang brapa lama ya ??
    dan total perjalanan dari singapura ke bukit bintang brapa lama ??
    akhir juni ini saya mau ke singapura - malaysia. masih nyusun2 jadwal perjalanan disana hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak salah sekitar 4-5 jam, soalnya saya tidur selama di perjalanan hahaha sukses ya perjalanannya!

      Delete
  59. Ada yg solo travelling ke KL 22 Agustus? Mau join ni

    ReplyDelete
  60. Infonya Detail mas dan Sangat Bermanfaat.
    Saya jadikan refensi. Rencana Saya mau Tour ke Singapura dan KL juga kalau jadi Akhir bulan ini.
    Saya nanti minta bantuan arahannya dari Via Facebook Messenger ya Mas. Soalnya saya Pemula

    Terima kasih Mas

    ReplyDelete
  61. Hello,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi hari ini kami melalui e-mel supaya kita boleh memberikan syarat-syarat pinjaman dan syarat-syarat kami di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete
  62. mas irham, sy dan teman sy berencana backpacking ke singapura dan malaysia 25 agustus mendatang. sy mau nanya nanya nanti pas disana biar gak salah arah. boleh minta kontaknya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh DM ke Twitter atau Instagram: @irhamfaridh :)

      Delete
  63. tnx infonya bro, sgt bermanfaat bgt buat pemula, backpacker emg seru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Seru banget, ayo semangat backpackeran!

      Delete
  64. Bro, tanya doank perjalanan bus dari singapore ke bukit bintang berapa lama ya.

    terus total perjalanan u itu berarti 3 hari 2 malem ya. soalnya baca tulisan u jadi pengen coba. tolong info nya ya.

    thanks u banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 4-5 jam, saya gatau persisnya soalnya saya tidur terlelap hahaha jadi lupa waktu

      iyaps 3 hari 2 malam 2 negara hehehe terlalu bentar memang tapi ntr mau coba eksplore lebih jauh lagi hehe

      Delete
  65. ka, kalo nukar uang dari rupiah ke SGD dan RM bagusnya di indonesia atau dinegaranya? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Indonesia aja di money changer, ntr bawa uang cadangannya pake USD

      Delete
  66. pengalaman yang menarik, kamu juga harus coba 5 Restoran Halal di Singapura yang Instagramable ya biar makin hiittss

    ReplyDelete
  67. Wih artikelnya bermanfaat bang, rencana sih februari kesana backpackeran. Itu serius budgetnya segitu? Harus ngikutin nih tips nya biar hemat haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ikutin aja tipsnya biar hemat banget :D

      Delete
  68. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  69. Bagi yang ingin ke Singapura dan ingin mencoba menggunakan transportasi massal disana, bisa naik MRT. untuk jelasanya bisa search di google mengenai rute MRT Singapore

    ReplyDelete
  70. Semoga bisa segera jalan jalan ke Singapore :) makasih infonya kak :)

    ReplyDelete
  71. Bulan november tanggal 19 rencana mau backapakeran juga ke malay dan spore, ada yang pergi sekitar tanggal itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah berangkat tgl 8 desember ini mba

      Delete
  72. Nyari tiket pesawat promo nya dmn sih ka??
    Ada line atw wa gk ka? Mau tny2 dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering cek maskapai maskapai low cost arlines kaya airasia sama lion air

      Delete
  73. termasuk sangat murah tuh hehe tipsnya lumayan tuh

    ReplyDelete
  74. Apakah hostel ada fasilitas penitipan tas / koper??

    ReplyDelete
  75. transport servis di malaysia +60166181549

    ReplyDelete
  76. ASik banget liburannya.
    Akhir bulan ini ,aku rencana mau liburan ke Malaysia
    ada rekomendasi tempat asik gak selain twin tower?

    ReplyDelete
  77. terimakasih ka informasinya , sangat membantu. kalo travelling enakan solo apa grup sih ka?

    ReplyDelete
  78. Mohon infonya bang Irham...
    Untuk Pembelian tiket Di Terminal Larkin (Johor Bahru) menuju KL itu beli di tempat atau Online bang. Keberangkatan nya ada yang siang kan bang... Terimakasih

    ReplyDelete
  79. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  80. nama saya dewi Setiana, pemilik peternakan unggas di kota surukarta, yang setia Islam berdedikasi. Apakah Anda berkecil hati atau kecewa? Anda menyesal pernah memulai bisnis? Apakah Anda mengalami masalah? atau Anda baru saja melalui kegagalan bisnis? Anda ingin menghentikan proses kewirausahaan? Anda ingin menempatkan bisnis Anda dan kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar? i adalah korban dari semua tantangan ini, Jika salah satu dari kondisi di atas berlaku untuk Anda, maka saya punya beberapa saran untuk Anda, membangun bisnis yang jelas bukan tugas yang mudah itu adalah proses yang kebanyakan orang takut tantangan yang terlibat dan itulah mengapa banyak orang lebih memilih untuk menjaga karyawan mereka untuk mengambil langkah-langkah berani untuk memulai bisnis sendiri, Anda telah benar-benar membuktikan keberanian Anda membangun bisnis yang sukses dari awal hanya tentang surmounting tantangan, tidak lebih, tidak kurang apapun pengusaha sukses memiliki mulus ke atas dan tidak akan menjadi tantangan, frustrasi dan kegagalan akan selalu ada tapi bagaimana Anda menangani mereka yang menentukan apakah Anda akan berhasil atau tidak banyak orang yang mengatakan mereka meminjamkan semua palsu, saya adalah korban dari penipu untuk 9 bulan. Saya merasa bahwa hidup saya sudah berakhir dan bisnis turun jadi saya mengunjungi situs pengumuman pinjaman, dan saya datang di tuan rumah yang hebat, Mrs. Emiliana, CEO keuangan global yang perusahaan pinjaman terbatas, perusahaan pinjaman kredit terkemuka dunia di asia yang benua, mereka iklan kredit dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp450,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses itu dilakukan, saya diminta untuk memperoleh dokumen perjanjian pinjaman saya, dan setelah saya mendapatkan dokumen perjanjian pinjaman saya, untuk kejutan terbesar saya. Dia memberi saya pinjaman sebesar saya untuk pinjaman Rp450,000,000.00 dengan suku bunga yang sangat rendah dari 2% dan bahkan tanpa agunan, tanpa penjamin dan tidak ada biaya pendaftaran untuk kejutan terbesar saya siap pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang dari dua jam saya punya uang di saya akun tanpa apa- apa masalahnya alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini untuk sesama orang Indonesia saya, karena dia mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa rekan-rekan Indonesia saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya untuk bersaksi hari ini bahwa Anda menelepon adikku dan adikku dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua hidup saya, saya akan sangat greatfull untuk perusahaan meminjam hubungan Mrs. Emiliana, Anda dapat menghubungi Ibu Emiliana untuk pinjaman Anda melalui email-nya: emilianawilson111@gmail.com
     
    dan mendapatkan pinjaman hari ini Anda juga dapat menghubungi saya di (setianadewi2020@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya dian teman irawati yang memperkenalkan saya kepada ibu Emiliana melalui email: (irawatidianna@gmail.com),
     dia adalah orang yang meyakinkan saya untuk membayar biaya saya ketika saya takut bahwa ia mungkin menjadi salah satu penipu internet tapi sayang di antara semua pemberi pinjaman kredit masih seseorang yang peduli apa pun yang tidak pergi ke pemberi pinjaman online, menemukan geniue perusahaan pinjaman mungkin Allah membantu kita semua sekali lagi mengatasi Ibu Emiliana di email: emilianawilson111@gmail.com

    ReplyDelete
  81. Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda telah mencari di mana untuk mendapatkan pinjaman? Apakah Anda pernah mencoba untuk mendapatkan jenis pinjaman? kemudian menerapkan sekarang di? (Carlosellisonfinance@outlook.com) jika Anda ingin mendapatkan pinjaman terjangkau. Pinjaman yang ditawarkan di sini pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Hubungi kami sekarang jika Anda tertarik.

    ReplyDelete
  82. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete
  83. Aku pengen jalan-jalan ke luar negri yang terdekat tapi masalahnya belum punya paspor hasan-joe

    ReplyDelete
  84. Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Limited, kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, badan swasta dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Mencari lagi karena tujuan kami adalah semua tentang kebebasan finansial dan masyarakat yang stabil. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (mariajorgeglobalfinance@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) pendapatan bulanan:
    11) dibutuhkan jumlah Pinjaman:
    12) durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  85. wihh jadi pengen ke singapore nih, terimakasih atas infonya ya.. oh iya Saya juga punya referensi lain nih tentang pariwisata di Indonesia yang tentunya menarik untuk disimak. http://pariwisata.gunadarma.ac.id/ barangkali bermanfaat. Thanks

    ReplyDelete

  86. Halo
    Hal ini untuk memberitahu Anda bahwa Mrs. Christy Mark, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki peluang keuangan terbuka untuk semua orang. Kami memiliki hal yang jelas dan mudah dipahami dan kondisi individu, perusahaan dan perusahaan memberikan pinjaman dengan bunga 2%. Hubungi kami hari ini oleh e -mail: (chrismazzy99@gmail.com) Ayo, mari kita mengakhiri masalah keuangan Anda.

    ReplyDelete
  87. Tumpang tanya mas, saya rencan mau ke malasya sama ke Singapura. Tapi semuanya masih pada awam, emang kalau dari Singapura ke malasya ga pake pesawat lagi?
    Terimakasih salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Dernis, dari Singapura ke Malaysia ada beberapa pilihan moda transportasi. Tergantung tujuan di Malaysianya. Bisa pakai pesawat, bus, atau kereta.
      Pakai pesawat lebih cepat, tapi lebih mahal.
      Pakai bus lebih murah, tapi agak membosankan.
      Pakai kereta sedikit lebih mahal, tapi lebih nyaman.
      Silakan dipilih sesuai selera.

      Delete
  88. gan, mau tanya. Kalo startnya dari KL terus ke singapore butuh biaya berapa ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan Ahmad, kalau mengenai biaya itu tergantung pada banyak faktor. Misal, akomodasi, destinasi wisata yang dituju, moda transportasi yang dipilih, belum lagi oleh-oleh, dan lain-lain.
      Tapi, berhubung kita orang Indonesia. Saya asumsikan Anda keluar dari dan masuk ke Indonesia pakai pesawat, saya sarankan supaya rutenya dibalik. Jangan Malaysia dulu kemudian Singapura, karena terbang dari Changi pajak bandaranya 2 kali lipat dari pajak bandara KLIA2. Mendingan dari Indonesia ke Singapura dulu, kemudian lanjut ke Kuala Lumpur.

      Delete
  89. Mas Irham saya mau tanya" nih. Saya berencana kemalaysia dan singapura bln februari ini. Kita backpaker sama temen".rencana kami mau berangkat dr malaysia-Singapura-malaysia.klu kami berangkat pada malam hari transportasi apa yg baik kami ambil. Bus atau kereta api? Apa mlm hari msh ada bus yg beroperasi? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bis aja lebih mudah tapi kereta lebih cepat :)

      Delete
  90. mantap nih ceritanya ,jadi optimis mau liburan kesana jadi nya ragu karna budjet pas pasan.

    ReplyDelete
  91. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  92. mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    ReplyDelete
  93. terimakasih sob buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  94. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  95. Mau tanya, untuk tiket pulang agan kan dari KL ke CGK, nah waktu pesan tiketnya bayarnya pake apa ya selain credit card? Soalnya saya juga mau membbeli tiket KL CGK tapi dia dalam ringgit jadi bingung bayarnya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bayarnya pake CC gitu atau kalo gak punya CC bisa beli di Traveloka aja mas :)

      Delete
  96. hai, mau tanya, apa transportaasi baik di singapura maupun malaysia aman? (kemarin dapet pengalaman ga enak di terminal ubung soalnya) terus mau tanya juga, soal bahasa gimana? saya sih bisa bahasa inggris, tapi masih agak kagok, apa bakal jadi halangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman :) paling pas di malaysia harus rada hati-hati karena banyak calo juga kaya di Indonesia

      Delete
  97. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  98. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  99. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  100. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete