May 24, 2015

Backpacker ke Bali & Lombok Selama 8 Hari (Cerita, Budget, Tips & Trik)

Lombok
Lombok
Banyak yang bilang, liburan ke Bali itu mahal, banyak yang bilang liburan ke Lombok itu lebih mahal. Benarkah? Saya rasa, itu salah besar! Tahun 2014 saya dan Lylis pernah backpacking keliling Bali dan Lombok selama 10 hari (udah termasuk perjalanan). Pada artikel kali ini saya bakal menceritakan mulai dari keberangkatan sampai balik lagi ke Bandung, saya juga bakal kasih tau harga dan tips trik lainnya buat bayangan teman-teman yang juga mau backpacker ke Bali dan Lombok seperti kami ini, yuk disimak! ;)

Jadi kita berangkat dari Bandung, lebih tepatnya dari Stasiun Kiara Condong. Kita berangkat menggunakan kereta ekonomi Kahuripan dengan tujuan Lempuyangan, kalo dulu harganya Rp 50.000 sekarang Rp 90.000 (update 2015). Berangkat pukul 8 malem dan sampai pukul 4 subuh di Lempuyangan, transit (cielah kaya pesawat ae) sampai jam 7 pagi sebelum melanjutkan lagi menggunakan kereta Sri Tanjung menuju Banyuwangi Baru harganya juga sama Rp 50.000 kalo sekarang Rp 110.000 (update 2015). Seperti yang kita tau, kereta ekonomi PT.KAI sekarang udah bagus, ber-AC (walaupun edyan dinginnya), nyaman, dan 1 nomor memang untuk 1 orang, jd gausah khawatir ga kebagian tempat. Kereta Kahuripan sampai tepat waktu di Lempuyangan jam 4 pagi, saat itu suasana stasiun masih sepi (yaiyalah subuh), kita memutuskan untuk istirahat (mandi & bobo manja) di dalam stasiun menunggu matahari terbit. 

Stasiun Lempuyangan
Stasiun Lempuyangan
Jam 6 kita keluar stasiun untuk cari makan, ada soto di depan stasiun harganya Rp 5.000, nasi ambil sendiri :D (pas untuk kita yang irit-iritan hehehe). Jam 7 kita masuk lagi stasiun karena kereta Sri Tanjung sudah sampai di Lempuyangan, kita segera masuk ke kereta, ambil posisi uenak dan simpen tas biar kebagian tempat di cabin (biar elit ae). Berangkatlah kereta Sri Tanjung, jes gujes gujes gujes. Perjalanan menggunakan kereta ini cukup dibilang lama, karena untuk sampai Banyuwangi Baru membutuhkan waktu 2 hari 1 malem, lebih dari 24 jam :)) tapi mungkin saking semangatnya, jadi cape pun tak terasa. Eittsss tapi, dari Yogyakarta sampai Surabaya ternyata lumayan lama juga, bisa 7 jam an, dan itu masih jauh ke Banyuwangi! tidaaaaak, liat di dashboard gerbong masih harus lewat 12 stasiun, OMG (kemudian sare /tidur). Sebenernya yang bikin berkesan backpackeran itu memang dijalan, jadi ya nikmati sajaaa. Ngobrol sana-sini sama penumpang lain, tanya masih jauh apa engga, katanya ini udah sampai di Banyuwangi tinggal 2 stasiun lagi ke Banyuwangi Baru yeay! Kemudian kita ambil tas dan udah berdiri aja, dan ternyata masih 15 menit lg nyampe (malu deh).

Pelabuhan Ketapang
Pelabuhan Ketapang
Banyuwangi! Touch Down! Dari stasiun Banyuwangi Baru kita langsung lanjutkan naik feri dari Pelabuhan Ketapang. Banyak becak yang menawarkan jasa untuk ke Pelabuhan, tp buat yang backpacker pasti ngebela-belain jalan kok, yakin hahaha toh jaraknya juga cuman deket, sekitar 1 km dr Stasiun. Tinggal jalan lurus ke jalan raya, terus belok kanan sampe kalian nemuin tulisan Pelabuhan Penyebarangan Ketapang. Kita langsung masuk ke Pelabuhan dan beli tiket. Tiket dari Pelabuhan Ketapang sampai Pelabuhan Gilimanuk  Bali dulu harganya Rp 12.500 kalo sekarang gatau berapa hehe. Penyebrangan ke Gilimanuk ternyata cuma sebentar, sekitar 1 jam saja, di kapal feri pun kita bisa ambil deck yang outdoor lumayan untuk refreshing karena 24 jam lebih ada di kereta, sambil menikmati sepoi-sepoi angin khas laut huhuy.

View dari Kapal
View dari Kapal
Setelah sampai di Pelabuhan Gilimanuk, banyak calo yang menawarkan tujuan Denpasar/Padang Bai/Lovina. Tips, kalo di Pelabuhan Gilimanuk mending langsung aja pake calo soalnya ga ada kasir yang bener, mana sampe Gilimanuk tengah malem, dan kalo masuk bus pun tetep pake harga calo sama aja -_- Yang penting tawar aja harganya, harga bus dari Gilimanuk ke PadangBai dulu sekitar Rp 35.000, kita ke PadangBai karena memang langsung ke Lombok, pulang dari Bali naik pesawat. Perjalanan dari Gilimanuk ke Padang Bai selama 5 jam, karena diem rada lama di terminal Ubung. Setelah sampai di Padang Bai kita langsung beli tiket kapal jurusan Padang Bai - Pelabuhan Lembar seharga Rp 40.000 (2014), perjalanan dari Padang Bai sampai Pelabuhan Lembar sekitar 5 jam boooo. 5 jam di tengah laut diombang-ambing, mending tidur deh. Tapi enaknya dapet kapal subuh dari Padang Bai, kita bisa dapet sunrise di tengah laut, dengan view Bali, Gunung Agung juga keliatan dari laut. Mantep deh pokoknya.

Sunset di perjalanan Padang Bai - Lembar
Sunset di perjalanan Padang Bai - Lembar
Setelah 5 jam diombang-ambing tengah laut, kita sampai di Pelabuhan Lembar. Dari Pelabuhan Lembar kita masih harus naik angkot ke Kota Mattaram, tapi ingat di Lombok ga ada angkot yang ada tulisannya kaya di Bandung/Jakarta, cuma mobil carry berwarna putih/item. Untungnya kita ketemu Pak Teguh, dia nawarin angkotnya ke Kota Mattaram harganya Rp 30.000 berdua, lumayan mengingat ga ada orang lain lagi selain kita yang mau ke Mattaram. Perjalanan dari Pelabuhan Lembar ke Mattaram cuma 30 menit, kita minta diantar ke daerah Cakranegara karena kita udah booking di Oka Home Stay. Penginaan murah di tengah kota Mattaram cuma Rp 90.000 hehe. Untuk meng-explore semua daerah Lombok, opsi termurah yaitu pake motor, biasanya harga sewa Rp 50.000 sehari dan udah bisa muterin lombok yang dari Selatan ke Utara pun paling cuma sekitar 2 jam perjalanan dan jalannya haluslusluslus!

Pelabuhan Lembar
Pelabuhan Lembar
Untuk yang mau tau cerita dan tips & trik lainnya di Lombok, bisa kalian baca cerita kita di Lombok selama 4 hari meng-explore Lombok Selatan (Pantai Kuta, Pantai Cemara), Lombok Barat (Senggigi, Gili Terawangan) dan Wisata Kota Mattaram (Taman Narmada).

Berikut perhitungan pengeluaran kami selama dari Bandung sampai Lombok (Mattaram)
Kereta BDG-YGY (Kahuripan)   : Rp 50.000
Kereta YGY-Banyuwangi            : Rp 50.000
Kapal ke Bali                               : Rp 12.500
Gilimanuk-Padang Bai                : Rp 35.000
Padang Bai - Lembar                   : Rp 40.000
Lembar - Mattaram                      : Rp 15.000
TOTAL                                        : Rp 202.500

Jadi kita hanya mengeluarkan Rp 202.500 dari Bandung dan udah sampai di Lombok hehe selama pengeluaran di Lombok pun ternyata ga semahal yang dikira kok, bisa di cek cerita kita di Lombok Selama 4 hari.

Irham Faridh Trisnadi (Tris)
I'm a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! 
Twitter       : @irhamfaridh
Instagram   : irhamfaridh
Facebook   : Irham Faridh
E-mail        : irham.faridh@gmail.com
Travel, Love & Be Happy!

89 comments:

  1. Wohooo 10 hari ya, dasyat banget :)

    Jadi inget ketika backpackmoon sama suami, overland Malang-Gili Trawangan.
    Kangeeen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieeeee pasti mantep tuh backpackmoon nya ;)

      Delete
  2. Diralat ya..kmren sy cba backpakeran kelombok. Untuk tiket kereta sri tanjung dr jogja rp 100.000, tiket fery pel ketapang rp 8.000, bus padang bai rp 60.000 (pinter nawar aja), fery ke pel Lembar rp 44.000..5-15 juni 2015 kmren sya solobackpakeran lombok dan bali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu harga taun lalu hehe baru sempet nulis skarang, buat info update liat diatas ini hehe thanks mbak

      Delete
    2. mba/mas minta tips nya dong buat ke lombok, harus berapa hari yang pas buat eksplore lombok dan budget nya kira kira berapa ?
      thx

      Delete
    3. banyak yang mengeluh ingin liburan ke lombok namun harganya yg mahal, karena mngkin saja di karenakan menggunkan mobil ya
      dan juga bnyak yg mengeluh kalau mengikuti paket liburan kita ga bebas dan harus mengikuti ittenary nya..
      sekrng saya hadir untuk membantu teman-teman yg ingin liburan ke lombok dengan menggunakan sepeda motor ! wow sdh pastinya lebih seru ya dan tidak terikat oleh waktu, apa lagi buat mahasiswa ya yg masih belum kerja yaa..
      kelebihan tour lombok menggunakan sepeda motor disini :
      1. tidak ada sistim uang dp ! yg terpenting harus saling percaya
      2. tidak terikat oleh waktu
      3. di sediakan guide untuk menemani perjalanan
      4. bisa share dan diskusi
      5. semua apa saja yg ingin dicari akan di bantu
      yuks segera hub 082340948073 yoyok,tinggal call,diskusi,tentukan waktuny,lets go semua ada di lombok..
      air terjun,pegunungan,bukit,pantai,gili,pulau,dan bnyak lagi

      Delete
    4. Yuk kelompok lagi. Mau mau mau. . .

      Delete
  3. Wah murah banget yaa..kalo dibanding sama naik pesawat beda jauh banget hehe.

    www.littlenomadid.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi perbandingan waktu juga jauh kak, bgt! naik pesawat 1 jam nyampe, naik kereta 2 hari! hahahaha

      Delete
  4. Mantaaappp.... kalo ada yang mau pergi backpackeran lagi boleh join kali yaa? Minta bimbingannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak open trip kok maseee di socmed, kalo ga ikut join grup backpacker indonesia atau backpacker indonesia di facebook :)

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Bukannya naik kereta dari stasiun tugu, ke banyuwangi kelas ekonomi 250rb ya?
    Pas sy sma tmen backpackeran ke bali di awal thun, segituan T,T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu pas harga kereta naik memang segitu, kalo taun lalu pas saya backpackeran cuman 50 ribu hehe murah meriah :D

      Delete
  7. 4 hari buat eksplore lombok gak cukup saking banyak tempat2 indah yang harus bin wajib buat dikunjungi, lombok itu surga dunianya para penikmat wisata,,
    salam kenal ya dari orang lombok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul sekali! nanti sehabis pulang dari Australia rencana mau stay yang lama di Lombok :D

      Delete
    2. Kalo dari lombok ke bali, itu naik apa dan kena tarif brp makasih sblmnya😊☺

      Delete
  8. lombok i love you
    #song #reggae #amtenar

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Ayo cuman modal nekat dan bawa badan pun bisa kok, yg penting ada niat disitu ada jalan ;)

      Delete
  10. Mau coba deh dari jkt ke bali pakai jalur darat spertinya seruuu... nice share

    ReplyDelete
  11. ada kontak nya Oka Home Stay dan penyewaan motor di lombok ga mas?? akhir tahun ini saya backpacker ke Bali dan Lombok mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lupa simpen nomornya, kalo mau banyak kok di google yg simpan nomornya. Di tempat penginapannya bisa minta tolong carikan sewa motor kok

      Delete
    2. banyak yang mengeluh ingin liburan ke lombok namun harganya yg mahal, karena mngkin saja di karenakan menggunkan mobil ya
      dan juga bnyak yg mengeluh kalau mengikuti paket liburan kita ga bebas dan harus mengikuti ittenary nya..
      sekrng saya hadir untuk membantu teman-teman yg ingin liburan ke lombok dengan menggunakan sepeda motor ! wow sdh pastinya lebih seru ya dan tidak terikat oleh waktu, apa lagi buat mahasiswa ya yg masih belum kerja yaa..
      kelebihan tour lombok menggunakan sepeda motor disini :
      1. tidak ada sistim uang dp ! yg terpenting harus saling percaya
      2. tidak terikat oleh waktu
      3. di sediakan guide untuk menemani perjalanan
      4. bisa share dan diskusi
      5. semua apa saja yg ingin dicari akan di bantu
      yuks segera hub 082340948073 yoyok,tinggal call,diskusi,tentukan waktuny,lets go semua ada di lombok..
      air terjun,pegunungan,bukit,pantai,gili,pulau,dan bnyak lagi

      Delete
  12. pengen banget bisa backpacker kesana

    ReplyDelete
  13. bole di coba tuh. thanks infonya

    ReplyDelete
  14. TEMPAT SEWAT MOTOR ATAU MOBIL DI BALI YANG MURAH : http://goo.gl/SS4D3R

    ReplyDelete
  15. TEMPAT SEWAT MOTOR ATAU MOBIL DI BALI YANG MURAH : http://goo.gl/SS4D3R

    ReplyDelete
  16. Lombok lebih alami untuk dijelajahi..
    http://lombokwandertour.com

    ReplyDelete
  17. Rencna tahun baru d lombok ber2 aja suami. Mau tnya nih enak nginep d senggigi atau mataram kota ya, lalu sewa motor dsna punya infonya ga?.

    ReplyDelete
  18. seriusan tuh mas habis uang segitu udah sampe lombok..wah pasti perjalanan panjang sekali ya...tapi 4 hari cukup lama apa gak capek :)

    ReplyDelete
  19. Salam kenal bro farid. Thank info dan updatenya

    ReplyDelete
  20. Mau tanya klo dr lampung, bs nyebrang ke gilimanuk lewat pelabuhan ketapang yg ada disitu gak mas ?
    makasih

    ReplyDelete
  21. pulangnya naik pesawat atau kereta lagi kak?

    ReplyDelete
  22. Haloo mas irham salam kenal..wahh keren banget mas dan detail banget tentang harga-harganya hehehe. Buat yang pengen tau juga tentang info seputar bali dan tempat makan yang enak di bali, bisa kunjungin http://hvelans.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp sama sama mas, semoga berguna :)

      Delete
  23. http://saturnusuranus.blogspot.co.id/2016/02/liburan-ke-bali-2016-nusa-lembongan.html

    ReplyDelete
  24. Kalau ke Giri Trawangan gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung dari Bali atau backpacker lewat Lombok terus nyebrang lewat Pelabuhan Bangsal

      Delete
  25. Salam kenal dari Bali, Terimakasih sudah berkunjung ke Bali.
    Kami menawarkan paket prewedding atau family photography (liburan di bali sambil photo prewedding atau family photo)
    3 hari 2 malam hanya Rp. 5.000.000,-
    Sudah termasuk :
    • Menginap 3 hari 2 malam di Hotel atau bungalow di Bali (area Kuta, Seminyak, Sanur, Ubud) tergantung persediaan kamar pada hari pemesanan.
    • Gratis penjemputan di Bandara Ngurah Rai ke hotel
    • Biaya masuk ke lokasi pemotretan
    • Makan siang atau makan malam “Halal Food” (sesuai dengan waktu pemotretan)
    • free mineral water
    • 2 atau 3 Photographer dan 1 assistant photographer
    • Durasi pemotretan 8 – 10 Jam
    • unlimited photo editing (fleksibel)
    • Free slideshow
    • Gratis 1 hari tour (durasi 10 H) mengunjungi objek wisata di bali
    Silahkan hubungi kami di http://www.3daysphotography.com/
    Mobile : 081238128654
    Pin : 524E0631

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau dong liburan ke Bali kak :D ayo silahkan silahkannnn

      Delete
  26. 8 hari lama amat ya..
    perlu disimak baik-baik nih baru letsgo hehe

    salam kenal :D

    ReplyDelete
  27. gila ente semangat tournya keren sekali gan.... salut saya

    ReplyDelete
  28. Yg butuh transportsai / penginapan di Lombok, yg mau ke gunung rinjani / gili trawangan or tempat2 wisata lainnya di pulau Lombok ...
    Sms / Whatsapp : 0812363634008
    Email : cslombok@gmail.com
    Web: www.rinjanitrekkingtour.com

    ReplyDelete
  29. ini keren bgt sumpah!!! beruntung ketemu artikel ini jd makin semangat buat travelling

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurrrrr, semangat ayooo traveling! :D

      Delete
  30. Kak boleh share grup backpacker yg dimaksud? Pgn join kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba search di facebook, backpacker nusantara

      Delete
  31. backpacker ke bali pernah dan itu merupakan pengalaman seru dan tidak terlupakan. ke lombok jadi mau nyoba

    http://indonesiaitugue.com/perjalanan-backpacker-ke-bali-cukup-150-ribu-saja/

    ReplyDelete
  32. wow... thanks gan artikelnya... tips dan trik yang juga sangat menarik....
    outbound Malang

    ReplyDelete
  33. Mas itu serius padang bai - lombok 40k?
    Jadi pengen ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaps, perjalanan 5-7 jam gimana kondisi lautnya :D

      Delete
  34. saya baru saja ke Bali dari Jogja 13 agustus 2016 kemaren. nginep disana 3 hari 2 malam. total pengeluaran seluruhnya nggak nyampe 700rb. bisa di cek disini buat reverensi http://zulvanhaidar.blogspot.co.id/2016/08/backpacker-ke-bali-2016.html

    ReplyDelete
  35. Buat yg punya rencana backpaker an deui k lombok awal septmber ini,infokan ya guys..biar ada temenn 🙌thanx

    ReplyDelete
  36. Buat yg punya rencana backpaker an deui k lombok awal septmber ini,infokan ya guys..biar ada temenn 🙌thanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini saya ke Lombok broo tanggal 3-4 sept :D di line aja ke irhamfaridh bisi mau bareng

      Delete
    2. Wah...sdah lwat yo.... Rncana mnggu dpan brgkatny

      Delete
  37. Juli 2017 ada yg ke lombok kah ? Nanti bisa bareng

    ReplyDelete
  38. Langsung buat planing ke Bali ah, keren habis.

    ReplyDelete
  39. Tgl 20 november ada yg mw bareng backpaker ke lombok? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tuh, rizki dr mn? Wa saya di 085319740557

      Delete
    2. Boleh juga sis ke Lomboknya? WA saya 085258847717

      Delete
    3. Boleh juga sis ke Lomboknya? WA saya 085258847717

      Delete
  40. 15 november ada yg bacpaker ke Lombok dari Malang, 085258847717

    ReplyDelete
  41. 15 november ada yg bacpaker ke Lombok dari Malang, 085258847717

    ReplyDelete