Jan 28, 2015

Dieng, Wisata Favorit di Wonosobo

Puncak Sikunir Dieng
Puncak Sikunir, Dieng Pleteau

Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi Dieng? Mungkin ada beberapa orang yang udh sering denger tempat ini, tapi ada beberapa orang juga yang mungkin blm mendengar tempat ini. Dieng ini berada di Jawa Tengah, lebih tepatnya di dekat sebuah kota bernama Wonosobo dengan ketinggian sekitar 2300mdpl. Waktu tempuh dari kota besar seperti Jakarta atau Bandung dapat menghabiskan 10-12 jam perjalanan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus atau kereta. 

Cara ke Dieng

Apabila traveler menggunakan kereta, traveler bisa menggunakan kereta dengan tujuan St. Lempuyangan, dan dilanjut menggunakan travel ke Wonosobo yang harga biasanya Rp 40.000 lewat Magelang menuju Alun-Alun Wonosobo (depan plasa). Dari alun-alun Wonosobo, traveler tinggal menaiki mikrolet dengan tujuan Dieng (tinggal tanya masyarakat setempat, karena masyarakat setempat dikenal ramah dan baik), harga mikrolet sampai Dieng (depan HomeStay Bu Jono) harganya Rp 10.000.


Traveler pun bisa menggunakan bis umum dengan jurusan ke Terminal Mendolo, Wonosobo. Dari terminal Mendolo, traveler tinggal naik angkot kuning ke depan plasa dkt alun-alun Wonosobo dan naik mikrolet sampai Dieng atau biasanya di depan HomeStay Bu Jono tadi. Jangan kaget kalo traveler melihat plasa itu ga seperti plasa seperti layaknya di kota, plasa di Wonosobo ini lebih mirip pasar tradisional disana.

Penginapan

Di kawasan Dieng, traveler tinggal memilih penginapan yang diinginkan. Banyak kok pilihan penginapan di Dieng, mulai dari berfasilitas lengkap sampai cuman berfasilitas kasur dan selimut. Kisaran harga homestay disana mulai dari Rp 90.000-250.000. Penginapan yg menurut mimin RECOMMENDED yaitu penginapan Bu Jono. Selain lokasinya strategis, penginapan ini pun mempunyai pelayanan yang baik. Pelayan sekaligus yg punya penginapannya pun begiu ramah. Kamarnya pun bersih dan nyaman, ber AC juga, AC yg dimaksud memang udara Dieng yg dingin berkisar 5-10 derajat . Penginapan ini pun mempunyai tempat makan yg nyaman di depannya, dan enak pula (y) menu yang recommended yaitu nasi gorengnya. Hanya dengan harga Rp 10.000 perut kenyang, lidah puas, dan hati senang!

Penginapan Bu Jono
Penginapan Bu Jono
Lokasi dari penginapan Bu Jono ini dekat dengan lokasi wisata Dieng seperti Candi Arjuna dan Telaga Warna. Hanya berjarak 1-2km saja, jadi traveler bisa jalan kaki menuju lokasi tersebut. Untuk mengelilingi semua lokasi wisata di Dieng sebenarnya tidak memakan waktu yg banyak, karena lokasinya berdekatan sekitar 1-2km antar lokasi wisata. Traveler bisa menjelajah kawasan Dieng ini dengan berjalan kaki, memang membutuhkan waktu dan tenaga, total perjalanan bisa menghabiskan sekitar 3-4 jam dengan berjalan kaki. Kalo memang malas berjalan kaki, traveler bisa menyewa motor dari penginapan harganya Rp 100.000/24jam.

Lokasi Wisata

Rute yg bisa diambil traveler kalo berjalan kaki yaitu Kawasan Candi Arjuna - Kawah Sikidang - Teater - Telaga Warna. Sebenarnya masih banyak lokasi lainnya di Dieng, namun lokasinya cukup jauh dari kawasan tersebut jadi membutuhkan transport. Berikut foto-foto setiap lokasi wisata di Dieng :
Kawasan Candi Arjuna
Kawasan Candi Arjuna
Kawah Sikidang
Kawah Sikidang
Telaga Warna Dieng
Telaga Warna Dieng
Ada lokasi wisata yang SANGAT WAJIB kalian kunjungi saat ke Dieng yaitu dengan menikmati SUNRISE ATTACKnya! Ada 2 lokasi yang bisa kamu datangi untuk menikmati sunrise di Dieng ini yaitu Puncak Sikunir atau Gunung Prau. Perbedaannya hanya di jarak dan cara mencapainya! untuk mencapai Puncak Sikunir traveler hanya menggunakan motor sampai kaki bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan ( Desa Tertinggi di Jawa), lalu menaiki bukit sekitar 15 menit. Beda dengan cara mencapai ke Gn. Prau, traveler harus mendaki selama kurang lebih 2-3 jam untuk mencapai puncaknya. Di puncak Prau ini terdapat bukit Teletubbies karena bukitnya yang bergelombang. Biasanya agar bisa mendapatkan sunrise, traveler akan dibangunkan oleh guide atau empunya homestay tinggal pilih saja kemana tujuan traveler, untuk bisa menikmati SUNRISE ATTACKnya Dieng! Keduanya mempunyai pemandangan yang cantik dan sunrisenya bukan main!
Sunrise di Puncak Sikunir
Cantik kannnn?! Makannya jangan sampai kalian belum pernah ke Kawasan Dieng ini sebelum mati, karena bakalan rugi setengah mati! Oiya, jangan lupa juga coba makanan khas Dieng yaitu Carica dan Mie Ongklok yaaa! Murah dan rasanya enak! Cukup sekian yaaa #travelinfo kali ini, keep style on your trips guys!

Pesona Jawa Tengah memang tak ada habisnya, di artikel lain kalian bisa baca bagaimana tips liburan murah ke Jepara, khususnya pulau yang terkenal dengan kecantikan pantai dan lautnya, ya Karimun Jawa! 

Travel, Love & Be Happy!
I'am a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! untuk kalian yang mau lebih kenal dengan saya, bisa follow twitter @irhamfaridh atau facebook Irham Faridh. Untuk yang mau melihat koleksi foto perjalanan saya di berbagai penjuru Indonesia dan belahan dunia lain follow Instagram @irhamfaridh. Keep dreaming and travel the world! :)

17 comments:

  1. wah Dieng itu cantik, ada info ekonomisnya lagi, mantaab,
    pemilik http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com dan @guru5seni8
    makasih

    ReplyDelete
  2. Duhh jadi kangen dieng :| belom ke Kawasan Candi Arjuna sama ke kawah sikidang euy~ nggak sempet :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius bang blm sempet ke Candi Arjuna? Itu kan deket ke pintu gerba masuk surganya :D

      Delete
  3. Duh suka banget dengan foto apalagi yang pertama.

    www.littlenomadid.com

    ReplyDelete
  4. akh Dieng keren banget,,,,


    jangan lupa mampir ke ke blog ala-ala gue di www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  5. duh pengen banget ke dieng nih kaka, yuk taun ini yuk ke dieng lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuk apalagi ada Dieng Culture Festival tahun ini, must see! :D

      Delete
  6. Wuiiihhh kmarin baru dari sana dieng culture fest 2016 liat jazz diatas awan sm pesta lampion sayangnya ga sempet liat puncak acara pemotongan rambut gimbal krn bangun kesiangan #apes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihhhh keren tuh DCF! taun ini gabisa kesana, taun depan pasti kesana lagi!

      Delete
  7. Lengkap deh infonya . Kapan ke Dieng lagi


    salam dari dieng

    ReplyDelete
  8. Nanya dong bang, kalau dari Jogja bisa naik apa aja ya ke Wonosobo?

    ReplyDelete