Jan 27, 2015

My "Dream" Plan in 2015

Australia? (Source: clipartbest.com)
Tahun 2015 akan menjadi tahun yang hebat untuk saya, kenapa? karena tahun ini saya baru saja menyelesaikan kuliah saya di Universitas Telkom dengan durasi 3,5 tahun, wow! Seorang Irham bisa secepat itu?! Kalau yang belum tau masa lalunya Irham bisa dibaca nih, masa lalu Irham. kamu anak pintar ya? rajin ya? Fcuk no! Org selama kuliah aja kerjaannya jalan-jalan melulu tuh hehe. Back to the topic, saya memang sengaja ngebut beresin kuliah saya karena memang terpincut satu hal. "Mimpi"

Dari SMA saya memang punya mimpi ingin merasakan atmosfer, kehidupan, budaya, kebiasaan, dan tentunya alam dari suatu daerah. Mulai dari SMA saya sudah mulai jalan-jalan alias traveling bahasa gaulnya mah. Pelosok Pulau Jawa mulai dari Kepulauan Seribu, Banten (Pantai Sawarna dkk), Yogyakarta, Dieng, Karimun Jawa, Pulau Bali, dan Lombok sudah saya jelajahi sampai saat ini. Dari semua perjalanan yang sudah saya lakukan, lalu bertemu orang dari seluruh penjuru dunia, membuat saya menyadari kalau dunia itu bukan hanya Indonesia saja, masih ada sekitar 300 lebih negara diluar Indonesia! Hal itu membuat saya kepo untuk mencari informasi tentang negara-negara yang ada diluar sana. Dari cerita-cerita dan informasi yang didapat, saat itu saya mulai "cinta" dengan Australia karena saya fikir Australia mempunyai ekonomi yang bagus, universal (karena semua ras dan keturunan negara manapun ada disana), dan juga menjanjikan untuk hidup sejahtera. Singkat cerita, pada saat itu saya ingin melanjutkan studi di Australia dengan harapan saya bisa bekerja dan tinggal disana, namun apa daya kendala keuangan membuat saya gagal untuk pergi kesana.

Sejak 2 tahun kemarin, saya benar-benar masuk ke dunia traveling, karena saya rasa "this is the best hobby that i ever had!". Hobi yang bisa membuat pikiran saya lebih terbuka karena saya akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai penjuru dunia, menemukan ide dan inspirasi saat perjalanan, lebih mensyukuri semua nikmat dari Tuhan dan tentunya membuat saya sungguh "bahagia" :) Saat itulah saya mulai follow twitter semua yang berkaitan dengan dunia traveling salah satunya akunnya Mba Susan dan Mr.Adam yaitu @pergidulu dan membaca blog kerennya pergidulu.com lalu mengikuti komunitas traveling seperti Backpacker Bandung dan Couchsurfing.

Me and My Couchsurfing Friends from Thailand
Tahun lalu, tepatnya bulan September 2014 ketika saya sedang menyusun tugas akhir dan masih stuck saja di bab 1 dan masuk ke dalam fase "Kuingin nikah saja :(", saya menemukan info tentang WHV Work and Holiday Visa Australia dari blognya mba Susan dan sempat juga berdiskusi sedikit mengenai WHV dengan mba Susan. Saat sudah mengetahui visa ini, BOOM! Semangat mulai membara, baca info-info mengenai  WHV, prosedur mendapatkan visa WHV, dan ajaibnya beberapa hari setelah info adanya WHV itu, inspirasi mengalir deras dari pikiranku untuk menyelesaikan skripshit itu. Info adanya WHV ini benar-benar membuat saya terpicu untuk segera menyelesaikan skripshit itu dan ingin langsung segera menjadi pejuang WHV di Australia, alhasil sekarang saya sudah menyelesaikan kuliah dan tinggal mengikuti prosedur untuk mendapatkan visa WHV itu dan tinggal menunggu visanya granted, yeay! Terima kasih Mba Susan & Mr.Adam atas infonya, and wish me luck!

"What's Ur Travel Plan in 2015?"
Absolutely, i'll go to Australia!
Tapi disini saya bakal lebih menjelaskan secara rinci rencana apa saja yang bakal saya lakukan di Australia nantinya (walaupun masih nunggu visanya, yang penting semangat dan rencana harus tetap matang, right?).

1. Farm Work
Farm Work in Australia (Source: guim.co.uk)
Visa WHV ini hanya mengizinkan kita untuk kerja di Australia hanya di pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya casual job, seperti cleaner, kitchenhand, farmwork, dan lain-lain. Kenapa saya tertarik  farm work? Dengan bekerja di farm work saya fikir bisa lebih menikmati Australia karena saya akan bekerja jauh dari kota, bisa menikmati ladang dan pedesaan khas Australia. Tapi mungkin saya akan ambil farm work ini sehabis rencana road trip karena memang sesudah road trip rencana mau menabung untuk biaya kuliah sehabis WHV, dengan bekerja farm work saya bisa lebih berhemat karena jauh dari kota, jauh dari banyak godaan, terutama makanan (kebiasaan di Indonesia = banyak jajan).
 
 2. Road Trip Melbourne-Sydney-Brisbane-Adelaide-Great Ocean Road-Melbourne
Road Trip Through the Beach, OH! (Source: rd.com)
Selama setahun WHV pun saya tidak bakal hanya mencoba bekerja farm work, mengingat WHV ini hanya memperbolehkan kita bekerja maksimal 6 bulan pada 1 tempat kerja, saya mungkin akan mencoba bekerja di kota dulu, yap, Melbourne! Kenapa Melbourne? Karena saya mau mencoba tinggal di kota yang dapet julukan "Most Liveable City in the world" dan juga kota yang mempunyai 4 musim dalam 1 hari! Itu bakal menjadi pengalaman tersendiri bagi saya, and i think it will be great!

Kerja selama 1 tahun? NO! Pastinya jalan-jalan juga dong! Apalagi saya ke Australia tujuannya bukan hanya mencari uang, tapi mencari pengalaman juga, tentunya mempelajari budaya Australia dan yang paling penting memperkenalkan budaya Indonesia. Berbekal pengalaman road trip Bandung-Yogya selama 2 minggu mengunjungi objek-objek wisata sepanjang perjalanan, saya juga berhasrat untuk melakukan road trip di Australia , woohoo!  Rencana saya melakukan road trip ini yaitu pada akhir tahun 2015, tepatnya bulan Desember, road trip akan dimulai dari Melbourne lalu melewati New South Wales tentunya Sydney (saat New Year Eve), Queensland, South Australia dan balik ke Melbourne via Great Ocean Road!

 3. New Year Eve in Sydney!
New Year Eve in Sydney (Source: enjoyfestivals.com)
Dan yang terakhir yaitu malam perayaan tahun baru di Sydney! Ini adalah salah satu alasan saya kenapa melakukan road trip di akhir Desember, saya akan melewati Sydney dan akan menikmati new year eve disini yang merupakan salah satu perayaan tahun baru terbesar di dunia! Mungkin saya akan stay di Sydney selama 2/3 hari sebelum melanjutkan perjalanan lagi ke Queensland.

Yap! Itulah Travel Plan saya di Tahun 2015, semoga visa saya bisa granted secepatnya dan bisa segera pergi ke Australia dan memulai petualangan yang sudah saya impikan dari dulu! I'm so excited! Oiya blog ini juga dibuat untuk mengikuti kuis berhadiah kamera Canon Powershot SX400 dari Mba Susan dan Mr. Adam, semoga kameranya bisa ikut saya ke Australia nanti hihihi #MauKameraGratis

Travel, Love & Be Happy!
I'am a backpacker who have a dream to have my own business and travel the world! untuk kalian yang mau lebih kenal dengan saya, bisa follow twitter @irhamfaridh atau facebook Irham Faridh. Untuk yang mau melihat koleksi foto perjalanan saya di berbagai penjuru Indonesia dan belahan dunia lain follow Instagram @irhamfaridh. Keep dreaming and travel the world! :)

11 comments:

  1. road trip melbourne jadi bucketlist gue jugaaak. semoga kesampean yah kak

    kunjungan balik ya kak, http://bit.ly/18vjFR9
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. Mantap, semoga kesampean ya bucketlistnya :D
    *OTW

    ReplyDelete
  3. semoga mimpinya untuk trip ke australia terwujud ya mas... :)

    ReplyDelete
  4. @pachrur amin, terima kasih ya mas doanya. semoga semua mimpi-mimpi kita tercapai, HAP! ;)

    ReplyDelete
  5. Ayoo apply visa ini, terus backpacking ke aussie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah bang, kemungkinan minggu depan wawancara :D see you there!!!

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  6. Haloo irham, salam kenal :)
    Boleh tau infonya dimana ? mau ikut juga nihhh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo! :) infonya bisa dilihat disini http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/rekomendasi-visa-bekerja-dan-berlibur atau lebih lengkap nya bisa join group anak2 whv di FB nama groupnya WHV Indonesia :)

      Delete
  7. Berkat blog irham inilah aku jd semangat kerja buat nabung karena tertarik banget untuk join di whv, yang menjadi concern aku apakah bener2 harus ada dana 50juta? Trus kalo dananya kurang dan belum sampe di 50 apakah berpengaruh? Mohon dijawab ya, have a great day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah :) iyaps, minimal 50 juta, sebenernya ngikutin kurs aud sama rupiah mba, yg penting minimal $5000

      Delete